spesifikasi windows 11

Akhir-akhir ini banyak di antara kita yang getol mencari tahu tentang spesifikasi Windows 11. Pasalnya, sistem operasi tersebut sudah diluncurkan oleh pihak Microsoft kepada masyarakat luas semenjak 5 Oktober 2021 yang lalu.

Sedulur dapat dengan cuma-cuman mendapatkan versi OS Windows terbaru tersebut apabila sebelumnya perangkat Sedulur sudah menggunakan Windows 10. Walaupun begitu, tidak semua komputer atau laptop kompatibel untuk menggunakan Windows 11. Terdapat beberapa syarat dan spesifikasi minimum sebuah perangkat yang harus dipenuhi agar dapat menjalankan sistem operasi tersebut dengan maksimal.

Kira-kira, apa saja spesifikasi install Windows 11? Berikut ini adalah ulasan singkatnya untuk Sedulur.

BACA JUGA: 25+ Model Baju Batik Terbaru 2022 yang Stylish untuk Pesta

Windows 11, tampilan segar yang kaya akan fitur baru

spesifikasi windows 11
Tom’s Guide

Banyaknya orang yang mencari tentang spesifikasi update Windows 11 merupakan salah satu wujud antusiasme masyarakat terkait peluncuran sistem operasi Windows 11 beberapa bulan yang lalu.

Windows 11 menjadi perilisan besar dari Microsoft semenjak OS pendahulunya, Windows 10, diluncurkan secara resmi pada tahun 2015. Microsoft memberikan free upgrade kepada setiap pengguna Windows 10 yang ingin menjajal kehebatan yang ditawarkan Windows 11, asalkan spesifikasi komputer atau laptopnya memenuhi persyaratan sistem.

Sebagai pengembang, Microsoft mengeluarkan dua versi dari Windows 11, yaitu versi Windows 11 Home dan Windows 11 Pro. Versi Home dikhususkan bagi sektor konsumen biasa, sedangkan untuk versi Pro lebih ditujukan ke sektor bisnis dengan menambahkan beberapa fitur networking serta keamanan tambahan. Sekitar satu bulan semenjak diluncurkan, Microsoft menambahkan satu lagi versi Windows 11, yaitu Windows 11 SE. Versi tersebut dikhususkan secara eksklusif untuk mengakomodir perangkat low-end di sektor pendidikan.

Beberapa perubahan drastis yang terdapat dalam Windows 11 adalah tampilan menu Start yang dirombak habis-habisan, serta diletakkan di tengah layar. Live tiles yang sebelumnya ada di Windows 10 sekarang diganti menjadi panel Widgets. Browser bawaan yang biasanya menggunakan Internet Explorer pun telah dialihkan ke Microsoft Edge.

BACA JUGA: Peta Dunia Beserta Nama Negara dan Sejarahnya

Bisa menjalankan aplikasi Android, benarkah?

spesifikasi windows 11
GSMArena

Masih berkaitan dengan pembahasan spesifikasi Windows 11 Pro dan Windows 11 Home, OS besutan Microsoft tersebut ternyata sudah dapat terintegrasi dan menjalankan beberapa aplikasi Android kesayangan Sedulur, loh!

Dengan menggunakan Windows Subsystem for Android (WSA), para pengguna dapat memasang dan menjalankan aplikasi-aplikasi Android dan mengoperasikannya di laptop atau komputer berbasis OS Windows 11. Lebih enaknya lagi, para pengguna dapat meng-install berbagai aplikasi Android tersebut dari berbagai sumber, asalkan format file aplikasinya adalah APK.

Wah, jadi semakin tertarik untuk beralih ke Windows 11, ya Sedulur!

BACA JUGA: UMR Tertinggi di Indonesia 2022 dari Provinsi & Kota/Kabupaten

Spesifikasi Windows 11

Microsoft News

Nah, bagi Sedulur yang sedari tadi sudah penasaran dengan spesifikasi laptop windows 11, bisa cek informasi di bawah ini, ya!

  • Pastikan perangkat Sedulur sebelumnya sudah menjalankan Windows 10 agar mendapatkan free upgrade ke Windows 11 dari Windows.
  • Prosesor: 1 gigahertz (GHz) atau lebih cepat, 2 cores atau lebih, prosesor 64-bit atau System on a Chip (SOC).
  • RAM: 4 gigabyte (GB).
  • Penyimpanan: 64 GB atau lebih besar.
  • Firmware sistem: UEFI, dapat melakukan Secure Boot.
  • TPM: Trusted Platform Module (TPM) versi 2.0.
  • Kartu grafik: Kompatibel dengan DirectX 12 atau yang lebih lawas dengan WDDM 2.0 driver.
  • Layar: High definition (720p), lebih besar dari 9 inchi secara diagonal, dengan 8 bits per color channel.
  • Koneksi internet dan akun Microsoft.

BACA JUGA: Gaji Dosen PNS dan Non PNS Beserta Tunjangannya

Cek kompatibilitas perangkat Sedulur dengan PC Health Check

Windows Report

Tidak terlalu paham perihal spesifikasi Windows 11 64 bit pada perangkat laptop atau komputer? Jangan khawatir. Bagi Sedulur yang sudah terlebih dahulu menggunakan Windows 10, terdapat salah satu aplikasi tambahan yang akan membantu Sedulur bermigrasi dari Windows 10 ke Windows 11, yaitu PC Health Check.

Unduh aplikasi PC Health Check dari situs resmi Microsoft, install, lalu jalankan. Maka dengan otomatis PC Health Check menentukan layak atau tidaknya perangkat Sedulur untuk upgrade ke Windows 11.

Demikian informasi singkat mengenai spesifikasi Windows 11 bagi perangkat Sedulur. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.