simbiosis komensalisme

Simbiosis adalah hubungan erat yang terjadi di antara dua spesies yang setidaknya akan menguntungkan salah satu spesies. Sementara itu, untuk spesies lain, hubungannya ini dapat menjadi hubungan yang positif, negatif, maupun netral. Terdapat tiga tipe dasar pada simbiosis, yakni simbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme, dan simbiosis parasitisme.

Simbiosis mutualisme terjadi jika kedua spesies diuntungkan, simbiosis parasitisme terjadi jika salah satu spesies dirugikan. Sementara itu, simbiosis komensalisme adalah hubungan yang terjadi jika salah satu spesies diuntungkan namun tidak merugikan atau menguntungkan spesies lain.

Artikel ini akan membahas mengenai simbiosis komensalisme dan contohnya. Tidak hanya 5 contoh simbiosis komensalisme, berikut adalah 11 contoh simbiosis komensalisme yang dapat memperluas wawasan Sedulur.

BACA JUGA: Siklus Daur Nitrogen: Pengertian, Fungsi & Contohnya

Pengertian simbiosis komensalisme

simbiosis komensalisme
iStock

Simbiosis komensalisme adalah jenis hubungan antara dua organisme hidup di mana salah satu organisme diuntungkan dari yang lain tanpa merugikan atau menguntungkan organisme tersebut. Spesies yang memperoleh manfaat disebut komensal, sementara spesies yang lain disebut spesies inang. Simbiosis komensalisme sering terjadi di antara inang yang lebih besar dan komensal yang lebih kecil. Organisme inang pada dasarnya tidak berubah oleh adanya hubungan interaksi ini, sedangkan organisme komensal dapat menunjukkan adanya adaptasi morfologi yang besar.

Spesies komensal akan mendapatkan manfaat dari spesies inang dengan memperoleh tempat berlindung, makanan, penggerak, dan dukungan dari spesies inang yang sebagian besar tidak diuntungkan atau dirugikan. Simbiosis ini dapat terjadi sebagai interaksi singkat antara spesies hingga simbiosis atau interaksi seumur hidup.

1. Ikan remora dan ikan hiu

ikan remora
iStock

Contoh pertama, hubungan simbiosis komensalisme ditunjukkan oleh ikan remora dan ikan hiu. Hubungan ini dapat terjadi karena ikan remora memiliki cakram di kepalanya sehingga dapat digunakan untuk menempel pada hewan lain yang lebih besar, salah satunya adalah ikan hiu.

Ikan remora akan mengikuti ikan hiu untuk mendapatkan makanannya. Mereka akan menempelkan diri pada ikan hiu dan melakukan perjalanan ke berbagai daerah tanpa harus mengeluarkan energinya sendiri untuk berenang. Pada dasarnya, ikan hiu itu sama sekali tidak terpengaruh dengan kehadiran remora.

Setelah ikan hiu selesai melahap mangsanya, ikan remora akan melepaskan diri dan akan memakan sisa makanan tersebut. Sebagai contoh adalah ikan remora (Echeneis naucrates) dan ikan hiu zebra (Stegostoma fasciatum).

2. Katak dan tanaman

simbiosis
iStock

Contoh simbiosis komensalisme selanjutnya adalah pada katak dan tanaman dengan daun yang lebar. Katak akan menggunakan tanaman sebagai pelindung, sementara tanaman tersebut tidak merasa terganggu atau diuntungkan oleh adanya katak.

3. Serigala dan harimau

komensalisme
iStock

Contoh lain adalah pada serigala dan harimau. Seperti pada serigala emas yang dikeluarkan dari kawanannya, mereka akan membuntuti harimau untuk memakan sisa mangsanya. Serigala emas mendapatkan makanan dan harimau tidak dirugikan atau diuntungkan.

BACA JUGA: 10 Contoh Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

4. Ikan goby dan bulu babi

ikan goby
iStock

Simbiosis ini juga terjadi di laut pada ikan goby yang hidup di hewan laut lain seperti bulu babi. Ikan goby akan berubah warna untuk berbaur dengan inangnya dan menyelinap pada celah bulu babi yang beracun sehingga mendapat perlindungan dari pemangsa. Dalam hal ini, bulu babi tidak merasa dirugikan maupun diuntungkan.

5. Kuntul dan ternak

kuntul
iStock

Kuntul merupakan salah satu burung yang sering mengikuti ternak saat sedang merumput. Hal ini karena kuntul akan memakan serangga yang muncul ke permukaan tanah setelah diaduk oleh ternak. Dalam hal ini ternak tidak terpengaruh, sementara burung kuntul akan mendapatkan makanan.

6. Tanaman burdock dan bulu binatang

burdock
iStock

Tanaman burdock atau gobo menghasilkan biji berduri. Biji ini akan menempel pada bulu binatang atau pakaian manusia. Tanaman burdock dapat diuntungkan karena benih untuk reproduksi dapat tersebar, sedangkan binatang tidak terpengaruh.

BACA JUGA: Simbiosis Mutualisme: Pengertian & Contoh dalam Kehidupan

7. Burung dan lubang pohon

burung
iStock

Selanjutnya adalah burung dan lubang pohon. Sebagai contoh pada burung rangkong gading yang memutuhkan lubang pohon untuk mengerami telurnya. Burung akan diuntungkan dengan adanya tempat tinggal dan pohon tidak merasa diuntungkan atau dirugikan. Kondisi ini dapat dikategorikan dalam simbiosis komensalisme inquilinisme.

8. Kelomang dan cangkang gastropoda

kelomang
iStock

Contoh lain adalah kelomang dan cangkang gastropoda. Kelomang membutuhkan rumah untuk berlindung dari pemangsa yang dapat diperoleh dari cangkang gastropoda yang sudah mati. Dalam hal ini, gastropoda tidak merasa diuntungkan atau dirugikan. Kondisi ini dapat dikategorikan dalam metabiosis.

9. Anemon dan cangkang kepiting

anemon
iStock

Selanjutnya adalah anemon dan cangkang kepiting yang termasuk dalam kategori phoresy. Phoresy terjadi jika satu hewan menempel pada hewan lain untuk transportasi. Phoresy dapat bersifat obligat atau fakultatif. Anemon akan menempel pada cangkang kepiting untuk melakukan perpindahan tempat tanpa menguntungkan atau merugikan kepiting tersebut.

BACA JUGA: Teknologi Ramah Lingkungan: Pengertian, Contoh & Fungsinya

10. Kaki seribu dan burung

kaki seribu
iStock

Contoh kategori phoresy selanjutnya adalah kaki seribu dengan burung. Kaki seribu merasa diuntungkan karena dapat bepergian, sementara burung tidak merasa diuntungkan atau dirugikan.

11. Kutu dan mamalia

kutu kulit
iStock

Contoh terakhir adalah kutu dan mamalia. Kutu akan memakan sisa kulit mati yang terdapat di permukaan kulit mamalia. Mamalia tidak merasa diuntungkan maupun dirugikan oleh adanya kutu yang memakan sisa kulit matinya.


Sekian informasi mengenai simbiosis komensalisme beserta contoh organisme yang mengalaminya. Semoga informasi ini dapat membantu Sedulur dalam belajar biologi dan memperluas wawasan tentang makhluk hidup.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!