sholawat nariyah

Selain melaksanakan ibadah wajib seperti salat lima waktu, umat Muslim juga bisa melakukan berbagai amalan sunnah. Salah satunya adalah dengan membaca sholawat nariyah sebagai pujian untuk Nabi Muhammad SAW. Tak hanya sebagai bukti iman pada Rasul Allah, tetapi juga upaya kita untuk terus mendekatkan diri pada Sang Pencipta. 

Beberapa bahkan percaya bahwa sholawat yang dilafalkan memiliki keutamaan seperti memberikan ketentraman hati, membantu kita lebih sabar, hingga memantapkan hati saat hendak mengambil sebuah keputusan. Sholawat nariyah sendiri dipercaya bisa memberikan ketenangkan. Berikut bacaan dan beberapa keutamaannya. 

BACA JUGA: Doa Sholat Tahajud dan Dzikir, Lengkap dengan Waktu Amalnya

1. Bacaan sholawat nariyah dan artinya

unsplash.com

Berikut lirik sholawat nariyah latin dan Arab yang bisa Sedulur lafalkan 

اللَّهُمَّ صَلِّ صَلاَةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلاَمًا تَامًّا عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الَّذِيْ تُنْحَلُ بِهَ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ

وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِيْمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلىَ آلِهِ وَصَحْبِهِ عَدَدَ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

Allahumma shali sholaatan kaamilatan wasallim salaaman taamman ‘alaa sayyidina muhammadinil ladzii tanhallu bihil ‘uqodu wa tanfariju bihil kurabu wa tuqdhaa bihil hawaa iju. Wa tunaalu bihir-raghaa-ibu wa husnul khowaatimi wa yustasqal ghamaamu bi wajhihil kariimi wa ‘alaa aalihii wa shohbihi fii kulli lamhatin wa nafasin bi ‘adadi kulli ma’luumin laka

Artinya: Wahai Allah, limpahkan rahmat dan salam kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW. Sebab Nabi Muhammad SAW kesulitan kami terpecahkan, kesusahan dapat dihilangkan, dan keperluan dapat terpenuhi, dan yang didambakan (terwujud), serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya hujan pun turun, dan semoga terlimpahkan (berkah) kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak semua bilangan yang diketahui oleh Engkau. 

2. Waktu melafalkan sholawat terbaik

sholawat nariyah
unsplash.com

Sholawat bisa dilafalkan kapan saja, tetapi ada waktu-waktu yang dianjurkan, yaitu. 

  • Pada hari Jumat karena dipercaya banyak keutamaan di hari tersebut. Umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak amalan di hari Jumat sesuai dengan Hadist Rasul Al Baihaqi yang merekam bahwa Nabi Muhammad pernah menyarankan umatnya membaca shalawat di hari tersebut.  
  • Setelah berdoa adalah waktu yang sempurna untuk membaca shalawat. Ini sebagai tanda bahwa Sedulur berdoa dengan sungguh-sungguh dan benar-benar mengimani bahwa Allah akan mendengar doa yang kita panjatkan. Apapun jawabannya nanti, kita pun belajar untuk menerima dan ikhlas. Doa ini bisa Sedulur lakukan kapan saja, tetapi paling mudah dan nyaman diucapkan setiap selesai sholat.
  • Setelah azan dan iqomat juga bisa jadi waktu untuk membaca sholawat nariyah dan sholawat lainnya. Ada jeda beberapa menit yang bisa Sedulur pakai sebelum sholat dimulai untuk mengingat Allah dan Rasul-Nya. 

BACA JUGA: Bacaan Doa Ketika Sakit Agar Segera Diberikan Kesembuhan

3. Keutamaan sholawat nariyah 

sholawat nariyah
unsplash.com

Sesuai dengan arti dan lirik sholawat nariyah yang sudah dibahas di poin sebelumnya, ada beberapa keutamaan dan manfaat yang bisa dirasakan Sedulur dengan mengucapkannya secara sungguh-sungguh. Berikut beberapa di antaranya. 

Mengurangi kesedihan dan meringankan beban

Sholawat nariyah dipercaya mampu mengurangi kesedihan dan rasa bimbang yang dirasakan seseorang saat mengalami masa sulit di hidupnya. Entah karena kehilangan seseorang atau musibah lainnya yang rasanya berat.

Cara ini bisa dilakukan dibarengi dengan upaya-upaya lain seperti terapi psikologi dan meditasi bila perlu. Tentunya Allah suka dengan umat-Nya yang mau melakukan upaya terbaik. Tidak hanya menunggu keajaiban Allah, tetapi juga mengimbangi upaya spiritual seperti doa dengan upaya-upaya logis lainnya. 

Selain berdoa, kamu juga tetap harus bertawakal. Lakukan usaha terbaik dan semaksimal mungkin. Setelah itu, tetaplah berdoa dan berzikir supaya harapanmu didengan oleh Allah dan bisa dikabulkan dalam waktu dekat. Selain itu, kamu juga perlu ber-husnuzon kepada Allah. Apabila usaha yang kamu lakukan hasilnya masih belum terkabul, mungkin ini sudah jalannya. Bisa saja akan ada rezeki lain yang lebih baik menantimu di masa depan.

BACA JUGA: Doa Naik Kendaraan Lengkap Arab & Artinya, Sudah Hafal?

Doa dan harapan akan dijabah Allah 

Sedulur juga bisa melantunkan sholawat nariyah setelah berdoa sebagai bentuk penghargaan pada Allah dan Rasul. Niscaya, kita akan makin yakin bahwa Allah pasti mendengar doa baik kita dan akan menjawab doa serta keinginan Sedulur. Tidak ada jaminan bahwa doa dan harapan akan terkabul sesuai keinginan manusia, pasrahkan pada Allah yang Maha Tahu untuk menentukan apa yang terbaik untuk umat-Nya. Tuhan tahu rezeki dan momen terbaik yang akan diberikan kepada hambanya yang selalu berdoa dan berusaha. Usaha tidak akan mengkhianati hasilmu, Sedulur.

Membuka pintu rezeki 

Membaca sholawat adalah bentuk upaya kita mendekatkan diri pada Allah agar apa yang hendak kita lakukan senantiasa berkaca pada perintah serta ridho Allah. Saat perintah Allah dijalankan, dengan izin-Nya kita akan mendapatkan arahan-arahan yang baik dan dijaga dari hal-hal buruk. Bila Sedulur merasa rezeki sempit coba untuk terus melakukan kombinasi antara doa dan usaha. Sesungguhnya Allah tidak akan pernah meninggalkan umat-Nya yang tak putus berdoa dan rajin berusaha. 

Melindungi dari hal buruk 

Rezeki tidak melulu urusan harta dan benda, kesehatan dan ketentraman hidup juga sebuah rezeki yang tak terhitung harganya. Namun, tentu sholawat ini tetap harus dibarengi dengan upaya-upaya lain seperti menjaga kesehatan dan menghindari marabahaya.

Caranya adalah dengan sesederhana membuat kondisi fisik dan psikis jadi lebih tenang. Bisa dengan mengatur  pola makan sehat, kebiasaan olahraga rutin, serta hidup mindful alias apa adanya dan secukupnya. Tidak perlu melakukan hal yang berlebihan. Selain itu, kamu juga harus beribadah dengan rajin. Tunaikan ibadah wajib dan lakukan ibadah sunnah supaya pahala dna kebaikan yang kamu lakukan di dunia bisa bertambah.

Itu beberapa hal yang bisa kita petik dari sholawat nariyah, baik bacaan dan keutamaannya sudah dibahas tuntas. Tak ada ruginya mencoba mendekatkan diri pada Allah dengan sering-sering mengucapkan puja dan puji pada Allah dan Rasul. Secara tak langsung, memiliki pegangan hidup yang kuat akan membuat kita lebih mantap dalam menjalani kehidupan dan melalui segala cobaan yang menyertainya.