sholawat fatih

Dalam agama Islam, kita diajarkan untuk melakukan berbagai hal untuk mendapatkan kebaikan di dunia dan di akhirat kelak. Salah satu ajaran yang memiliki manfaat dan keutamaan yang dahsyat adalah sholawat fatih.

Banyak orang yang berkata tentang sholawat fatih untuk kekayaan. Namun terlepas dari itu semua, kita juga harus tetap berusaha untuk mendapatkan kemuliaan di dunia. Selain berusaha, kita juga harus selalu bertawakal dan senantiasa mengingat Sang Pencipta.

Salah satunya adalah dengan membaca sholawat fatih yang asli. Bagi Sedulur yang belum terlalu paham akan sholawat tersebut, langsung saja simak informasi yang ada di bawah ini.

BACA JUGA: Bacaan Sholawat Burda Lengkap Tulisan Arab, Latin & Artinya

1. Apa itu sholawat fatih?

apa itu sholawat fatih
pexels

Sholawat al fatih adalah bacaan yang dilafalkan sebagai salah satu bentuk cinta seorang Muslim kepada Allah SWT. Dengan membaca sholawat kepada Nabi Muhammad, itu sama halnya seperti berdoa atau meminta kepada Allah supaya selalu dilimpahkan berkah serta keselamatan di dunia dan akhirat.

Sering melafalkan bacaan sholawat fatih yang asli, dapat membantu hamba Allah untuk bisa lebih dekat dan senantiasa ingat akan kebesaran-Nya. Seperti yang diketahui, segala bentuk dan jenis sholawat yang dilantunkan oleh umat Islam akan membuat kita dicintai oleh Nabi Muhammad SAW.

2. Tujuan membaca sholawat

tujuan
pexels

Setiap umat Muslim dianjurkan untuk selalu membaca sholawat. Bagi orang yang rajin membaca sholawat, kelak dapat memperoleh syafaat dari Nabi Muhammad SAW. Di dalam Alquran, juga telah dijelaskan tepatnya pada surat Al-Ahzab ayat 56, Allah berfirman:

إِنَّ ٱللَّهَ وَمَلَٰٓئِكَتَهُۥ يُصَلُّونَ عَلَى ٱلنَّبِىِّ ۚ يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ صَلُّوا۟ عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا۟ تَسْلِيمًا

Innallāha wa malā`ikatahụ yuṣallụna ‘alan-nabiyy, yā ayyuhallażīna āmanụ ṣallụ ‘alaihi wa sallimụ taslīmā

Artinya: “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”

3. Sholawat fatih dan artinya

sholawat fatih dan artinya
pexels

Berikut ini bacaan sholawat fatih latin, arab, dan artinya yang perlu untuk Sedulur lafalkan:

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الحَقَّ بِالحَقِّ وَالهَادِي اِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيْمٍ. صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهَ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ

Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammaddinil Fatihi Lima Ughliqo Wal Khotimi Lima Sabaqo, Nashiril Haqqi Bil Haqqi Wal Hadi Ila Shirotikal Mustaqim Wa Ala Alihi Haqqo Qodrihi Wa Miq Darihil Adzim

Artinya: “Ya Allah curahkanlah rahmat dan keselamatan serta berkah atas junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang dapat membuka sesuatu yang terkunci, penutup dari semua yang terdahulu, penolong kebenaran dengan jalan yang benar, dan petunjuk kepada jalanmu yang lurus. Semoga Allah mencurahkan rahmat kepada beliau, kepada keluarganya dan kepada semua sahabatnya dengan sebenar – benar kekuasaannya yang Maha Agung”

BACA JUGA: Bacaan Sholawat Nariyah Lengkap Arab – Arti & Keutamaannya

4. Manfaat sholawat fatih

manfaat
pexels

Dilansir dari Bincangsyariah, berikut manfaat dari sholawat fatih:

Diantara keutamaannya, Syekh Al-Arif Al-Kubra berkata, “Barang siapa membaca shalawat ini seumur hidupnya sekali, niscaya ia dipelihara Allah Ta’ala dari api neraka dan mewajibkan baginya husnul khatimah.” (h. 52)

Jadi dengan membaca sholawat ini secara rutin, maka berbagai urusan akan dipermudah, permasalahan hidup terselaikan, rezeki yang lancar, dan ridho dari Allah SWT.

5. Hukum sholawat fatih

sholawat fatih untuk kekayaan
pexels

Ahmad at-Tijani adalah sosok dibalik Sholawat fatih ini. Diceritakan bahwa Ahmad at-Tijani mengaku pernah bertemu dengan Rasulullah SAW, dan beliau mengajarkannya untuk melakukan sholawat ini. Kemudian At-Tijani berkata:

“Kemudian (Nabi shallallahu alaihi wasallam) memerintah aku untuk kembali kepada shalawat Al-Fatih ini. Maka ketika beliau memerintahkan aku dengan hal tersebut, akupun bertanya kepadanya tentang keutamaannya. Maka beliau mengabariku pertama kalinya bahwa satu kali membacanya menyamai membaca Alquran enam kali. Kemudian beliau mengabarkan kepadaku untuk kedua kalinya bahwa satu kali membacanya menyamai setiap tasbih yang terdapat di alam ini dari setiap dzikir, dari setiap doa yang kecil maupun besar, dan dari Alquran 6.000 kali, karena ini termasuk dzikir.”

Samapai saat ini, sholawat tersebut masih terus diamalkan oleh beberapa ulama khususnya para penganut Nadhlatul Ulama.

6. Keutamaan

Keutamaan
pexels

1. Terbebas dari siksa neraka. Beberapa ulama menyebutkan bahwa seorang muslim yang membaca sholawat fatih meski hanya sekali dalam seumur hidupnya, maka akan terbebas dari siksa neraka.

2. Dapat pahala setara sepuluh ribu kali sholawat. Beberapa ulama juga berpendapat jika membaca sholawat ini akan mendatangkan pahala yang besar. Bagi ulama, membaca satu kali sholawat itu pahalanya bisa menyamai sepuluh ribu kali sholawat lain.

3. Dijauhkan dari malapetaka. Salah satu kunci sholawat fatih adalah agar hidup bisa tentram dan nyaman. Untuk mewujudkannya, Sedulur bisa membaca sholawat ini 20x setiap selesai salat fardhu.

4. Bisa membuka pintu rezeki. Menurut beberapa ulama, jika seorang Muslim membaca sholawat fatih 100x secara rutin, maka akan dibukakan pintu rezekinya.

Setelah membaca beberapa informasi yang ada di atas, tentu saja Sedulur sudah tahu pentingnya bacaan sholawat al fatih yang benar kan? Tidak hanya sekedar tahu saja, tentunya Sedulur juga harus mengamalkannya.

Adanya banyak keutamaan yang bisa kita dapatkan, membuat sholawat tersebut menjadi salah satu bacaan yang sangat dianjurkan. Jadi jangan lupa dan pastikan Sedulur selalu membacanya secara rutin, ya.