Terdapat ibadah sholat sunnah sebelum sholat Jumat yang bisa Sedulur lakukan. Sholat sunnah ini dikenal dengan nama sholat qobliyah Jumat. Sholat ini merupakan pengganti sholat rawatib sebelum sholat dzuhur. Karena pada hari Jumat, amalan sholat dzuhur diganti dengan sholat Jumat.

Sholat sunnah sebelum sholat jumat ini disebut qobliyah yang berarti dilakukan sebelum sholat Jumat itu sendiri. Dalam Islam, terkait amal ibadah di atur sedemikian ketat. Mesti ada rujukan yang jelas, yaitu berdasarkan hadist dan  Al-Qur’an itu sendiri. Sebelum masuk ke pembahasan tata cara sholat sunnah sebelum sholat jumat, kita simak terlebih dahulu hukum dan kedudukan sholat qobliyah Jumat itu sendiri.

BACA JUGA: Tata Cara Sholat Jumat Lengkap, Niat, Hukum & Keutamaannya

Hukum dan Kedudukan

Hukum dan kedudukan sholat sunnah sebelum sholat jumat
freepik

Sebelum masuk ke pembahasan niat sholat sunnah sebelum sholat jumat dan tata caranya. Sedulur wajib mengetahui terlebih dahulu seperti apa hukum dan kedudukan sholat sunnah sebelum jumat didirikan. Berdasarkan Pemikiran Hukum Imam Al-Nawawi, sholat sunnah ini dianjurkan untuk dilakukan.

Berlandaskan pada hadist yang menyampaikan terkait kedudukan ini. Hadist Riwayat Ibnu Majah yang diambil dari riwayat Abu Hurairah dan Sahabat Jabir, berkata demikian:

  • Sulaik al-Ghathafani datang saat Rasulullah SAW sedang berkhutbah, lalu beliau bertanya kepadanya: ‘Sudahkah kamu sholat dua rakaat sebelum kamu datang?’, ia menjawab: ‘belum’, Beliau bersabda, ‘Sholatlah dua rakaat, dan permudahlah padanya’ (HR. Ibnu Majah).

Dari penjelasan di atas, niat sholat sunnah sebelum jumat memiliki kedudukan bukan sunnah, melainkan dianjurkan. Karena perintah datang langsung dari Rasulullah SAW. Selain hadist di atas, Rasulullah SAW kemudian menegaskan dalam hadist berikut ini:

  • Semua sholat fardhu itu pasti diikuti oleh sholat sunnah qabliyah dua rakaat.(HR. Ibnu Hibban).

Maka kemudian terang sudah terkait hukum dan kedudukan dari sholat qobliyah jumat ini. Bahwa dianjurkan semua umat muslim menegakkan dua rakaat sholat sunnah ini, dengan membaca terlebih dahulu niat shalat sunnah mutlak sebelum sholat jumat, lalu menunaikan sholat sunnah. Lantas bagaimana tata cara menegakkan sholat ini?

BACA JUGA: Doa Sholat Tahajud dan Dzikir, Lengkap dengan Waktu Amalnya

Tata Cara Sholat Sunnah Sebelum Sholat Jumat

Tata Cara Sholat Sunnah Sebelum Sholat Jumat
freepik

Niat sholat sunah jumat tahiyatul masjid merupakan salah satu rangkaian dari keseluruhan melakukan sholat. Berikut ini adalah tata cara sekaligus bacaa niat sholat jumat sebelum ditegakkan. Yaitu:

  1. Membaca niat sholat sunah 2 rakaat sebelum jumat dengan kalimat “ushalli tahiyyatal masjid ra’ataini sunnatan lillâhi ta’ala.” Artinya: Saya sholat tahiyatul masjid dua rakaat karena Allah ta’ala.
  2. Mengucapkan takbir saat takbiratul ihram dengan sambil melantunkan niat di dalam hati.
  3. Baca ta’awudz dan Surat Al-Fatihah. Setelah itu baca salah satu surat pendek dari Alquran.
  4. Sujud pertama.
  5. Duduk di antara dua sujud.
  6. Sujud kedua.
  7. Duduk istirahat atau duduk sejenak sebelum bangkit untuk mengerjakan rekaat kedua.
  8. Bangkit dari duduk, lalu mengerjakan rekaat kedua dengan gerakan yang sama dengan rekaat pertama.
  9. Salam pada rekaat kedua.

Setelah mengetahui tata cara sholat jumat sunnah di atas, Sedulur bisa langsung mempraktikkannya ketika hari jumat tiba. Untuk kembali menyegarkan ingatan Sedulur, berikut ini terdapat serangkaian ibadah yang perlu Sedulur lakukan ketika hari Jumat tiba, bukan hanya sekedar sholat qobliyah dan sholat jumat saja.

BACA JUGA: Bacaan Doa Sesudah Sholat Fardhu yang Pendek, Yuk Amalkan!

Rangkaian Ibadah Sunah Sebelum Sholat Jumat

Rangkaian Ibadah Sunah Sebelum Sholat Jumat
freepik

Berikut ini adalah rangkaian ibadah sunnah yang bisa Sedulur lakukan ketika hari jumat, bukan hanya sholat sunnah sebelum sholat jumat dan sholat jumat itu sendiri. Seperti apa saja rangkaianya, berikut daftarnya:

1. Mandi wajib

Di hari Jumat, mandi wajib merupakan bagian dari ibadah. Hal tersebut tertulis berdasarkan HR Bukhori dan Muslim, isi hadist tersebut adalah “Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apabila salah seorang di antara kalian mendatangi shalat Jumat, maka hendaklah ia mandi.

BACA JUGA: Bacaan Doa Sesudah Sholat Fardhu yang Pendek, Yuk Amalkan!

2. Memotong kuku dan kumis

Selanjutnya adalah memotong kuku dan kumis, hal ini merupakan ibadah, berdasarkan hadist Rasulullah SAW yang disampaikan dari Hadist Riwayat Imam Al-Baihaqi, yang berisi: “Nabi SAW biasa mencukur kumis dan kukunya di hari Jumat.”

BACA JUGA: Bacaan Niat Sholat Tarawih & Witir, Untuk Imam dan Makmum

3. Berpakaian yang rapi dan bersih

Selanjutnya adalah Sedulur diwajibkan untuk berpakaian yang rapi dan bersih. Hal tersebut diatur berdasarkan hadist yang diriwayatkan oleh Tirmidzi dan Ibnu Majah, yang berisi “Kenakanlah pakaian warna putih karena pakaian tersebut lebih bersih dan paling baik. Kafanilah pula orang yang mati di antara kalian dengan kain putih.

4. Menggunakan wangi-wangian

Tidak selesai dengan berpakaian rapi, Sedulur juga harus menggenakan parfume, disampaikan dalam HR Ibnu Majah, yang berisi “”Hari ini (jum’at) adalah hari raya yang dijadikan Allah SWT untuk umat Islam. Bagi siapa yang ingin melaksanakan shalat Jum’at, hendaklah mandi, memakai wangi-wangian kalau ada, dan menggosok gigi (siwak).” Setelah itu, Sedulur diwajibkan untuk membaca doa keluar rumah dan bersegeralah ke masjid secepat mungkin.

BACA JUGA: Tata Cara Sholat Subuh dengan Niat & Doa Qunut, Lengkap!

5. Masuk masjid dengan kaki kanan dan sholat sunnah 2 rakaat

Selanjutnya adalah masuk masjid dan diwajibkan dengan menggunakan kaki kanan terlebih dahulu. Kemudian Sedulur lakukan sholat sunnah 2 rakaat sebagaimana yang dibahas di atas. Hal ini merupakan serangkaian ibadah sholat Jumat dan menjadi serangkaian yang melengkapi hari Jumat Sedulur.

6. Diam dan fokus ibadah Jumat

Setelah masuk waktu Jumat, khotib akan membacakan khotbah dan kita diwajibkan untuk diam dan fokus mendengarkan khotbah. Seperti hadist yang disampaikan oleh Bukhari dan Muslim berikut ini: “Jika kamu berkata kepada temanmu, “Diamlah” sementara imam sedang berkhutbah di hari jumat, sungguh ia telah berbuat sia-sia.” Lalu sholat Jumat dengan khusyu dan lakukan shalat sunnah jum’at setelah adzan atau setelah sholat jumat itu sendiri. Maka ibadah Jumat Sedulur lengkap sudah.

Semoga penjelasan tentang sholat sunnah sebelum sholat jumat beserta dengan penjelasan pendukung, bisa menambah wawasan Sedulur itu sendiri. Jangan lupa untuk mengamalkannya lebih giat lagi, agar Sedulur bisa mendapatkan pahala dan juga mendapatkan ketenangan jiwa.