Pernahkah Sedulur mendengar tentang Ramalan Nostradamus yang tidak terbukti? Ramalan tersebut sempat viral beberapa waktu yang lalu karena diklaim telah berhasil memprediksi kejadian akbar yang sudah terjadi dalam sejarah manusia.

Benarkah klaim tersebut? Simak beberapa informasi singkat berikut ini!

BACA JUGA: 12 Game Star Wars Terbaik yang Harus Kamu Coba Mainkan

Apa itu Ramalan Nostradamus?

The History Channel

Topik pembahasan Ramalan Nostradamus yang tidak terbukti akan membawa kita ke sosok di balik pencetus ramalan tersebut. Sosok tersebut adalah Michel de Nostredame. Nostredame merupakan seorang pengarang ramalan kenamaan dari Prancis yang lahir pada Desember 1503.

Nostredame sendiri sejatinya memiliki pekerjaan lain selain menjadi seorang peramal. Ia dikenal sebagai seorang dokter, apoteker, penerjemah, dan juga konsultan astrologi. Dirinya menjadi terkenal setelah pada tahun 1555 menerbitkan buku yang berjudul Les Prophéties, sebuah buku yang berisikan 942 sajak berpuisi. Konon katanya, buku tersebut memprediksi berbagai momen-momen bersejarah di masa setelah kehidupan Nostredame.

Mereka yang percaya akan ramalan ini berargumen bahwa Nostredame telah berhasil memprediksi kejadian besar dalam sejarah dunia, seperti The Great Fire of London, The French Revolution, kebangkitan Napoleon Bonaparte, dan juga kekuasaan Adolf Hitler. Selain itu, banyak yang percaya bahwa jatuhnya bom atom di kota Hiroshima dan Nagasaki serta peristiwa penyerangan 11 September sudah dirujuk pada Ramalan Nostradamus.

Apakah benar? Tentu saja tidak. Semua yang ia tulis diklaim hanya kebetulan saja. Banyak akademisi yang meragukan kevalidan dari kemampuan meramal Nostredame. Para akademisi ini juga berpendapat bahwa prediksi Nostredame secara karakteristik sangat ambigu, dalam artian ia dapat diterapkan pada hampir semua hal dan tidak berguna untuk menentukan apakah penulisnya memiliki kekuatan ‘mukjizat nabi’ yang nyata.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Mouse Gaming Wireless Termurah & Terbaru

Ramalan Nostradamus yang tidak terbukti, 1999 menjadi akhir dari kehidupan di bumi

Marca

Salah satu ramalan paling fenomenal dari pria tersebut adalah tentang akhir dunia yang dikatakan akan jatuh pada tahun 1999. Nyatanya, hal tersebut hanya menjadi bualan belaka. Justru pada tahun 1999 banyak sejarah yang terjadi di belahan dunia, membuktikan bahwa kehidupan manusia tetap berjalan seperti biasa.

BACA JUGA: 25 Lagu untuk LDR yang Bikin Kamu Makin Kangen Sama Dia

Ramalan-ramalan lain yang hanya menjadi bualan belaka

Selain Ramalan Nostradamus, kira-kira ramalan apa lagi ya, yang ternyata meleset prediksinya? Yuk, simak ulasan singkat di bawah ini!

BACA JUGA: 400 Nama Mobile Legend Keren yang Unik & Keren Terbaru 2022

1. Tahun 2000, kiamat bagi teknologi dunia

ramalan nostradamus yang tidak terbukti
Tech Times

Ramalan yang pertama adalah Ramalan Y2K. Ramalan Y2K sangat mirip dengan Ramalan Nostradamus yang tidak terbukti di atas. Alih-alih mengklaim akhir dunia pada 1999, ia justru menyatakan bahwa teknologi dunia akan mengalami kehancuran di tahun 2000. Nyatanya? Tahun 2000 justru menjadi tahun dimana awal perkembangan teknologi manusia yang lebih maju. Mulai dari internet, komputer, televisi, dan lain sebagainya.

2. Planet Nibiru akan menabrak bumi?

ramalan nostradamus yang tidak terbukti
NASA Solar System Exploration

Sebuah ramalan dari mulut ke mulut juga sempat santer terdengar di era 2012-an. Banyak yang menyebutkan bahwa planet kita ini akan ditabrak oleh planet besar lain, bernama Nibiru. Pihak National Aeronautics and Space Administration (NASA) pun membantah desas-desus ini. Bahkan mereka sendiri meragukan keberadaan Planet Nibiru tersebut.

3. Judgment Day pada 21 Mei 2011

ramalan nostradamus yang tidak terbukti
NJ.com

Sama halnya dengan Ramalan Nostradamus yang tidak terbukti, Ramalan Harold Camping tentang Hari Penghakiman (Judgement Day) juga sempat viral di tahun 2011. Harold Camping Egbert merupakan seorang tokoh keagamaan dan penyiar radio di wilayah California, Amerika Serikat. Ia sengaja menebar ketakutan tersebut dengan menyatakan bahwa Hari Penghakiman (kiamat) akan segera datang, lebih tepatnya pada 21 Mei 2011.

4. Kehancuran dunia pada tahun 2012

ramalan nostradamus yang tidak terbukti
Movies Anywhere

Salah satu ramalan paling viral yang pastinya Sedulur ingat, selain Ramalan Nostradamus yang tidak terbukti, adalah Ramalan Suku Maya tentang akhir dunia yang akan jatuh pada 2012. Banyak orang yang salah menafsirkan pernyataan dari Suku Maya tersebut. 

Pada akhir tahun 2012, kalender suku mereka akan berganti mulai dari perhitungan nol lagi, akan tetapi banyak orang yang percaya bahwa tahun tersebut adalah tahun terakhir dari kehidupan manusia. Sampai-sampai terdapat sebuah film yang berjudul 2012 yang menceritakan akhir kehidupan ras manusia tersebut.

Nah Sedulur, demikian ulasan menarik mengenai Ramalan Nostradamus yang tidak terbukti. Ingat, sejatinya tidak ada seorangpun yang benar-benar tahu akan masa depan. Jadi, jangan langsung termakan ramalan-ramalan yang beredar ya, Sedulur!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.