pomodoro teknik

Sedulur ingin belajar atau sedang meningkatkan skill dan kemampuan? Pomodoro teknik bisa Sedulur gunakan untuk membantu Sedulur agar lebih fokus dalam belajar untuk tujuan mengembangkan diri. Teknik ini juga dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus diri untuk menerima setiap materi.

Saat belajar, sulit atau gagal fokus membuat setiap hal yang dipelajari sulit masuk dan tidak bisa diterima dengan baik oleh pikiran. Hal ini yang membuat belajar terasa sangat sulit. Kesulitan yang Sedulur hadapi tidak akan dialami lagi, selama Sedulur menerapkan pomodoro teknik ini.

BACA JUGA: Cara Belajar Efektif dan Efisien, Agar Lebih Menyenangkan

Apa itu pomodoro teknik?

pomodoro teknik
iStock

Pomodoro teknik adalah teknik pengaturan waktu yang diperkenalkan pada akhir tahun 1980-an oleh Fransisco Cirillo. Pomodoro sendiri merupakan kata dalam bahasa Spanyol yang berarti tomat. Cirillo saat masih mahasiswa, menggunakan teknik kitchen timer berbentuk tomat sebagai pengatur waktu.

Kitchen timer tersebut dikembangkannya dan dinamai dengan pomodoro teknik, berdasarkan pengaturan waktu dengan timer berbentuk tomat. Teknik ini merupakan teknik fokus dengan interval selang waktu. Dengan menggunakan teknik ini Sedulur dituntut untuk fokus di selang waktu tertentu.

Seperti misalnya selang waktu 25 menit. Ketika waktu 25 menit habis, Sedulur akan istirahat selama 5 menit. Dan hal ini dilakukan sebanyak 4 babak, setiap masuk babak berikutnya, waktu istirahat akan lebih lama selama tidak lebih lama dari waktu belajar itu sendiri.

Cara menerapkan pomodoro teknik

iStock

Tentu Sedulur penasaran bagaimana cara menerapkan teknik satu ini ‘kan? Bukan hanya bagi siswa atau mahasiswa yang masih berkutat dengan materi belajar. Sedulur yang telah lulus dan sedang bekerja juga bisa menggunakan teknik ini.

Terutama bagi Sedulur yang bekerja dan berkaitan dengan penelitian, membutuhkan fokus yang tinggi saat mengerjakan setiap detail tugas yang diberikan. Teknik satu ini sangat cocok untuk mendapatkan fokus dalam belajar.

Lantas, bagaimana cara menerapkan pomodoro teknik ini? Berikut langkah dan cara menerapkannya. Pahami dan langsung praktikkan, ya!

1. Jauhi distraksi dan siapkan materi yang akan dipelajari

pomodoro teknik
iStock

Langkah pertama untuk melakukan teknik ini yaitu menjauhi distraksi. Dalam hal ini terutama handphone yang akan sangat menganggu. Sedulur bisa mematikan handphone atau mejadikan handphone dalam mode airplane.

Dengan begitu, Sedulur bisa fokus dalam belajar dan tidak terdistraksi. Selanjutnya, Sedulur bisa menyiapkan materi yang perlu dipelajari. Seperti latihan soal, membaca jurnal dan lain sebagainya.

2. Tentukan waktu untuk memulai

Ruangguru

Selanjutnya Sedulur hanya perlu menentukan waktu belajar untuk memulai. Sedulur bisa menetapkan alarm dan menggunakan waktu 25 menit untuk awalan. Lakukan kesempatan pertama sebagai percobaan hingga Sedulur menemukan fokus yang sesuai.

Setelahnya, Sedulur hanya perlu menemukan pengaturan waktu yang cocok untuk Sedulur. Apakah setiap 25 menit belajar dan 5 menit istirahat atau 20 menit belajar dengan 10 menit istirahat. Dengan percobaan Sedulur bisa menemukan ritme yang cocok.

3. Fokus selama mengerjakan

pomodoro teknik
iStock

Saat Sedulur mulai belajar, Sedulur harus benar-benar fokus dan jangan sampai terganggung oleh berbagai kegiatan. Termasuk handphone, Sedulur bisa benar-benar mematikan handphone agar waktu belajar Sedulur bisa fokus dilakukan.

4. Lakukan kegiatan menyenangkan saat istirahat

iStock

Ketika memasuki waktu istirahat, Sedulur bisa melakukan hal yang menyenangkan dan tidak memikirkan hal terkait pelajaran. Baik itu menonton video di handphone, membalas pesan atau mendengarkan musik. Manfaatkan waktu istirahat untuk menghibur diri.

5. Lakukan pengulangan sebanyak 4 kali

pomodoro teknik
iStock

Agar teknik ini berjalan dengan maksimal Sedulur bisa melakukan pengulangan sebanyak 4 kali. Siklus belajar-istirahat diulang sebanyak empat kali, kemudian Sedulur perpanjang waktu istirahat serta waktu belajar. Ini dapat meningkatkan daya tahan Sedulur dan membiasakan diri dengan belajar.

6. Perpanjang waktu istirahat

iStock

Cara menerapkan pomodoro teknik selanjutnya, setelah Sedulur melakukan pengulangan teknik ini selama 4 kali, kamu bisa memperpanjang waktu istirahat Sedulur. Dari mulai 15-30 menit. Waktu istirahat ini, bisa Sedulur manfaatkan untuk mendengarkan musik, mengobrol atau juga hanya beristirahat saja.

BACA JUGA: Belajar.id: Pengertian, Manfaat, Cara Daftar dan Aktivasinya

Maksimalkan pomodoro teknik

pomodoro teknik
iStock

Pada dasarnya, teknik atau metode belajar apapun, termasuk juga pomodoro teknik, kunci utama agar waktu belajar bisa maksimal adalah fokus. Untuk fokus dibutuhkan keseriusan, bahkan bagi sebagian orang, fokus sendiri merupakan hal yang sulit dilakukan.

Momentum apapun, bisa Sedulur manfaatkan untuk memaksimalkan waktu belajar. Sehingga Sedulur bisa fokus dan mendapatkan banyak ilmu dari belajar. Teknik pomodoro sangat lengkap dan dapat memberikan hasil yang maksimal ketika Sedulur belajar.

Nah itulah tadi penjelasan tentang pomodoro teknik, sebuah teknik atau metode belajar yang bisa membuat Sedulur mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga penjelasan di atas dapat membantu Sedulur yang terhambat saat belajar, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.