podcast adalah

Perkembangan teknologi membuat banyak orang berinovasi dalam berbagai bidang. Salah satunya adalah menciptakan podcast. Podcast adalah file audio digital yang diunggah pada platform online sehingga dapat didengarkan oleh orang lain. 

Tujuan podcast adalah berbagai sudut pandang, menyampaikan sebuah opini, atau melakukan sesi tanya jawab. Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh seorang pembuat konten, namun tidak menutup kemungkinan jika perorangan ingin membuatnya sendiri. Nah, bagaimana pengertian, manfaat, jenis, dan cara membuat podcast? Simak penjelasannya pada artikel berikut, ya!

BACA JUGA: Desain adalah: Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Metodenya

Pengertian podcast adalah

podcast adalah
iStock

Podcast adalah sebuah file rekaman audio digital yang berisi diskusi mengenai suatu topik tertentu, seperti bisnis atau perjalanan yang diunggah dalam platform online untuk dibagikan kepada orang lain. Dalam arti lain, podcast adalah media visual yang menampilkan diskusi atau sesi tanya jawab mengenai suatu topik. Biasanya, podcast digunakan oleh masyarakat untuk mendengarkan berita, ilmu pengetahuan,atau sharing ilmu pengetahuan. 

Selain karena informasi yang dibawa, podcast menjadi salah satu konten yang diminati karena bersifat dapat diulang-ulang. Hal ini sangat berguna bagi masyarakat saat ini karena dapat didengarkan saat bepergian, perjalanan menuju ke kantor atau bahkan saat bekerja. Dengan begitu, para pendengar podcast dapat memperoleh informasi sembari melakukan kegiatan lainnya.

Podcast mengacu pada distribusi file audio format digital yang bisa diakses secara langsung menggunakan desktop, gadget ataupun dikirimkan ke perangkat media portable, seperti MP3 player untuk didengarkan. Berbeda dengan radio yang harus mendengarkan semua konten yang disiarkan, di podcast kita bisa memilih topik yang diinginkan, mengulang, dan bahkan melewati bagian yang tidak disuka. 

Adanya podcast saat ini juga bisa dijadikan ladang investasi dengan biaya rendah. Selain karena tidak memerlukan stasiun radio, pendengar juga mempunyai kesempatan untuk memilih dan mengunduh topik yang sesuai dengan selera masing-masing.

Asal-usul

podcast adalah
iStock

Sejarah awal atau asal-usul mengenai podcast diketahui pertama kali muncul dalam artikel buatan Ben Hammersley di surat kabar The Guardian pada tahun 2004 yang lalu. Perlu diketahui bahwa podcast singkatan dari kata Playable on Demand. 

Pada awalnya, podcast dirancang untuk pemutaran pada gadget yang menggunakan sistem operasi iOS seperti Mac dan juga iPod. Namun karena semakin populer dari tahun ke tahun dan mencapai puncak popularitas pada tahun 2007, podcast akhirnya semakin berkembang sampai dengan saat ini.

Sebenarnya, podcast merupakan file audio, namun karena banyaknya inovasi, kini banyak bermunculan podcast yang menyertakan video. Video podcast adalah video yang menampilkan orang yang sedang rekaman podcast dengan setting latar seperti siaran radio atau talkshow.

Dengan adanya perkembangan zaman yang semakin canggih, cara mengakses dan berlangganan podcast pun menjadi semakin mudah. Podcast audio dengan berbagai topik dapat ditemukan dengan mudah di iTunes dan Spotify. Sedangkan podcast yang berbentuk audio dan visual biasanya ditemukan dan diakses melalui media sosial Youtube.

BACA JUGA: Intervensi adalah: Pengertian, Macam-Macam dan Contohnya

Sebelum membuat podcast, pastikan jika Sedulur mengetahui jenis-jenis podcast terlebih dahulu. Terdapat 3 jenis podcast, yaitu:

1. Interview podcast

podcast adalah
iStock

Jenis yang pertama adalah interview podcast. Merupakan podcast dimana host akan melakukan sesi wawancara kepada tamu atau narasumber yang berbeda setiap episodenya. Lebih mudahnya, Sedulur dapat melihat satu contoh dari interview podcast dalam channel Youtube Deddy Corbuzier.

2. Solo podcast

podcast adalah
iStock

Jenis kedua adalah solo podcast. Solo podcast merupakan podcast yang dilakukan secara monolog oleh host sendiri tanpa adanya orang lain. Podcast jenis ini biasanya bertujuan untuk menyampaikan sebuah opini, berbagi informasi, atau melakukan sesi menjawab dari pertanyaan yang sudah dikumpulkan sebelumnya. Podcast Smart Passive Income yang dibawakan oleh Pat Flynn  merupakan salah satu contoh podcast solo yang sangat menarik.

3. Multi host podcast

podcast adalah
iStock

Jenis ketiga adalah multi host podcast, yakni podcast yang memiliki host lebih lebih dari satu orang. Podcast jenis ini biasanya bertujuan untuk membangun diskusi yang lebih hidup dengan menawarkan diskusi kepada narasumber yang mempunyai pendapat serta perspektif yang berbeda.

Salah satu contoh podcast tipe ini adalah The Fizzle Show yang dibawakan oleh Caleb Wojcik, Corbett Barr, dan Chase Reevers. Selain para host yang membawa nilai hiburan sendiri, podcast tersebut juga membuat para pendengar lebih tertarik untuk mendengarkan debat. Hal ini juga menunjukkan bahwa semakin dalam pembahasan yang disampaikan, maka semakin meningkat pula jumlah trafik dari pengunjung.

Contoh channel

podcast adalah
iStock

Jika Sedulur masih awam dengan dunia podcast, maka beberapa contoh podcast channel berikut mungkin dapat menjadi pilihan yang tepat. Beberapa channel ini telah mencakup berbagai topik bahasan yang tentunya menarik untuk didengarkan. 

  • Appscoast
  • Awal minggu
  • Makna talks
  • Podcast awal minggu
  • Do you see what i see
  • Podcast Bagi Horor
  • PORD (Podcast Raditya Dika)
  • Subjective
  • Sudut pandang
  • Kejar paket pintar

BACA JUGA: Prosa adalah: Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis dan Contohnya

Contoh aplikasi

podcast adalah
iStock

Saat ingin mendengarkan podcast, Sedulur dapat menggunakan aplikasi-aplikasi berikut ini. Berikut adalah daftarnya:

  • Anchor, merupakan salah satu aplikasi podcast yang sangat familiar dan bisa difungsikan untuk mendengar dan membuat podcast. Tak hanya itu, podcast yang telah dibuat pun juga dapat digunakan untuk menghasilkan uang.
  • Castbox, aplikasi yang menyajikan lebih dari 1 juta koleksi podcast dari berbagai macam sumber seperti iTunes. Aplikasi ini didukung dengan 70 bahasa sehingga daoat digunakan sebagai podcast untuk belajar bahasa asing.
  • Podbean, merupakan aplikasi podcast yang menyajikan banyak koleksi podcast sesuai kategori untuk memudahkan para pengguna dalam berlangganan topik yang mereka suka.
  • Spotify, merupakan aplikasi yang pada awalnya hanya menyajikan konten musik saja di aplikasinya. Namun saat ini Sedulur juga dapat mendengarkan podcast dengan topik yang lengkap di aplikasi ini.
  • Youtube, merupakan media dalam mengunggah podcast dalam bentuk konten audio dan visual.

Cara membuat rekaman yang baik

podcast adalah
iStock

Jika Sedulur tertarik untuk membuatnya sendiri di rumah, berikut adalah cara membuat rekaman yang baik yang bisa diterapkan. Beberapa hal yang dapat dilakukan adalah menentukan topik, mempersiapkan alat, menyusun konten, melakukan proses editing, dan melakukan proses mengunggah konten atau uploading. 

Saat mengunggah, pastikan deskripsi sudah sesuai dengan topik. Jika masih bingung, Sedulur dapat mencari contoh deskripsi podcast di podcast-podcast lainnya sebagai referensi.

Cara membuat podcast pribadi

podcast adalah
iStock

Jika tertarik membuatnya di rumah, Sedulur dapat membuat podcast pribadi menggunakan beberapa langkah berikut ini.

  • Tentukan tema. Langkah pertama adalah menentukan tema podcast yang akan dibuat. Beberapa media podcast biasanya membaginya berdasarkan kategori, seperti komedi,komentar olahraga, musik, berita politik, dan film. 
  • Pilihlah topik atau niche yang sesuai dengan ketertarikan dan penguasaan materi.
  • Siapkan tempat. Sedulur dapat mempersiapkan tempat/studio khusus yang kedap suara sehingga tidak ada noise atau gangguan saat proses recording Podcast.
  • Siapkan peralatan yang dibutuhkan, yaitu microphone, audio recording, dan software editing. Pastikan bahwa peralatan tersebut sesuai dengan kebutuhan.
  • Kuasai materi yang akan dibawakan sebelum merekam. Akan baik lagi jika Sedulur membuat naskah untuk memperlancar proses rekaman.
  • Edit hasil rekaman. Pengeditan yang dilakukan bertujuan untuk memaksimalkan hasil recording yang telah jadi, seperti menambahkan intro dan outro, mempertahankan volume yang konsisten, memperbaiki kesalahan dan menghilangkan celah udara kosong. Aplikasi yang biasa digunakan adalah Audacity, Adobe Audition atau GarageBand.

BACA JUGA: CSR adalah: Pengertian, Fungsi, Jenis, Manfaat & Contohnya

Kelebihan

podcast adalah
iStock

Mengapa podcast banyak diminati? Hal ini karena terdapat beberapa kelebihan yang dimilikinya. Berikut adalah penjelasannya.

  • Podcast menyediakan banyak pilihan topik, banyak pilihan bahasa yang digunakan, serta banyak kategori, seperti komedi, musik, film, hingga politik.
  • Podcast tidak menayangkan iklan. Hal ini akan membuat para pendengar merasa lebih nyaman dan fokus.
  • Podcast bisa didengarkan dimana saja. Fleksibilitas yang dimiliki podcast tentu membuatnya ramai peminat. Podcast dapat didengar tanpa batasan waktu dan tempat, seperti ketika berangkat atau pulang kerja, sebelum tidur, atau ketika merasa bosan.

Selain kelebihan-kelebihan di atas, podcast juga memiliki manfaat yang lainnya. Berikut adalah beberapa manfaat mendengarkan podcast yang dapat Sedulur peroleh.

1. Mempelajari hal baru

podcast adalah
iStock

Dengan tersedianya berbagai pilihan topik dan sub judul yang cukup bervariasi, Sedulur dapat menentukan informasi mana yang menarik untuk didengarkan. Bahkan podcast dapat digunakan sebagai media belajar yang efektif bagi seseorang dengan cara belajar auditori.

Saat mendengarkan podcast, Sedulur tidak hanya mendapatkan informasi secara umum mengenai topik yang sedang dibahas, melainkan juga bisa mengambil pengetahuan dari berbagai macam sudut pandang. Tak hanya itu, argumen yang disampaikan oleh para host juga dapat membuka pikiran pendengar dan meningkatkan kemampuan analisa menjadi lebih baik. 

2. Banyak hal yang dibahas

Manfaat selanjutnya adalah banyaknya variasi topik atau pilihan kategori yang dibahas. Sedulur dapat mendengarkan kategori komedi, musik, film, politik, maupun publik figur. Banyaknya kategori ini tidak hanya bermanfaat bagi para pendengar, namun juga para host yang ingin berkarya melalui podcast sesuai keahlian masing-masing. 

Sebagai contoh di Amerika Serikat, podcast lebih banyak direkomendasikan karena memiliki lingkup informasi yang cukup luas dan beraneka ragam, mulai dari sains, politik, parenting, cerita anak-anak, psikologi, hingga pop culture seperti film, dan musik.

3. Melatih daya imajinasi

Hampir sama dengan membaca, ketika mendengarkan podcast, seseorang akan mencoba mengimajinasikan apa yang didengarnya. Meskipun saat ini mulai ramai podcast audio visual, namun sebagian besar podcast masih bersifat audio saja. Dengan mendengarkan podcast audio, Sedulur dapat melatih indera pendengaran untuk berkolaborasi dengan otak dalam mengimajinasikan topik yang sedang dibahas.

BACA JUGA: Database adalah: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contohnya

4. Sangat fleksibel

podcast adalah
iStock

Sedulur dapat mendengarkan podcast dimanapun dan kapanpun karena fleksibilitas yang dimilikinya. Podcast dapat menemani kegiatan-kegiatan ringan, seperti menyirami bunga di taman, menunggu waktu pulang kerja, ataupun menemani waktu liburan. 

Saat ini sudah tersedia banyak aplikasi podcast yang bisa digunakan oleh pengguna iOS hingga Android secara gratis. Dengan begitu, Sedulur dapat mendengarkan podcast tanpa batasan waktu maupun tempat. Bahkan pada Podcast Spotify, Sedulur dapat menggunakan sebuah fitur yang memungkinkan untuk mengunduh lebih dahulu dan menayangkannya nanti.

5. Berlatih menjadi pendengar yang baik

Jika Sedulur sering mendengarkan podcast, maka disadari atau tidak, kemampuan mendengarkan juga akan terlatih. Bahkan jika dilakukan terus menerus, Sedulur dapat menjadi pendengar yang baik untuk orang lain.

Tak hanya itu, kemampuan mendengar yang baik akan membantu Sedulur untuk lebih fokus pada suatu hal, melatih untuk berpikir kritis, mempunyai sifat simpati yang lebih tinggi, serta mampu membangun hubungan pertemanan secara baik dengan orang lain.

6. Tidak ada iklan

Berbeda dengan radio, ketika Sedulur mendengarkan podcast, maka tidak akan ada iklan yang masuk dalam audio. Meskipun Sedulur tidak berlangganan sekalipun, tidak akan ada iklan yang akan mengganggu fokus para pendengar. Manfaat ini sangat baik bagi para pendengar karena bisa mendengarkan obrolan atau diskusi dengan lebih nyaman dan fokus. 

BACA JUGA: Attitude adalah: Pengertian, Tingkatan, Fungsi dan Contohnya

7. Meningkatkan akurasi kemampuan membaca pada anak

podcast adalah
iStock

Apabila seorang anak mendengarkan podcast, maka kemampuan membacanya akan meningkat. Kebiasaan mendengarkan podcast yang dilakukan bersamaan dengan membaca dipercaya bisa membantu meningkatkan kemampuan akurasi membaca pada anak-anak di usia sekolah dasar.

Hal ini disebabkan oleh kebiasaan dalam menstimulasi otak untuk melakukan decoding, yakni salah satu bagian fundamental dalam membaca. Sementara bagi para pelajar SMP dan SMA, kebiasaan mendengarkan podcast juga bisa meningkatkan minat membaca siswanya.

8. Menstimulasi otak

Manfaat lain dari mendengarkan podcast berkaitan dengan istilah brain gym. Karena secara umum podcast tidak memiliki visual, maka otak akan lebih fokus pada indera pendengaran dalam menggali informasi. Oleh karena itu, podcast banyak disarankan bagi para mahasiswa dalam belajar materi terkait jurusannya.

Brain gym disini berarti tidak adanya elemen visual yang dapat membuat seseorang menjadi lebih imajinatif dalam menggambarkan berbagai informasi. Selain itu fokus diskusi yang ada pada podcast biasanya akan menitikberatkan pada seni berpikir kritis.

Informasi pada podcast sudah ditelaah oleh podcaster menggunakan berbagai teori serta perspektif tertentu lainnya. Dengan begitu, para pendengar tidak hanya mengetahui alasan “mengapa” tetapi juga “bagaimana” topik yang sedang didiskusikan tersebut bisa sampai terjadi. Hal ini menunjukkan bahwa mendengarkan podcast dapat membuat seseorang lebih terbuka akan kemungkinan solutif lainnya.

9. Bagi podcaster, memiliki podcast dapat membangun kredibilitas

Manfaat podcast tidak hanya dapat dirasakan oleh para pendengar, melainkan juga para podcaster. Podcast dapat menjadi sarana para podcaster untuk menyalurkan hobi jika suka mendiskusikan mengenai topik tertentu. Di dalam dunia bisnis, podcast juga biasa digunakan sebagai salah satu upaya dalam kegiatan branding.

Dengan menjalankan sebuah podcast dengan baik, seorang podcaster dapat meningkatkan kredibilitasnya. Hal ini karena setiap topik yang nantinya akan didiskusikan dalam sebuah podcast pasti membutuhkan riset yang matang. Hal ini artinya para podcaster harus memiliki analisis yang kritis.

Jika para podcaster dapat membawakan hal diatas, maka minat pendengar tentu akan meningkat. Mereka bisa saja menjadi semakin sering mendengarkan podcast dan bisa jadi channel podcastnya direkomendasikan ke orang lain. Oleh karena itu, saat ini banyak influencer maupun content creator yang serius memanfaatkan podcast, seperti contohnya adalah Ryan Higa.

BACA JUGA: Validasi adalah: Pengertian, Jenis-Jenis, Manfaat & Contohnya

10. Sebagai alternatif dari radio dan televisi

podcast adalah
iStock

Pada dasarnya, podcast merupakan sebuah rekaman audio. Oleh karena itu, podcast menjadi salah satu alternatif dari radio bahkan juga televisi. Selain topik bahasan yang sangat beraneka macam, podcast juga sangat menarik ketika pembahasannya sangat mendalam dan spesifik. Hal menarik lainnya adalah adanya interaksi antara dua podcaster yang sedang berdiskusi, sehingga para pendengar dapat dengan mudah menyimaknya.

Demikian informasi mengenai pengertian podcast beserta manfaat, jenis, dan cara membuatnya. Banyaknya manfaat yang dapat diperoleh dari sebuah podcast membuat karya seni audio ini banyak didengarkan oleh masyarakat. Jika tertarik, Sedulur juga dapat membuatnya sendiri di rumah mengikuti cara dalam artikel ini. Selamat berkarya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.