pesawat sederhana

Pesawat sederhana merupakan salah satu penemuan yang sangat membantu dan memudahkan kegiatan umat manusia sehari-hari. Kendati saat ini telah memasuk era serba modern, masih terdapat beberapa peralatan yang bekerja dengan sistem manual seperti pesawat sederhana.

Namun, Sedulur jangan sampai memikirikan kendaraan pesawat terbang ya. Karena dua hal ini memiliki perbedaan yang jauh sekali. Lantas, seperti apa pesawat sederhana dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari? Yuk, kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: Pesawat Terbesar di Dunia yang Dihancurkan Rusia

Apa itu pesawat sederhana?

Adjar.ID

Sebelum membahas jenis pesawat sederhana dan contohnya, Sedulur tentu harus mengetahui pengertiannya terlebih dahulu. Bagi Sedulur yang belum mengetahui ini, tentu akan berasumsi sama dengan pesawat terbang. Namun merupakan konsep yang berbeda.

Pesawat sederhana adalah adalah alat mekanis yang bisa mengubah arah atau besaran sebuah gaya. Cara kerjanya menggunakan rumus pesawat sederhana, dimana dasarnya memanfaatkan gravitasi dengan beberapa teknologi lainnya.

Sehingga bisa diambil kesimpulan bahwa pesawat sederhana digunakan untuk membantu dan memudahkan sebuah pekerjaan dan bisnis seorang manusia. Lantas apa saja macam-macamnya?

Macam-macam pesawat sederhana

Adjar.ID

Setelah mengetahui penjelasannya di atas, tentu Sedulur harus mengetahui macam-macam dari alat mekanik satu ini. Terdapat beberapa jenis pesawat sederhana yang saat ini tersedia.

Jenis-jenis tersebut terdiri dari empat jenis, yaitu katrol, roda berporos, bidang miring dan pengungkit. Masing-masing dari jenis-jenis tersebut memiliki fungis dan kegunaan yang brebeda-beda. Agar Sedulur lebih paham lagi, Yuk, mari langsung simak penjelasannya di bawah ini!

1. Katrol

pesawat sederhana
Kompasiana

Jenis pertama adalah katrol, bentuknya seperti roda beralur yang terhubung dengan tali dan bisanya digunakan untuk memudahkan pekerjaan mengangku barang. Karena katrol sendiri mampu mengubah gaya ketika menarik atau mengangkat beban.

Katrol pun terdiri dari beberapa jenis, mulai dari katrol tetap, katrol bebas dan katrol majemuk. Jenis katrol tetap posisinya tidak akan berubah ketika memindahkan benda. Sementara katrol bebas posisinya bisa berubah-ubah.

Berbeda dengan katrol majemuk yang merupakan gabungan dari katrol tetap dan katrol bebas. Katrol merupakan salah satu contoh pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari, seperti misalnya pada sumur atau tiang bendera saat upacara.

2. Roda berporos

pesawat sederhana
Parboaboa

Jenis kedua adalah roda berporos, roda berporos merupakan jenis yang paling sering ditemui. Roda berporos memakai roda dan mempunyai poros tempat berputarnya roda. Pemanfaatan roda berporos ini dapat digunakan untuk memindahkan benda dengan mudah tanpa mengeluarkan banyak gaya.

Salah satu contoh roda berporos adalah troli. Troli seringkali digunakan untuk memindahkan barang yang berukuran besar, seperti lemari contohnya. Banyak yang menggunakan troli untuk memindahkan lemari, karena dengan penggunaan troli menjadi lebih mudah.

3. Bidang miring

Kependidikan

Jenis ketiga adalah bidang miring, yaitu merupakan bidang datar yang diletakkan secara miring sehingga membentuk sudut tertentu. Hal ini dapat menyebabkan kecil gaya kuasa. Pada dasarnya, konsep ini menggunakan gaya gravitasi.

Bidang miring juga bisa berarti sebagai sebuah lintasan yang memiliki kemiringan tertentu serta membentuk sudut terhadap permukaan mendatarnya. Salah satu penerapan bidang miring adalah jalan di dataran tinggi yang dibuat berkelok-kelok. Hal ini dilakukan dengan alasan agar membuat lintasan menjadi landai dan tidak terlalu curam agar penggunaan gaya tidaklah terlalu besar.

BACA JUGA: Fenomena Chemtrail, Asap Pesawat yang Sempat Jadi Hoaks

4. Pengungkit

Kompas

Jenis terakhir adalah pengungkit. Pesawat sederhana pengungkit merupakan alat yang dapat memudahkan usaha dengan mengandalkan gaya kuasa dan mengubah arah gaya.

Pengungkit terdiri atas tiga jenis, yaitu jenis pertama yang titik tumpunya terletak di antara beban dan kuasa, jenis kedua yang titik bebannya ada di antara kuasa dan tumpu, serta jenis ketiga yang titik kuasanya ada di antara beban dan tumpu.

Nah itulah pengertian dan macam-macam pesawat sederhana yang perlu Sedulur ketahui. Karena pada dasarnya keberadaan alat mekanik ini dibutuhkan untuk kegiatan sehari-hari, terutama untuk kegiatan bisnis dan aspek kehidupan lainnya.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.