olahraga peninggi badan

Bagi Sedulur yang ingin menambah tinggi badan, Sedulur bisa melakukan beberapa olahraga peninggi badan di rumah. Dengan begitu, tubuh Sedulur akan terus terangsang agar senantiasa bertambah tinggi. Tentu berolahraga juga harus disertakan dengan asupan makanan yang bergizi dan cukup.

Nah dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama, daftar olahraga peninggi badan tanpa alat yang sederhana dan bisa Sedulur lakukan sendiri di rumah tanpa ribet. Apa saja daftar olahraganya? Yuk, mari langsung kita simak daftarnya di bawah ini!

BACA JUGA: Jelaskan Perbedaan antara Jalan dan Lari dalam Olahraga

1. Basket

olahraga peninggi badan
Deposit Photos

Dalam daftar olahraga atau kegiatan fisik, salah satu rekomendasi bagi yang ingin tubuh tinggi dan kekar, basket merupakan jawabannya. Jenis olahraga ini mendorong Sedulur untuk berlari dan melompat. Terutama gerakan melompat dapat merangsang pertumbuhan tulang.

-->

Bukan hanya itu, olahraga peninggi badan untuk remaja ini juga dapat melancarkan aliran darah ke dalam lempeng epifisis yang berdampak para rangsangan perkembangan tulang hingga bisa mencapai tinggi maksimalnya.

2. Berenang

olahraga peninggi badan
Deposit Photos

Berenang adalah pilihan olahraga peninggi badan selanjutnya yang banyak membantu Sedulur mendapatkan tubuh yang tinggi. Setelah basket, renang adalah pilihan orangtua bagi setiap anaknya agar memiliki tubuh yang tinggi serta kelenturan dan daya tahan yang maksimal.

Coba Sedulur lihat, banyak atlit perenang yang memiliki postur tubuh yang tinggi menjulang. Hal ini disebabkan aktivitas fisik saat berenang menyebabkan tubuh bagian atas lebih panjang dibandingkan tubuh bagian bawah.

Saat berenang, tulang belakang tubuh akat semakin kuat sehingga mampu untuk mencapai postur yang maksimal dan ideal. Saat berenang pun, kita akan melakukan gerakan horizontal yang melawan gravitasi. Dengan begitu tubuh bagian atas akan secara konstan melakukan peregangan dan kontraksi sehingga dapat mencapai pertumbuhan dan tinggi yang maksimal.

3. Bersepeda

Olahraga peninggi badan
GenPI

Cara meninggikan badan dengan olahraga selanjutnya adalah bersepeda. Bukan hanya mampu untuk menambah tubuh semakin tinggi, dengan bersepeda juga mampu meningkatkan stamina dan bisa membuat tubuh memiliki kekuatan fisik yang tinggi.

Saat beresepeda, tubuh akan melakukan aktivitas yang berat, terutama untuk tubuh bagian bawah. Karena ada proses mengayuh pedal agar sepeda bisa bergerak. Gerakan dan aktivitas berat tersebut dapat meningkatkan aliran dara pada lutut dan otot paha sehingga bisa merangsang tubuh semakin tinggi.

4. Sepakbola

olahraga peninggi badan
Fandom

Sepakbola merupakan olahraga peninggi badan di pagi hari yang bisa Sedulur lakukan. Selain menambah tubuh semakin kuat dan tinggi, sepakbola juga dapat memberikan kesenangan yang dapat berpengaruh bagi mood dan kesehatan mental Sedulur.

Sepakbola juga dapat membuat tubuh bertambah tinggi secara alami, karena dengan bermain sepakbola pertumbuhan tulang dapat meningkat secara alami. Tidak jauh berbeda dengan basket, dalam bermain sepakbola tubuh diharuskan berlari dan juga melompat sesekali.

Gerakan menggiring bola dan mengindari lawan juga dapat merangsang pertumbuhan otot pada setiap bagian tubuh serta merangsang tulang. Setiap kegiatan yang dilakukan saat bermain sepakbola dapat membantu lempeng epifisis menerima darah yang kaya akan oksigen dan hormon pertumbuhan.

Banyak manfaat yang didapatkan dengan melakukan olahraga sepakbola. Tidak heran banyak atlit sepakbola yang memiliki postur tubuh yang sangat tinggi.

5. Peregangan leher

Deposit Photos

Sedulur tengah mencari olahraga peninggi badan sebelum tidur yang ringan? Peregangan leher cocok untuk Sedulur lakukan. Manfaat utama gerakan ini yaitu dapat membuat leher, kepala dan bahu rileks dan meredakan ketegangan.

Ini juga dapat mendorong tubuh untuk lentung dan tinggi badan bertambah. Bagi Sedulur yang penasaran ingin melakukan olahraga ini, Sedulur bisa mengikuti langkahnya di bawah ini:

  1. Sedulur bisa cari kursi dan duduk dengan nyaman
  2. Usahakan tubuh ada di posisi yang tegak
  3. Gerakkan kepala ke kanan dan ke kiri
  4. Lalu tahan geralan selama tarikan nafas
  5. Lakukan gerakan berulang semampunya

6. Lompat tali

Deposit Photos

Bagi Sedulur yang seorang atlit untuk cabang olahraga apapun, lompat tali merupakan salah satu olahraga yang disarankan untuk dilakukan secara rutin. Karena lompat tali dapat meningkatkan stamina serta kekuatan dan kelenturan.

Bukan hanya itu, lompat tali juga efektif untuk membuat tubuh semakin tinggi. Karena olahraga ini melatih kaki dan lengan untuk selalu gerak yang bisa merangsang pertumbuhan tulang sehingga semakin tinggi.

7. Peregangan lutut

Deposit Photos

Selain peregangan leher, peregangan lutut juga dapat membantu Sedulur untuk meninggikan badan. Ini disebabkan karena lutut memiliki persendian yang berkontribusi pada tinggi badan itu sendiri. Peregangan lutut juga merupakan rekomendasi olahraga peninggi badan setelah bangun tidur.

Gerakan yang bisa Sedulur lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Sedulur bisa berlutut di soba atau kursi
  2. Pastikan lutut menekuk di bawah pinggul
  3. Sedulur bisa menggunakan bantal atau selimut agar tidak nyeri
  4. Lalu gerakan lutut untuk peregangan
  5. Lakukan selama 30 detik untuk 3 kali
  6. Peregangan lutut dapat memperpanjang tulang belakang

8. Yoga

Deposit Photos

Yoga merupakan rekomendasi olahraga peninggi badan untuk wanita. Selain untuk meninggikan badan, olahraga ini baik untuk melenturkan tubuh dan membuat keseimbangan tubuh berjalan dengan lancar. Sehingga dampaknya bisa dirasakan oleh tubuh dan kejiwaan.

Ini yang menyebabkan banyak orang yang berminat melakukan yoga, selain dampak positif pada tubuh, juga bisa memberikan dampak pada kejiwaan dan memberikan asupan secara spiritual. Tidak terkecuali untuk meninggikan badan, karena banyak gerakan yoga yang dapat melenturkan tubuh.

9. Jogging

GenPI

Ini merupakan olahraga yang super mudah. Bagi Sedulur yang ingin mengecilkan badan, terutama di area perut, jogging merupakan pilihan utama untuk dilakukan. Selain simpel, olahraga ini juga dapat dilakukan di mana pun selama Sedulur masih sanggup berlari.

Tidak ingin ribet menambah tinggi tubuh dengan alat olahraga? Jogging jawabannya. Dengan jogging Sedulur mampu merangsang pertumbuhan tulang dan menambah kondisi tulang semakin kuat.

BACA JUGA: 18 Olahraga Kardio yang Banyak Manfaat dan Mudah Dilakukan

10. Bergelantung

Deposit Photos

Olahraga terakhir adalah dengan bergelantung. Alih-alih olahraga, kegiatan fisik ini lebih seperti kegiatan bermain. Pasalnya, sebagai orang dewasa, selalu heran jika melihat anak-anak bergelantungan. Jawabannya sederhana, karena adanya kesenangan dalam bergelantung.

Selain menambah kesenangan, juga dapat merangsang pertumbuhan tulang. Jika Sedulur melihat ada anak yang tengah bergelantung, biarkan saja dan jangan dilarang. Cukup diperhatikan saja. Karena bergelantung sangat baik untuk pertumbuhan tulang.

Sedulur bisa melakukan olahraga peninggi badan dengan cepat yang telah dijelaskan di atas secara rutin dan teratur. Selain untuk membuat tubuh semakin tinggi, Sedulur juga dapat membuat tubuh senantiasa sehat dan bugar dengan olahraga di atas.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.