olahraga orang kurus untuk pria

Terdapat beberapa jenis olahraga orang kurus untuk pria yang bisa dijalankan sebagai bagian untuk memperbesar otot itu sendiri. Meskipun sebagian beranggapan bahwa kurus itu ideal, namun bukan berarti tidak membutuhkan olahraga.

Beberapa jenis olahraga orang kurus dapat menaikan berat badan. Karena terlalu kurus pun tidak begitu baik. Perlu sedikit otot agar memiliki berat badan ideal. Nah, berikut ini terdapat jenis rekomendasi olahraga orang kurus untuk pria. Yuk, mari langsung kita simak pembahasannya!

BACA JUGA: 10 Olahraga Peninggi Badan, Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah!

1. Sit-up

Sportstars

Jenis olahraga orang kurus untuk pria yang pertama yang bisa dilakukan adalah sit-up. Olahraga ini sangat efektif untuk meningkatkan sistem kerja otot perut. Juga dapat bekerja untuk menjaga kesehatan otot tubuh secara keseluruhan.

Massa otot tubuh yang sehat akan membuat kondisi tubuh menjadi lebih bugar. Melakukan sit up secara rutin juga akan membuat otot tubuh terlatih melakukan gerakan. Gerakan menarik tubuh dan meletakan punggung dalam sit up sangat bermanfaat untuk melatih kekuatan otot tubuh.

2. Push-up

olahraga orang kurus untuk pria
Kompas

Olahraga orang kurus untuk pria selanjutnya yaitu push-up. Push-up sangat efektif mengembangkan otot bagian tubuh atas seperti dada, bahu, trisep. Sedulur bisa melakukan hal ini secara teratur minimal melakukannya sebanyak 3 hingga 4 kali dalam seminggun.

Namun lebih baik melakukannya dengan porsi yang berat sekaigus, karena semakin berat olahraga tersebut, semakin baik untuk otot itu sendiri. Jumlah push-up yang disarankan adalah setiap satu setnya selama 30 detik dengan istirahat 30 sampai 45 detik untuk tiap set.

3. Angkat beban

Hellosehat

Rekomendasi olahraga orang kurus untuk pria selanjutnya adalah angkat beban yang dapat memaksimalkan berat massa otot. Sedulur bisa melakukan angkat beban seperti barbell atau angkat besi. Dnegan olahraga ini massa otot akan terangsang untuk tubuh.

Selain memberikan efek terlihat lebih gemuk, massa otot yang padat juga akan membuat berat badan kamu bertambah secara alamiah. Jika, Sedulur rutin melakukan olahraga angkat beban ini, bukan tidak mungkin tubuh kurus bisa menjadi berisi, memiliki tubuh ideal yang diinginkan bukan lagi mimpi.

4. Renang

olahraga orang kurus untuk pria
Sportstars

Renang juga merupakan olah raga orang kurus untuk pria. Bukan hanya dapat memperbesar massa otot, namun renang juga dapat meningkatkan denyut jantung dan keseatan. Air juga bisa memberikan resistensi multi-arah yang akan meningkatkan otot dan suara kita.

Selain karena berenang memang membuat seluruh anggota tubuh ikut bergerak, membuat setiap seluruh bagian tubuh bisa berjalan dengan baik. Dan akhirnya, hal tersebut juga bisa menambah berat badan Sedulur.

5. Pull-up

ob-fit

Olahraga pull-up dapat merangsang otot tarik, seperti bisep, telapak tangan dan otot lats. Sedulur bisa memulai dengan menggengam palang dengan telapak tangan ke arah depan dan tarik badan, lakukan olahraga ini sebanyak empat set, dengan durasi setiap setnya 10 hingga 20 detik.

6. Plank

olahraga orang kurus untuk pria
iStock

Plank merupakan rekomendasi olahraga orang kurus untuk pria. Olahraga ini memiliki posisi seperti push-up, namun perbedaannya ada di bagian lengan bawah. Dan tidak perlu menggerakan tangan naik-turun seperti push up.

Cara melakukan plank sangat sederhana, berikut tipsnya:

  • Posisikan lengan bawah sejajar dengan lantai,
  • Lalu, pertahankan posisi tersebut kurang lebih selama 20 hingga 30 detik.
  • Lakukan sebanyak lima set setiap harinya dan beristirahat sebanyak 30 detik tiap set-nya.

7. Wall-sits

NASM Blog

Rekomendasi olahraga orang kurus untuk pria selanjutnya yaitu dengan menjalankan olahraga ini. Adapun cara melakukan olahraga ini yaitu:

  • Berdirilah dengan kedua kakimu yang menjauh dari dinding.
  • Squat sampai sudutnya 90 derajat dengan lantai dan bertumpulah pada tembok.
  • Pertahankan posisi itu sampai 30 hingga 60 detik dan lakukan tiga sampai lima set.
  • Untuk istirahat, luangkan 30 detik di tiap set.

8. Lunge

olahraga orang kurus untuk pria
Experience Life

Selanjutnya Sedulur bisa melakukan gerakan lunge sebagai olahraga orang kurus untuk pria. Gerakan olahraga ini sangat bagus untuk melatih otot-otot bagian bawa. Selain itu, olahraga ini juga tidak terlalu berat namun sangat ampuh.

Agar Sedulur dapat merakan manfaatnya, Sedulur bisa melakukan   lima set yang masing-masing setnya adalah 30 detik dan berikan istirahat juga selama 30 detik di tiap jeda set.

9. Side plank

Alo Moves

Gerakan olahraga ini sama dengan plank, namun bagian sisinya. Tubuh Sedulur hanya ditumpu dengan satu tangan dan tangan lainnya berada di bagian atas. Tujuan dari gerakan ini dapat untuk mempekuat bagian sisi perut dan menambah massa ototnya.

Sedulur bisa melakukan tiga set dengan masing-masing set berdurasi 30 detik. Jangan lupa untuk mengganti ke sisi yang lain. Sedulur bisa melakukan gerakan ini setelah melakukan gerakan plank.

BACA JUGA: 18 Olahraga Kardio yang Banyak Manfaat dan Mudah Dilakukan

10. Jogging

olahraga orang kurus untuk pria
Detik

Ini merupakan olahraga yang paling sederhana untuk meningkatkan massa otot, bukan hanya itu, olahraga ini juga sangat efektif untuk mengurangi lemak dan kalori tubuh. Bukan hanya untuk menambah berat badan, joging juga efektif untuk menurunkan berat badan.

Selain itu, joging juga sangat mempengaruhi metabolisme tubuh, hal ini akam mempengaruhi penambahan massa otot pada tubuh. Sehingga membuat tubuh menjadi lebih cepat menambah berat badan.

Nah itulah beberapa jenis olahraga orang kurus untuk pria yang bisa dijadikan sebagai rekomendasi. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur untuk mendapatkan otot yang ideal ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.