Penyebab mimisan sebenarnya banyak sekali alasannya. Gejala mimisan ini sebenarnya tidak bisa menimbulkan berbagai penyakit serius jika penanganannya cepat. Mimisan atau epistaksis merupakan pendarahan yang terjadi di hidung. Meski mungkin terlihat menyeramkan, mimisan bukanlah kondisi yang berbahaya. Sebenarnya langkah awal penangananan bisa dilakukan mandiri di rumah.

Dilansir Super dari laman Alodokter, hampir semua orang sebenarnya pernah mengalami gejala mimisan. Biasanya mimisan ini sering diderita oleh mereka yang masih berusia 3-10 tahun, wanita hamil, penderita kelainan darah dan orang yang mengonsumsi obat pengencer darah. Penyebab mimisan sebenarnya ada beberapa macam.

Nah,  dari pada penasaran mengenai penyebab mimisan, berikut tim Aplikasi Super memberikan penjelasan lebih lengkapnya untuk Sedulur.

BACA JUGA : 10 Manfaat Kacang Mete Untuk Kesehatan Tubuh & Asal Usulnya

1. Pengertian mimisan

Mimisan Bisa Jadi Tanda Penyakit yang Berbahaya, Simak Penyebabnya
pixabay

Mimisan merupakan gejala keluarnya darah dari hidung. Gejala semacam ini disebabkan oleh berbagai hal. Bisa karena alergi terhadap beberapa obat atau makanan. Atau penyebab mimisan ini juga dikarenakan oleh terkena beberapa benturan pada bagian hidung sehingga membuat seseorang lalu terjadi mimisan. Anak-anak selalu menjadi pihak yang sangat mudah mengalami gejala mimisan seperti ini.

BACA JUGA : Penyebab Umum Tenggorokan Sakit Saat Menelan

2. Penyebab mimisan

Mimisan Bisa Jadi Tanda Penyakit yang Berbahaya, Simak Penyebabnya
klikdokter

Paling umum penyebab mimisan ialah kondisi udara yang kering dan juga sebuah kebiasaan mengorek pada bagian hidung. Dua hal ini sebenarnya menjadi penyebab pembuluh darah halus di dalam hidung bisa pecah sehingga bisa terjadi pendarahan.  Namun, selain dua hal ini, juga masih banyak lagi penyebab mimisan lho Sedulur.

Beberapa faktor yang bisa meningkatkan resiko terjadinya mimisan bisa meliputi beberapa hal seperti berikut ini. Yuk simak penyebab mimisan tiba-tiba

  • Membuang ingus terlalu kencang
  • Cedera pada hidung
  • Bentuk hidung yang tidak normal yaitu bengkok. Entah akibat beberapa faktor bisa keturunan dan cedera.
  • Penyebab sering mimisan bisa disebabkan oleh obat pelega hidung dalam bentuk semprot secara berlebihan.
  • Penyebab mimisan sebelah kiri mungkin juga disebabkan oleh infeksi yang menyebabkan hidung tersumbat misalnya sakit flu.
  • Penyebab mimisan pada anak juga bisa disebabkan oleh alergi.
  • Penyebab sering mimisan bisa juga diakibatkan dengan sinusitis kronis.

3. Penyebab mimisan pada anak

Mimisan Bisa Jadi Tanda Penyakit yang Berbahaya, Simak Penyebabnya
alodokter

Anak memang sangat rentan mengalami gejala mimisan. Namun, penyebab mimisan pada anak yang paling umum disebabkan karena alergi, pilek, atau udara yang kering. Nah, ketika seseorang mengalami gejala semacam ini, maka darah bisa keluar dari pembuluh darah bagian depan hidung (epistaksis anterior) atau bagian belakang (epistaksis posterior)

Berikut ini pemaparan dari tim Aplikasi Super:

  • Paparan bahan kimia yang menyebabkan iritasi pada hidung, misalnya saja adalah amonia.
  • Penyebab mimisan selanjutnya adalah, masuknya benda asing.
  • Benturan keras di kepala atau cedera yang menyebabkan patah hidung.
  • Penyebab mimisan pada anak juga bisa disebabkan oleh tumor hidung yang tumbuh pada rongga hidung.
  • Keempat bisa disebabkan oleh dampak dari operasi hidung.
  • Kelima yang wajib kamu ketahui adalah kanker nasofaring
  • Hipertensi juga bisa menjadi penyebab mimisan
  • Penyakit ateroklerosis
  • Lalu ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan gangguan pembekuan darah, seperti hemofilia atau penyakit von Willebrand.
  • Terakhir penyebab mimisan pada anak ialah obat-obatan pengencer darah seperti warfarin, heparin, atau aspirin.

4. Penyebab mimisan saat tidur

Mimisan Bisa Jadi Tanda Penyakit yang Berbahaya, Simak Penyebabnya
klikdokter

Mimisan sebenarnya bisa terjadi kapan saja, bisa menyerang orang dewasa, anak-anak bahkan lansia. Namun untuk mimisan yang terjadi saat tidur, bisa disebabkan oleh beberapa hal. Tidur merupakan kebutuhan hidup manusia setelah seharian menjalani sebuah aktivitas yang padat. Namun, meski aktivitas ini cukup menyehatkan, tetap nyatanya beberapa orang mengalami masalah mimisan pada waktu ini.

Dikutip Aplikasi Super dari laman Hello sehat, ada sekitar lima penyebab dapat terjadi mimisan pada saat seseorang tidur. Lantas apa sajakah penyebab-penyebab tersebut, yuk simak ulasannya seperti berikut ini:

Ruangan terlalu kering

Ruangan yang terlalu kering ternyata juga bisa menyebabkan mimisan saat waktu tidur lho Sedulur. Kondisi ruangan yang terlalu kering mungkin disebabkan oleh iklim kering, rutin menggunakan pemanas ruangan atau mungkin bisa terlalu sering menggunakan pendingin ruangan seperti kipas angin atau AC.

Tentu saja persoalan semacam itu bisa membuat kelembapan ruangan kamar timur kamu Sedulur bisa menjadi sangat rendah. Sehingga  membuat selaput lendir dalam organ pernapasan hidung juga ikut mengering. Penyebab mimisan ini selanjutnya, darah yang keluar dari hidung bisa terjadi karena pembuluh darah sangat sensitif pada suhu yang kering.

Nah, saat selaput lendir di dalam sebuah hidung mengalami fase pengeringan, maka pembuluh darah akan terbuka. Ketika saat itu pula selaput lendir kering, sangat mudah mengalami masalah retak dan bisa membuat penyebab mimisan saat tidur terjadi.

Terlalu sering mengupil

Jangan pernah menganggap sepele aktivitas mengupil ya Sedulur. Mungkin bagi segelintir orang, mengupil adalah tindakan yang cukup menyenangkan kan. Karena kita dengan puas, mengorek kotoran yang berada di dalam hidung. Namun, bilamana Sedulur terlalu dalam mengambil kotoran, bisa-bisa rambut halus di dalam hidung bisa tercabut.

Tahukah Sedulur, bulu-bulu halus dalam hidung, memiliki fungsi menyaring kotoran yang masuk ke dalam hidung, supaya kita bisa menghirup aroma segar. Mulai sekarang hentikanlah kegiatan mengupil ini Sedulur. Sebab bisa menjadi salah satu alasan penyebab mimisan.

Pada bagian tengah hidung atau septum, sangat mudah mengalami iritasi dan juga masalah pendarahan jika Sedulur menyentuhnya. Tahukah Sedulur ada lima pembuluh darah yang berbeda dan berkumpul di bagian septum yang sangat sensitif. Apabila Sedulur terlalu sering melakukan aktivitas mengupil  dan menyentuh pembuluh darah, maka yang ada bisa retak dan mengalami pendarahan.

Alergi

Setiap orang mungkin mengalami masalah alergi. Baik itu alergi yang disebabkan oleh makanan, reaksi obat-obatan kimia, bahkan bisa disebabkan oleh kondisi cuaca. Nah, tahukah Sedulur, alergi ternyata menjadi alasan bisa menjadi penyebab mimisan.

Ketika Sedulur melakukan sentuhan atau menghirup alergen, seperti serbuk sari, debu, atau makanan akan menimbulkan reaksi alergi pada hidung. Bisa diambil contoh, ketika Sedulur merasa hidung gatal, maka dengan spontan pun akan langsung menggaruknya.

Kebiasaan semacam ini ternyata bisa merusak pembuluh darah yang ada di dalam hidung. Lalu apabila Sedulur menggunakan semprotan hidung steroid untuk mengurangi sebuah gejala alergi, sehingga menyebabkan bagian pada dalam hidung bisa mengalami masalah pengeringan dan akan dengan cepat mudah retak.

Infeksi hidung

Penyebab mimisan saat tidur bisa disebabkan oleh infeksi hidung. Ada berbagai jenis penyakit infeksi hidung yang mungkin bisa Sedulur rasakan. Misalnya seperti penyakit sinusitas, pilek atau infeksi pernapasan seperti radang tenggorokan. Penyakit semacam ini bisa menghadirkan masalah mimisan lho Sedulur.

Infeksi hidung tersebut tentu saja akan berpengaruh terhadap pada lapisan dalam organ pernapasan seperti hidung. Sebab, organ yang satu ini terkenal memang sangat sensitif menerima rangsangan sebuah bau dari luar atau sekitarnya. Sehingga pada akhirnya hidung bisa dengan mudah mengalami iritasi sampai mengeluarkan darah.

Perlu diingat Sedulur, penggunaan semprotan hidung secara berlebihan saat sedang infeksi juga bisa memicu mimisan saat sedang tidur. Jadi, infeksi hidung jangan sampai dianggap remeh ya Sedulur.

Membuang ingus terlalu kencang

Kebiasaan membuang ingus terlalu kencang ternyata tidak baik lho buat kesehatan Sedulur. Hidung berlendir memang sangat menyebalkan jika tidak dikeluarkan, namun tetap harus berhati-hati apabila kamu ingin mengeluarkan ingus dari dalam hidung.

Pernahkan Sedulur melihat sebuah gumpalan darah ketika sedang membuang ingus? Sebenarnya memang sebuah kondisi yang wajar terjadi sebab, pembuluh darah di dalam hidung akan menjadi sangat sensitif. Saat Sedulur membuang ingus atau lendir terlalu kencang, maka akan terjadi sebuah hentakan

Pada posisi ini, pembuluh darah pada hidung juga akan mengalami luka karena dorongan udara dan kotoran dari dalam hidung. Jadi penyebab mimisan saat tidur, juga bisa disebabkan karena persoalan semacam ini.

BACA JUGA : Fakta & Ciri Khas Sapi Limosin, ‘Sapi Sultan’ Favorit Pejabat

5. Cara mengatasi mimisan

Mimisan Bisa Jadi Tanda Penyakit yang Berbahaya, Simak Penyebabnya
alodokter

Ada beberapa langkah penting yang bisa kamu lakukan dalam upaya cara mengatasi mimisan. Tergantung tingkat keparahan dan juga waktu terjadinya sebuah mimisan. Yuk simak ulasan berikut terkait penangan mimisan dari masing-masing penyebab.

Mimisan pada anak

Masalah mimisan pada anak memang tidak boleh dianggap sepele. Anak yang mengalami mimisan tentu saja secara alami akan mengalami reaksi menangis. Nah, berikut ini cara yang bisa kamu lakukan untuk meredakan mimisan pada anak Sedulur.

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan duduk tegak dan jangan berbaring. Posisi duduk dapat mengurangi tekanan pada pembuluh darah dalam hidung, sehingga pendarahan dapat segera terhenti.
  • Condongkan tubuh ke bagian depan agar darah keluar dari hidung tidak masuk ke tenggorokan. Darah yang tertelan bisa memicu muntah.
  • Pencet hidung selama 10-15 menit lalu bernapaslah melalui sebuah mulut.
  • Terakhir kompres pangkal hidung dengan menggunakan kompres dingin supaya memperlambat pendarahan.

Mengatasi mimisan saat tidur

Masalah mimisan saat tidur bisa dialami oleh beberapa pihak baik itu anak-anak atau mungkin orang dewasa. Nah, tentu mengalami mimisan ketika waktu tidur memang sangat mengganggu bukan. Berikut ini cara mengatasi mimisan saat tidur.

  • Mencubit atau menutup hidung yang mimisan selama lima menit tanpa henti. Pada saat waktu ini, Sedulur bisa bernapas lewat hidung yang lain.
  • Tutuplah hidung hidung selama satu sampai dua menit, maka darah akan tetap keluar karena belum membeku. Meski kurang nyaman, namun cara ini sangat efektif meredakan mimisan saat tidur.
  • Jadi, sebaiknya Sedulur menahan dan menutup hidung selama kurang lebih selama lima menit.

Konsultasi ke dokter

Cara mengatasi mimisan selanjutnya adalah bisa melakukan konsultasi ke dokter. Cara ini merupakan satu-satunya cara dalam mengobat mimisan kamu Sedulur. Namun, patut diingat ya Sedulur. Konsultasi ke dokter hanya berlaku jika mimisan kamu sudah lumayan parah.

Segera periksakan ke dokter apabila pendarahan dari hidung terus terjadi kurang lebih selama 20 menit atau jika mimisan yang disebabkan oleh cedera pada kepala. Tahukah Sedulur, pada kondisi tersebut dapat menjadi tanda mimisan posterior sehingga membutuhkan penanganan langsung dari dokter.

BACA JUGA : 16 Contoh Alat Musik Harmonis & Cara Memainkannya!

6. Cara mengatisipasi mimisan

Mimisan Bisa Jadi Tanda Penyakit yang Berbahaya, Simak Penyebabnya
lifepack

Mencegah mimisan sangat penting supaya bisa terhindar dari berbagai penyakit serius. Dikutip Aplikasi Super dari laman Alodokter, ada beberap cara supaya bisa terhindar dari masalah mimisan. Berikut ini adalah penjelasan secara lengkapnya.

  • Berhati-hati ketika mengorek hidung dan tidak mengorek hidung terlalu dalam ya Sedulur.
  • Hindari membuang ingus terlalu kencang. Penyebab mimisan bisa terjadi karena masalah seperti ini lho Sedulur. Sebab, pembuluh darah akan terhentak dan membuat terjadi masalah pendarahan serius.
  • Berhenti merokoh, sebab merokok bisa mengurangi kelembapan hidung dan meningkatkan resiko terjadinya iritasi pada hidung.
  • Menjaga kelembapan bagian dalam hidung dengan cara mengoleskan petroleum jelly (petrolatum) pada dinding lubang hidung sebanyak tiga kali sehari.
  • Rutin memeriksakan ke dokter.

7. Obat mimisan

Mimisan Bisa Jadi Tanda Penyakit yang Berbahaya, Simak Penyebabnya
IDN Times

Banyak sekali obat yang bisa dijadikan sebagai obat mimisan Sedulur. Baik itu kamu bisa menggunakan obat  dengan kandungan kimia atau juga menggunakan obat alami. Lantas apa saja untuk alami berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Obat mimisan alami

  • Kompres es
  • Air garam atau saline
  • Daun sirih
  • Vitamin C

Obat mimisan medis

  • Semprotan dekongestan
  • Asam traneksamat

Demikian penjelasan mengenai mimisan, penyebab mimisan hingga cara mengobati mimisan dengan baik dan benar. Semoga penjelasan ini membantu Sedulur yang mengalami masalah mimisan ya.