pengertian sarana dan prasarana

Dalam kehidupan sehari-hari, sarana dan prasarana tentu sangat dibutuhkan untuk menunjang aktivitas. Banyak manfaat yang bisa didapatkan karena keberadaan sarana dan prasarana yang lengkap. Namun, apa sebenarnya pengertian sarana dan prasarana?

Secara umum, sarana lebih ditujukan kepada alat atau benda yang bisa bergerak. Sementara prasarana lebih ditujukan kepada alat atau benda yang tidak bergerak atau diam. Kedua hal ini memiliki perbedaan, namun tetap memiliki keterkaitan satu sama lain. Bagaimana pengertian sarana dan prasarana beserta fungsi dan contohnya? Simak informasi berikut ini, ya!

BACA JUGA: Retail adalah: Pengertian, Jenis, Tujuan, dan Karakteristiknya

Pengertian sarana dan prasarana

pengertian sarana dan prasarana
iStock

Berikut adalah pengertian sarana dan prasarana yang bisa Sedulur simak.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, sarana adalah segala sesuatu yang dapat digunakan sebagai alat dalam mencapai maksud atau tujuan. Sementara prasarana adalah segala sesuatu yang merupakan penunjang utama terselenggaranya suatu proses, baik usaha, pembangunan, atau proyek.

Menurut pendapat ahli

Menurut Moenir, sarana adalah segala jenis peralatan, perlengkapan kerja dan fasilitas yang berfungsi sebagai alat utama atau pembantu dalam pelaksanaan pekerjaan, dan juga dalam rangka kepentingan yang sedang berhubungan dengan organisasi kerja.

Singkatnya, sarana merupakan seperangkat alat yang digunakan dalam suatu proses kegiatan, sedangkan prasarana merupakan peralatan pembantu atau juga peralatan utama, yang mana kedua alat tersebut memiliki fungsi untuk mewujudkan suatu tujuan yang ingin dicapai.

Pengertian sarana dan prasarana lainnya adalah, sarana merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan sebagai alat dan bahan untuk mencapai maksud dan tujuan dari suatu proses produksi. Sementara prasarana merupakan segala sesuatu yang berfungsi sebagai penunjang utama terselenggaranya suatu produksi.

BACA JUGA: Artikel adalah: Pengertian, Jenis, Ciri, Struktur dan Contohnya

Fungsi sarana dan prasarana memiliki perbedaan antara satu bidang dengan bidang yang lain, berdasarkan ruang lingkup penggunaannya masing-masing. Namun, keduanya memiliki satu tujuan yang sama, yakni untuk mencapai hasil yang sesuai dengan yang telah direncanakan.

Lebih jelasnya, berikut adalah fungsi sarana dan prasarana yang bisa Sedulur simak. 

1. Meningkatkan produktivitas

pengertian sarana dan prasarana
iStock

Fungsi sarana dan prasarana adalah meningkatkan produktivitas manusia. Hal ini dapat terjadi karena produktivitas dalam mengerjakan suatu kegiatan akan meningkat jika ada sarana dan prasarana yang memadai.

2. Mempermudah proses kerja

Pinterest

Fungsi lain dari sarana dan prasarana adalah mempermudah proses kerja. Dengan sarana dan prasarana yang baik, proses kerja yang sedang dilakukan oleh seseorang akan menjadi lebih mudah. Lebih dari itu, tujuan bersama juga akan menjadi lebih cepat tercapai. 

3. Mempercepat proses kerja

pengertian sarana dan prasarana
iStock

Jika proses kerja menjadi mudah, maka proses kerja tersebut juga akan menjadi cepat. Keberadaan sarana dan prasarana akan membuat proses kerja lebih efektif dan efisien karena banyak waktu yang bisa dimanfaatkan untuk hal lain. 

4. Menciptakan kenyamanan, kepuasan, dan hasil berkualitas

MIPIM World

Fungsi lain dari sarana dan prasarana adalah menciptakan kenyamanan dan kepuasan orang-orang yang menggunakannya. Jika produktivitas meningkat, rasa nyaman dan puas juga hadir, maka apapun yang dihasilkan akan menjadi berkualitas. 

BACA JUGA: Integrasi adalah: Pengertian, Faktor Pendorong & Jenisnya

Contoh sarana dan prasarana

pengertian sarana dan prasarana
iStock

Contoh sarana dan prasarana dapat ditemukan dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari. Agar Sedulur lebih memahami dan mendapatkan gambaran jelas mengenai sarana dan prasarana, simak beberapa contoh berikut ini. 

  1. Kantor
  • Sarana yang ada di kantor berupa meja, kursi, papan tulis, dan seperangkat peralatan mesin, seperti komputer, mesin fotocopy, printer, scanner, proyektor, dan mesin ketik.
  • Prasarana yang ada di kantor berupa gedung kantor, gudang, lahan parkir, dan lapangan.
  1. Rumah Sakit
  • Sarana yang ada di rumah sakit berupa obat-obatan, alat-alat operasi, alat-alat kesehatan, dan mobil ambulance.
  • Prasarana yang ada di rumah sakit berupa gedung rumah sakit, ruang periksa, ruang operasi, dan lahan parkir.
  1. Sekolah
  • Sarana yang ada di sekolah berupa alat tulis, alat praktikum, bahan peraga, alat olahraga, dan komputer.
  • Prasarana yang ada di sekolah berupa lapangan olahraga, auditorium, ruang kelas, ruang guru, ruang praktek, dan mushola.
  1. Hotel
  • Sarana yang ada di hotel berupa tempat tidur, lemari, peralatan mandi, kulkas, dan peralatan kebersihan.
  • Prasarana yang ada di hotel berupa kamar hotel, lobi hotel, kolam renang, lapangan golf dan gedung parkir.

Demikian informasi mengenai pengertian sarana dan prasarana beserta fungsi dan contohnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Sedulur yang masih kesulitan untuk membedakan antara sarana dan prasarana. Selamat belajar!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.