pedang zulfikar

Salah satu senjata Rasulullah SAW yang dipercaya sebagai senjata paling kuat adalah pedang zulfikar. Pedang yang memiliki kekuatan setara dengan 1000 tentara ini menjadi senjata paling terkenal yang digunakan Rasulullah SAW di masa itu.

Pedang ini memiliki sejarah yang menarik untuk dibahas. Bentuknya yang berbeda dengan pedang biasanya juga membuat siapapun yang memandangnya menjadi takjub. Pedang ini juga dinilai menjadi kunci kemenangan perang kaum muslim saat melawan para musuh.

Bagaimana sejarah dan informasi selengkapnya mengenai pedang zulfikar Nabi Muhammad SAW tersebut? Simak informasi berikut ini, ya!

BACA JUGA: Sejarah & Isi Perjanjian Hudaibiyah, Diplomasi Rasulullah SAW

Pedang zulfikar

pedang zulfikar
Hidayatullah

Pedang zulfikar dikenal sebagai salah satu senjata terkuat di bumi. Pedang zulfikar milik siapa? Pedang ini milik Rasulullah SAW yang digunakan dalam beberapa perang di masa lalu. Hingga kini, pedang zulfikar asli dimana letaknya masih tidak diketahui.

Secara bahasa, nama zulfikar dinilai berasal dari kata fiqar yang berarti pembagian atau pembedaan. Sementara secara istilah, zulfikar dapat diartikan sebagai pembeda antara yang benar dan yang salah.

Satu dari sembilan pedang Rasulullah SAW ini dikenal sebagai senjata paling populer. Hal tersebut karena pedang ini memiliki kemampuan yang sangat hebat dan desain yang sangat unik  serta menakjubkan.

BACA JUGA: Arti & Makna Al Amin yang Merupakan Gelar Rasulullah SAW

Bentuk pedang  

pedang zulfikar
Tribun Makassar

Membahas mengenai bentuk atau desain pedang, sebenarnya rupa asli pedang ini masih diperdebatkan hingga kini. Namun, dari banyaknya penafsiran yang ada, hasil paling populer mengenai bentuk pedang ini adalah sebagai berikut.

  • Merupakan pedang dengan bentuk melengkung
  • Memiliki ujung ganda atau terbelah menjadi dua 

Pedang zulfikar terbuat dari apa? Pedang ini dipercaya terbuat dari bahan tembaga. Namun, berat pedang zulfikar dan kenapa pedang zulfikar bercabang masih belum diketahui secara pasti.

BACA JUGA: Doa Menyambut Bulan Ramadhan Menurut Ajaran Rasulullah

Sejarah pedang zulfikar

pedang zulfikar
Bombastis

Tidak ada informasi yang menjelaskan secara pasti bagaimana sejarah atau asal usul pedang ini. Namun dari beberapa cerita yang beredar, setidaknya ada empat versi mengenai sejarah pedang yang sangat kuat ini.

Pendapat pertama menyatakan bahwa saat Perang Badar, Rasulullah SAW mematahkan sebuah dahan pohon, dan dengan mukjizat yang diturunkan oleh Allah, dahan tersebut kemudian berubah menjadi pedang.

Sementara pendapat kedua menyatakan bahwa pedang tersebut dibuat oleh seorang pande besi Arab, entah karena Rasulullah SAW yang memesan atau diberikannya secara cuma-cuma. Sedangkan pendapat ketiga menyebutkan bahwa pedang tersebut merupakan harta rampasan perang.

Sementara itu, pendapat keempat menyatakan bahwa pedang tersebut memang dikirim oleh Allah SWT melalui malaikat Jibril ketika Rasulullah SAW sedang berdoa dalam pertempuran Khandaq.

BACA JUGA: Doa Setelah Sholat Tahajud yang Selalu Dibaca Rasulullah

Kepemilikan pedang

pedang zulfikar
muslimahdaily

Pedang ini awalnya memang menjadi senjata andalan Rasulullah SAW, namun ketika Perang Uhud, beliau mewariskan pedang ini kepada Ali bin Abi Thalib untuk mengatasi kondisi kaum muslimin yang sedang terdesak.

Sejak saat itu, pedang ini dikenal selalu menemani Ali dalam setiap pertempuran melawan para musuh. Pedang ini juga dinilai sebagai kunci kemenangan kaum muslimin ketika berperang melawan musuh-musuhnya.

Oleh karena itu, pada desain pedang yang banyak digunakan saat ini terdapat sebuah ukiran yang melegenda. Ungkapan ini bukanlah hadits tentang pedang zulfikar, melainkan kata-kata yang dituliskan sebagai pengingat.

Kata-kata tersebut berbunyi “Lā fata ʾillā ʿAlī; lā sayf ʾillā Ḏzū l-Fiqār.” yang artinya “Tidak ada pemuda selain Ali, dan tidak ada pedang selain Zulfikar”.

Demikian informasi mengenai sejarah pedang zulfikar yang merupakan senjata milik Rasulullah SAW. Meskipun hingga kini keberadaan pedang ini masih belum diketahui. Namun pedang ini tetaplah menjadi sejarah yang menemani Rasulullah SAW dan Ali bin Abi Thalib dalam berbagai pertempuran melawan musuh. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.