doa menyambut bulan ramadhan

Ramadhan sebentar lagi tiba, ada beberapa doa menyambut bulan Ramadhan yang bisa Sedulur amalkan dan panjatkan. Dengan membaca doa tersebut adalah bentuk rasa syukur kita sebagai umat muslim yang masih diberikan kesempatan oleh Allah SWT mencicipi nikmatnya bulan suci Ramadhan.

Seringkali kita melupakan untuk membaca doa menyambut bulan Ramadhan karena terlalu terbawa suasana suka dan senang. Agar Sedulur tidak melupakan hal tersebut lagi, berikut ini beberapa bacaan doa doa menyambut bulan ramadhan yang bisa Sedulur amalkan.

BACA JUGA: Pengertian Puasa: Hukum, Rukun, Syarat, Jenis & Ketentuannya

1. Doa bulan rajab dan sya’ban, menyambut bulan ramadhan

doa menyambut bulan ramadhan
Pikiran Rakyat

Bulan Rajab adalah bulan ke sembilan sementara itu bulan Sya’ban merupakan bulan ke sepuluh dalam kalender Hijirah. Kedua bulan ini merupakan bulan yang istimewa yang memiliki beberapa keutamaan. Salah satunya yaitu sebagai bulan yang penuh dengan amalan ibadah, terutama untuk menyambut bulan ramadhan.

-->

Berikut ini adalah doa menyambut bulan ramadhan yang bisa dibacakan di bulan rajab dan sya’ban:

  • Allahumma barik lana fi rajaba wa syabana wa balighna Ramadana.”
  • Artinya, “Ya Allah, berkahilah kami dibulan Rajab dan Sya’ban dan pertemukan kami dengan bulan Ramadhan.”

2. Doa memohon ampunan

Kompasiana

Salah satu kewajiban bagi kita umat muslim saat menyambut bulan ramadhan adalah bertaubat dan memohon ampunan dari segala dosa yang telah kita perbuat. Ramadhan merupakan bulan yang suci, yang penuh dengan amalan, penuh dengan ujian. Setiap ibadah yang dilakukan akan dilipatgandakan, begitu pula dengan cobaan-cobaan yang hadir terasa lebih berat.

Karena sudah menjadi hakikat manusia yang lalai dan penuh dengan kesalahan, sewajarnya kita selalu tunduk dan memohon ampunan kepada Allah SWT. Berikut ini adalah bacaan doa memohon ampunan di bulan ramadan yang bisa Sedulur panjatkan, yaitu:

  • Allahumma la tursil ‘ala ummati ‘adzaban min fauqihim wa la min tahti arjulihima wa la talbishum syiya’an.
  • Artinya, “Ya Allah, jangan Engkau kirim kepada umatku azab dari arah atas mereka, dan juga jangan kirim azab dari arah kaki mereka, dan jangan Engkau campurkan mereka dengan macam-macam golongan yang saling bertentangan.”

3. Doa menyambut bulan ramadhan

doa menyambut bulan ramadhan
Okezone

Selain membaca doa menyambut bulan ramadhan, kegiatan-kegiatan yang bisa kita lakukan menjelang bulan ramadhan adalah dengan melakukan sejumlah ibadah sunnah yang sebelumnya tidak pernah dilakukan. Serta turut meningkatkan kualitas sholat fardhu dan ibadah wajib lainnya yang biasa kita amalkan sehari-hari.

Menjelang bulan ramadhan tiba, kita juga wajib untuk lebih sering dan khuyusu memanjatkan doa menyambut bulan ramadhan. Berikut doa menyambut bulan ramadhan dalam bahasa arab dengan huruf latin agar memudahkan Sedulur untuk menghafalnya:

  • Allahumma inni as’aluka birahmatika allati wasi’at kulla sya’I an taghfira lii.”
  • Artinya, “Ya Allah sesungguhnya aku memohon kepadamu dengan rahmat-Mu yang meliputi segala sesuatu agar Engkau mengampuni aku.”

4. Doa melihat hilal ramadhan

Republika

Dalam doa menyambut bulan ramadhan rumaysho, salah satu doa yang wajib dibaca adalah doa melihat hilal. Hilal sendiri merupakan salah satu pertanda masuknya bulan puasa. Tanpa terlihatnya hilal, bulan ramadan belum bisa dimulai. Hal ini disebabkan karena kalender Islam menggunakan sistem perhitungan bulan, bukan matahari.

Ketika hilal berhasil kita lihat, ada baiknya kita bisa membacakan doa, karena doa melihat hilal merupakan salah satu doa menyambut ramadhan sesuai sunnah. Bacaan doa tersebut adalah sebagai berikut:

  • Allahumma ahillahu ‘alaina bil yumna wal imani was salamati wal islami rabbi wa rabbukallahu.”
  • Artinya, “Ya Allah, tampakkan bulan itu kepada kami dengan membawa keberkahan dan keimanan, keselamatan dan Islam. Rabbku dan Rabbmu adalah Allah.”

5. Doa malam lailatur qadr

doa menyambut bulan ramadhan
CNN Indonesia

Selain bacaan doa bulan ramadhan dan artinya, Sedulur juga wajib mengetahui salah satu amanal bulan ramadhan yang memiliki keistimewaan dan keutamaan yang sangat tinggi, yaitu malam lailatur qadr. Untuk menyambut malam ibadah tersebut, dan mendapatkan keutamaannya, setiap umat muslim akan bermalam di masjid dari selesainya taraweh hingga menjelang sahur.

Kegiatan tersebut dikenal juga dengan nama itiqaf. Di isi dengan berdzikir, membaca Al-Quran dan berdoa memohon ampunan kepada Allah SWT. Adapun bacaan doa malam lailatur qadr yang bisa kita baca adalah sebagai berikut:

  • Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annii.
  • Artinya, “Ya Allah, Sesungguhnya Engkau Dzat Maha Pengampun lagi Maha Pemurah, senang pada ampunan, maka ampunilah kami, wahai Dzat yang Maha Pemurah.” (HR Tirmidzi)

BACA JUGA: Ketentuan Waktu Sholat Tahajud dengan Tata Cara & Doanya

6. Doa Rasulullah SAW menyambut ramadhan

Tribunnews

Amalan menyambut ramadhan sesuai sunnah yang dilaksanakan Rasulullah SAW yaitu membaca doa ketika melihat bulan sabit pertanda hilal telah terlihat. Doa yang Rasulullah SAW bacakan adalah sebagai berikut:

  • Allahumma ahillahu ‘alaina bil yumni wal imani was salamati wal islam. Rabbi wa rabbukallah
  • Artinya: Terbitkanlah bulan tersebut kepada kami dengan berkah, iman, keselamatan serta Islam. Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah.

Diriwayatkan bahwa Rasulullah SAW pun bergembira ketika bulan ramadhan akan hadir, maka dari itu sebagai wujud dari kegembiraan tersebut Rasulullah SAM membaca doa di bawah ini:

  • Allohumma sallimnī li Ramadhāna, wa sallim Ramadhāna lī, wa sallimhu minnī.
  • Artinya, “Ya Allah, selamatkanlah aku (dari penyakit dan uzur lain) demi (ibadah) Bulan Ramadhan, selamatkanlah (penampakan hilal) Ramadhan untukku, dan selamatkanlah aku (dari maksiat) di bulan Ramadan.”

Tidak selesai sampai di situ, Rasulullah SAW memanjatkan doa pendek bulan ramadhan, sebagai permohonan dari Rasulullah SAW. Permohonan tersebut dipanjatkan langsung kepada Allah SWT sebagai bagian dari menyambut ramadhan almanhaj.  Berikut bacaannya:

  • Hilālu rusydin wa khairin (2 kali), āmantu bil ladzī khalaqaka, (3 kali), alhamdulillāhil ladzī dzahaba bi syahri kadzā, wa jā’a bi syahri kadzā.
  • Artinya, “Bulan petunjuk dan kebaikan (2 kali). Aku beriman kepada Tuhan yang menciptakanmu (3 kali). Segala puji bagi Allah yang menghilangkan bulan itu, dan mendatangkan bulan ini,” (HR Abu Dawud).

BACA JUGA: Niat Puasa Tasua dan Asyura 2022, Jangan Lewatkan

Keutamaan bulan ramadhan

doa menyambut bulan ramadhan
Portal Jogja

Terdapat beberapa doa menyambut bulan ramadhan sebagaimana yang telah diulas sebelumnya, hal tersebut menunjukan bahwa bulan ramadhan merupakan bulan yang sangat spesial dan istimewa. Keistimewaan tersebut membuat bulan ramadhan merupakan salah satu bulan dalam Islam yang memiliki beberapa keutamaan. Berikut ini beberapa keutamaan dari bulan ramadhan itu sendiri:

1. Diturunkannya Al-Quran

Al-Quran merupakan kitab suci pedoman hidup umat muslim. Al-Quran diturunkan oleh Allah SWT ketika bulan ramadhan. Kemuliaan bulan ramadhan satu ini yang membuat bulan ramadhan sangat spesial. Ramadhan bulan Al Quran karena turunnya tuntunan bagi umat muslim agar dapat menjalani hidup sesuai dari firman Allah SWT.

2. Bulan penuh keberkahan

Tentang bulan ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan keberkahan. Keberkahan bulan ramadhan sangat berlimpah, oleh karena itu setiap umat muslim banyak yang berlomba melakukan ibadah sebanyak mungkin. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang artinya: “Telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah…” (HR. Ahmad)

3. Bulan penuh pengampunan

Bagaimana tidak kita diperintahkan membaca doa menyambut bulan ramadhan, karena di bulan tersebut kita akan mendapatkan ampunan atas segala dosa. Sebab, bulan ramadhan juga merupakan bulan yang penuh pengampunan, hal ini disampaikan langsung oleh Rasulullah SAW terkait pengampunan di bulan ramadhan dalam setiap sabdanya. Keutamaan ini juga yang sangat dirindukan oleh setiap umat muslim saat menjalankan hari di bulan ramadhan.

4. Dibukanya pintu sura dan ditutupnya pintu neraka

Dibukanya pintu surga dan ditutupnya pintu neraka merupakan salah satu keutamaan bulan ramadhan yang umum diketahui oleh setiap umat muslim. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Rasulullah SAW yang artinya: “Telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah, diwajibkan kepada kalian ibadah puasa, dibukakan pintu-pintu surga dan ditutuplah pintu-pintu neraka serta syetan-syetan dibelenggu” (HR. Ahmad).

5. Puasa ramadhan sebanding dengan puasa selama 10 bulan

Puasa merupakan keutamaan dalam bulan ramadhan dan memiliki nilai yang sebanding dengan berpuasa selama 10 bulan berturut-turut. Oleh karena itu, sebagai umat muslim kita diperintahkan untuk membaca doa menyambut bulan ramadhan dan diwajibkan untuk bergembira saat bulan ramadhan tiba.

Amalan utama bulan ramadhan

Halodoc

Kita sebagai umat muslim diperintahkan untuk memanjatkan doa menyambut bulan ramadhan, dan menjalankan beberapa amanal bulan ramadhan yang begitu istimewa. Berikut ini adalah daftar amalam bulan ramadhan yang wajib Sedulur tunaikan selama satu bulan pelaksanaan ibadah di bulan ramadhan, yaitu:

  • Ibadah sahur di sepertiga malam.
  • Memberi makan orang yang berpuasa.
  • Menjalankan sholat tarawih di malam hari.
  • Menjalankan ibadah I’tikaf.
  • Menyambut malam lailatur qadar.
  • Membaca, mengamalkan dan mengkhatamkan Al-Quran selama ramadhan.
  • Berzakat dan bersedekah.
  • Umroh dan berangkat ibadah haji (bagi yang mampu).
  • Taubat dan memperbanyak istighfar dan memohon ampunan kepada Allah SWT.

Selain berpuasa, beberapa amalan di atas juga bisa memperkuat keimanan Sedulur selama bulan ramadhan serta tentu saja bisa menambah pahala dan amalan baik bagi kita yang merupakan bekal untuk menjalani kehidupan yang kekal di akhirat nantinya. Jangan lupa juga untuk senantiasa memanjatkan doa di setiap waktunya dan jika Sedulur mampu untuk berdakwah dan terus menyampaikan kebaikan agar bulan ramadhan bisa Sedulur lalui dengan sempurna.

Itulah daftar doa menyambut bulan ramadhan beserta dengan beberapa amalan yang bisa dilakukan untuk menyambut bulan ramadhan. Semoga artikel kali ini bisa mendorong Sedulur agar lebih giat lagi dalam beribadah untuk menyambut bulan ramadhan yang akan kita hadapi hanya dalam beberapa hari lagi.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.