niat zakat fitrah

Niat zakat fitrah adalah kewajiban yang dilakukan di Bulan Ramadan hingga menjelang Idul Fitri. Hukum zakat fitrah adalah wajib. Zakat fitrah biasanya dibayarkan dalam bentuk bahan makanan seperti beras, gandum, atau kurma. Namun bisa juga dibayarkan dengan uang yang senilai. Menurut para ulama, zakat fitrah di keluarkan dengan kadar ukuran 1 sha atau sekitar 2,5 sampai 3 kilogram.

Sementara itu saat melaksanakan zakat fitrah, dianjurkan bagi umat muslim untuk membaca niat zakat fitrah. Seperti apa niat zakat fitrah dan apa itu zakat fitrah secara lengkap? Ini  penjelasannya untuk Sedulur.

1. Pengertian zakat fitrah

Ternyata Beda, Ini Bacaan Zakat Fitrah Untuk Istri & Anak
Kompas

Pengertian zakat fitrah berarti menyucikan harta, sebab dalam setiap harta manusia ada sebagian hak orang lain. Jadi, pengertian zakat fitrah harus benar-benar dipahami ketentuannya dan ditunaikan  oleh setiap umat muslim. Menunaikan zakat fitrah diwajibkan bagi setiap umat muslim baik untuk laki-laki atau perempuan. Pengertian  zakat fitrah ini adalah zakat yang biasa dikeluarkan dengan nilai 3,5 liter atau 2,5 kg makanan pokok yang biasa dimakan oleh orang lain yang berzakat.

BACA JUGA : 17 Manfaat Belimbing Wuluh, Buah Kecil Banyak Khasiat

2. Hukum menunaikan zakat

Ternyata Beda, Ini Bacaan Zakat Fitrah Untuk Istri & Anak
REQnews

Dalam sebuah  hadits yang diriwayatkan oleh Muttafaq ‘ alaih (Imam Bukhori dan Imam Muslim) disebutkan bahwa

“Dari Ibnu Umar radliyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah mewajibkan untuk zakat fitrah sebanyak satu sha’ kurma atau satu sha’ gandum, baik itu kepada budak, orang merdeka, orang laki-laki, orang perempuan, anak kecil serta orang dewasa yang dari kalangan muslim. Dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan zakat tersebut untuk ditunaikan sebelum orang-orang keluar untuk mengerjakan salat idul fitri”. (HR. Bukhari)

Selain itu, perintah terkait zakat fitrah juga disampaikan dalam sebuah hadis Nabi, dari Ibn Abbas radliallahu ‘anhuma, beliau mengatakan:

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mewajibkan zakat fitrah, sebagai pembersih bari orang yang puasa dari segala perbuatan sia-sia dan ucapan jorok serta sebagai makanan bagi orang miskin. Siapa yang menunaikannya sebelum salat id maka zakatnya diterima, dan siapa yang menunaikannya setelah salat id maka hanya menjadi sedekah biasa. (HR. Abu Daud, Ad Daruquthni dan dishahihkan Al Albani)

BACA JUGA : 10 Tanda Tanda Sifat Pacar Clingy, Bikin Hubungan Tidak Sehat

3. Orang-orang yang wajib mengeluarkan zakat

Ternyata Beda, Ini Bacaan Zakat Fitrah Untuk Istri & Anak
detik

Orang yang berhak mengeluarkan zakat adalah mereka yang secara materi mampu, lalu harus beragama Islam.  Masih hidup sampai akhir Ramadhan dan awal Syawal. Untuk bayi yang baru lahir pada tanggal 1 syawal tidak diwajibkan membayar zakat

BACA JUGA: 9 Manfaat Buah Zaitun Untuk Kesehatan Otak Hingga Jantung

4. Orang yang berhak menerima zakat

Ternyata Beda, Ini Bacaan Zakat Fitrah Untuk Istri & Anak
Islamidia

Setelah tadi membahas yang berhak mengeluarkan zakat, maka sekarang adalah, orang  yang berhak menerima zakat di hari raya Idul Fitri. Mereka yang berhak menerima zakat  adalah mereka yang masuk kedalam golongan fakir miskin, mualaf, pengurus zakat, orang yang sedang terlilit hutang dan orang yang sedang berjuang di jalan Allah SWT.

BACA JUGA : 15 Rekomendasi Moisturizer Untuk Kulit Kering & Bruntusan

5. Niat zakat fitrah arab dan latin

Berita diy

Berikut adalah doa niat zakat fitrah untuk diri sendiri

ﻧَﻮَﻳْﺖُ أَﻥْ أُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﻧَﻔْسيْ ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an nafsi fardhan lillahi ta’ala

Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku sendiri fardhu karena Allah Taala.”

Doa niat zakat fitrah untuk keluarga

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَنِّيْ ﻭَﻋَﻦْ ﺟَﻤِﻴْﻊِ ﻣَﺎ ﻳَﻠْﺰَﻣُنِيْ ﻧَﻔَﻘَﺎﺗُﻬُﻢْ ﺷَﺮْﻋًﺎ ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri anni wa an jami’i ma yalzimuniy nafaqatuhum syar’an fardhan lillahi ta’ala

Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku dan seluruh orang yang nafkahnya menjadi tanggunganku fardhu karena Allah Taala.”

Doa niat zakat fitrah untuk anak perempuan

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِﻋَﻦْ ﺑِﻨْﺘِﻲْ … ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an binti fardhan lillahi ta’ala

Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak perempuanku ……(sebutkan nama), fardhu karena Allah Taala.”

Doa niat zakat fitrah anak laki-laki

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﻭَﻟَﺪِﻱْ … ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an waladi fardhan lillahi ta’ala

Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak laki-lakiku ……(sebutkan nama), fardhu karena Allah Taala.”

Doa niat zakat fitrah untuk orang yang diwakilkan

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ (..…) ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an (……) fardhan lillahi ta’ala

Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk……..(sebutkan nama spesifik), fardhu karena Allah Taala.”

Doa niat zakat fitrah untuk istri

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِﻋَﻦْ ﺯَﻭْﺟَﺘِﻲْ ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an zaujati fardhan lillahi ta’ala

Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk istriku fardhu karena Allah Taala.”

6. Keutamaan zakat fitrah

Cirebon raya

Banyak sekali keutamaan zakat fitrah yang bisa didapatkan oleh seorang muslim, apabila mau menunaikannya. Berikut adalah beberapa keutamaan dari zakat fitrah yang harus Sedulur ketahui

Diampuni kesalahan dan dosa-dosanya

Apabila seorang muslim yang membayar zakat, maka segala kesalahan dan dosa-dosanya akan diampuni oleh Allah SWT. Tidak hanya itu, Allah SWT akan menjamin bagi setiap muslim yang mendirikan sholat dan menunaikan zakat akan dijamin masuk ke dalam  surga.

Sebagaimana yang ditunjukan dalam Al-Quran Surat Al-Ma’iddah: 12 Allah SWT berfirman:

“Dan Sesungguhnya Allah telah mengambil Perjanjian (dari) Bani Israil dan telah Kami angkat diantara mereka orang pemimpin dan Allah berfirman:

“Sesungguhnya aku beserta kamu, Sesungguhnya jika kamu mendirikan shalat dan menunaikan zakat serta beriman kepada rasul-rasul-Ku dan kamu bantu mereka dan kamu pinjamkan kepada Allah pinjaman yang baik Sesungguhnya aku akan menutupi dosa-dosamu. dan Sesungguhnya kamu akan Kumasukkan ke dalam surga yang mengalir air didalamnya sungai-sungai. Maka Barangsiapa yang kafir di antaramu sesudah itu, Sesungguhnya ia telah tersesat dari jalan yang lurus.” (QS. Al-Ma’iddah: 12).

Harta menjadi lebih berkah

Keutamaan lainnya dengan membayar zakat adalah, kita senantiasa selalu mendapatkan keberkahannya. Apabila seorang muslim menunaikan zakat, maka harta yang dimilikinya akan barakah. Hal ini sudah tertuang dalam hadits berikut ini, Rasullulah SAW bersabda:

“Sedekah (zakat) tidak akan mengurangi harta” (HR. Muslim).

Dikutip dari NU Online, maksud dari  hadits di atas ialah jika zakat seseorang tidak akan mengurangi hartanya sedikitpun. Meski harta seseorang berkurang, akan tetapi setelah dizakati maka harta seseorang menjadi lebih berkah. Sebagaimana yang sudah dijelaskan oleh imam an-Nawawi di dalam kitab Syrah an-Nawawi ala muslim, artinya:

“Dalam hadits di atas ulama disebutkan,  dua sisi. Satu, hartanya akan diberkahi, dijauhkan dari bahaya-bahaya kemudian kekurangan hartanya ditutupi dengan berkah yang samar. Hal ini dapat terlihat nyata dan terbukti secara adat. Kedua, meskipun kelihatannya berkurang sebab dizakatkan, namun hartanya berada di dalam pahala yang akan menutupi kekurangan hartanya tersebut dan akan mendatangkan tambahan lipat ganda” (an-Nawawi, Syarh an-Nawawi ‘ala Muslim, Beirut, Dar Ihya’ at-Turats al-‘Arabi, cetakan kedua, 2003, jilid XVI halaman 141)

Menghapus kesalahan

Menunaikan zaat fitrah, mampu menghapus kesalahan. Ya dengan berzakat, kita mulai mensucikan diri. Seorang muslim yang membayar zakat, tentu akan dibukakan pintu rezekinya dan dihapuskan  segala kesalahannya. Semua hal ini, tertuang dalam sebuah hadits di bawah ini.

“Sedekah dapat memadamkan kesalahan sebagaimana air dapat memadamkan api.” (HR. Tirmidzi no. 609)

Demikian penjelasan mengenai niat zakat fitrah beserta dengan keutamaannya. Semoga sedulur dapat memahami dan menjalankannya rukun islam  yang ke-4 ini. Untuk keperluan membeli zakat fitrah seperti beras, Sedulur bisa lho dengan mudah membeli lewat Aplikasi Super. Ada pilihan beras berkualitas yang bisa Sedulur pilih. Yuk unduh aplikasi di sini sekarang!