Nabi Luth

Nabi Luth termasuk ke dalam 25 Nabi dan Rosul yang wajib diimani oleh umat Muslim. Seperti yang kita tahu, kisah Nabi Luth viral setelah dibahas oleh guru yang bernama Ribut kepada anak didiknya. Diketahui bahwa pada zaman Nabi Luth banyak sekali kaum sodom yang menyimpang dari jalan Allah Swt. Hingga pada akhirnya Allah menurunkan azab yang sangat pedih kepada meraka.

Banyak kerusakan moral yang dilakukan oleh kaum sodom tak terkecuali oleh istri Nabi Luth sendiri. Lantas apakah para Sedulur sudah mengetahui kisah kaum sodom yang diazab oleh Allah? Simak kisah selengkapnya dalam uraian di bawah ini.

BACA JUGA : Fungsi Toner Wajah Beserta Cara Memakai & Tips Memilihnya

Silsilah keturunan Nabi Luth

Nabi Luth

Dari silsiah, Nabi Luth merupakan keponakan dari Nabi Ibrahim AS. Ayahnya bernama Haran bin Thareh Dalah yang merupakan saudara kandung dari Nabi Ibrahim. Ayah nabi Luth memiliki kembaran yang bernama Nahor. Secara garis keturunan makan, Luth bin Haran, bin Azara bin Nahor, bin Suruj bin Ra’uh bin Falij bin ‘Abir, bin Syalih bin Arfahsad bin Syam bin Luth.

Sebagaimana Nabi Ibrahim, Nabi Luth lahir di Irak . Akan tetapi terdapat beberapa sumber menyebutkan bahwa ia lahir di Palestina. Menurt Al Imad Asbahani dalam ‘al-Bustan al’Jami’i Tawarkhih ahlu al Zamaan Nabi Luth hidup selama 130 tahun dan berdakwah kepada kaum Sodom di Lembah Yordan.

Nabi Luth mempunyai istri bernama Wa’ilah. Istrinya termasuk golongan dari kaum Sadum, yang enggan beriman dan menyembah Allah Swt. Sedangankan Kedua putrinya bernama Zaghrata dan Raista yang mukmin dan suci. Kedua anaknya selamat saat Allah merunkan azab kepada kaum Sadum.

Kisah Nabi Luth singkat

Nabi Luth
Unsplash

Kisah Nabi Luth tak bisa lepas dari kaum Sodom. Seperti yang terdapat dalam banyak buku sejarah, ia  tinggal di sebelah timur Palestina, tepatnya di daerah Kan’an dekat desa Sodom. Penduduk di desa tersebut memiliki perilaku yang buruk dan hanya melakukan kemungkaran dalam setiap harinya. Mereka menyalahi fitrah dengan melakukan hubungan homoseksual dan sering berbuat keji.

Dalam Q.S Al-A’raf : 80-82 Allah Swt berfirman “(Kami telah mengutus) Luth, ketika dia berkata kepada kaumnya, ‘Mengapa kalian melakukan perbuatan keji yang belum pernah dilakukan oleh siapapun sebelum kalia (di dunia ini)?’ Sungguh, kami telah melampiaskan syahwat kalian kepada sesama lelaki bukan kepada perempuan. Kalian benar-benar kaum yang melampaui batas, ‘Dan jawaban kaumhya tidak lain hanya berkata ‘Usirlah mereka (Luth dan para pengikutnya) dari negeri kalian ini. Mereka adalah orang yang menganggap dirinya suci.”  (QS Al-A’ra : 80-82).

Dalam banyak catatan sejarah dijelaskan bahwa kaum Nabi Luth adalah kaum pertama dalam sejarah manusia yang mempraktikan homoseksualitas. Oleh sebab itu, Allah mengutus Nabi Luth untuk melakukan dakwah. Dan ajaran Nabi Luth kepada kaumnya adalah mengajak para penduduk Desa Sodom untuk berubah menjadi lebih baik dan mau menyembah Allah Swt.

Akan tetapi, penduduk Desa Sodom justru menantang utusan Allah tersebut bahkan  mengusirnya. Tak hanya itu, penduduk mereka bahkan menantang Nabi Luth untuk mendatangkan azab Allah Swt. Mendengar umatnya menantang azab Allah, ia kemudian berdoa dengan sungguh-sungguh memohon pertolongan Allah Swt, sebagaimana yang tercantum dan diceritakan Al-qur’an dalam Q.S Al-Ankabut : 30 yang artinya “Ia berkata: Ya Tuhanku, tolonglah aku (dengan menimpakan azab) atas kaum yang berbuat kerusakan itu.” (Q.S AL-Ankabut:30)

Allah Swt kemudian mengijabah doa tersebut dengan seketika. Allah mempersiapkan malaikat untuk menimpakan azab yang sangat pedih bagi kaum Sodom. Berfirman dalam Alquran surat Al-Qamar ayat 33-36. Allah berfirman, “Kaum Luth pun telah mendustakan ancaman-ancaman (Nabinya). Sesungguhnya Kami telah menghembuskan kepada mereka angin yang membawa batu-batu (yang menimpa mereka), kecuali keluarga Luth. Mereka Kami selamatkan di waktu sebelum fajar menyingsing. Sebagai nikmat dari kami. Demikianlah kami memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur. Dan sesungguhnya dia (Luth) telah memperingatkan mereka akan azab-azab Kami, maka mereka mendustakan ancaman-ancaman itu.” (QS. Al Qamar: 33-36).

Dalam azab yang diturunkan Allah Swt istri nabi Luth tidak selamat, karena ia termasuk ke dalam golongan orang yang tidak beriman. Pada akhirnya semua penduduk desa Sodom dihancurkan oleh Allah. Menurut beberapa penelitian, kota ini diduga berada di wilayah Laut mati, yang terbentang antara perbatas Israel dan Yordania.

BACA JUGA : Daftar Orang Terkaya di Dunia, Seberapa Besar Hartanya?

Kisah Tamu Misterius

Nabi Luth
pixabay

Kisah Nabi Luth tentu tidak lepas dari kaum sodom dan tamu misterius. Allah Swt mengutus tiga orang malaikat dalam bentuk manusia yang sangat rupawan. Sebelum menemui Nabi Luth, ketiga malaikat tersebut menemui Nabi Ibahim dan memberitahukan bahwa mereka akan berangkat ke negeri Sadum untuk memberi azab penduduknya.

Mendengar hal itu Nabi Ibrahim memberitahukan bahwa di sana ada  kepnakannya beserta keluarganya. Para malaikat kemudian menenangkannya dengan memberitahu bahwa Allah akan menyelamatkan dia dan keluarganya kecuali istrinya yang kafir.

Malaikat berkata “Kami lebih mengetahui siapa yang ada di kota itu. Kami sungguh-sungguh akan menyelamatkan dia, dan pengikut-pengikutnya kecuali istrinya. Dia adalah termasuk orang-orang yang tertinggal (dibinasakan)” (QS. 29 : 32).

Mengetahui adanya tamu yang rupawan berkunjung ke rumah Nabi Luth, kaum Sodom segera bergegas menuju ke sana bahkan rela berdesakan supaya bisa masuk ke dalam rumah dengan maksud ingin melakukan perbuatan keji. Masing-masing penduduk ingin menyalurkan nafsu biologis dan bersenang-senang dengan tamu itu. Nabi Luth tidak tinggal diam, ia menghalangi penduduk untuk mengganggu tamunya dan berkata “Sesungguhnya mereka adalah tamuku; maka janganlah kamu membuatku malu,–Dan bertakwalah kepada Allah dan janganlah kamu membuat aku terhina.” (QS. Al Hijr: 68-69).

Para tamu tersebut juga memberitahukan kepada Nabi Luth bahwa mereka sebenarnya adalah malaikat yang diutus Allah untuk menimpakan azab kepada kaumnya yang fasik dan gemar bebuat keji.  Para malaikat tersebut kemudian meminta Nabi Luth untuk pergi bersama keluarganya saat malam hari, karena azab akan menumpa negeri Sodom pada keesokan harinya. Mereka juga menasihatinya supaya tidak menolah ke belakang saat azab itu turun agar tidak menimpa mereka.

BACA JUGA : Pengertian Pameran: Unsur, Jenis, Tujuan, Manfaat & Fungsinya

Azab datang 

Nabi Luth
pixabay

Setelah  Luth dan keluarganya meninggalkan negeri Sadum, pada esok harinya Allah mengirimkan azab yang pedih yang menimpa negeri itu. Saat itu, Allah membuat negeri Sadum bergoncang keras yang diawali dengan suara keras saat matahri terbit. Lalu malaikat mencabut dan mengangkatnya ke langit. Setelah itu negeri itu dikembalikan ke bumi. Negeri itu dibaut jungkir balik, di mana bagian atas menjadi bawah dan sebaliknya. Setelah itu kaum Sadum dihujani batu-batu yang sangat besar dan panas bertubi-tubi.

Allah berkata dalam firmannya “Maka ketika datang .azab Kami, Kami jadikan negeri kaum Luth itu yang di atas ke bawah (kami balikkan), dan Kami hujani mereka dengan batu dari tanah yang terbakar dengan bertubi-tubi,–Yang diberi tanda oleh Tuhanmu, dan siksaan itu tidaklah jauh dari orang-orang yang zalim.” (QS. Huud: 82-83).

BACA JUGA : Arti Nolep Beserta Ciri-Ciri, Penggunaan & Cara Mengatasinya

Kisah istri yang durhaka

Tak hanya para kaum Sodom yang mendapat azab dari Allah. Namun, istri Nabi Luth juga tidak selamat karena peristiwa tersebut. Istri nabi Luth sepaham dengan kebanyak penduduk di sana yaitu homoseksual. Istrinya juga turut membocorkan tamu-tamu tampan yang datang kepada Nabi Luth kepada para penduduk. Hal tersebut menjadi salah satu faktor kegagalan dakwah Nabi Luth dalam berdakwah.

Wa’liah melakukannya karena ia sangat gila harta dan kekayaan. Ia diberi imbalan emas, perak dan harta yang lain sebagai imbalan atas informasi yang sudah diberikan kepada kaum Sodom. Istri Nabi Luth yaitu Wa’ilah bahkan diabadikan dalam dalam Al-qur’an sebagai perempuan yang durhaka. Selain itu ia menjadi perumpaan orang-orang kafir yang enggan beriman kepada Allah Swt. Dalam beberapa ayat Alqur’an disebutkan bahwa Allah menyelamatkan keluarga Nabi Luth dan keluarganya, kecuali istrinya yang durhaka.

Allah berfirman “ … kecuali istrinya, kami telah menentukan, bahwa dia termasuk orang yang tertinggal (bersama orang kafir lainnya.” (QS Al-Hijr :60). Hal senada juga difirmankan Allah dalam beberapa surat yaitu Al-Ankabut : 22, As Saffat : 135, Al-A’raf : 83 dan As-Syuara : 171.

BACA JUGA : Cara Melacak Nomor WA dengan Gampang, Akurat & Ampuh

Ajaran dakwah 

Nabi Luth

Dari berbagai kisah dalam buku sejarah, Nabi Luth mendapat perintah dari Allah untuk berdakwah di sebuah desa bernama Sodom (Sadum), yang masih terletak di kawasan Yordania. Kemudian Nabi Luth menetap di negara Yordania untuk melakukan dakwahnya tersebut.

 Ajaran dakwah kepada kaumnya adalah untuk beriman dan menyembah Allah Swt, meninggalkan perbuatan yang keji dan munkar, dan selalu melakukan amal soleh. Diketahui bahwa kaum Sadum tak hanya melakukan sex yang menyimpang tetapi juga melakukan perbuatan keji lainnya seperti membegal dan merampok.

Mukjizat

islampos.com

Diantara mukjizat yang Allah berikan kepada Nabi Luth adalah doanya langsung dikabulkan oleh Allah Swt. Ketika kaum Sodum melakukan homoseksual dan melakukan hubungan dengan sesama jenis, ia kemudian berdoa agar Allah membinasakan kaumnya yang selalu berbuat keji.

Allah kemudian menurunkan azab dengan menghujani kaum Sodum dengan baru yang besar dan sangat panas. Mukjizat lain adalah ia dan kedua putrinya diselamatkan oleh Allah Swt ketika Allah memberikan azab kepada kaum Sodum.

Itulah kisah Nabi Luth lengkap dari lahir sampai wafat. Kisah tersebut dibahas secara luas dalam berbagai disiplin ilmu Al-quran. Perbuatan keji kaum Sodom yaitu homoseksual. Homoseksual atau populer dengan istilah LGBT (lesbian, gay, biseksual, dan transgender) merupakan perbuatan yang sangat terkutuk dan sangat dibenci oleh Allah Swt. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!