nolep adalah

Apkah Sedulur pernah mendengar kata nolep dan bingung apa arti dari kata tersebut? Nolep adalah bahasa gaul yang banyak digunakan oleh remaja milenial belakangan ini. Bahasa ini begitu populer khususnya anak-anak remaja yang tumbuh di Jakarta dan sekitarnya.

Nolep sendiri diambil dari bahasa Inggris ‘No Life’ yang kemudian diplesetkan menjadi satu kata gabungan berbunyi nolep. Bila diartikan dari bahasa asingnya, maka kata nolep bermakna tidak memiliki kehidupan. Kata ini sering digunakan anak remaja untuk menyatakan kondisi atau situasi yang sedang tidak mendukung.

Penasaran dengan penjelasan lebih lengkap terkait bahasa slang gaul anak muda ini? Yuk simak penjelasan mengenai arti nolep, ciri-ciri, penggunaan dan cara mengatasinya di bawah ini!

BACA JUGA : Macam-macam Gaya Bahasa Beserta Pengertian & Contohnya

-->

Pengertian Nolep

Nolep adalah
Pexels

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kata nolep adalah plesetan dari kata  No Life yang berasal dari kata berbahasa Inggris. ‘No Life‘  adalah tidak hidup atau juga dapat diartikan tidak memiliki kehidupan.  Nolep sendiri sering dikaitkan dengan seseorang yang memiliki sifat introvert, padahal sebenarnya nolep dan introvert  memiliki arti yang sangat berbeda. 

Nolep adalah tidak memiliki kehidupan, tidak ingin melakukan hal apapun dan sangat membatasi interaksi dengan orang lain. Nolep lebih cocok untuk sebutan orang yang malas bertemu dengan orang lain, tidak peka dan peduli kepada lingkungan sekitar dan acuh terhadap masa depannya. 

Sedangkan introvert adalah orang yang tidak bisa berinteraksi dengan banyak orang. Orang yang berkepribadian introvert cenderung memiliki energi yang cepat habis ketika terlalu lama berinteraksi dengan banyak orang. 

Ada banyak sebutan untuk orang nolep, yaitu wibu nolep dan nolep gaming. Wibu nolep adalah seorang yang anti dengan sosial, tidak memiliki teman di dunia nyata, lebih suka menyendiri dan merasa kehidupannya dan kehidupan bersama anime yang paling asyik dan menyenangkan. Dengan kata lain, wibu nolep adalah seorang yang nolep yang hanya menyukai kehidupan anime. 

Sedangkan nolep gaming adalah seorang nolep yang kehidupannya tidak pernah lepas dari game. Nolep gaming merasa bahwa game adalah kehidupan yang menyenangkan. Waktu seoang nolep gaming banyak digunakan untuk bermain game tanpa peduli dengan orang di sekitarnya. 

BACA JUGA: Arti Cepu yang Biasanya Kita Temui di Media Sosial

Ciri-Ciri Orang Nolep

Nolep adalah
Alodokter

Setelah mengetahui arti nolep dan perbedaanya dengan seorang introvert. Sedulur pasti juga ingin mengetahui seperti apa sih ciri-ciri orang nolep yang ada di sekitar kita.

Sebenarnya bila dilihat dan diamati secara seksama, ciri-ciri ini bisa dilihat secara kasat mata saat kita melakukan komunikasi dengan seseorang. Berikut ini ciri-ciri orang nolep yang umumnya terlihat.

1. Tidak Mementingkan Masa Depan

Ciri orang nolep yang pertama adalah tidak mementingkan masa depan dirinya sendiri. Hari-hari orang nolep biasanya diisi dengan kegiatan yang kurang bermanfaat untuk masa depannya.

2. Suka Begadang

Ciri orang nolep selanjtunya adalah suka begadang, meski tidak semua orang yang begadang adalah nolep. Nolep begadang hanya untuk bermain game,  nonton anime dan kagiatan yang tidak bermanfaat lainnya.

3. Kecanduan Gadget

Orang nolep biasanya tidak bisa lepas dari gadget dan internet . Nolep banyak mengabsikan waktunya dengan bermain gadget , entah itu untuk bermain game, menonton anime atau film, dan yang lainnya. 

4. Lebih Suka Menyendiri

Karena malas bertemu dengan banyak orang karena menguras energi, nolep lebih suka menyendiri dan menghabiskan waktunya di dalam kamar. Tak hanya itu seorang yang nolep cenderung hanya memiliki teman yang sedikit di dunia nyata, dan lebih suka berinteraksi di dunia maya. 

5. Memiliki Kepribadian Labil

Seorang yang nolep biasanya sulit untuk mengatur emosi, dan memiliki kepribadian yang labil. Mereka memiliki mood yang gampang berubah sewaktu-waktu karena sesuatu yang sepele.

6. Malas

Malas identik dengan orang nolep. Mulai malas berinteraksi dengan orang lain dan dunia luar, malas berolahraga dan malas melakukan apa saja. Nolep hanya menghabiskan waktunya untuk melakukan hal-hal yang kurang bermanfaat. 

7. Kurang Empati dan Simpati

Orang nolep cenderung memiliki rasa kurang empati dan simpati kepada orang lain. Hal ini karena nolep lebih fokus pada kehidupannya sendiri. Nolep tidak peduli tidak dengan kehidupan orang lain. 

8. Tidak Memiliki Teman

Nolep hanya memiliki teman sedikit yang sefrekuensi di dunia nyata. Mereka justru lebih banyak memiliki teman di dunia maya karena kehidupan orang nolep lebih banyak dihabiskan dengan gadgetnya. 

Meski nolep memiliki stigma yang buruk, akan tetapi nolep justru sebagai bahan bercanda  dan sarkasme di tongkrongan yang tidak terlalu dianggap serius. 

BACA JUGA: Arti Gabut Beserta Dampak & Tips untuk Mengisi Waktu Gabut

Cara Mengatasi Nolep

Nolep adalah
Unsplash

Jika Anda memiliki ciri-ciri nolep seperti yang sudah disebutkan diatas, tidak perlu khawatir. Berikut cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi nolep.

  • Memperbaiki Diri

Cara yang pertama untuk mengatasi nolep adalah dengan memperbaiki diri. Introspeksi diri kemudian lakukan kecil secara konsisten untuk menjadi yang lebih baik lagi. Perubahan menuju yang lebih baik secara konsisten akan berdampak pada kehidupan yang lebih baik juga. 

  • Merencanakan Masa Depan

Setelah melakukan perubahan, hal yang perlu dilakukan selanjutnya untuk mengatasi nolep adalah merencanakan masa depan sebaik mungkin. Anda harus bertekad untuk membuat masa depan menjadi lebih baik, dan konsisten melakukan perubahan untuk masa depan yang sukses.

  • Lakukan Kegiatan Positif

Gunakan waktu Anda untuk melakukan hal-hal yang positif sekaligus bermanfaat seperti membaca buku, berinteraksi dengan orang lain untuk menambah relasi dan yang lainnya. Manfaatkan waktu sebaik mungkin untuk bisa keluar dari zona nolep. 

  • Mencintai Diri Sendiri

Mencinta diri sendiri akan membuat seseorang lebih percaya diri, sehingga lebih mudah untuk bertemu dan berinteraksi dengan orang lain. Ketika kita sudah percaya kepada diri sendiri, maka orang lain juga akan percaya dengan kita. 

  • Lakukan Hal Sesuai Passion

Cari passion dan sesuatu yang Anda senangi lakukan secara konsisten. Hal ini akan membuat seorang yang nolep dapat bangkit menjadi pribadi yang lebih baik. 

  • Terbuka dengan Keluarga

Keluarga menjadi support system terbaik bagi diri seseorang. Untuk itu cara mengatasi nolep yang paling ampuh adalah dengan terbuka kepada keluarga. Hal ini akan membuat seorang yang nolep menjadi lebih percaya diri. 

Penggunaan Kata Nolep

Nolep adalah
Vocasia

Kata nolep biasanya digunakan untuk merujuk orang yang memiliki sifat pemalas untuk mengerjakan hal apapun, suka menyendiri, dan membatasi interkasi dengan orang lain. Akan tetapi nolep kini telah menjadi bahasa gaul yang biasa digunakan di tongkrongan anak mudak sebagai konteks bercanda dan sarkasme.

Demikianlah pengertian arti dari nolep, ciri-ciri dan cara mengatasinya. Jika Anda termasuk yang sudah dijelaskan di atas, segera perbaiki kehidupan Anda untuk bangkit dari sifat nolep dan menjadi seorang yang lebih baik lagi!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!