Masturbasi adalah suatu kegiatan mandiri merangsang organ seksual untuk memenuhi kebutuhan seksual. Pastinya Sedulur pernah mendengar istilah tersebut, atau mungkin istilah onani yang memiliki maksud sama dengan masturbasi. 

Pembahasan tentang kegiatan tersebut, sayangnya, saat ini masih dalam area abu-abu. Kita belum bisa membicarakan kegiatan masturbasi secara terang-terangan karena khawatir melanggar norma atau ajaran agama. Padahal, kegiatan tersebut merupakan kebutuhan tubuh yang perlu dipenuhi dan juga pembahasannya akan membantu kita untuk memahami kebutuhan tubuh diri kita sendiri.

Penasaran tentang seluk-beluk dari kegiatan masturbasi? Yuk, ikuti diskusi pembahasan di bawah ini!

BACA JUGA: Mengenal Ukuran Penis yang Normal pada Pria Dewasa

Pengertian masturbasi adalah

masturbasi adalah
Depositphotos

Masturbasi adalah sebuah kegiatan untuk memenuhi dorongan dan kebutuhan seksual seseorang yang ia lakukan dengan diri sendiri. Penjelasan lebih gamblang dengan kata-kata yang mudah dipahami yaitu masturbasi atau onani adalah kegiatan menyentuh organ seksual untuk menyenangkan diri sendiri karena kebutuhan dan juga dorongan seksual. 

Setelah melakukan masturbasi biasanya individu tersebut akan muncul perasaan senang dan nyaman. Jika dilihat dari sisi reproduksi, kegiatan masturbasi ini cenderung tidak berbahaya karena seseorang dapat memenuhi kebutuhan biologisnya tanpa risiko (kehamilan, misalnya). Justru, masturbasi memiliki beberapa manfaat bagi wanita dan juga pria.

BACA JUGA: 12 Film Dewasa Produk Luar Negeri di Netflix, Sudah Nonton?

Masturbasi adalah dalam agama Islam

masturbasi adalah
Depositphotos

Apa itu masturbasi dalam Islam? Masturbasi dipandang dan dihukumi sebagai kegiatan yang tidak baik dan berdosa. Walaupun, perlu digaris bawahi bahwa dosa masturbasi tidak separah dosa berzina. Kabar baiknya lagi, apabila masturbasi dilakukan untuk menekan atau mengatasi hasrat seksual yang menggebu-gebu dan khawatir akan terjerumus ke dalam aktivitas zina, maka masturbasi hukumnya berubah menjadi boleh atau bahkan wajib. 

Hukum onani untuk yang sudah menikah atau dalam hal ini yang dimaksud adalah kegiatan masturbasi atau onani yang dibantu pasangan adalah boleh, menurut pendapat mayoritas ulama Islam. Asal dilakukan pada waktu yang diperbolehkan, seperti pada saat tidak berpuasa Ramadan, atau di luar perjalanan haji dan umrah, dan sebagainya. Pertanyaan kemudian yang muncul yaitu apakah setelah masturbasi harus bersuci? Jawabannya adalah iya, dalam ajaran Islam, ibadah kita tidak diterima apabila setelah masturbasi kita tidak bersuci dengan mandi besar.

BACA JUGA: Hukum Bersetubuh di Bulan Ramadhan Menurut Islam dan Dalil

Manfaat dari masturbasi adalah

Depositphotos

Memang perlu diakui bahwa kegiatan masturbasi adalah pembahasan yang cukup tabu di tengah-tengah masyarakat Indonesia. Padahal, hampir setiap orang pastinya pernah merangsang diri sendiri, menyentuh organ seksual untuk kesenangan pribadi, ataupun menggunakan alat bantu untuk mencapai orgasme dalam kegiatan masturbasi.

Di balik tabunya pembahasan masturbasi, tersimpan beberapa manfaat dari kegiatan tersebut bagi wanita dan pria. Penasaran apa saja manfaatnya? Berikut merupakan ulasan singkatnya.

1. Manfaat bagi wanita

  • Memicu lebih banyak orgasme

Secara umum, wanita lebih cepat dan lebih mudah mencapai klimaks atau orgasme pada kegiatan masturbasi ketimbang kegiatan seks pada umumnya. 

Terdapat penelitian yang mendukung fakta tersebut. Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2017 mensurvei lebih dari 52.000 orang dewasa. Studi tersebut menemukan fakta bahwa hanya 65% wanita heteroseksual dan 66% wanita biseksual yang biasanya dapat mencapai orgasme pada saat berhubungan seks. Dari sudut pandang pria, 95% pria heteroseksual mencapai orgasme secara teratur pada saat berhubungan seks.

Jumlah yang sangat tidak sebanding, bukan? Alasan di balik kenapa wanita lebih jarang mengalami orgasme saat berhubungan seks bisa jadi karena wanita lebih mengutamakan untuk menemukan preferensi mereka dan mengkomunikasikannya kepada pasangan, mengutip dari Susan Milstein, seorang pendidik seksualitas bersertifikat dan profesor kesehatan dan kinesiologi dari Texas A&M University. 

Tetapi masturbasi dapat membantu dalam pemenuhan kebutuhan seksual wanita karena kegiatan tersebut menawarkan kesempatan untuk lebih berhubungan dengan tubuh mereka, sehingga mereka paham bagaimana perasaan mereka dan apa yang tubuh mereka butuhkan. 

Sebagai tambahan informasi, sebuah penelitian pada tahun 2014 mengungkapkan bahwa 35% wanita yang secara teratur mencapai orgasme pada kegiatan seksual ternyata secara aktif melakukan masturbasi mandiri. Lalu bagaimana pengaruh onani terhadap kesuburan wanita? Dilansir dari Alodokter, hal ini belum terbukti bisa berpengaruh pada kesuburan wanita.

  • Mengurangi rasa kram pada saat menstruasi

Selama periode menstruasi, rahim wanita secara konstan berkontraksi untuk melepaskan lapisannya. Maka dari itu, tak jarang para wanita merasakan rasa kram yang tertahankan sakitnya. Kegiatan masturbasi yang mencapai titik orgasme dapat meningkatkan aliran darah ke alat kelamin dan melepaskan endorfin, sehingga rasa kram pun akan sedikit teratasi. Hal ini juga menjadi alasan kenapa olahraga rutin juga dapat membantu menghilangkan rasa kram pada saat menstruasi datang.

  • Alternatif pengganti kegiatan seks pada saat kehamilan

Pada saat hamil, tentu saja jadwal dan proses kegiatan seks rutin bersama pasangan akan jadi sedikit terganggu. Kegiatan seks pun akan menjadi sedikit awkward dan pasangan mungkin agak takut akan menyakiti sang ibu dan si kecil. Maka dari itu, kegiatan masturbasi bersama pasangan datang sebagai solusi di masa-masa tersebut.

2. Manfaat bagi pria

  • Mengurangi risiko terjangkit kanker prostat

Sebuah studi yang terbit pada tahun 2016 mempelajari 32.000 pria dan menyebutkan fakta bahwa kegiatan masturbasi dapat mengurangi risiko kanker prostat. Lebih jelasnya, ejakulasi/orgasme pada pria merupakan faktor yang menjadi penurun risiko kanker prostat tersebut. Hal tersebut bekerja seperti membuang atau menyingkirkan bakteri dan racun yang berpotensi menimbulkan masalah kanker, termasuk kanker prostat.

  • Memuaskan hasrat seksual yang tinggi

Karena kadar testosteron pada pria lebih tinggi daripada estrogen pada wanita, maka  dorongan seks biasanya lebih tinggi pada pria dengan libido yang meletup-letup. Maka dari itu, masturbasi mungkin menjadi cara yang paling bagus dan aman bagi pria untuk mengelola dorongan seksual yang terus meningkat. Fakta lain pun menyebutkan bahwa sebagian pria menggunakan masturbasi sebagai cara untuk mengurangi beban seksual terhadap pasangan mereka.

BACA JUGA: 8 Jenis Pelumas Seks yang Aman Digunakan & Tips Memilihnya

Risiko dari terlalu banyak masturbasi adalah

Depositphotos

Walaupun kegiatan masturbasi datang dengan beberapa manfaat bagi wanita dan pria, tentu saja aktivitas tersebut tidak terlepas dari bahaya risiko yang akan selalu mengintai. Berikut merupakan beberapa efek samping dari masturbasi.

1. Infeksi dan penyakit kelamin

Walaupun secara umum aktivitas masturbasi lebih aman ketimbang seks (seks bebas – penyakit menular seksual), tetapi masturbasi juga masih berisiko untuk menularkan bakteri, virus, terutama dari bahan alat bantu/mainan seks yang digunakan pada saat merangsang organ vital jika alat tersebut digunakan bersama dengan orang lain. Terlebih lagi jika tekstur bahan tersebut keras, ia akan membuat luka lecet apabila tidak berhati-hati.

2. Pengaruh pada kesehatan mental

Karena moral dan agama kita mengajarkan bahwa kegiatan tersebut tidak baik dan berdosa, tidak jarang orang-orang yang melakukan masturbasi merasa bersalah hanya karena berusaha memenuhi kebutuhan seksual dan menyenangkan diri sendiri tanpa membahayakan orang lain.

Itu tadi merupakan pembahasan masturbasi adalah yang dilihat dari berbagai sudut pandang, dari sudut pandang agama hingga kesehatan. Walaupun masih dikategorikan kegiatan tabu, masturbasi ternyata memiliki manfaat dan tentunya risiko. Maka dari itu, lakukan dengan bijaksana ya, Sedulur!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!