Mungkin beberapa di antara kita masih kebingungan sebenarnya apa saja manfaat push up. Sedulur pastinya telah paham bahwa push up telah menjadi kegiatan olahraga favorit banyak orang. Selain karena tidak memerlukan peralatan yang rumit, tetapi juga karena push up termasuk salah satu olahraga yang dapat menggerakkan seluruh otot pada tubuh.

Yuk, coba ketahui beberapa manfaat push up dan bagaimana cara melakukannya dengan benar di artikel ini, Sedulur!

BACA JUGA: 17 Inspirasi Model Rambut Mulet Stylish Ala Idol Kpop

Jenis-jenis push up

manfaat push up
FitOn

Seperti yang telah diketahui banyak orang, push up adalah salah satu kegiatan olahraga yang memiliki banyak manfaat. Akan tetapi sebelum memasuki pembahasan inti dari manfaat push up, ada baiknya kita mendalami berbagai jenis push up terlebih dahulu.

Secara garis besar, terdapat empat jenis push up yang bisa Sedulur lakukan. Keempat jenis tersebut dapat Sedulur coba berdasarkan kemampuan diri. Apabila Sedulur belum terbiasa dengan push up, mungkin Sedulur lebih cocok dengan gerakan wall push up atau kneeling push up. Namun, apabila Sedulur sudah merasa siap untuk menantang diri sendiri lebih jauh dengan gerakan push up, coba lakukan gerakan wide push up dan backward push up.

Lantas, apa saja penjelasan dari keempat jenis-jenis push up tersebut? Simak ulasan singkat berikut ini, yuk!

BACA JUGA: 18 Jenis Bunga Hias Merambat yang Tahan Panas & Bikin Teduh

1. Wall push up

manfaat push up
Fifty 5 Fitness

Wall push up adalah salah satu variasi gerakan push up yang tergolong sangat mudah untuk dilakukan bagi para pemula. Wall push up tidak dilakukan dengan cara tengkurap seperti push up biasanya, akan tetapi dengan berdiri miring.

Sedulur dapat mencoba untuk berdiri miring menghadap dinding, sekitar satu langkah jauhnya dari dinding tersebut. Kemudian, letakkan kedua tangan secara bertumpu kepada dinding. Nah, mulailah lakukan gerakan push up dengan mendekatkan diri ke dinding lalu menjauh. Manfaat push up pun nantinya akan masih tetap terasa walaupun Sedulur memilih gerakan yang agak sederhana ini.

2. Kneeling push up

manfaat push up
YouTube – Mayo Clinic

Jenis push up lainnya yang sangat cocok untuk dicoba oleh para pemula adalah kneeling push up. Seperti namanya, push up berlutut apabila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, maka gerakan push up ini bertumpu pada kedua tangan dan kedua lutut. 

Sedulur tetap melakukan gerakan push up seperti biasa dengan tengkurap, akan tetapi tumpuan pada bagian kaki dipindahkan ke lutut. Dengan begitu, beban yang ditanggung oleh tubuh tidak seberat ketika tumpuan berada di kedua kaki. Otot-otot tubuh tetap bekerja layaknya push up biasa dengan kerja yang tidak seberat push up konvensional. Manfaat push up pun nantinya akan masih tetap terasa walaupun Sedulur memilih gerakan yang agak sederhana ini.

3. Wide push up

manfaat push up
Live Healthy

Apabila Sedulur sudah terbiasa melakukan gerakan push up biasa dengan luwes, maka tidak ada salahnya untuk mencoba berbagai gerakan variasi push up yang satu level lebih sulit. Salah satu jenis push up yang dapat Sedulur lakukan adalah wide push up.

Nama wide push up memang sangat mencerminkan proses push up yang dilakukan, yaitu dengan tumpuan kedua tangan yang agak lebar menjauhi dada atau tubuh. Posisi kedua tangan tidak berada sejajar dengan bahu, sehingga memberikan celah yang agak lebar. Dengan posisi tersebut, maka beban yang akan ditanggung agak sedikit lebih berat. Otot pada tubuh pun nantinya bekerja dengan lebih keras dan maksimal untuk mendapatkan manfaat push up.

4. Backward push up

manfaat push up
Vahva Fitness

Jenis push up lainnya bagi Sedulur yang sudah terbiasa adalah backward push up. Dalam gerakan backward push up ini, Sedulur diharuskan memposisikan kedua tangan tumpuan di belakang bahu, sekitar 20 cm jauhnya. Dengan posisi tersebut, maka beban yang akan ditanggung agak sedikit lebih berat. Otot pada tubuh pun nantinya bekerja dengan lebih keras dan maksimal untuk mendapatkan manfaat push up.

Manfaat push up yang harus Sedulur ketahui

Stylist

Entah Sedulur memilih untuk melakukan kegiatan push up yang sederhana atau yang sulit sekalipun, manfaat push up yang akan didapatkan setidaknya akan sama. Berikut ini adalah ringkasan dari manfaat-manfaat olahraga tersebut yang harus Sedulur ketahui.

BACA JUGA: Rumus Luas Lingkaran serta Cara Menghitung & Contoh Soalnya

1. Mampu melatih banyak otot sekaligus

Manfaat pertama yang akan Sedulur dapat dari push up adalah ia bisa melatih banyak otot sekaligus. Otot-otot tubuh yang dapat dilatih yaitu otot pectoralis mayor (otot dada), deltoid anterior (bahu), trisep, bisep, rhomboid (otot punggung atas), dan trapezius (otot yang bagian belakang kepala dan leher).

2. Memperkuat tulang dan sendi

Tumpuan utama dari aktivitas push up adalah kedua tangan dan kedua kaki. Efek langsung yang dapat diberikan dari kegiatan tersebut adalah tulang dan sendi yang menjadi semakin kuat, terutama pada kedua bagian tubuh tadi.

3. Push up bisa disesuaikan dengan kebutuhan

Olahraga push dapat dengan mudah disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan. Bagi pemula, coba terapkan wall push up atau kneeling push up.

4. Membakar lemak dan menambah massa otot

Layaknya olahraga lain pada umumnya, push up ternyata juga bisa membakar lemak sekaligus menambah massa otot, loh Sedulur!

5. Memperbaiki postur tubuh

Memperbaiki postur tubuh adalah salah satu manfaat push up yang paling penting. Push up akan mempengaruhi banyak otot, sendi, serta tulang. Dengan begitu, postur tubuh Sedulur dapat kembali menjadi normal apabila dilakukan dengan benar dan rutin.

6. Meningkatkan kesehatan jantung

Layaknya olahraga lain pada umumnya, push up ternyata juga bisa meningkatkan kesehatan jantung, loh Sedulur!

7. Mempermudah aktivitas sehari-hari

Olahraga memang sudah terbukti membuat tubuh menjadi lebih bugar dan tidak lesu. Dengan begitu, ketika Sedulur rutin melakukan push up maka aktivitas sehari-hari akan terasa lebih enteng!

8. Bagian punggung menjadi lurus

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, push up yang rutin akan berpengaruh pada postur tubuh. Hal tersebut sangat terlihat perbedaannya pada bagian punggung. Punggung dipaksa berada di posisi normalnya pada saat push up. Alhasil, posturnya akan kembali seperti semula ketika Sedulur melakukan olahraga tersebut secara rutin.

9. Menjaga keseimbangan tubuh

Push up adalah salah satu olahraga yang efektif untuk mengaktifkan semua otot pada tubuh. Ketika semua otot terbiasa bekerja dengan maksimal, maka keseimbangan tubuh juga akan terjaga.

10. Mengencangkan payudara

Tidak hanya membentuk otot dada pada pria, ternyata manfaat push up ini juga berlaku bagi wanita, nih! Bagian payudara pun akan semakin kencang jika Sedulur sudah mampu membiasakan diri untuk berolahraga push up.

Cara melakukan gerakan push up yang benar

The Art of Manliness

Bingung bagaimana cara menjajal push up dengan gerakan yang benar? Simak langkah-langkah sederhananya berikut ini!

BACA JUGA: 250 Kata-Kata Bijak Kehidupan, Penuh Makna dan Inspiratif

1. Usahakan bagian punggung harus lurus

Langkah pertama, pastikan bagian punggung harus lurus pada saat posisi tengkurap. Letakkan kedua tangan sebagai tumpuan di lantai dan juga kaki, usahakan punggung tidak melengkung ke bawah.

2. Usahakan bagian pinggul harus statis

Selain bagian punggung, Sedulur juga perlu memperhatikan bagian pinggul. Usahakan bagian pinggul harus statis, ya!

3. Pastikan posisi tubuh tegak lurus

Seperti yang sudah disebutkan tadi, posisi tubuh harus berada tegak lurus. Pastikan bahu sampai kaki berada di posisi yang benar, jangan sampai ada yang melengkung ke bawah atau tidak sengaja terangkat akibat beban tubuh.

4. Perhatikan gerakan kedua tangan

Ketika badan naik dan turun, kedua tangan harus dalam posisi siap. Kedua tangan memiliki peranan yang penting sebagai tumpuan, maka dari itu usahakan ia dalam posisi yang aman untuk menghindari terkilir.

5. Tidak perlu memulai dengan kedua tangan, bisa diawali dengan lutut dahulu

Tidak perlu memulai dengan kedua tangan, Sedulur bisa mengawali push up dengan lutut dahulu. Gerakan tersebut dikenal dengan kneeling push up seperti yang telah dijelaskan di awal artikel.

6. Jika posisi tidak benar, risiko yang dapat terjadi adalah cedera

Sangat penting bagi Sedulur untuk memperhatikan setiap gerakan push up dengan seksama. Jika lalai, risiko yang paling fatal dapat terjadi pada tubuh adalah cedera yang melukai otot.

Wall push up bagi pemula

YouTube – Brian Syuki

Nah, apabila sampai pembahasan sekarang Sedulur masih ragu untuk melakukan push up karena dirasa terlalu berat, jangan khawatir terlebih dahulu! Seperti yang telah disebutkan dalam pembahasan di atas, terdapat dua variasi push up yang sangat direkomendasikan untuk para pemula. Salah satu variasi tersebut adalah wall push up.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Sedulur terapkan untuk melakukan wall push up agar tetap mendapatkan manfaat push up bagi tubuh.

  • Berdiri dengan jarak satu lengan atau satu langkah dari dinding. Posisi kaki selebar bahu.
  • Letakkan kedua tangan bertumpu ke dinding, lengan harus setinggi bahu.
  • Tarik napas pada saat menekukkan siku, dekati dinding, jaga kaki agar tetap di lantai.
  • Tahan posisi tersebut selamat satu atau dua detik.
  • Buang napas seraya mendorong tubuh kembali ke posisi semula.

Kneeling push up bagi pemula

YouTube – Get Exercise Confident

Sudah terbiasa dengan gerakan wall push up? Saatnya Sedulur menaikkan satu level push up lagi ke yang lebih menantang, nih! Dari wall push up, Sedulur dapat beralih ke kneeling push up sebagai permulaan sebelum menjajal gerakan push up biasa.

Seperti yang telah disebutkan dalam pembahasan di atas, terdapat dua variasi push up yang sangat direkomendasikan untuk para pemula. Salah satu variasi tersebut adalah kneeling push up. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Sedulur terapkan untuk melakukan kneeling push up agar tetap mendapatkan manfaat push up bagi tubuh.

  • Letakkan kedua tangan di lantai, sejajar dengan bahu. Lutut menekuk, berada di jarak yang nyaman.
  • Tarik napas pada saat menurunkan siku, dada mendekati lantai.
  • Berhenti sejenak selama satu atau dua detik, dagu sedikit menyentuh lantai.
  • Buang napas pada saat mendorong tubuh ke posisi semula.

Nah Sedulur, di atas merupakan informasi singkat dari manfaat push up dan juga langkah-langkah  yang tepat untuk mencobanya. Informasi yang telah diuraikan tadi juga ditambah dengan jenis-jenis push up yang cocok bagi pemula ataupun yang sudah mahir. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.