Terdapat manfaat puasa senin kamis baik untuk kesehatan atau untuk spiritual. Banyak yang telah melakukan penelitian terkait segudang manfaat dari berpuasa. Tidak mesti menunggu puasa di bulan Ramadan, kita bisa melakukan puasa sunnah setiap hari senin dan kamis. Sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

Bukan hanya memberikan manfaat puasa senin kamis dalam sisi spiritual untuk kepentingan akhirat, puasa senin kamis juga dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Di bawah ini adalah manfaat-manfaat yang bisa Sedulur dapatkan. Seperti apa manfaatnya? Yuk, mari langsung kita mulai pembahasannya!

BACA JUGA: 8 Keistimewaan Puasa Rajab. Menutup Pintu Neraka & Diampuni Dosanya

1. Melembutkan hati dan meningkatkan rasa syukur

1. manfaat puasa senin kamis
freepik

Manfaat puasa senin kamis untuk spiritual yang pertama adalah dapat membuat kita melembutkan hati dan meningkatkan rasa syukur. Karena dengan berpuasa kita bisa menimbulkan rasa empati terhadap orang lain, terutama bagi orang lain yang memiliki kondisi yang kurang beruntung dibandingkan kita.

Desangan berpuasa senin kamis, kita akan lebih tahu bagaimana cara bersyukur kepada Sang Pencipta dan menjadi lebih menikmati segala hal yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita sebagai umatNya.

2. Menurunkan hawa nafsu

2. Menurunkan hawa nafsu
freepik

Setiap manusia selalu diselimuti oleh hawa nafsu dalam dirinya. Ketika hawa nafsu telah menguasai diri kita, niscahya kita akan celaka. Untuk mencegah hal tersebut, kita bisa menurunkan hawa nafsu dan mengontrolnya dengan berpuasa senin kamis. Karena salah satu manfaat puasa senin kamis dapat menurunkan hawa nafsu kita.

BACA JUGA: Niat Puasa Senin Kamis Dengan Doa Berbuka & Keutamaannya

3. Terhindari dari godaan setan

3. manfaat puasa senin kamis
islampos

Baik itu pria atau wanita, berkemungkinan untuk mendapatkan godaan dari setan. Terutama wanita yang lebih mudah tergoda. Untuk itu, perlu rutin melakukan puasa agar bisa mendapatkan manfaat puasa senin kamis buat wanita satu ini. Hal ini sangat penting agar kita bisa senantiasa melakukan hal yang baik dan tidak terjerumus oleh godaan setan.

4. Dapat membuat awet muda

4. Membuat awet muda
freepik

Menjaga kesehatan wajah wanita, puasa senin kamis adalah kegiatan yang cocok dilakukan. Karena salah satu manfaat berpuasa adalah dapat membuat kita tampak awet muda. Terdapat penjelasan ilmiah yang mendukung manfaat satu ini. Beberapa penelitian ilmiah menyimpulkan dengan puasa akan berpengaruh pada wajah yang tampak awet muda.

Selama berpuasa, tubuh akan mengurangi bahkan menghentikan proses metabolisme tubuh sementara waktu, terutama metabolisme di saluran pencernaan. Berhentinya proses metabolisme tersebut dapat menghambat penuaan dini, hal tersebut membuat setiap orang yang berpuasa tampak awet muda.

BACA JUGA: Bacaan Niat Puasa Rajab, Latin, arti & Keutamaannya, Lengkap!

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

5. manfaat puasa senin kamis
freepik

Salah satu manfaat puasa senin kamis untuk anak yaitu untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Terutama di tengah masa pandemi Covid-19 saat ini, tubuh harus senantiasa kuat, salah satu cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah dengan berpuasa. Selain lebih mudah, kita juga bisa berpahala melaksanakannya.

Hal tersebut disebabkan pola makan yang seimbang dan teratur selama berpuasa sebulan penuh yang dapat merangsang peningkatan daya tahan tubuh. Terutama jika Sedulur rajin mengkonsumsi buah dan sayuran, akan semakin memudahkan Sedulur untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

6. Menjaga kesehatan jantung

6. menjaga kesehatan jantung
freepik

Terdapat manfaat puasa senin kamis untuk pria, tepatnya untuk menjaga kesehatan jantung. Karena, pria lebih tinggi kemungkinan mendapatkan penyakit jantung dibandingkan wanita. Sebagaimana yang kita ketahui, penyakit jantung dan serangan jantung merupakan penyebab kematian yang paling tinggi di dunia.

Sedulur bisa mendapatkan jantung yang sehat dengan berpuasa, hal tersebut dikarenakan selama berpuasa lemak yang menjadi sumber tenaga utama, namun di sisi lain lemak juga dapat menjadi penyebab penyakit kolesterol yang bisa merusak jantung. Karena lemak menjadi energi utama dan dibakar oleh tubuh, ancaman terhadap jantung pun akan berkurang dan jantung akan tetap sehat.

BACA JUGA: Catat! Ini Jadwal Puasa Sunnah Bulan November 2021 Terlengkap

7. Meningkatkan fungsi otak

7. manfaat puasa senin kamis
freepik

Manfaat puasa senin kamis selanjutnya yaitu dapat meningkatkan fungsi otak. Salah satu organ vital dan juga organ penting yang menggerakan seluruh bagian tubuh adalah otak. Menjaga dan meningkatkan kesehatan otak merupakan suatu kewajiban, salah satu cara untuk meningkatkan fungsi otak yang paling mudah adalah dengan berpuasa. Dengan berpuasa, kita bisa menjaga dan sekaligus meningkatkan kinerja otak.

Berpuasa diyakinin dapat merangsang pelesapan BDNF untuk meningkatkan fungsi otak, selain itu, BDNF juga menghasilkan lebih banyak sel-sel dalam otak yang dapat menjaga kesehatan otak dan terhindar dari penyakit yang berkaitan dengan otak, seperti pikun.

8. Menjaga berat badan

8. menjaga berat badan
freepik

Puasa senin kamis manfaat untuk menjaga berat badan kita tetap stabil. Hal ini sangat cocok bagi Sedulur yang tengah melakukan diet. Karena, selama puasa kita akan mengurangi asupan makanan ke dalam tubuh secara signifikan. Lalu, selama hampir 12 jam, tubuh kita tidak menerima asupan makanan sejak dari sahur hingga berbuka puasa.

Selama 12 jam berpuasa tersebut, tubuh akan menggunakan energi cadangan yang ada dalam tubuh yang digunakan sebagai energi untuk bergerak. Energi cadangan dalam tubuh yang dimaksud adalah lemak-lemak yang menggumpal. Dengan begitu, berat badan pun akan turun secara signifikan.

BACA JUGA: Bacaan Niat Puasa Arafah Lengkap dengan Arti dan Keutamaan

9. Menurunkan kadar gula darah

9. manfaat puasa senin kamis
freepik

Kadar gula darah dalam tubuh dapat turun secara signifikan saat kita berpuasa. Hal ini merupakan manfaat puasa senin kamis untuk mencegah berbagai macam penyakit menyerang tubuh kita. Setiap kali berpuasa, kadar gula darah dalam tubuh bisa turun secara signifikan, yaitu sekitar 30 persen.

Hal tersebut terjadi langsung setelah beberapa saat kita berpuasa. Bagi Sedulur yang menderita hiperglikemia atau kadar gula darah tinggi, rajin berpuasa merupakan hal yang wajib dilakukan. Namun, akan sangat berisiko bagi Sedulur yang memiliki kadar gula darah rendah, maka dari itu menjaga kadar gula darah tetap stabil merupakan kewajiban lainnya agar kesehatan selalu terjaga.

10. Meremajakan sel kulit

10. meremajakan kulit
freepik

Masih dengan manfaat puasa senin kamis untuk wanita, selain dapat membuat awet muda, dengan berpuasa senin kamis juga kita bisa mendapatkan peremajaan sel kulit. Setelah mengetahui manfaat ini, mungkin kita akan tergerak dan termotivasi untuk melakukan puasa sunnah senin kamis.

Selama berpuasa, metabolisme dalam tubuh berhenti dan menyebabkan sel-sel tubuh bisa bekerja secara efektif termasuk untuk meremajakan sel kulit yang telah mati. Ditambah penggunaan skin care dan juga kosmetik yang cocok, akan lebih cepat mendapatkan kulit yang sehat dan cemerlang.

BACA JUGA: Doa Niat Puasa Senin Kamis Lengkap & Artinya, Sudah Hafal?

11. Mengurangi risiko kanker

11. manfaat puasa senin kamis
freepik

Ada juga manfaat puasa senin kamis untuk kesehatan yang sangat penting, yaitu dapat mengurangi risiko kanker. Banyak penyakit lainnya yang bisa terhindar dengan kita melakukan puasa senin kamis secara rutin. Dengan berpuasa senin kamis akan dapat menghindarkan kita dari proses pembentukan tumor yang menyebabkan kanker.

Selain itu, berpuasa juga memiliki pola efektivitas yang sama dengan proses dari kemoterapi, terapi untuk menghambat pertumbuhan kanker. Secara tidak langsung hal tersebut sama dengan melakukan pencegahan kanker untuk menyebar terhadap tubuh kita.

12. Membuang racun dalam tubuh

12. membuang racun dalam tubuh
klikdokter

Terakhir, manfaat puasa senin kamis dapat membuat racun dalam tubuh terbuang. Hal ini dikenal dengan istilah detoksifikasi dalam bahasa ilmiah. Karena, tujuan puasa itu sendiri adalah sebagai detoksifikasi. Seringkali, dalam tubuh kita terkandung banyak racun yang disebabkan oleh asupan makanan yang tidak sehat dan tidak sesuai standar.

Selama berpuasa, tubuh kita tidak mendapatkan asupan makanan yang cukup selama seharian, hal tersebut dapat membuat sistem pencernaan fokus dalam membuang kandungan racun yang terdapat dalam tubuh. Selain itu, lemak juga mengandung racun yang bisa membahayakan tubuh, yang akan dibakar untuk kebutuhan energi bagi tubuh.

Itulah beberapa manfaat puasa senin kamis yang bisa Sedulur rasakan, baik untuk kesehatan tubuh dan untuk sisi spiritual kita. Dengan berpuasa kita bisa mendapatkan kebaikan baik untuk akhirat dan untuk urusan dunia. Jangan lupa juga untuk sambil dibarengi dengan berolahraga dan menjaga asupan makanan sehat, agar puasa yang kita lakukan memberikan hasil yang maksimal.