cara mengencangkan payudara

Payudara adalah bagian yang pasti ada pada mamalia, termasuk manusia. Fungsi payudara sendiri lebih kentara pada perempuan yang akan menggunakannya untuk menyusui bayi mereka. Organ tubuh ini juga banyak dikaitkan dengan feminitas meski sebenarnya laki-laki juga memilikinya. Payudara akan mengalami perubahan sepanjang hidup manusia. Pada perempuan pertumbuhannya akan lebih cepat dan ukurannya akan membesar saat masuk masa pubertas. Tidak sedikit yang mencari cara mengencangkan payudara untuk merawat bentuknya.

Namun, seiring bertambahnya usia dan beberapa faktor lain seperti kehamilan, kondisi klinis, dan lain sebagainya, payudara bisa berubah bentuk bahkan menjadi kendor atau yang disebut dengan istilah ilmiah breast ptosis. Hal ini normal terjadi dalam siklus hidup manusia, tetapi bukan berarti tidak ada cara mengencangkan payudara. Berikut beberapa tips aman mengembalikan bentuk payudara Sedulur.

BACA JUGA: Ketahui Ukuran Payudara Mengikuti Umur, Bunda Wajib Tau

1. Penyebab turunnya payudara 

cara mengencangkan payudara secara alami dalam waktu 1 minggu
pexels.com

Sebelum membahas cara memijat payudara mengencangkan alami, ada baiknya kita usut apa saja yang jadi faktor penyebab turunnya atau kendornya payudara. 

  • Kehamilan yang berulang kali bisa menyebabkan perubahan pada postur tubuh seorang ibu. Ligamen pada payudara akan melar dan akhirnya turun saat bumil harus menanggung beban dari berat janin. 
  • Payudara yang besar memiliki risiko lebih tinggi untuk kendor dibanding yang sebaliknya 
  • Masuk masa menopause meningkatkan risiko payudara kendor karena kulit mulai kehilangan elastisitasnya
  • Penurunan berat badan yang drastis juga bisa memicu turunnya payudara
  • Sebaliknya obesitas juga bisa jadi faktor pemicu karena banyak jaringan kulit yang melebar 
  • Olahraga yang salah dan berlebihan juga bisa merusak jaringan pada payudara dan membuatnya tampak turun dan kendor 
  • Pengaruh kondisi medis tertentu seperti kanker dan lain sebagainya yang menggerogoti jaringan sehat pada payudara 
  • Berkurangnya hormon estrogen dalam tubuh karena berbagai penyebab, bisa usia dan lain sebagainya 

Mengutip dari Healthline, kepercayaan yang menyebutkan bahwa menyusui bisa membuat payudara kendor juga tidak bisa dibuktikan, Sedulur. Begitu juga dengan kepercayaan bahwa bra yang salah atau kebiasaan tidak memakai bra bisa memicu turunnya payudara, tidak bisa dibuktikan secara klinis. 

2. Push-up 

push up
pexels.com

Tentu Sedulur sudah tahu gerakan push-up ini. Gerakan ini melatih semua bagian tubuh, termasuk punggung dan dada agar postur lebih tegak dan sempurna. Jika kesulitan bertumpu pada jari kaki, ganti tumpuan pada bagian lutut. 

3. Latihan dengan pose kobra 

pose kobra
pexels.com

Ini adalah gerakan untuk mengencangkan payudara yang paling dasar. Sedulur bisa memulainya dengan berbaring telungkup di atas lantai, kemudian letakkan kedua telapak tangan di samping tubuh dengan posisi siku sejajar dengan bahu. Angkat bagian atas tubuh mulai pundak hingga torso, kemudian kembali telungkup. Lakukan beberapa kali. Gerakannya mirip dengan push-up, tetapi hanya melatih bagian torso dan tangan.  

4. Plank dengan bergerak ke sisi kanan dan kiri 

cara memijat payudara dan mengencangkan alami
pexels.com

Tidak ada yang bisa menjanjikan cara mengencangkan payudara secara alami dalam waktu 1 minggu. Namun, dengan melakukan gerakan plank rutin selama beberapa repetisi dalam sehari, mungkin Sedulur bisa melihat perbedaan pada posisi dan bentuk payudara. 

Plank dilakukan dengan posisi awal seperti akan push-up. Tubuh menghadap lantai dan jemari kaki serta telapak tangan dipakai untuk menyangga tubuh. Pastikan punggung dalam keadaan lurus. Kemudian, pindahkan kaki dari satu sisi ke sisi lainnya secara bergantian. Begitu pula dengan tangannya. 

BACA JUGA: Perhatikan 19 Ciri Ciri Hamil Sebelum Telat Haid, Jarang Disadari

5. Plank dengan menyentuh abdomen 

cara mengencangkan payudara dengan pasta gigi
pexels.com

Masih dalam posisi plank, Sedulur bisa mengganti gerakan dengan memaku kedua kaki di satu tempat dan lakukan gerakan pada tangan. Tangan yang awalnya lurus di bawah bahu bisa digerakkan menuju abdomen atau perut. Lakukan secara bergantian antara tangan kanan kiri sehingga saat salah satu menyentuh perut, tangan satunya berfungsi menopang tubuh bersama kedua kaki. 

6. Berlatih dengan dumbbell 

cara memperbesar payudara dan mengencangkan alami dengan vaseline
pexels.com

Sedulur bisa melakukan gerakan ini dengan cara berbaring lurus di matras atau exercise ball dengan kaki tegak lurus ke bawah untuk menyangga badan. Lalu, angkat dumbbell atau barbel dengan kedua tangan sampai lengan lurus ke atas. Kembalikan dumbbell ke atas dada dan ulangi gerakan tersebut beberapa kali. Sedulur juga boleh mengangkat dumbbell yang dipegang tersebut ke arah belakang kepala. Ini juga gerakan untuk mengencangkan payudara yang aman dan berdampak. 

7. Ganti dengan dua barbel 

barbel
pexels.com

Masih di posisi yang sama, Sedulur bisa mengkombinasikannya dengan gerakan tangan menyilang, tetapi untuk ini Sedulur perlu dua barbel yang digenggam pada dua tangan. Jika kesulitan gerakan mengangkat ke atas dan ke bawah sebenarnya cukup, kok. 

8. Squat atau posisi jongkok 

cara mengencangkan payudara sebelum tidur
pexels.com

Silakan memulai gerakan dengan berjongkok, gunakan dua kursi atau meja untuk meletakkan tangan sebagai tumpuan. Bergeraklah dari posisi jongkok ke gerakan mengangkat pantat hingga punggung lurus. Tidak perlu sampai berdiri, cukup lakukan dalam keadaan paha dan lutut masih dalam posisi jongkok alias menahan beban. 

BACA JUGA: Ingin Mengecilkan Perut? 6 Olahraga Ini Cocok Kamu Lakukan!

9. Gerakan dengan cable crossover

cable crossover
Pexels

Jika memungkinkan Sedulur bisa memanfaatkan cable gym untuk melatih kedua lengan. Sesuaikan dulu posisi cable gym dengan tinggi badan masing-masing. Kemudian lingkarkan pada kedua lengan bawah dekat siku. Tarik menuju dada sampai kedua lengan bertemu, kemudian lepaskan sampai punggung terasa tertarik. Gerakan ini membutuhkan dua cable gym yang letaknya sejajar dengan jarak yang pas. 

10. Cable twist 

cable twist
pexels.com

Sedulur pun bisa mencoba melingkarkan cable gym pada jemari kedua tangan dan menariknya menjauhi tubuh. Cable gym yang elastis akan tertarik kembali ke tempat asalnya dan bisa membantu melatih tangan, dada, serta punggung. 

11. Berenang 

cara mengencangkan payudara untuk remaja
pexels.com

Jika ada yang menawarkan cara mengencangkan payudara dengan pasta gigi, tentunya Sedulur yang cerdas tidak akan mempercayainya begitu saja. Pasta gigi mengandung mentol yang bisa membuat kulit terasa perih.

Alih-alih membuat payudara kencang, Sedulur berisiko menyebabkan iritasi pada kulit payudara. Coba ganti dengan cara alami lain seperti berenang. Berenang juga bisa melatih punggung dan dada sehingga dapat membantu mengencangkan otot pada payudara dan perlahan memperbaiki posturnya yang turun. 

BACA JUGA: Perbedaan Gerak Lokomotor dan Non Lokomotor, Sudah Tahu?

12. Perbaiki postur tubuh 

gerakan untuk mengencangkan payudara
pexels.com

Saat beraktivitas kita melakukan banyak hal yang tidak disadari, termasuk membungkuk atau meliukkan badan dalam waktu yang lama. Seiring berjalannya waktu postur ini bisa bertahan dan mengganggu aktivitas Sedulur. Kamu akan lebih mudah lelah.

Seyogyanya menjaga postur tubuh tegak bisa menghindarkan kita dari rasa lelah dan cedera. Ia juga akan membuat posisi dada atau payudara tetap di tempatnya. Ini bisa jadi cara mengencangkan payudara untuk remaja. 

13. Kenakan bra yang pas, tidak terlalu longgar dan tidak terlalu kencang 

bra yang pas
pexels.com

Daripada memborong  produk krim efektivitasnya tidak terbukti secara ilmiah, silakan Sedulur sisihkan dana untuk membeli produk bra yang bagus. Perhatikan juga tips memilih ukuran bra yang ideal. Pastikan ia pas, tidak terlalu longgar dan juga tak kelewat kencang. 

Saat kedua kaitnya dipertemukan, cek apakah satu jarimu bisa masuk di sela-sela punggung dan bra. Jika iya, berarti bra tersebut pas untukmu. Pilih juga cup yang sesuai dengan lingkar payudara Sedulur. Bra memang tidak berpengaruh langsung pada posisi payudara, tetapi ia bisa memperbaiki postur tubuh pemakainya. 

14. Terapkan pola hidup sehat 

pola hidup sehat
pexels.com

Sudah banyak gerakan olahraga yang bisa jadi cara mengencangkan payudara sebelum tidur atau di pagi hari. Namun, tetap imbangi dengan memilih asupan nutrisi yang sehat. Gunanya untuk menjaga berat badan ideal dan mencegah atau mengatasi obesitas. 

15. Berhenti merokok 

berhenti merokok
pexels.com

Jika Sedulur adalah perokok, risiko payudara turun juga dipercaya meningkat. Ini karena rokok mendorong proses penuaan dini dari kandungannya. Melansir jurnal Brian Rinker, dkk., rokok terbukti memiliki efek nyata dalam breast ptosis. Perokok memiliki risiko yang sama besar dengan pemilik berat badan berlebih, orang yang berat badannya turun drastis, pemilik ukuran payudara yang lebih besar, serta perempuan dengan frekuensi kehamilan yang lebih dari satu kali. 

BACA JUGA: 24+ Makanan Penyebab Asam Urat Tinggi, Perlu Dihindari

16. Coba pertimbangkan kembali keinginan untuk hamil lagi 

hamil lagi
pexels.com

Namun, ini kembali pada preferensi dan keyakinan masing-masing individu. Bukti bahwa frekuensi kehamilan bisa berpengaruh pada bentuk payudara sudah terbukti. Sekarang tinggal kembali pada Sedulur sendiri. Memiliki banyak keturunan adalah hak asasi manusia. Namun, hendaknya dilakukan dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab. 

17. Hindari penggunaan krim dan obat yang menawarkan hasil instan 

obat untuk mengencangkan payudara
pexels.com

Meski produk tertentu tidak mengklaim bisa jadi obat untuk mengencangkan payudara, banyak orang yang percaya bahwa ada cara memperbesar payudara dan mengencangkan alami dengan vaseline. Vaseline sendiri merupakan krim berbahan mineral oil yang digunakan untuk berbagai fungsi, tetapi utamanya hanya untuk melembabkan kulit dan memperbaiki lapisan terluar kulit yang rusak karena kegiatan atau cuaca. 

Banyak pula krim lain yang mengklaim bahannya aman dan sayangnya dijual bebas tanpa jaminan akan efek samping. Melansir dari KlikDokter, ada banyak risiko yang menghantui pengguna obat-obat tak berizin tersebut, mulai dari iritasi yang paling ringan, sampai menggangu siklus haid karena ada kandungan hormon yang asal saja dimasukkan tanpa tahu kondisi klinis pemakainya. 

18. Operasi pengencang payudara yang dilakukan profesional

operasi mengencangkan payudara
pexels.com

Cara lainnya yang instan dan lumayan aman adalah operasi oleh dokter bedah plastik profesional. Gunanya untuk memperbaiki posisi payudara yang turun. Prosedurnya biasanya memakan waktu beberapa jam dan bisa saja menimbulkan efek samping beberapa jam atau hari setelahnya seperti nyeri dan lain sebagainya karena memang operasi menimbulkan luka. Biayanya bervariasi, silakan konsultasi pada dokter yang kamu percaya. 

Memiliki payudara kencang sebenarnya bukan hal yang krusial, apalagi jika hanya untuk kebutuhan estetika. Silakan lakukan tips-tips alami di atas dengan tujuan utama mencapai kualitas hidup yang baik dan senantiasa sehat. Urusan penampilan jadi terdongkrak, jadikan saja sebagai bonus, Sedulur.

Sibuk memikirkan payudara, apakah Sedulur sudah belanja sembako bulan ini? Kalau belum silakan kunjungi Aplikasi Super yang setia membantumu tanpa ribet.