makanan tokok

Beberapa waktu lalu, masyarakat Indonesia banyak yang berlomba-lomba mencari tokek besar. Selain itu, perburuan serangga makanan tokek menjadi hal yang lumrah. Tentu saja bukan karena tanpa alasan, kabarnya tokek dengan ukuran tertentu bisa dijual dengan harga mencapai ratusan juta, lho.

Jadi tidak heran jika mereka rela pergi ke hutan demi menemukan tokek yang berwarna abu abu bintik merah. Ya, walaupun berita kebenarannya masih simpang siur, namun katanya tokek ini sering dibeli oleh orang dari luar negeri sebagai bahan penelitian obat semacam HIV.

Nah, itulah yang membuat banyak pemelihara ingin tokek yang dipeliharanya cepat besar. Lalu makanan tokek apa agar cepat memenuhi ukuran yang diinginkan? Langsung saja simak informasi yang ada di bawah ini.

BACA JUGA: Cara Budidaya Jangkrik Untuk Pemula, Mudah & Dijamin Untung

1. Jangkrik

makanan tokek
pexels

Apa makanan tokek yang utama? Mungkin jawaban yang paling tepat adalah jangkrik. Ya benar, agar tokek milik Sedulur cepat besar, bisa rutin memberinya jangkrik.  Bukan rahasia lagi, jika jangkrik merupakan makanan favorit hewan-hewan seperti tokek, burung, ikan arwana dan semua hewan peliharaan pemakan serangga.

Mengapa jangkrik sangat digemari oleh hewan? Hal ini karena jangkrik mempunyai kandungan protein hewani yang sangat tinggi, bahkan mencapai 60%. Di dalam kandungan protein tersebut, juga terdapat omega 3-9.

Dengan ini, maka jangkrik mampu mempercepat pertumbuhan hewan termasuk tokek. Banyak para pemelihara tokek yang menjadikan jangkrik sebagai makanan pokok, supaya bisa cepat besar dan juga  panjang. Namun sebelum diberikan pada tokek, pastikan kaki jangkrik dihilangkan terlebih dahulu.

2. Laron

makanan tokek
jasaantirayap

Tentu saja Sedulur sudah tidak asing dengan hewan yang bernama laron kan? Ya, hewan yang satu ini juga sering dikenal dengan rayap terbang. Laron sering kali muncul di malam hari, terutama saat musim penghujan. Biasanya mereka akan mencari tempat paling terang, seperti lampu.

Nah, laron sendiri menjadi salah satu makanan tokek rumah yang sangat direkomendasikan. Hal ini karena Sedulur bisa mendapatkan laron dengan sangat mudah, apalagi jika setelah hujan reda. Selain itu, laor juga mengandung beberapa nutrisi yang sangat baik bagi pertumbuhan tokek, yakni protein dan lemak.

Perlu Sedulur ketahui, kedua nutrisi tersebut akan sangat membantu tokek agar dapat bertumbuh dengan ukuran yang maksimal. Untuk pemberiannya sendiri, Sedulur bisa memberikan laron 3 kali sehari dengan jumlah yang cukup secara rutin.

3. Nyamuk

Freepik

Nyamuk merupakan hewan jenis serangga. Jumlah total nyamuk kurang lebih ada 2700 spesies. Mereka memiliki dua sayap yang bersisik, tubuh langsing, dengan enam kaki yang panjang. Panjang nyamuk sebenarnya berbeda-beda tetapi rata-rata tidak lebih dari 15 mm. Perbedaan antara nyamuk betina dan jantan dapat dilihat dari bentuk mulutnya. Nyamuk betina mempunyai bentuk mulut proboscis panjang untuk menembus kulit mamalia untuk menghisap darah.

Dilansir dari Huffington Post, cicak menjadi salah satu makanan favorit dari tokek baik itu di alam liar maupun saat dibudidayakan. Cara tokek menangkap nyamuk pun cukup mirip dengan cicak. Mereka akan menangkap nyamuk dengan menggunakan lidah lengketnya.

4. Kodok Lembu

makanan laron
pexels

Dilansir dari Whatdoanimaleat, jenis makanan tokek rumah agar cepat besar yang berikutnya adalah kodok lembu. Jenis kodok yang satu ini, memang dikenal dengan suaranya yang mirip seperti suara lembu atau sapi. Ya, suara tersebut yang membuatnya mendapat julukan kodok lembu.

Kodok lembu ini terbilang memiliki ukuran yang cukup besar, sebenarnya berasal dari wilayah Amerika.  Namun tidak perlu khawatir, karena saat ini Sedulur bisa menemukan kodok tersebut di Indonesia. Hal ini karena sudah banyak orang yang membudidayakan jenis kodok lembu.

Karena kodok ini memiliki ukuran yang besar, maka Sedulur bisa memberikannya sebagai pakan tokek dalam bentuk potongan. Tentu saja, hal itu dilakukan agar tokek dapat lebih mudah untuk menelan dan juga memakannya.

5. Belalang

makanan tokek
pexels

Tidak dapat dipungkiri lagi jika tokek merupakan hewan yang suka memakan serangga, dan salah satunya adalah belalang. Bahkan belalang menjadi salah satu makanan tokek liar, lho. Sedulur juga bisa memberikan belalang pada tokek peliharaan untuk melengkapi nutrisi yang dibutuhkannya.

Terdapat beberapa kandungan nutrisi yang akan diperoleh tokek jika memakan belalang. Beberapa di antaranya seperti lemak dan juga protein. Kedua nutrisi itu memang berperan penting dalam membantu tokek agar bertumbuh besar dengan cepat.

Bagi Sedulur yang belum tahu, serangga yang satu ini sering dicap sebagai serangga hama oleh para petani. Oleh karena itu, menjadikan belalang sebagai pakan tokek secara tidak langsung juga akan membantu para petani dari serangan hama.

BACA JUGA: 12+ Cara Mengusir Tokek di Rumah Pake Bahan Alami, Manjur!

6. Kadal

Freepik

Makanan tokek berikutnya yang dapat Sedulur berikan untuk tokek perliharaan di rumah adalah kadal. Kadal ini memang menjadi salah satu makanan tokek yang sangat mudah untuk ditemukan. Salah satu jenis kadal kesukaan tokek adalah cicak, terlebih lagi Sedulur bisa menangkap cicak yang ada di rumah.

Pemberian kadal sebagai makanan tokek memang sangat disarankan, mengingat adanya kandungan baik dalam tubuh kadal bagi tubuh kembang si tokek. Contohnya saja seperti protein kalsium, dan juga lemak yang memang terbukti membantu tokek untuk tumbuh dengan maksimal.

Selain itu, kadal juga dipercaya mampu meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh tokek agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit. Agar tokek bisa menelan dan memakannya dengan mudah, ada baiknya jika Sedulur mencari kadal berukuran kecil, terutama cicak.

7. Telur semut

IDN Times

Telur semut alias kroto, menjadi satu-satunya makanan tokek selain serangga yang direkomendasikan dalam daftar ini. Tidak perlu bingung, untuk saat ini sudah banyak orang yang membudidayakan kroto. Seperti yang telah diketahui, kroto sering dijadikan sebagai pakan ikan dan juga burung.

Namun tidak hanya itu, ternyata kroto juga bisa diberikan pada tokek peliharaan, dan manfaatnya sangat baik, lho. Jadi Sedulur tidak perlu repot mencari pakan tokek sendiri, karena bisa langsung membelinya di pasar hewan.

Seperti yang tadi sudah dikatakn, kroto ini mempunyai kandungan yang sangat baik untuk tokek, di mana protein yang ada di dalam kroto ini cukup tinggi. Akan tetapi, biasanya tokek akan menganggap kroto ini sebagai cemilan. Untuk itu, Sedulur cukup memberikannya di sela-sela pemberian minum.

BACA JUGA: Contoh dan Ciri-Ciri Hewan Vertebrata Serta Klasifikasi Kelasnya

8. Kecoa

Antaranews

Kecoa menjadi satu lagi serangga yang sering dijauhi oleh manusia karena beberapa alasan. Namun, ternyata serangga yang satu ini dapat menjadi opsi pakan yang baik untuk tokek peliharaan. Namun jangan salah, karena kecoa yang diberikan ini bukan kecoa yang sering Sedulur lihat di tempat-tempat kotor, lho.

Adapun jenis kecoa yang baik untuk perkembangan tokek adalah jenis kecoa madagaskar atau kecoa dubia. Ya, kedua jenis kecoa tersebut memang sering dibudidayakan untuk dijadikan sebagai pakan tokek, tarantula, musang, dan juga ular.

Kecoa sendiri merupakan salah satu serangga yang mempunyai kandungan lemak serta protein yang cukup tinggi. Di mana kedua nutrisi tersebut, bermanfaat dalam meningkatkan imun tubuh pada si tokek. Jika Sedulir ingin tokek yang dipelihara cepat besar, maka jangan lupa berikan kecoa sebagai makanan pendamping, ya.

9. Ulat hongkong

agromedia

Mungkin tidak ada makanan tokek sayuran, karena tokek sendiri adalah jenis hewan pemakan daging dan juga serangga. Namun tidak usah khawatir, Sedulur tetap bisa memenuhi kebutuhan nutrisinya dengan memberikan ulat hongkong secara teratur.

Bagi Sedulur yang memelihara burung ataupun sugar glider, tentu saja sudah tidak asing dengan jenis ulat yang satu ini. Ya, walaupun ulat hongkong ini sering dijadikan sebagai makanan sugar glider serta burung, namun ternyata tokek juga sangat menyukainya.

Terlebih lagi, di dalam tubuh ulat hongkong ini terdapat kandungan protein yang sangat tinggi. Tentu saja kandungan tersebut sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan tokek. Untuk saat ini, Sedulur bisa dengan mudah menemukan ulat hongkok di pasar, kok. Jadi tidak perlu repot mencari atau membudidayakan sendiri.

Nah, itu dia beberapa makanan tokek yang disarankan. Dengan memberikan beberapa pakan di atas secara rutin, dijamin tokek yang Sedulur pelihara akan cepat tumbuh dan juga ukurannya akan berkembang dengan maksimal. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.