mad arid lissukun

Apakah Sedulur tahu apa itu mad arid lissukun? Ini merupakan salah satu hukum bacaan dalam ilmu tajwid Alquran. Untuk membaca kitab suci umat Islam ini membutuhkan ilmu untuk membaca dan mempelajarinya. Agar setiap intisari dan ajarannya bisa dijadikan pedoman untuk menghadapi hidup.

Selain itu, membaca Alquran juga sangat penting dilakukan dengan benar dan tartil juga wajib mengetahui makhrojul khuruf dan kapan harus berhenti dan harus lanjut. Ada beberapa hukum membaca Alquran, salah satunya adalah mad arid lissukun. Mari kita mulai dengan membahas pengertiannya terlebih dahulu.

BACA JUGA: Bacaan Doa Sesudah Sholat Fardhu yang Pendek, Yuk Amalkan!

Pengertian

Pengertian mad arid lissukun
madaninews

Mad arid lissukun terdiri dari beberapa bagian hukum bacaan dari mad far’i. Secara harfiah, mad itu sendiri berarti panjang, arid berarti tiba-tiba, dan lissukun artinya mati. Maka secara istilah artinya adalah bacaan panjang yang disebabkan oleh huruf mad yaitu ya, wawu, dan alif bertemu dengan waqaf.

Sehingga ketika menemui hal tersebut dalam Alquran, kita harus berhenti. Panjangya yaitu boleh dibaca 1 alif (2 harakat), 2 alif (4 harakat) atau 3 alif (6 harakat).

Cara baca 

Cara baca 
detik

Berdasarkan penjelasan di atas mad arid lissukun artinya hukum yang mengatur untuk berhenti saat membaca Alquran karena pertemuan beberapa huruf yang telah dijelaskan di atas. Agar lebih jelas lagi, berikut ini beberapa cara membacanya agar Sedulur bisa lebih mudah lagi memahaminya:

  • Tul (panjang) artinya 3 alif atau 6 harakat
  • Tawassut (panjang) artinya 2 alif atau 4 harakat
  • Qasar (pendek) yaitu 1 alif atau 2 harakat

Terkait hukum mad arid, nazham Hidayatush Shibyan menjelaskan hukum bacaan mad ini, pendapat tersebut yaitu: “Apabila terdapat huruf mad yang huruf setelahnya itu mati dan matinya bersifat baru karena waqaf, maka disebut mad aridh.”

BACA JUGA: Doa Naik Kendaraan Lengkap Arab & Artinya, Sudah Hafal?

Contoh bacaan

Contoh
smartekselensia

Agar Sedulur bisa cek langsung di Al-Quran seperti apa contoh huruf mad arid lissukun. Berikut ini daftar ayat Al-Quran yang memiliki hukum mad arid:

  1. Al Baqarah ayat 196: شَدِيدُ الْعِقَابِ  dibaca syadiidul iqaab. Sebabnya: Huruf mad (أ) bertemu dengan huruf bersukun sebab adanya waqaf (berhenti) di akhir ayat
  2. An Naml ayat 81: فَهُمْ مُسْلِمُونَ  dibaca fa hum muslimụn. Sebabnya: Huruf mad (و) bertemu dengan huruf bersukun sebab adanya waqaf (berhenti) di akhir ayat
  3. Al Baqarah ayat 104: عَذَابٌ أَلِيمٌ  dibaca ‘ażābun alīm. Sebabnya: Huruf mad (ي) bertemu dengan huruf bersukun sebab adanya waqaf (berhenti) di akhir ayat

Sekian penjelasan singkat terkait mad arid lissukun contoh dan pengertiannya. Semoga penjelasan di atas bisa menambah wawasan Sedulur terkait hukum bacaan Al-Quran. Hal tersebut bisa membuat Sedulur lebih paham dan lebih mudah saat membaca Al-Quran.