kkb papua adalah

Apakah Sedulur tahu apa itu KKB Papua? Secara sederhana, KKB Papua adalah sekelompok orang yang melakukan aksi kriminal atau kejahatan di wilayah Papua. Mereka menebar teror hingga menyerang warga sekitar. Tak hanya itu, sejumlah anggota TNI dan Polri pun turut menjadi korban KKB Papua.

Keberadaan kelompok ini pun menyebabkan keresahan dan menjadi perhatian pemerintah sejak lama. Sementara dirangkum dari berbagai sumber, sepanjang 2022 ini KKB Papua telah melakukan sejumlah aksi yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa.

Lantas, sebenarnya siapakah KKB Papua? Bagaimana sejarah terbentuknya organisasi kriminal tersebut dan apa tujuan mereka? Untuk mengetahui jawabannya, berikut telah Super rangkum informasi seputar KKB Papua.

Mengenal KKB Papua

KKB Papua adalah
Tribunnews

KKB Papua adalah singkatan dari kelompok kriminal bersenjata, yang sesuai namanya kelompok tersebut berada di wilayah Papua. Mereka melakukan aksi kejahatan dengan menebar teror kepada warga sipil maupun anggota TNI dan Polri.

Tak hanya itu, anggota KKB Papua juga tidak ragu melakukan penembakan maupun pembantaian hingga menyebabkan jatuhnya korban jiwa. Menurut pemberitaan Media Indonesia pada Mei 2022, sepanjang Januari hingga Maret 2022, KKB telah melakukan tujuh tindak pidana dengan total korban jiwa sebanyak 13 orang.

BACA JUGA: Mengenal Klitih dengan Sejarah, Arti & Asal Usulnya

Sejarah KKB Papua

KKB Papua adalah
Kompas

Dikutip dari laman resmi DPR RI, sebelumnya KKB dikenal dengan nama Organisasi Papua Merdeka (OPM). Sesuai namanya, kelompok separatis ini menginginkan kemerdekaan di mana Papua berpisah dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pihak OPM pun kerap menyuarakan referendum agar Papua dapat berdiri sendiri.

Pada masa pemerintahan Presiden Habibie, pernah diambil kebijakan pemberian Otonomi Khusus (Otsus) bagi Papua. Pemerintah kala itu menggelontorkan anggaran yang cukup besar untuk Papua.

Namun ternyata anggaran tersebut hanya dinikmati kaum elit Papua dan tidak sampai ke lapisan masyarakat paling bawah. Hal ini memunculkan gerakan perlawanan yang lebih masif. Salah satunya dengan berbagai aksi kriminal.

Adapun saat ini KKB Papua disebut memiliki persenjataan yang semakin bagus. Selain itu ada faktor-faktor lain yang menjadi sebab kenapa KKB Papua sulit diberantas. Di antaranya ialah adanya kampanye politik di dalam negeri dan kampanye politik di luar negeri yang menyuarakan kemerdekaan Papua kepada kedutaan-keduataan asing.

BACA JUGA: Pengertian Bela Negara Serta Konsep, Tujuan dan Manfaatnya

Tujuan KKB Papua

KKB Papua adalah
TribunPalu

Menteri Pertahanan RI di Kabinet Kerja Ryamizard Ryacudu pernah mengungkapkan tujuan KKB Papua. Dikatakan, KKB Papua memiliki tujuan untuk melepaskan Papua dari NKRI. Hal itu jugalah yang mendasari mengapa KKB Papua disebut sebagai kelompok separatis.

“KKB sudah menjadi kelompok separatis yang mengancam keutuhan negara,” kata Menhan Ryamizard Ryacudu sebagaimana dikutip dari Tribunnews.com.

BACA JUGA: GNB (Gerakan Non-Blok): Pengertian, Sejarah & Tujuannya

Wilayah rawan KKB Papua

KKB Papua adalah
Kompas

KKB melakukan aksinya di kawasan pegunungan di Papua. Hingga kini, masih ada sejumlah wilayah yang dianggap rawan dari aksi KKB Papua. Berikut daftarnya.

  • Pegunungan Bintang
  • Yakuhimo
  • Nduga
  • Intan Jaya
  • Puncak Ilaga

Sementara, beberapa waktu lalu Polri telah resmi mengganti Satgas Nemangkawi menjadi Operasi Damai Cartenz. Mereka bertugas melakukan operasi di lima wilayah rawan aksi kriminal KKB Papua.

BACA JUGA: Gerakan 3a: Pengertian, Sejarah dan Tujuannya

Daftar kejahatan KKB Papua

KKB Papua adalah
Kompas

Telah disampaikan sebelumnya, hingga tahun 2022 ini aksi kriminal KKB Papua masih berlanjut. Dikutip dari Media Indonesia, pada awal Mei 2022 lalu satu personel Polri dan TNI mengalami luka tembak ketika menjalani ibadah di Gereja Protestan Okbibab, Distrik Okbibab, Kabupaten Pegunungan Bintang.

Sebelumnya pada April 2022, anggota marinir TNI AL menjadi korban serangan KKB di Pos Satgas Kodim Mupe Yonif 3 Mar di Kaikote, Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga.

Sementara, berikut beberapa aksi kejahatan termasuk pembataian KKB Papua yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

  • Mei 2022 : penembakan di Gereja Protestan Okbibab, Kabupaten Pegunungan Bintang
  • 22 April 2022 : serangan di Pos Satgas Kodim Mupe Yonif 3 Mar di Kaikote, Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga yang menewaskan anggota marinis TNI AL
  • 2 Maret 2022 : pembantaian KKB Papua memakan korban delapan orang pekerja perbaikan tower BTS 3 Telkomsel di Beoga Barat
  • 25 April 2021 : penembakan yang menewaskan Kabinda Papua Brigjen TNI Gusti Putu Danny Nugraha Karya
  • 17 April 2021 : pembakaran SD Inpres Dambet dan rumah Kepala Suku Bener Tinal

Demikian tadi artikel mengenai KKB Papua hingga deretan aksi kejahatan yang pernah dilakukan dalam beberapa waktu terakhir. Dapat disimpulkan bahwa KKB Papua adalah kelompok separatis yang tanpa ragu melakukan penyerangan kepada warga sipil maupun aparat negara.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!