pengertian bela negara

Bela negara adalah salah satu konsep yang belakangan sering dibicarakan, baik di media konvensional maupun media sosial. Konsep ini sebenarnya tertuang dalam UUD RI 1945 teritama di Pasal 27 ayat 3 yang menyatakan bahwa “Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.” 

Apa sih sebenarnya implementasi dan pengertian bela negara? Apa pula konsekuensinya bagi kita rakyat sipil nan jelata ini? Berikut ulasan lengkapnya khusus buat Sedulur. 

BACA JUGA: Pengertian Hak Veto serta Sejarah & Negara yang Memilikinya

Pengertian bela negara

pengertian bela negara
Pexels

Berikut pengertian bela negara menurut para ahli seperti yang sudah dirangkum sebagai berikut. Selain dari UUD 1945 seperti yang sudah dijabarkan di introduksi, bela negara ternyata juga disebutkan dalam UU Nomor 3 tahun 2002 pasal 9 (1) tentang Pertahanan Negara. Bunyinya kurang lebih sama dengan pasal 27 UUD 1945 bahwa setiap warga negara berhak dan wajib dalam penyelenggaraan pertahanan negara. Anjuran serupa juga ternyata tercantum lagi di UUD 1945, tepatnya Pasal 30 ayat 1. Bunyinya kurang lebih sama hanya berbeda di kalimat “usaha pertahanan dan keamanan negara”. 

-->

Di ayat kedua dari UU Nomor 3 tahun 2002 Pasal 9, ada penjelasan lebih spesifik tentang kegiatan konkret apa saja yang disebut dengan bela negara. Contoh bela negara yang dimaksud sebagai berikut. 

  • Pendidikan kewarganegaraan 
  • Pelatihan dasar kemiliteran secara wajib 
  • Pengabdian sebagai prajurit TNI secara sukarela atau wajib 
  • Pengabdian sesuai profesi 

Pentingnya bela negara 

pengertian bela negara
Pexels

 Membela negara memang bukan hal yang baru. Menurut buku materi bela negara yang dirilis Kesbangpol, bela negara terkait erat dengan terjaminnya eksistensi NKRI dan terwujudnya cita-cita negara. Apa kepentingan dan cita-cita tersebut? Sebagai negara berdaulat, Indonesia harus mempertahankan kedaulatannya dari ancaman pihak-pihak yang bisa saja merugikan. Negara sendiri memiliki kepentingan nasional masing-masing dan bisa saja menemui bentrokan dengan negara atau entitas politik lainnya. Melansir jurnal yang ditulis Chis Manolache dan Chis dalam jurnal Scientific Bulletin, bela negara atau national defence diperlukan untuk menjamin kestabilan sebuah negara. Baik posisinya di dalam maupun luar negeri. 

Fungsi bela negara

pengertian bela negara
Pexels

Mereka juga menambahkan bahwa bela negara harus dilakukan oleh badan yang memiliki badan hukum jelas dan fungsi utamanya adalah melindungi warga negara serta kepentingan nasional. Caranya dengan melibatkan berbagai institusi negara di berbagai bidang serta sumber daya yang dimiliki guna mempertahankan integritas teritorial dan sistem pemerintahan atau dasar negara yang dipegang. Dalam kasus Indonesia, tentu demokrasi dan Pancasila. 

Dengan begitu hal-hal yang berseberangan dengan prinsip tersebut pun dianggap sebagai ancaman dan musuh bersama. Hal ini diamini oleh Soepandji dan Farid dalam Jurnal Hukum & Pembangunan yang turut menyebutkan ancaman kejahatan transnasionalisme macam radikalisme, terorisme, kerusakan lingkungan, ketegangan global terkait wilayah perairan dan perbatasan, hingga potensi ancaman dan tantangan dari Industry 4.0. Bisa dilihat bahwa jenis ancamannya tidak hanya tentang politik dan keamanan, tetapi juga ekonomi dan lingkungan. Namun, seringkali bela negara fokus pada poin pertama saja. 

BACA JUGA: 5 Daftar Negara Terkaya di Dunia, Indonesia Nomer Berapa?

Implementasi di Indonesia 

Pexels

Soepandji dan Farid menyoroti bagaimana konsep bela negara belum benar-benar diimplementasikan di Indonesia. Berbeda misalnya dengan beberapa negara di dunia yang memberlakukan wajib militer untuk warga negaranya yang berjenis kelamin laki-laki dan sudah memasuki usia tertentu. 

Negara tersebut antara lain Singapura, Swiss, Korea Selatan, dan Rusia misalnya. Semuanya menganggap bahwa wajib militer diperlukan karena faktor geopolitik mereka. Misalnya Singapura sebagai negara kecil dengan sumber daya terbatas. Sementara, Swiss menerapkannya karena mereka tidak memiliki sistem keamanan negara terpadu seperti TNI dan selama ini mereka adalah negara yang netral. Korsel memberlakukannya karena bertetangga dengan negara yang dianggapnya sebagai ancaman berat yaitu Korea Utara. Pun Rusia yang menganggap bahwa ia bertetangga dengan negara-negara Uni Eropa yang tidak pernah benar-benar bersahabat dengannya. 

Sebenarnya semua negara memiliki risiko keamanan yang hampir sama. Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara misalnya kini berada dalam pusaran konflik dengan Tiongkok karena perebutan wilayah perairan Laut Tiongkok Selatan. 

Ada yang menganggap Indonesia perlu melakukannya, ada pula yang tidak. Bagaimanapun kebijakan wajib militer harus diakui memiliki kelemahan tersendiri. Misalnya saja di Korsel yang membuat beberapa orang menganggapnya sebagai bentuk ketidakadilan pada warga laki-laki. Pun di Rusia, wajib militer seringkali dihindari kelompok kelas atas yang bisa dengan cara tertentu menghapus kewajibannya masuk ke kamp pelatihan dengan berkuliah atau alasan lain. Sementara, para warga negara dari kalangan bawah tidak memiliki pilihan selain menaati peraturan tersebut. 

Kontribusi yang bisa dilakukan

Pexels

Nilai bela negara seringkali dikaitkan dengan kemampuan bertempur. Padahal di masa kini, pertempuran bukanlah sebuah tren. Di dunia yang relatif damai, pertempuran justru bisa terjadi dari hal-hal yang tidak kita duga seperti serangan siber, persaingan dagang, masalah pengungsi, kesenjangan ekonomi, dan lain sebagainya. Untuk itu, sebenarnya warga negara bisa berkontribusi lewat profesi masing-masing seperti yang dicantumkan dalam UU Nomor 3 tahun 2002 Pasal 9 ayat 2. 

Semoga penjelasan tentang pengertian bela negara dan berbagai contohnya di atas bisa jadi wawasan baru buat Sedulur. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!