karakter generasi z

Generasi Z atau yang disebut juga dengan gen Z memiliki beberapa karakter yang cukup jauh berbeda jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Generasi yang lahir antara tahun 1996 hingga 2012 ini cenderung lebih suka berinteraksi melalui media sosial dibandingkan dengan dunia nyata. 

Hal tersebut terjadi karena mereka sudah sering bergelut dengan teknologi sejak dini. Lantas apa saja karakter gen Z dan bagaimana cara membentuknya? Yuk simak rangkuman informasinya berikut ini!

BACA JUGA : Naksir Zodiak Scorpio? Ini 9 Sifat dan Karakter Zodiak Scorpio Pria

Pengertian gen Z

karakter generasi z
Freepik

Generasi Z atau yang disebut juga dengan genz merupakan seluruh generasi yang lahir antara tahun 1996 sampai 2012. Ini berarti, gen z merupakan generasi yang lahir setelah generasi milenial. Jadi dapat dikatakan bahwa anak yang berusia 9-26 tahun adalah generasi gen Z. Gen Z sering disebut juga dengan iGeneration. Sebutan itu terinspirasi dari nama-nama produk teknologi terkemuka di dunia, di antaranya yaitu Apple. Dapat disimpulkan bahwa iGeneration maksudnya adalah generasi Z adalah generasi internet yang memanfaatkan internet dan teknologi untuk menjalani kehidupannya. 

Karakter gen Z

Nah, setelah mengetahui pengertian gen Z, berikut beberapa karaktek yang melekat pada gen Z yang perlu Sedulur pahami. 

1. Mahir dalam teknologi

karakter gen z
iStock

Gen z memiliki karakter yang terbiasa bahkan mahir dalam bidang teknologi atau yang disebut juga dengan tech savvy. Mereka bahkan dapat mengoperasikan berbagai jenis peralatan teknologi dengan mudah. Hal ini dikarenakan mereka sudah berkutat dengan teknologi di usia dini. Tak hanya itu, generasi ini juga sangat cepat beradaptasi  dengan berbagai perkembangan teknologi sehingga kemampuannya dalam dunia IPTEK dapat diandalkan.

2. Suka berkomunikasi melalui dunia maya

Gen z disebut juga dengan iGeneration. Sebutan itu terinspirasi dari nama-nama produk teknologi terkemuka di dunia, yakni Apple. Jadi, iGeneration maksudnya adalah generasi z adalah generasi internet yang memanfaatkan internet dan teknologi untuk menjalani kehidupan.
Freepik

Karakteristik gen z yang selanjutnya adalah mereka cenderung lebih menyukai berkomunikasi dengan semua kalangan, terlebih berkomunikasi di dunia maya. Melalui media sosial, gen z lebih senang berekspresi secara spontan yang terkadang justru terlihat mereka kurang memiliki sopan santun.

3. Gemar mengumbar privasi

Gen z disebut juga dengan iGeneration. Sebutan itu terinspirasi dari nama-nama produk teknologi terkemuka di dunia, yakni Apple. Jadi, iGeneration maksudnya adalah generasi z adalah generasi internet yang memanfaatkan internet dan teknologi untuk menjalani kehidupan.
Freepik

Gen z cenderung suka mengumbar privasi di berbagai media sosial. Mereka dengan leluasa membagikan kegiatan sehari-hari, mulai dari hobi, makanan dan yang lainnya. Hal ini tentunya memiliki dampak positif sekaligus negatif. Sisi positifnya yaitu mereka akan menjadi lebih kreatif dan berani untuk menyuarakan pendapat mereka. Tetapi di sisi lain, justru akan sangat berbahaya jika dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Pengawasan orang tua mutlak diperlukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Lebih toleran

karakter gen z
Freepik

Sikap toleransi yang dimiliki gen Z dapat dikatakan lebih tingggi jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Generasi yang lahir di akhir abad 19 ini mulai lebih bisa menerima segala perbedaan yang ada dengan sikap lapang dada disertai dengan toleransi. Siswa dalam kategori generasi Z ini juga dapat menerima dan menghormati semua orang dan lingkungan yang berbeda dengannya.

5. Sangat berambisi

Freepik

Generasi Z memiliki beberapa ciri-ciri, di antaranya yaitu tidak cepat berpuas diri, memiliki karir dan perkembangan diri serta kesuksesan yang menjadi cerminan karakter dari generasi di era digital ini. Tak hanya itu, karakter yang individualistis dan egosentris sedikit banyak muncul pada anak Generasi Z karena adanya ambisi yang penuh.

BACA JUGA : Pengertian Hukum Kirchoff I dan II Beserta Bunyinya

Kelebihan dan kekurangan gen z

Freepik

Kelebihan

  1. Memiliki intelektual yang baik.
  2. Lebih terbuka terhadap segala sesuatu.
  3. Memiliki akses untuk mendapatkan informasi yang lebih. banyak.
  4. Memiliki motivasi tinggi terhadap suatu hal.
  5. Multitasking atau dapat melakukan banyak hal dalam satu waktu.

Kekurangan

  1. Individualistis dan egosentris.
  2. Kurang fokus.
  3. Menyukai hal-hal yang instan dan kurang menghargai proses.
  4. Memiliki emosi yang labil.

BACA JUGA : 18 Contoh Buku Non Fiksi Beserta Unsur & Manfaatnya

Tips membentuk gen z

Freepik

Berikut tips yang dapat Sedulur lakukan untuk membentuk gen Z.

1. Pengawasan penggunaan media sosial

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa gen Z merupakan generasi yang sangat masif dalam menggunakan media sosial. Maka dari itu, membatasi gen z menggunakan media sosial agar mereka tidak terpapar oleh dampak negative dari arus internet.

2. Menjaga komunikasi dengan orang lain

Koneksi dengan orang lain juga menjadi hal yang sangat penting untuk membentuk gen Z menjadi generasi yang unggul. Walaupun komunikasi lewat internet sudah sangat mudah, namun hubungan dan sosialisasi dengan orang lain secara langsung juga masih tetap dibutuhkan.

3. Mendukung pola pikir global dan realitas global

Salah satu karakteristik generasi Z yaitu mempunyai pemikiran global. Hal ini dikarenakan generasi ini selalu terpapar internet yang mampu menghubungkan dirinya dengan orang di seluruh penjuru dunia. Meski begitu,  namun gen Z juga harus didukung untuk memahami realitas lokal.

4. Membantu menemukan identitas diri

Gen Z memiliki pemikiran yang terbuka dan menerima perbedaan dari berbagai sisi membuat kelompok ini sulit mendefinisikan dirinya sendiri. Hal ini tentunya berbeda dengan generasi sebelumnya yang mendefinisikan dirinya berdasarkan ras, agama, hingga orientasi seksual. Sementara itu,  gen Z justru tidak memiliki indikator untuk menemukan jati diri. Mereka pada akhirnya akan mencari jati dirinya sendiri dari berbagai arah. Oleh sebab itu, untuk membentuk gen Z yang berkualitas, dibutuhkan adanya dukungan kepada gen Z untuk mendapatkan identitas dirinya.

Demikianlah pembahasan tentang karakter gen Z dan cara membentuk generasi ini. Gen Z adalah anak-anak lahir pada tahun 1996 sampai 2012. Mereka cenderung lebih suka berkomunikasi di dunia maya dan sering mengumbar kehidupannya di media sosial. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.