kanopi bahan

Kanopi bahan menjadi salah satu pertimbangan penting yang harus dipikirkan oleh setiap keluarga yang hendak memasangnya. Ada tersedia banyak bahan kanopi yang bagus yang bisa jadi rekomendasi untuk digunakan di rumah.

Pertimbangannya, selain budget yang dimiliki, juga kecocokan bahan dengan desain rumah itu sendiri. Lantas apa saja kanopi bahan yang tersedia? Yuk, mari langsung simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: 15 Desain Rumah 2 Lantai Minimalis dengan Berbagai Gaya

Jenis kanopi bahan

kanopi bahan
Property Bandung

Bagi Sedulur yang hendak membangun rumah atau merenovasi rumah, Sedulur tentu wajib menggunakan kanopi di bagian depan rumah Sedulur. Tujuannya untuk membuat penampilan rumah lebih cantik serta untuk melindungi bagian depan rumah dari hujan dan panas.

Namun apa saja sih jenis bahan kanopi yang tersedia? Berikut ini akan dijelaskan bahan-bahannya secara lengkap. Yuk, mari langsung kita cek penjelasannya di bawah ini!

1. Kanopi polycarbonate

Rezacanopy

Kanopi bahan yang pertama merupakan yang paling populer dan menjadi pilihan masyarakat, yaitu kanopi bahan polycarbonate. Bahan ini terbuat dari plastik yang bening seperti kaca.

Atap kanopi polycarbonate terbuat dari materi polymer yang spesial dan unik yang membuatnya tampak jernih sehingga baik digunakan untuk indeks pembiasan yang tinggi misalnya untuk partisi ruangan.

Atap Kanopi Polycarbonate dapat diaplikasikan pada atap tembus pandang untuk area komersial seperti pusat perbelanjaan, lapangan olahraga hingga atap kolam renang. Material Polycarbonate banyak dipilih karena awet, ringan, sangat kuat, anti pecah, pemasangannya mudah dan berbagai kelebihan lainnya.

2. Kanopi fiber

APK Pure

Kanopi bahan yang tidak kalah populer yaitu kanopi fiber. Kanopi ini biasanya digunakan untuk fentilasi cahaya ataupun untuk setiap bagunanan yang membutuhkan penyebaran cahaya dengan transmisi panas minimun.

Contoh bangunan yang membutuhkan kondisi tersebut adalah seperti pabrik-pabrik dan gudang-gudang. Salah satu brand atau merk yang terkenal dengan kualitas barang fiber adalah Alsynite. Kanopi fiber dari alsyniter memiliki ketahanan yang lama, bahkan hingga 25 tahun.

3. Kanopi alderon

Harga123

Pilihan kanopi selanjutnya yaitu kanopi alderon, kanopi ini terbuat dari bahan yang dikenal dengan istilah unplasticide polyvinyl chloride atau yang dikenal dengan singkatan uPVC. Ketahanan dari bahan ini sangat kokoh dan bahkan antipecah.

Alderon memiliki 2 tipe yaitu single layer Alderon RS dan double layer Alderon Twinwall yang memiliki rongga. Rongga ini akan menahan panas dengan baik sekaligus juga menyerap suara bising ketika hujan. Menariknya lagi, jenis kanopi ini mampu menahan beban.

Berbeda dengan atap polycarbonate yang transparan, Alderon memiliki varian doff dan semi transparan yang dapat meneruskan cahaya sebesar 20% yang spesifikasi lengkapnya dapat Sedulur lihat pada halaman Alderon Twinwall.

4. Kanopi spandek

Arsitur

Jenis selanjutnya adalah kanopi spandek, bahan kanopi spandek adalah seng atau metal yang terbuat dari alumunium. Banyak warga masyarakat yang menggunakan bahan ini, alasannya sangat sederhana dan cukup masuk akan. Karena bahan ini sangat murah dan mudah untuk dipasang.

Namun sayangnya dibandingkan dari atap kanopi lainnya, atap kanopi jenis ini memiliki kekurangan mudah berkarat, sangat tipis sehingga mudak penyok, tidak dapat meredam panas dan berisik ketika hujan.

5. Kanopi zincalume

99.co

Kanopi bahan ini sebenarnya masih masuk dalam bahan spandek, namun zincalume merupakan bahan yang terbuat dari perpaduan n material seng, silikon dan alumunium, yang membuat kanopi spandek memantulkan panas ke ruang di bawahnya.

Bahan spandek cenderung lebih tipis. Bila tidak hati-hati, kanopi spandek bisa penyok saat proses pemasangan. Bila Sedulur memilih menggunakan kanopi spandek, Sedulur bisa mengakalinya dengan menambahkan lapisan alumunium foil sehingga bagian carpot atau teras Sedulur menjadi lebih sejuk.

Kanopi zincalume ini memiliki lapisan resin yang dapat membuat permukaan halus dan bersih. Bahan ini juga memiliki ketahanan terhadap korosi atau karat. Bagi Sedulur yang tinggal di daerah pantai atau daerah lembab dengan curah hujan tinggi, menggunakan kanopi bahan ini sangat cocok.

6. Kanopi onduline

Rumah

Terdapat juga kanopi bahan yang bisa Sedulur gunakan, yaitu kanopi onduline. Kanopi onduline bisa menjadi salah satu pilihan untuk kanopi rumah minimalis Sedulur. Sifatnya yang kokoh, tahan korosi, karat dan mampu meredam suara air hujan ini tentu membuat Sedulur menjadi lebih nyaman.

Harga yang ditawarkan pun lebih murah dibandingkan kanopi alderon. Dalam industri material, onduline juga dikenal sebagai brand yang berinovasi menggunakan serat selulosa untuk atap berkualitas. Kanopi bahan ini bisa jadi rekomendasi Sedulur.

7. Kanopi kaca

22lasers

Jika membicarakan kanopi bahan terbaik, tentu bahan kaca merupakan yang terbaik. Secara estetik pun, kanopi dengan bahan kaca dapat memberikan tampilan rumah yang minimalis, elegan dan sangat indah untuk dilihat.

Ditambah jika dipadukan dengan besi hollow berwarna hita, kanopi dari kacca bisa sangat cock untuk jenis rumah modern dengan tema industrial. Namun, dengan memilih kanopi bahan kaca, maka Sedulur harus bersiap dengan perawatan yang ekstra.

Karena kaca mudah pecah dan bila kaca terlihat kotor dan banyak daun kering bersarang pada kanopi, otomatis rumah akan terlihat tidak terawat. Maka jika Sedulur memilih menggunakan jenis kanopi kaca, lakukan perawatan rutin agar kaca selalu tampak bersih.

8. Kanopi go green

Rumah

Menggunakan kanopi dari bahan go green merupakan solusi bagi atap kanopi paling ramah lingkungan. Sesuai namanya, kanopi go green terbuat dari formula baja ringan yang bisa didaur ulang, bebas toxic sehingga aman untuk kesehatan penghuni rumah, anti karat dan bebas korosi.

Keuntungan lainnya, harga kanopi ekonomis cenderung lebih murah dibanding kanopi lainnya dan bergaransi! Tak Perlu kuatir dengan konsep rumah, karena kanopi go green cocok untuk semua jenis rumah, padukan dengan rangka atap baja ringan untuk tampilan yang lebih baik.

9. Kanopi solar stuff

Homestrading

Terdapat juga kanopi bahan yaitu kanopi dari solar stuff. Kanopi ini bisa jadi alternatif bagi Sedulur yang ingin menggunakan bahan transparan selain kaca. Kanopi ini juga dikenal dengan istilah bahan kanopi solartuff.

Sekilat bahan ini terlihat seperti kaca, namun keduanya jelas berbeda. Namun bedanya, solar stuff memiliki kelebihan tidak mudah pecah, keras sekaligus fleksibel. Tak hanya itu, solar stuff mampu meredam panasnya matahari dan mampu meredam suara bising dari luar rumah.

10. Kanopi membrane

kanopi bahan
Rumah

Jenis kanopi selanjutnya yaitu membrane. Kanopi ini merupakan kanopi yang diminati oleh banyak kalangan, terutama yang membuka sebuah bisnis. Kendati harganya mahal, namun kanopi ini tetap menjadi pilihan, karena kekuatannya dan dapat bertahan lama.

Secara bentuk, kanopi membrane mampu tampil cantik mengikuti rangka besi sesuai desain pilihan Sedulur. Kanopi ini juga memiliki sifat tahan terhadap sinar matahari, tidak mudah sobek karena sangat elastis.

Untuk semua kelebihan itu, kanopi membrane dibandrol dengan harga Rp 750.000 – 1.800.000 per m2. Pastikan Sedulur memadukannya dengan besi berkualitas dan pemilihan model yang tepat agar biaya yang Sedulur keluarkan untuk kanopi cantik ini tidak sia-sia.

11. Kanopi kain

Newawning

Adanya kanopi yang menggunakan kain, ini merupakan kanopi versi murah dari kanopi membrane. Untuk biaya pemasangannya biasanya berada pada kisaran Rp 300.000 – 800.000.  Mungkin Sedulur berpikir bahwa harga murah, kualitas tidak akan bertahan lama.

Jangan khawatir, karena meskipun harga jauh murah dari kanpi membrane, namun ketahanan kanopi ini bisa bertahan lama. Ditambah lagi banyak warna dan model yang dapat mempercantik rumah dan bagian depan rumah.

12. Kanopi akrilik

kanopi bahan
Pengadaan

Selain ada penggunaan kanopi baja ringan, rekomendasi terakhir yang bisa Sedulur gunakan yaitu kanopi bahan akrilik. Ini merupakan pilihan lain bagi kanopi kaca. Kaca akrilik cetak sering dijadikan sebagai kanopi rumah, sebab dianggap lebih kuat.

Ketebalan kaca akrilik untuk kanopi umumnya 3 milimeter dan 5 milimeter. Jika lapisannya semakin tebal maka harganya pun relatif mahal. Kanopi kaca akrilik hanya memiliki dua jenis warna, bening dan putih

Tips memasang kanopi

kanopi bahan
Prosepku

Nah setelah mengetahui jenis-jenis dari bahan kanopi di atas, tentu Sedulur juga harus tahu tips saat memasang kanopi. Berikut ini beberapa tips yang bisa Sedulur perhatikan saat memang kanopi, yaitu:

  1. Atur anggaran yang Sedulur sediakan untuk membuat kanopi.
  2. Pilih material rangka dan atap kanopi sesuai kebutuhan dan budget. Bila anggaran terbatas, Sedulur bisa memilih kanopi baja ringan yang harganya lebih terjangkau namun juga tahan lama.
  3. Ukur luas lahan yang akan dipasang kanopi, dengan begitu Sedulur bisa mendapatkan gambaran berapa kira-kira biaya yang akan dikeluarkan untuk membuat kanopi.
  4. Pilih jasa pemasangan kanopi yang profesional dan terpercaya.

Tips memilih kanopi rumah

Dijabodetabek

Tips memasang dengan memilih kanopi tentu merupakan dua hal yang berbeda. Jika Sedulur ingin memiliki rumah dengan kanopi yang pas dan sesuai, berikut ini terdapat beberapa hal yang perlu Sedulur perhatikan. Apa saja hal yang perlu diperhatikan tersebut? Simak pembahasannya di bawah ini:

  • Sedulur harus mengetahui model kanopi yang tersedia dari berbagai bahan, sebagaimana yang telah dijelaskan di atas. Sesuaikan tema rumah dengan tema kanopi yang akan dipasang, ini bertujuan agar semakin selaras. Model rumah seperti vintage, arch, greenhurs dan lain sebagainya.
  • Jangan lupa untuk memperhatikan warna, karena kanopi akan menjadi wajah rumah makan warna adalah hal penting. Untuk itu, ada baiknya jika Sedulur memilih warna yang senada dengan hunian Sedulur. Umumnya, kanopi berwarna putih, hitam, dan abu-abu.
  • Jangan lupa untuk mempertimbangkan material apa saja yang ingin Sedulur gunakan pada kanopi rumah. Misalnya saja material kanopi dari kayu yang sedang populer dipadukan dengan hunian berkonsep batu bata. 
  • Untuk mengubah kesan monoton dari gaya kanopi, tidak ada salahnya menambahkan bunga dan juga lampu gantung sebagai dekorasi tambahan. Saat ini bunga dan lampu memang menjadi dekorasi paling estetik dan terjangkau untuk memberikan kesan lebih hidup.
  • Perkaya kanopi dengan memasang berbagai dekorasi adalah pilihan yang tepat agar membuat wajah rumah menjadi semakin menarik lagi. Sedulur juga bisa memadukan dengan bahan lainnya, seperti bahan kayu.
  • Kanopi merupakan bagian depan yang akan menjadi wajah rumah. Maka dari itu penting untuk melakukan perawatan secara rutin. Terutama bagian rangka atau tiang agar tetap bersih dan kokoh.
  • Pada bagian tiang atau rangka kanopi, Sedulur bisa menggantungkan tanaman atau hiasan lainnya. Tidak cukup dengan lampu atau bunga, tanaman hias akan membuat kanopi semakin indah dan membuat pemandangan depan rumah semakin asri.

Bagian penting dari kanopi

kanopi bahan
Hometronik

Sedulur juga harus mengetahui apa saja bagian penting dari kanopi. Ini bertujuan agar ketika Sedulur memasang kanopi, Sedulur bisa mengetahui setiap bagiannya dan mengetahui setiap fungsi dari bagian kanopi itu sendiri. Berikut ini beberapa bagian penting kanopi, yaitu:

1. Rangka kanopi

Sama seperti tiang penyangga rumah, jika tidak kuat maka bisa cepat roboh dan tentunya membahayakan. Rangka kanopi harus kuat dan kokoh untuk menyangga atap, tidak mudah lapuk dan berkarat, sehingga bagian rangka biasanya menggunakan bahan besi, baja atau kayu.

2. Bagian kanopi bahan

Atap kanopi adalah bagian yang menutup pada rangka. Terdapat banyak jenis atap yang biasa digunakan dalam pembuatan kanopi. Ini merupakan bagian penting atau bagian utama dari kanopi itu sendiri.

BACA JUGA: Berencana Renovasi Rumah? Intip 10 Inspirasi Desain Rumah Ini

Daftar perkiraan harga

Bengkellas

Nah berikut ini terdapat beberapa daftar perkiraan harga kanopi. Bagi Sedulur yang berniat memasang kanapi, daftar harga ini bisa jadi perkiraan namun belum termasuk biaya pemasangannya ya! Yuk, berikut daftar harga perkiraannya:

 
 
 
 
 
 
 
 
 

Nah itulah daftar rekomendasi kanopi bahan yang bisa jadi rekomendasi Sedulur. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur untuk menentukan bahan-bahan kanopi yang akan digunakan, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.