kalimat tasbih

Kalimat tasbih merupakan bacaan yang bisa dilantunkan oleh umat muslim. Tasbih adalah menyucikan diri dari segala keburukan dan dari setiap perbuatan atau sifat yang tidak sesuai dengan keagungan, kemuliaan, kasih sayang dan kekuasaan Allah SWT. Dengan membacakan kalimat ini, umat muslim akan mendapatkan pahala.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan membahas kalimat tasbih yang bisa Sedulur baca dan lantunkan di setiap selesai sholat atau ibadah lainnya. Tanpa berlama-lama, mari langsung saja kita mulai pembahasannya.

BACA JUGA: Bacaan Doa Duduk Diantara Dua Sujud, Arab, Latin & Artinya

Bacaan kalimat tasbih

kalimat tasbih
The Tasbih

Kalimat tasbih berbunyi subhanallah. Biasanya kalimat ini sepaket dan dikenal dengan tasbih, tahmid, takbir tahlil dengan kalimat subhanallah, walhamdulillah, walaillaha ilallah huallahuakbar. Tasbih juga bisa diartikan sebagai “Doa” dan “ Shalawat” kepada Allah SWT.

Ibnu Abbas dan Abdullah bin Mas’ud berpendapat, sesungguhnya Nabi Yunus banyak membaca doa dan shalawat kepada Allâh pada saat ia di perut ikan. Ia tidak tergesa-gesa dan panik ketika berada di dalam perut ikan. Karena ia mengerti bahwa Allah SWT tengah memberinya hukuman penjara dalam perut ikan atas kesalahannya karena telah meninggalkan tugas dakwah kepada kaumnya tanpa meminta izin terlebih dahulu kepada Tuhannya.

Berikut ini adalah bacaan kalimat tasbih diucapkan untuk mendapatkan ridha dan rahmat dari Allah SWT:

1. Membaca istighfar di bawah ini sebanyak tiga kali:

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِـيْمَ الَّذِيْ لَااِلَهَ اِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ ×٣

2. Memuji Allah dengan kalimat :

اَللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلَامُ تَبَارَكْتَ يَا ذَاالْـجَلَالِ وَاْلإِكْرَام

3. Lalu membaca:

اَللَّهُمَّ لَا مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ، وَلاَ مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ، وَلَا يَنْفَعُ ذَاالْجَدِّ مِنْكَ الْجَدُّ

4. Berdoa agar diberi kemampuan untuk mengingat, bersyukur, dan beribadah secara baik kepada Allah:

اَللَّـهُمَّ اَعِنِّي عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ. (HR Abu Dawud)

5. Dilanjutkan dengan membaca:

لَاإِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ

(dibaca tiga kali tiap selesai shalat fardhu, khusus setelah maghrib dan shubuh sepuluh kali)

6. Memohon perlindungan dari ganasnya neraka:

اَللَّهُمَّ أَجِرْنِـى مِنَ النَّارِ

(tujuh kali bakda maghrib dan shubuh)

7. Membaca Ayat Kursi:

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ. بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. اَللهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَّلَانَوْمٌ، لَهُ مَافِي السَّمَاوَاتِ وَمَافِي اْلأَرْضِ مَن ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَابَيْنَ أَيْدِيْهِمْ وَمَاخَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيْطُونَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَآءَ، وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضَ وَلَا يَـؤدُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ.

8. Membaca tasbih, hamdala, dan takbir masing-masing sebanyak 33 kali:

سُبْحَانَ اللهِ ×٣٣

اَلْحَمْدُلِلهِ ×٣٣

اَللهُ اَكْبَرْ ×٣٣

BACA JUGA:

Terdapat beberapa keutaman membaca kalimat zikir tasbih. Bacaan tasbih Arab yang dibacakan setiap umat muslim dapat memberikan beberapa keutamaan. Berikut ini beberapa keutamaan yang didapatkan oleh setiap umat muslim ketika melantunkan bacaan tasbih dan artinya.

1. Kalimat paling dicintai Allah SWT

Ngopi Bareng

Keutamaan membaca kalimat tasbih adalah karena kalimat ini merupakan kalimat yang paling disukai oleh Allah SWT. Banyak ulama yang sepakat dengan hal ini, karena berlandaskan pada sabda yang langsung disampaikan oleh kekasih Allah SWT, yaitu Nabi Muhammad SWT.

Imam Muslim dalam kitab shahihnya meriwayatkan dari hadits Samurah bin Jundab ra, dia berkata:

“Rasulullah SAW bersabda: Kalimat yang paling dicintai Allah ada 4. Anda tidak ada salah memulai dari kalimat mana saja: Subhanallah, Alhamdulillah, Laa ilaaha illallah, dan Allahu Akbar.

2. Kalimat pelebur dosa

kalimat tasbih
GenPI

Kalimat tasbih juga merupakan kalimat yang dapat dilantunkan untuk meleburkan dosa. Dalam kitab Al Musnad, Sunan At Tirmidzi, dan Musadrak Al Hakim, terdapat riwayat dari hadits Abdullah bin ‘Amr ra, dia berkata:

“Rasulullah SAB bersabda: “Di muka bumi ini, setiap kali seseorang membaca kalimat laa ilaaha illallaah, Allaahu Akbar, Subhaanallah, Alhamdulillaah, dan Laa haula walaa quwwata illaa billaah, maka dosa-dosanya dilebur meskipun lebih banyak dari buih di laut.”

Dosa yang dilebur yakni dosa kecil. Sedangkan dosa besar tidak bisa dilebur dengan tobat. Perlu melakukan beberapa hal agar setiap umat muslim dapat melebur dosa besarnya. Pada dasarnya, setiap umat manusia pasti melakukan dosa. Karena itu adalah fitrah dari manusia itu sendiri.

Sebagai manusia, kita bisa berusaha untuk menghindari hal-hal yang dilarang agar tidak mendapatkan dosa. Allah SWT merupakan Sang Maha Pengampun Dosa, setiap dosa umatNya akan diberi ampunan, salah satunya bisa didapatkan dengan kalimat tasbih.

3. Tanaman surga

kalimat tasbih
Head Topics

Keutamaan membaca kalimat tasbih selanjutnya yaitu sebagai tanaman surga. At Tirmidzi meriwayatkan dari Abdullah bin Mas’ud ra, dari Nabi SAW, Beliau bersabda:

“Aku bertemu dengan Ibrahim pada malam ketika aku diisra’kan. Lalu Ibrahim berkata, ‘Wahai Muhamamd, samapaikan salamku kepada umatmu dan beritahulah mereka bahwa surga itu baik tanahnya, tawar airnya, dan surga itu qi’an, yang tanamannya adalah subhaanallah, alhamdulillah, laa ilaaha illallah, dan Allahu Akbar.”

BACA JUGA: Doa Sebelum Tidur & Bangun Tidur Beserta Artinya

Manfaat membaca kalimat tasbih

Deposit Photos

Salah satu dzikir dan doa yang dianjurkan untuk dibaca setiap hari yaitu dengan membaca subhanallah, alhamdulillah, dan allahu akbar sebanyak 33 kali. Kemudian ditutup dengan melafalkan lâ ilâha illallâh lâ syarîka lahu lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai‘in qadîr satu kali. Pendapat ini berdasarkan pendapat hadis riwayat Abu Hurairah, yaitu:

“Rasulullah SAW bersabda, ‘Siapa yang bertasbih, bertahmid, dan bertakbir setelah shalat sebanyak 33 kali dan menutupnya dengan membaca laa ilaaha illallaah la syarîka lahu lahul mulku wa lahulhamdu wa huwa ‘alaa kulli syai’in qadiir, maka dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan,’” (HR. Malik).

Manfaat membaca kalimat tasbih juga sangat tinggi bagi setiap umat muslim. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh setiap umat muslim dengan membacakannya secara rutin dan tulus, yaitu:

  • Kalimat tasbih, tahmid, dan takbir sangat ringan bagi kita untuk diucapkan namun pahalanya sangat besar.
  • Ketiga kalimat ini memiliki banyak balasan akhirat yang kita cari yakni ampunan dan balasan pahala yang berlipat-lipat.
  • Seperti kalimat zikir lainnya, bacaan tasbih, takbir, dan tahmid juga sangat disukai Allah. Jika sering membacanya, kita juga akan disukai Allah.

Nah itulah bacaan kalimat tasbih yang bisa Sedulur bacakan dan lantukan dalam setiap selesai sholat dan ibadah lainnya. Semoga artike di atas bisa memberikan motivasi dan dorongan bagi Sedulur agar lebih giat lagi untuk melakukan ibadah setiap harinya.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.