Duduk diantara dua sujud merupakan salah satu gerakan yang termasuk dalam rukun salat. Posisi duduk tersebut dilakukan setelah bangun dari sujud pertama kemudian hendak sujud lagi untuk yang kedua kalinya. Posisi duduk ini juga disebut sebagai duduk iftirasy.

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Dawud, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyinggung tentang duduk iftirasy beserta kaitannya dengan kesempurnaan shalat. Beliau bersabda:

Tidak sempurna salat seseorang hingga dia sujud sampai ruas tulang belakangnya mapan, kemudian mengucapkan “Allahu Akbar”, kemudian mengangkat kepalanya (bangkit dari sujud) hingga duduk dengan tegak.” (HR. Abu Dawud)

Karena gerakannya yang sangat vital hingga dapat memengaruhi sah atau tidaknya salat seseorang, posisi antara dua sujud tersebut juga memiliki bacaan doa yang sepatutnya diamalkan dengan serius oleh para umat muslim. Berikut merupakan pembahasan dari doa duduk diantara dua sujud.

BACA JUGA: Doa Hujan Lebat dan Setelah Hujan Lengkap dengan Artinya

Duduk diantara dua sujud

duduk diantara dua sujud
Depositphotos

Duduk diantara dua sujud disebut juga sebagai duduk iftirasy. Duduk tersebut merupakan salah satu dari 11 rukun salat yang telah disepakati oleh ulama-ulama mazhab dalam Islam, di antaranya adalah Imam Abu Hanifah, Imam Malik, Imam Syafi’i, dan Imam Ahmad bin Hanbal. Adapun 11 rukun shalat tersebut yaitu sebagai berikut.

  • Berdiri bagi yang mampu
  • Takbiratul ihram
  • Membaca surat Al Fatihah pada setiap rakaat salat
  • Ruku’
  • I’tidal setelah ruku’
  • Sujud
  • Duduk diantara dua sujud
  • Tasyahud akhir
  • Shalawat kepada Nabi setelah mengucap tasyahud akhir
  • Membaca salam
  • Urut dan tertib dalam melakukan setiap rukun

Nah, seperti yang tertera di atas, duduk diantara dua sujud merupakan rukun salat yang ketujuh. Apabila gerakan tersebut terlewat atau tidak dilakukan, maka hukum salat menjadi tidak sah secara syar’i, pun salat tersebut tidak dapat diganti dengan sujud sahwi.

Gerakan duduk iftirasy

duduk diantara dua sujud
Depositphotos

Sebagai salah satu gerakan dalam salat, Sedulur perlu melakukannya dengan penuh kesungguhan dan sesuai dengan tuntunan serta ajaran dari Rasulullah. Terlebih lagi seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, duduk iftirasy merupakan salah satu dari 11 rukun salat.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah menyinggung bahwa gerakan shalat yang tidak benar maka akan mempengaruhi kesempurnaan shalat tersebut.

Tidak sempurna salat seseorang hingga dia sujud sampai ruas tulang belakangnya mapan, kemudian mengucapkan “Allahu Akbar”, kemudian mengangkat kepalanya (bangkit dari sujud) hingga duduk dengan tegak.” (HR. Abu Dawud)

Kemudian beliau pun juga menjelaskan dalam sebuah hadits bagaimana gerakan duduk iftirasy seharusnya dilakukan. Seperti yang tertera dalam hadits di bawah ini.

Apabila kamu sujud, sujudlah dengan meletakkan seluruh anggota sujud. Dan jika kamu bangkit dari duduk, maka duduklah dengan bertumpu pada kaki kirimu.” (HR. Abu Dawud)

Dari hadits tersebut, dapat kita simpulkan bahwa cara duduk diantara dua sujud adalah dengan membentangkan punggung kaki kiri di lantai dan mendudukinya, kemudian kaki kanan ditegakkan serta jari-jarinya menghadap ke arah kiblat.

BACA JUGA: 10 Kumpulan Doa untuk Anak Sholeh yang Penuh Makna

Doa duduk diantara dua sujud

Depositphotos

Gerakan duduk iftirasy sangatlah vital dalam salat seseorang. Ia juga termasuk ke dalam 11 rukun salat yang telah disepakati oleh ulama-ulama mazhab besar. Tentunya posisi duduk antara dua sujud tersebut juga memiliki bacaan doa yang sepatutnya diamalkan dengan serius oleh umat Muslim yang taat. Terdapat beberapa versi dari bacaan doa pada saat duduk iftirasy, berikut adalah ulasan singkatnya.

  • Bacaan duduk di antara dua sujud Arab

رب اغْفِرلي وَارْحَمْنِى واجبرني وَارْفَعْنِي وَارْزُقْنِى وَاهْدِنِى وَعَافِنِى وَاعْفُ عَنِّى

  • Bacaan duduk diantara dua sujud latin

Robbighfirlii warhamnii wajburnii warfa’nii warzuqnii wahdinii wa’aafinii wa’fu ‘annii.

  • Arti bacaan duduk antara dua sujud

“Ya Allah ampunilah aku, rahmatilah aku, perbaikilah keadaanku, tinggikanlah derajatku, berilah rezeki dan petunjuk untukku.”

BACA JUGA: Niat Sholat Hajat Beserta Tata Cara dan Doa yang Dibaca

Bacaan doa saat duduk antara dua sujud versi lain

Depositphotos

Mengutip dari tulisan Muhammad Abduh Tuasikal, M.Sc, terdapat beberapa versi dari bacaan doa saat duduk antara dua sujud. Kesemua versi tersebut benar dan sesuai dengan hadits.

1. Versi panjang

Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, sesungguhnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasanya duduk di antara dua sujud, beliau membaca “Allahummaghfirlii, warhamni, wahdinii, wa ‘aafinii, warzuqnii.” (Artinya: Ya Allah, ampunilah aku, kasihanilah diriku, berilah petunjuk kepadaku, limpahkanlah kesehatan kepadaku, dan berilah rezeki kepadaku). (HR. Abu Daud, No. 850; Tirmidzi, No. 284; Ibnu Majah, No. 898; Al-Hakim, 1:262, 271)

Jika kita mengamati hadis di atas, doa yang diucapkan oleh Rasulullah pada saat duduk iftirasy berisi tentang permohonan kepada Allah agar mendapatkan kebaikan dunia dan akhirat, dijauhkan dari segala kejelakan dunia dan akhirat, serta meminta rahmat atau kebaikan.

Doa pada saat duduk iftirasy tersebut dapat dibaca sekali atau berulang kali. Dapat pula ditambahkan dengan doa atau permintaan lain, seperti permintaan untuk dimasukkan ke dalam surga, diselamatkan dari bahayanya neraka, disucikan hati dan amalannya, serta permintaan-permintaan lain.

2. Versi pendek

Terdapat pula bacaan doa saat duduk antara dua sujud versi pendek seperti yang tertera dalam potongan hadis berikut.

رَبِّ اغْفِرْ لِي رَبِّ اغْفِرْ لِي

Robbighfirlii, robbighfirlii.” (HR. Abu Daud, No. 874; An-Nasai, 2:199-200; Ibnu Majah, No. 897; Ahmad, 38:392-393)

Artinya adalah “Wahai Rabbku, ampunilah aku. Wahai Rabbku, ampunilah aku.”

3. Versi lain

Muhammad Abduh Tuasikal, M.Sc menjabarkan beberapa doa alternatif lain yang boleh dibaca pada saat duduk iftirasy. Di bawah ini adalah beberapa di antaranya.

  • Robbighfir lii warhamnii wajburnii warfa’nii warzuqnii wahdinii.” (HR. Ahmad, 1:371)
  • Allahummaghfir lii warhamnii wajburnii wahdinii warzuqnii.” (HR. Tirmidzi, No. 284)
  • Robbighfir lii warhamnii wajburnii warzuqnii warfa’nii.” (HR. Ibnu Majah, No. 898)
  • Allahummaghfir lii warhamnii wa’aafinii wahdinii warzuqnii.” (HR. Abu Daud, No. 850)
  • Allahummaghfir lii warhamnii wahdinii wa’aafinii warzuqnii.” (HR. Al-hakim, 1:383)

Itulah pembahasan mengenai bacaan doa duduk diantara dua sujud dalam tulisan Arab dan latin. Duduk antara dua sujud, atau duduk iftirasy adalah posisi duduk yang dilakukan setelah bangun dari sujud pertama kemudian hendak sujud lagi untuk kedua kalinya.

Ia termasuk ke dalam 11 rukun salat, yang apabila tidak dilakukan dengan benar maka akan memengaruhi sah atau tidaknya ibadah tersebut. Terdapat beberapa macam doa yang bisa dibaca pada saat melakukan gerakan tersebut seperti yang telah dijelaskan di atas. Semoga artikel ini dapat membantu Sedulur menambah wawasan agar ibadah salat kita menjadi lebih sempurna.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.