isekai adalah

Isekai adalah salah satu genre dalam anime dan memiliki banyak fans. Hal ini lantaran isekai memiliki alur cerita dan penokohan yang unik sehingga menarik perhatian para wibu dan pecinta anime lainnya. Salah satu contoh dari keunikan isekai adalah pada karakter tokohnya yang dibekali dengan kemampuan tidak biasa.

Lantas apa itu pengertian isekai secara lengkap? Nah hal tersebut bisa Sedulur pelajari dengan menyimak artikel kali ini. Yuk, mari langsung disimak bersama!

BACA JUGA: 19 Rekomendasi Anime Movie Terbaik & Seru, Wajib Ditonton!

Pengertian isekai adalah

Reddit

Isekai merupakan kata dalam bahasa Jepang yang berarti dunia lain. Dalam bahasa Jepang, sekai berarti dunia, maka dari itu isekai berarti dunia lain. Istilah isekai adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sebuah cerita dengan tokoh utama yang pindak ke dunia lain yang berbeda.

Penggunaan kata isekai sudah ada sejak dahulu. Seperti misalnya anime yang diproduksi pada 1983 berjudul Aura Battler Dunbine (Seisenshi Dunbain) yang memakai genre isekai sebagai tema utama ceritanya.

Sebelum istilah isekai populer seperti sekarang, cerita yang menyajikan peristiwa perpindahan karakter ke dunia lain ini dikategorikan sebagai genre cerita fantasi. Bahkan kisah dengan tema serupa sudah ada dalam cerita rakyat Jepang yaitu Urashima Taro yang menceritakan dunia lain di bawah laut.

Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa isekai adalah subgenre dari genre fantasi dengan karakter atau tokoh utama yang berpindah dari dunia nyata ke dunia lain yang berbeda dimensi.

Ciri-ciri genre isekai

isekai adalah
IMDb

Jika isekai adalah genre yang populer di Jepang, maka di Eropa juga sama namun menggunakan penamaan genre yang berbeda. Seperti cerita Harry Potter, Alice in Wonderland, Peter Pan dan banyak lainnya.

Dari film di atas, karakter utamanya berpindah dunia ke dunia fantasi alternatif dengan tokoh utama yang dibekali kemampuan sihir. Selain itu, alur cerita fokus pada petualangan dengan menggunakan kemampuan sihir dan lain sebagainya.

Agar Sedulur lebih memahami lagi terkait genre satu ini, berikut ini terpadat beberapa ciri-ciri dari genre isekai itu sendiri, yaitu:

1. Menunjukan dunia baru

Road to VR

Ciri khas anime isekai adalah menunjukan sebuah dunia baru yang berbeda dengan dunia nyata. Hampir semua anime isekai memiliki pola serta kesamaan, terutama pada proses “perpindahan” protagonis dari dunianya menuju ke dunia baru.

2. Memiliki elemen fantasi

isekai adalah
Gwi Gwi

Satu kesamaan yang dimiliki hampir semua cerita isekai adalah tema fantasi dan sihir. Pada umumnya dunia di mana para protagonis akan menemukan dirinya berada di lingkungan yang benar-benar berbeda dari dunianya sebelumnya.

3. Orang biasa melakukan hal luar biasa

Kincir

Ini merupakan salah satu ciri dari anime isekai. Seseorang yang biasa-biasanya saja, lalu terdampar di dunia lain dan tiba-tiba memiliki kekuatan. Lalu kekuatan tersebut digunakan untuk bertahan hidup dan melakukan hal-hal baik yang luar biasa.

4. Petualangan di dunia baru

isekai adalah
Pos Baru

Banyak dari cerita isekai adalah tentang seseorang yang bertualangan di dunia baru. Selain untuk bertahan hidup dan mencari jalan keluar, petualangan juga untuk mengasah dan mencari kekuatan baru. Penggemar bisa menyaksikan karakter tersebut melakukan perjalanan melalui tanah berbahaya dan bertemu banyak musuh yang berbeda.

5. Adanya perubahan sifat dari protagonis

Yoursay

Isekai Protagonis dalam cerita isekai biasanya digambarkan sebagai karakter yang sering menutup diri dari dunia luar. Mereka pemalu, takut, dan umumnya tidak dapat menemukan keberanian untuk membuka diri kepada orang lain.

Contoh genre isekai

isekai adalah
Digitek

Setelah mengetahui pengertian dari isekai beserta dengan ciri-cirinya. Lantas apa saja anime dan manga yang memiliki genre ini? Berikut ini daftar beberapa anime dan manga isekai adalah:

  • InuYasha;
  • Sword Art Online;
  • Log Horizon;
  • No Game No Life;
  • Tate no Yuusha no Nariagari;
  • Overlord;
  • Kono Subarashii Sekai ni Shukufuku wo!;
  • Re: Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu;
  • Tensei Shitara Slime Datta Ken;
  • Itai no wa Iya nano de Bougyoryoku ni Kyokufuri Shitai to Omoimasu (Bofuri).

Sementara itu, daftar manga dengan genre isekai adalah:

  • Death March kara Hajimaru Isekai Kyousoukyoku;
  • Tensei Shitara Slime Datta Ken;
  • Mushoku Tensei: Isekai Ittara Honki Dasu;
  • The New Gate;
  • Tate no Yuusha no Nariagari.

Kenapa isekai banyak disukai?

Tribunnews

Tentu yang menjadi pertanyaan adalah kenapa banyak yang menyukai anime dengan genre ini? Alasan yang paling pertama adalah karena ceritanya yang unik, mudah dicerna dan menarik untuk diikuti, karena memulai hidup baru di dunia asing dibekali dengan kemampuan yang unik.

Kekuatan unik yang dimaksud di sini bisa berarti kemampuan berpikir yang jauh di atas rata-rata manusia normal, hingga kekuatan spiritual seperti mengulangi kehidupan yang membuat sang karakter tidak bisa mengalami yang namanya kematian karena jika ia mati, kehidupannya di dunia isekai akan terus terulang kembali sampai ia berhasil menghindari kematiannya.

BACA JUGA: Doujin adalah? Istilah yang Wajib Kamu Tahu Dalam Anime

Apakah isekai benar-benar ada?

Entevery

Apakah isekai ada? Sedulur tentu bisa menilai keberadaannya secara logika. Hingga saat ini, secara ilmiah tidak ada yang bisa membuktikan bahwa kehidupan di dimensi atau dunia lain itu ada. Namun, dalam dunia literasi dan hiburan, banyak anime, manga, novel hingga film yang mengusung genre ini.

Ditambah lagi, banyak bumbu imajinasi yang terdapat dalam setiap media populer dengan genre isekai. Sulit sekali untuk membukitkan bahwa isekai benar-benar ada di dunia ini.

Nah, itulah tadi penjelasan lengkap terkai isekai adalah salah satu genre dari anime atau manga. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur memahami salah satu genre yang bisa ditonton atau di baca dalam anime atau manga.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.