Ikan louhan

Ikan Louhan merupakan salah satu ikan hias primadona masyarakat Indonesia. Ikan ini memiliki ciri khas benjolan besar pada bagian kepalanya. Tak hanya unik, ikan ini juga dipercaya dapat membawa keberuntungan bagi para pemiliknya.

Louhan merupakan jenis ikan yang agresif dan teritorial. Oleh karena itu, ikan ini sering dijumpai berkelahi dengan ikan lainnya jika diletakkan dalam aquarium yang sama. Meskipun terlihat sedikit aneh, namun harga jual ikan ini dapat mencapai jutaan rupiah, lho. Nah, apakah Sedulur tertarik memeliharanya? Simak beberapa jenis ikan Louhan beserta ciri-ciri dan harganya berikut ini dulu, yuk!

BACA JUGA: 15 Jenis-Jenis Ikan Laut Konsumsi yang Bagus untuk Kesehatan

Sekilas tentang Louhan

louhan
Liputan 6

Ikan Louhan merupakan ikan hias air tawar yang digemari oleh para kolektor ikan hias dunia. Ikan Louhan berasal dari Malaysia dan merupakan hasil perkawinan dari beberapa jenis ikan keluarga Cichlidae pada sekitar tahun 1993.

Ikan Louhan nama latinnya adalah Amphilophus trimaculatus. Ikan ini terbagi menjadi beberapa jenis dengan perbedaan pada corak warna, jumlah mutiara, dan benjolan atau jenongnya. Selain itu, ikan ini juga sering disebut dengan flowerhorn karena warna sisik di tubuhnya yang menyerupai bunga. 

Isi benjolan di kepala 

louhan
liputan 6

Banyak yang bertanya mengenai isi benjolan di kepala Louhan. Ternyata, benjolan di kepala ikan ini merupakan gumpalan lemak yang disimpan sebagai cadangan lemak. Cadangan lemak ini digunakan oleh mereka untuk bisa bertahan hidup lebih lama.

Jenis Ikan Louhan beserta ciri dan harganya

1. Ikan Louhan Thai Silk

louhan
rupa rupa

Jenis yang pertama adalah Louhan Thai Silk atau yang juga dikenal sebagai titanium sutra Thailand. Ikan ini memiliki warna biru metalik, putih atau emas. Asal usulnya sebenarnya tidak jelas, namun banyak yang meyakini bahwa ikan ini merupakan hasil persilangan antara jenis Louhan Texas Cichlid dengan Louhan Vieja. 

Sedulur dapat membeli Louhan jenis ini dengan harga mulai dari Rp 250.000 sampai Rp 700.000 per ekornya.

2. Ikan Louhan Golden Base

lohan
ikan hias.id

Jenis Louhan selanjutnya adalah Golden Base. Jenis ini memiliki ciri khas warna merah yang sedikit keemasan dan cenderung tidak memiliki corak bintik hitam pada bagian tubuhnya. Perpaduan antara  warna kuning dan merah pada Louhan Golden Base ini membuatnya banyak dicari oleh kolektor ikan hias.

Jika dibandingkan dengan jenis yang lain, Golden Base memiliki warna yang jauh lebih merata. Oleh karena itu, Harga Ikan Louhan jenis ini dapat mencapai 2 juta per ekornya. 

3. Ikan Louhan Zhen Zhu

lohan
zona ikan

Jenis Louhan berikutnya adalah Louhan Zhen Zhu. Jenis ini dikenal dengan sisik mutiara yang khas dan bentuk mulut yang lebih besar jika dibandingkan dengan ukuran ekornya yang membulat. Tak hanya itu, jenis ini juga memiliki mata berwarna merah yang menarik.

Karena keunikan tersebut, banyak pecinta ikan hias yang akhirnya mencoba untuk membudidayakannya. Namun, risiko yang biasanya terjadi adalah pertumbuhan ekor yang lemah. Jika Sedulur tertarik, jenis Louhan ini dijual dengan harga mulai dari Rp 200.000 sampai Rp 750.000 per ekornya.

BACA JUGA: 20 Jenis Ikan Hias Air Tawar Akuarium yang Mudah Dipelihara

4. King Kamfa

lohan
infoikan

Selanjutnya adalah jenis Louhan King Kamfa. Jenis ini merupakan anakan dari breeder Louhan Kamfa dari Thailand. Louhan ini terkenal dapat tumbuh dengan sehat, namun dengan catatan jika Sedulur memberikan jenis makanan atau pelet yang tepat. 

Ciri khas Louhan King Kamfa adalah ukuran tonjolan dahi yang besar, sehingga ikan ini dinilai lebih unggul dari Louhan jenis kamfa yang biasanya. Karena keunikan dan ukuran jenongnya tersebut, Louhan King Kamfa memiliki harga yang sangat fantastis, yakni mulai dari Rp 1.200.000 per ekornya.

5. Super Red Synspilum

lohan
suka ikan

Jenis Louhan selanjutnya adalah Super Red Synspilum. Jenis ini termasuk sangat jarang atau langka, terutama di Indonesia. Karena kelangkaannya tersebut, harga jualnya menjadi sangat tinggi di pasaran. 

Ciri khas Louhan jenis ini adalah kombinasi warna sekujur sisik yang sempurna antara warna merah bata dan orange. Jenis louhan ini juga tidak terlalu memiliki corak bintik atau mutiara. Selain itu, Louhan Super Red Synspilum dapat tumbuh sangat besar, jadi usahakan untuk membuat aquarium dengan ukuran yang lebih luas jika tertarik memeliharanya.

Untuk harganya, satu ekor anakan Louhan Super Red Synspilum dihargai mulai dari Rp 400.000, sedangkan satu ekor ukuran dewasa bisa mencapai Rp 2,5 juta. Karena harga uang sangat fantastis, Louhan Super Red Synspilum ini dikenal sebagai ikan Louhan termahal.

6. Ikan Louhan Kamfa

lohan
infoikan

 

Jenis Louhan Kamfa merupakan ikan yang berasal dari negara-negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Ikan jenis ini dianggap sebagai jenis ikan lokal karena sudah sejak lama dibudidayakan di Indonesia.

Louhan Kamfa juga biasa disebut dengan golden flower karena memiliki corak yang mengkilap dan bentuk sirip serta ekor yang mengembang. Corak warna sisiknya juga menampilkan bintik yang menawan layaknya gambaran bunga. 

Jika dilihat sekilas, Louhan jenis ini tidak jauh berbeda dengan jenis Louhan Zhen Zhu. Hanya saja, jenis Louhan ini memiliki pipi yang lebih tembem. Harga Louhan Kamfa berkisaran antara Rp 850.000 per ekor untuk ukuran anakan, dan bisa sampai Rp 3.500.000 per ekor untuk ukuran dewasa.

BACA JUGA: 10 Jenis Ikan Channa, Ikan Gabus Corak Cantik Berharga Jutaan

7. Super Red Dragon

Ikan louhan super red
PintarPet

Selanjutnya adalah jenis Louhan Super Red Dragon (SRD). Jenis ini sekarang sedang banyak diincar para pecinta ikan hias karena memiliki bentuk jenong yang lebih unik daripada jenis lainnya. Diketahui, jenis SRD ini memiliki tonjolan yang paling besar dibandingkan dengan jenis lainnya di pasaran. 

Ciri-ciri Louhan jenis ini adalah memiliki dua warna yang berbeda pada tubuhnya. Pada bagian jenong dan kepala, biasanya akan berwarna merah tua, sedangkan pada bagian tengah tubuh sampai ekor, biasanya akan berwarna merah muda dan cenderung perak mengkilap. Harga Louhan SRD adalah sekitar Rp 400.000 untuk ukuran anakan dan Rp 3.000.000 per ekor untuk ukuran dewasa.

8. Ikan Louhan Kemalau

Ikan louhan kemalau
rupa rupa

Hampir mirip dengan jenis Louhan SRD, jenis Louhan Kemalau juga cenderung memiliki dua corak warna sisik yang berbeda. Jenis Louhan ini umumnya memiliki warna merah pada bagian kepala dan benjolan dahinya, seementara pada bagian tengah tubuh sampai ekor memiliki warna merah kekuningan mengkilap. 

Jenis Louhan Kemalau juga memiliki corak bintik kekuningan pada bagian kepala sampai ujung ekornya. Sedulur dapat memilikinya dengan harga sekitar Rp 600.000 untuk ukuran dewasa, dan harga sekitar Rp 150.000 untuk ukuran anakan per ekornya .

9. Louhan Bonsai

lohan
hobinatang

Memiliki nama yang unik, Louhan jenis ini ternyata memang memiliki tubuh layaknya bonsai. Hal ini dapat dilihat pada bentuk tubuh yang tidak bertambah besar meskipun usianya semakin dewasa. Keunikan ini terjadi karena adanya kelainan genetik pada Louhan Bonsai ini.

Ciri khas Ikan Louhan bonsai adalah memiliki bentuk jenong yang sangat menonjol dengan berbagai warna, seperti merah, kuning, silver, hijau, dan putih. Ikan ini juga memiliki sifat yang lebih agresif daripada lainnya. Meski ukurannya kecil, jenis Louhan ini bisa dibanderol mulai dari Rp 250.000 per ekor untuk anakan, dan Rp 800.000 per ekor untuk dewasa.

BACA JUGA: 6 Jenis Ikan Cupang Blue Rim Populer, Ciri & Cara Merawatnya

10. Cencu Lokal

lohan
99.co

Berikutnya adalah Louhan Cencu Lokal yang memiliki pola bintik pada bagian sisik dan cenderung memiliki corak warna merah muda mencolok. Louhan jenis ini sering dijuluki sebagai ikan mutiara karena adanya perpaduan dua warna pada sisiknya, yakni merah dan emas yang berkilau.

Pada bagian kepala sampai bagian tengah tubuh, Louhan jenis ini memiliki warna merah, sedangkan bagian tengah tubuh sampai bagian ekor, memiliki warna kuning keemasan. Harga Louhan jenis ini mulai dari Rp 200.000 per ekor untuk ukuran anak, dan Rp 750.000 per ekor untuk ukuran dewasa.

11. Louhan Red Texas

lohan
informasi jenis ikan hias air tawar

Louhan Red Texas merupakan hasil kawin silang dua spesies ikan hias air tawar dari keluarga ikan cichlid yang berasal dari benua Amerika (American Cichlid). Jenis ini memiliki ciri khas warna merah merona dengan mutiara yang memenuhi sekujur tubuhnya.

Louhan Red Texas memiliki tubuh yang lebar dan tebal dengan sirip lurus. Jenis ikan ini dibedakan menjadi beberapa tingkatan kelas, dimana ikan dengan kualitas terbaik biasanya akan dinamai Super Red Texas (SRT).

Jika tertarik, Sedulur dapat memiliki Louhan Red Texas ini dengan harga mulai dari Rp 63.000 per ekornya untuk ukuran anakan.

12. Super Red Magma

lohan
rupa rupa

Jenis Louhan terakhir adalah Louhan Super Red Magma atau SRM. Jenis ini merupakan hasil perkawinan silang antara Louhan Cencu dengan Louhan SRD. Karena merupakan anak keturunan, maka Louhan SRM secara umum memiliki persamaan morfologi tubuh dengan Louhan SRD.

Louhan jenis ini memiliki paduan tiga warna, yakni merah pada kepala, hitam pada tengah tubuh sampai ekor, dan putih pada bagian ekor. Sementara itu, Louhan ini juga memiliki corak warna hitam yang membentuk pola serupa sirip atas dan bawah. Sedulur dapat memiliki Louhan jenis ini dengan harga mulai dari Rp 175.000 per ekornya.

Beberapa perbedaan antara Louhan SRM dan SRD adalah sebagai berikut:

  • Dilihat dari warna tubuh, jenis SRD memiliki warna merah yang lebih pekat dan menyala sampai ke separuh badan lebih. Sementara pada jenis SRM, warna merah terlihat agak memudar dan seperti lebih muda atau mirip Louhan jenis kamfa F3 dan F2.
  • Dilihat dari jumlah mutiara, Louhan SRM memiliki jumlah mutiara yang lebih banyak daripada Louhan SRD. Pada Louhan SRD, mutiara terlihat seperti titik titik saja, namun pada Louhan SRM, mutiara nampak di sekujur tubuh terutama pada bagian jenong yang membentuk pola seperti lelehan magma. 

Nah, itulah informasi mengenai jenis-jenis ikan Louhan beserta ciri-ciri dan harganya. Semoga Informasi ini dapat membantu Sedulur dalam menentukan akan memelihara Louhan jenis apa sebagai pengisi aquarium di rumah.  

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.