Belum familiar dengan apa itu ikan channa? Hewan yang hidup di air tawar ini mulai populer belakangan ini karena dianggap sebagai ikan predator yang bisa dipelihara di dalam aquarium. Ikan ini menonjolkan bentuk warna dari sisiknya yang memiliki aneka ragam.

Ikan ini masih masuk dalam keluarga jenis ikan channa limbata atau atau ikan kotes. Channa hidup di sungai serta masih satu keluarga dengan toman yang memiliki bentuk kepala ular. Tahukah kamu jika spesies ini memiliki banyak macam?

Dari segi modal, ikan channa yang masih berukuran kecil dibanderol oleh penjual harga ikan channa di kisaran dihargai Rp25 ribu hingga Rp50 ribu.

Apabila ingin berbisnis ikan predator ini, akan sangat menggiurkan karena omzet yang didapat dari menjual channa bisa mencapai jutaan rupiah. Maka dari itu, sebelum memelihara dan berternak ikan predator ini, wajib hukumnya untuk mengetahui jenis yang ada.

-->

BACA JUGA: Kucing Tidak Mau Makan, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

1. Ikan channa maruliades

ikan channa maru
nakamaaquatic

Ikan channa maru memiliki ciri-ciri dengan motif bulat pada bagian tubuhnya. Corak tersebut memiliki warna oranye yang sangat cantik. Terkait harga, ikan jenis ini berkisar puluhan ribu hingga ratusan ribu. Perlu diketahui jika ukuran channa maru mampu mencapai 65 cm. Apabila ingin memeliharanya, bakal membutuhkan aquarium yang cukup besar ukurannya.

2. Channa Barca

ikan channa barca
nakamaaquatics

Ikan channa barca merupakan jenis  yang memiliki harga jual yang lumayan fantatis. Satu ekornya saja bisa mencapai Rp10 juta. Bukan tanpa alasan, spesies ini memilki warna yang sisik biru bercampur hitam dan putih. Maka tidak jarang ikan jenis ini hanya dipelihara oleh  segelintir orang.

Channa barca memiliki sirip punggung lebar yang membuatnya semakin menarik. Sangat layak apabila jenis ini bisa dibanderol dengan harga yang fantastis. Alasan ini bisa membuatnya dikatakan sebagai ikan channa termahal.

BACA JUGA: Penyebab Jamur Kucing Bisa Menular ke Kulit Manusia, Hati-hati!

3. Channa Stewartii

Stewartii
teknikikantani

Channa Stewartii merupakan jenis yang memiliki tubuh berwarna cokelat seperti ikan gabus. Yang membuat ikan ini cukup banyak dikagumi dan banyak dipelihara adalah siripnya yang berwarna biru. Sirip seperti ini akan terlihat  menarik ketika terkena pantulan lampu aquarium.

4. Channa Argus

Argus
pintarpet

Selanjutnya ada jenis channa argus yang memiliki ciri-ciri bercorak seperti sisik ular pyton atau phyton reticulatus . Warna tubuh yang ditonjolkan adalah corak keemasan hingga coklat pucat. Ikan yang disebut juga sebagai Northern Snakehead ini dijual  dengan harga mencapai Rp1-2 jutaan. Jadi sangat  layak untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan.

BACA JUGA: 13 Pilihan Makanan Ikan Cupang Agar Cepat Besar & Sehat

5. Channa Aurantimaculata

ikan channa Aurantimaculata
nakamaaquatic

Ikan channa jenis ini memiliki tubuh yang berwarna kecokelatan dan mempunyai kombinasi garis vertikal yang berwarna oranye. Perlu diketahui jika ikan ini mampu tumbuh sampai ukuran 40 m.

Spesies ini termasuk ke dalam ikan yang agresif dan paling baik dipelihara  sendiri atau bisa dikatakan ikan ini sifatnya soliter. Buat yang bertanya-tanya, jenis ini berkisar antara ratusan ribu sampai dengan jutaan rupiah. Harganya tergantung dengan ukuran tubuhnya.

6. Channa Gachua

Channa Gachua
Bukalapak

Selanjutnya, ada gachua yang memiliki tubuh kerdil karena hanya mampu tumbuh sepanjang 20 cm. Hewan ini relatif jinak dan sangat  layak untuk dipelihara. Soal harga, Sedulur tidak perlu khawatir karena dijual berkisar puluhan ribu saja. Selain itu, ikan jenis ini memiliki banyak perbedaan dari channa lainnya.

BACA JUGA: Cara Budidaya Jangkrik Untuk Pemula, Mudah & Dijamin Untung

7. Channa Lucius

Lucius
orami

Spesies channa selanjutnya yang layak untuk diketahui adalah lucius. Channa jenis ini memang sangat jarang banyak orang pelihara karena sifatnya yang terlalu agresif. Bagi yang tidak siap untuk terluka dan tidak telaten, tidak disarankan untul memelihara ikan jenis ini.

Namun perlu diketahui jika hewan jenis ini bisa tumbuh sampai ukuran 40 cm panjangnya. Terkait warna, channa lucius cenderung didominasi dengan warna coklat dengan corak totol berwarna hitam. 

8. Channa Bleheri

Channa Bleheri
Biggo

Selanjutnya, kamu juga harus mengetahui tentang channa jennis bleheri. Ikan ini juga disebut sebagai rainbow snakehead . Mengapa ikan ini bisa memiliki warna pelangi? Spesies ini memang memiliki ciri corak pelangi di permukaan tubuhnya. Buat yang tertarik ingin memelihara channa  yang satu ini, harganya hanya berkisar sekitar ratusan ribu rupiah saja. Tidak terlalu mahal dan menguras kantong, kok.

BACA JUGA: Ciri Ciri Kucing Siam Lucu Serta Cara Merawat & Harganya

9. Channa Micropeltes

Micropeltes
zafishaction

Selanjutnya, ada micropeltes atau channa micropeltes yang termasuk sebagai ikan gabus hias yang layak dipelihara di aquarium. Dalam kehidupan nyata, channa ini memiliki ukuran tubuh yang bisa mencapai 1,5 meter.

Menyoal warna yang ditonjolkan didpminasi dengan dengan warna kemerahaan. Buat yang ingin memelihara channa ini, harga yang ditawarkan dibanderol mulai dari harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

10. Channa Limbata

jenis ikan channa limbata
Tokopedia

Ikan spesies channa limbata ini mulai trend di kalangan orang dewasa dan anak-anak karena habitat hidupnya di Pulau Jawa. Di masyarakat  pedesaan menyebut ikan limbata dengan sebutan ikan kotes. Ikan ini memang masih saudara dengan ikan gabus. Jadi wajar jika limbata sangat digemari oleh banyak orang hanya untuk dipelihara.

Channa limbata juga sudah diakui dunia dengan penyebutan istilah Gachua. Di Indonesia, sebenarnya habitanya ada di Pulau Kalimantan selain Jawa. Tak heran bila ikan ini juga disebut dengan channa Kalimantan. Harga ikan channa Kalimantan sendiri berkisar antara puluhan ribu hingga  ratusan ribu.

Buat Sedulur yang penasaran, ikan channa limbata ini bisa tumbuh mencapai ukuran 20 cm. Panjangnya yang standar dan tidak terlalu panjang membuat ikan ini banyak digemari dan dipelihara di dalam akuarium.

Cara mengobati sirip ikan channa yang rusak

Memelihara ikan channa juga harus diperlakukan ekstra hati-hati. Sebab, channa merupakan ikan predator  yang tergolong agresif. Level agresif tersebut berdampak nyata pada kerusakan pada bagian sirip. Tidak hanya itu, channa juga sangat rentan terhadap penyakit jamur. Maka dari itu, perlu penanganan yang tepat supaya bisa mengatasi persoalan tersebut.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan adalah untuk mengobati channa yang terlajur terkena jamur. Pertama,  berikan garam ikan dan daun ketapang. Selain itu, pindahkan ikan channa ke tempat karantina.

Apabila siripnya sudah terlanjur rusak karena terbentur kaca aquarium, maka pertolongan pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memindahkan ikan tersebut ke tempat  karantina hingga sampai benar-benar pulih. Tanda kondisinya membaik adalah ketika dia sudah bergerak lincah.

Demikian penjelasan mengenai ikan channa. Mulai jenis, harga yang ditawarkan, cara memelihara, hingga pertolongan pertama apabila si ikan diserang jamur dan terluka siripnya. Pada dasarnya, diperlukan ketelatenan ketika memelihara hewan peliharaan. Di manapun tempat tinggalnya baik di darat dan laut, ada treatment khusus yang bisa membuat hewan tersebut tetap sehat dan terjaga keamanannya dari predator. Jangan lupa untuk merawatnya dengan sepenuh hati, ya.