ikan fengshui

Ikan fengshui dipercaya sebagai simbol yang dapat membawa keberuntungan. Ini berawal dari kebudayaan di Asia Timur, tepatnya daerah Tiongkok. Dalam kebudayaan kuno Tiongkok, yang menjadi salah satu dasar dari kebudayaan Asia Timur, mempercayai ikan sebagai simbol keberuntungan.

Akibat penyebaran budaya dan interaksi yang terjadi dalam waktu lama, kepercayaan terhadap ikan fengshui pun menyebar hingga wilayah Asia Tenggara, termasuk di Indonesia. Sehingga wajar jika banyak yang mempercayai hewan seperti ikan adalah simbol keberuntungan. Kita akan bahas beberapa tips bagaimana ikan fengshui bisa dianggap sebagai simbol keberuntungan dan jenis apa saja yang cocok untuk dipelihara di rumah.

BACA JUGA: 16 Dekorasi Hiasan Aquarium Terbaik untuk Percantik Rumah

Ikan fengshui simbol keberuntungan

ikan fengshui
Bilibili

Ikan merupakan lambang kemakmuran yang dipercaya mampu membawa hoki. Ikan juga adalah salah satu simbol penting dalam Feng Shui. Hewan air ini telah lama menjadi lambang kemakmuran di Asia Timur, sebab ikan dan nasi menjadi makanan pokok dan komponen penting dalam perekonomian rakyat.

Dalam kebudayaan di Asia Timur, yang juga mulai merambat ke wilayah Asia Tenggara, kepercayaan terhadap ikan sebagai simbol keberuntungan semakin menguat. Banyak faktor sehingga menyebabkan hal tersebut bisa terjadi, namun pada dasarnya kepercayaan ini adalah sebuah sugesti untuk membuat diri meyakini bahwa akan selalu ada keberuntungan.

Hal tersebut kemudian akan mempengaruhi believe system atau sistem kepercayaan manusia yang kemudian akan mempengaruhi setiap tindakannya. Hingga akhirnya akan memberikan peningkatan produktivitas pada diri dan mendapatkan hasil yang baik. Oleh karena itu, kepercayaan akan ikan sebagai simbol keberuntungan semakin kuat.

Di sisi lain, Indonesia yang memiliki penduduk dengan mayoritas seorang muslim, kurang percaya dengan ikan fengshui. Banyak yang beranggapan ikan pembawa rezeki menurut Islam itu termasuk dalam syirik. Hal ini karena rezeki setiap manusia sudah ditetapkan oleh Sang Pencipta. Selain itu, setiap umat diwajibkan berusaha, sementara hasil adalah keputusan Allah SWT.

Bagi yang menjadikan ikan feng shui aquarium dalam rumah sebagai sebuah hobi, hal tersebut tidak dipermasalahkan. Terutama bagi Sedulur yang ingin memiliki aquarium atau kolam ikan di rumah. Bisa simak tipsnya di bawah ini!

1. Perhatikan jumlah ikan

ikan fengshui
GenPI

Tips pertama untuk memelihara ikan di rumah, yaitu dengan memperhatikan jumlah ikan fengshui. Para ahli fengshui percaya bahwa angka sembilan merupakan angka yang paling menguntungkan. Sembilan juga merupakan angka yang melambangkan kemakmuran serta melambangkan kekayaan yang makmur dan panjang.

Memperhatikan jumlah ikan merupakan tips pertama. Baik itu untuk feng shui ikan arwana atau jenis ikan lainnya yang bisa dipelihara. Jumlah merupakan hal yang paling penting.

2. Jenis ikan fengshui

ikan fengshui
APK Pure

Baik fengshui ikan di kamar, di halaman atau di ruang tengah, setelah memperhatikan jumlah ikan tips selanjutnya yaitu dengan memilih jenis ikan itu sendiri. Kombinasi ikan yang biasa digunakan sebagai peliharaan adalah ikan arwana, ikan mas hitam (black moor), hingga ikan koi.

Jenis ikan ini dianggap sebagai keberagamaan yang membuat kemakmuran dan keberuntungan bisa bertahan lama. Setidaknya hal tersebut yang dipercayai oleh para ahli fengsui.

3. Kombinasi warna ikan

fengshui ikan
Ikanwiki

Jumlah ikan dan jumlah ikan merupakan hal yang penting, tips selanjutnya dalam fengshui ikan koi atau jenis ikan lainnya adalah dengan memperhatikan kombinasi warna ikan. Para ahli fengshui ikan percaya terdapat kombinasi ikan yang paling efektif untuk membawa keberuntungan.

Kombinasi tersebut yaitu dengan delapan ikan merah yang dilengkapi dengan satu ikan mas hitam. Kombinasi warna ini memiliki arti dan lambang yang mewakili kemakmuran, energi, dan keberuntungan. Dalam feng shui, delapan adalah angka kemakmuran.

4. Makna ikan fengshui mas hitam

Oknews

Keberadaan ikan mas hitam sangat penting karena dapat menyerap energi negatif yang masuk ke rumah. Karena itu, ikan mas hitam menjadi simbol perlindungan. Jika ikan hitam mati tanpa sebab yang diketahui, hal ini diyakini ikan mati karena menyerap nasib buruk yang ditakdirkan untuk Sedulur.

Ikan mas hitam tersebut berusaha menghindarkan Sedulur dari nasib buruk atau energi negatif yang ada di sekitar rumah. Maka dari itu, makna dari simbol ikan mas yaitu sebagai perlindungan sehingga keberuntungan akan tetap hadir di rumah itu sendiri.

5. Tentukan lokasi akuarium atau kolam

Nusantara Satu

Pemilihan tempat juga merupakan bagian dari feng shui kolam ikan. Karena penempatan tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Berikut ini terdapat beberapa tips yang bisa Sedulur perhatikan untuk penempatan, yaitu:

  • Area kekayaan (Xun), misalnya di sekitar pintu masuk untuk menarik banyak kekayaan dan kemakmuran ke dalam rumah.
  • Area karir (Kan), misalnya di ruang kerja dalam rumah untuk menciptakan lebih banyak energi dan meningkatkan produktivitas dalam bekerja.
  • Area keluarga (Zhen), misalnya ruang yang sering dijadikan tempat keluarga berkumpul. Hal ini baik untuk meningkatkan keharmonisan.

6. Lima elemen dalam akuarium

Kompas

Tips selanjutnya dalam ikan fengshui yaitu dengan memperhatikan keseimbangan dalam akuarium, yaitu dengan menyeimbangkan lima elemen yang terdapat di dalam akuarium. Berikut ini beberapa elemen yang wajib dipertimbangkan:

  • Elemen tanah, meletakkan kerikil dan batu di dasar akuarium.
  • Elemen logam, menambahkan dekorasi yang terbuat dari logam.
  • Elemen air, dengan menjaga kualitas air bersih dan segar. Simbol kebersihan dan kemurnian.
  • Elemen kayu, dengan menambahkan tanaman air (boleh tanaman palsu).
  • Elemen api, dapat ditemukan pada ikan berwarna merah atau lampu sebagai pencahayaan akuarium.

BACA JUGA: 12 Jenis-Jenis Ikan Louhan Beserta Ciri-Ciri & Harganya

7. Pahami elemen air lebih dalam

Fimela

Tips terakhir perihal ikan fengshui yaitu dengan memahami elemen air lebih dalam lagi. Sebagaimana yang telah disampaikan di atas, bahwa elemen air memiliki fungsi untuk menjaga kebersihan dan kemurnian itu sendiri. Akuarium sendiri sarat dengan elemen air yang dapat memberikan energi positif dan mendatangkan peluang baik.

Oleh karena itu, mempertahankan dan terus menjaga kebersihan air merupakan bagian penting bagi yang memiliki akuarium. Selain untuk menjaga kesehatan ikan itu sendiri, juga bermakna agar kemurnian dan keberuntungan tetap dijaga dan bisa memberikan dampak bagi yang merawatnya.

Elemen air juga bermakna bahwa pemiliknya merupakan seseorang yang baik dan bersih, tercermin dari air yang terdapat dalam akuariumnya yang selalu senantiasa dirawat dan dijaga setiap hari.

Nah itulah tadi beberapa tips ikan fengshui bagi Sedulur yang ingin membangun aquarium di rumah dengan ikan hias yang indah. Terdapat beberapa makna, tujuan dan kepercayaan terkait ikan yang dipelihara. Hal tersebut bisa Sedulur simak dalam penjelasan di atas.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.