ijin atau izin

Dalam bahasa Indonesia, ada banyak kata baku atau tidak baku, salah satu contoh yang membingungkan adalah ijin atau izin. Dua kata tersebut memiliki arti dan makna yang sama namun penulisan yang berbeda.

Banyak yang bingung tentang kata baku untuk ijin atau izin. Untuk memecah kebingungan tersebut, dalam kesempatan kali ini akan bahas bersama kata yang tepat sesuai dengan aturan dan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar.

BACA JUGA: 60 Kata Sindiran Buat Orang Sok Benar yang Mengena di Hati  

Kata izin atau izin

Detik

Penulisan ijin atau izin yang sesuai EYD yang benar itu seperti apa sih? Pada dasarnya, ijin atau izin KBBI yang benar adalah izin, bukan ijin. Izin sendiri merupakan sebuah kata yang bersifat baku dan formal sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia.

Namun setiap kata di dalam bahasa Indonesia terdapat bentuk lain, yaitu kata tidak baku. Seiring dengan berjalannya waktu, masyarakat mulai melafalkan kata izin dan menuliskannya menjadi ijin. Tentu ini merupakan kesalahan. Karena kata yang sebenarnya adalah kata izin.

Penggunaan kata izin

Kumparan

Ijin atau izin menurut KBBI yang benar ada izin, sebagaimana yang telah dijelasan di atas. Maka dari itu, dalam penggunaan dan pelafalannya kata izin harus lebih jelas sebagaimana melafalkan huruf z itu sendiri.

Namun masyarakat Indonesia yang beragam dan memiliki banyak bahasa daerah, mempengaruhi dialek bahasa itu sendiri. Salah satu kata yang terpengaruh adalah kata izin sehingga seringkali dilafalkan dengan kata ijin, dan hal tersebut mempengaruhi penulisannya.

Penulisan kata izin

ijin atau izin
Wallstreet English

Jika merujuk pada penjelasan di atas, penulisan yang tepat tentu saja kata izin. Dalam setiap surat resmi dan penting yang dikeluarkan oleh institusi seperti pemerintah, pendidikan, hukum hingga perusahaan, kata yang sering digunakan yaitu kata izin.

Termasuk dalam KBBI, kaidah yang benar adalah kata izin dengan turunannya yaitu perizinan. Maka dari itu, dalam setiap penulisan kata satu ini, diharapkan Sedulur bisa menuliskannya dengan benar karena kini Sedulur telah mengetahui cara penulisannya yang benar.

BACA JUGA: Apa Arti Kata GWS? Pahami Makna & Cara Penggunaanya!

Kata baku dan tidak baku

Gramedia

Ketika Sedulur kebingungan mencari kata yang benar dalam kalimat: mohon ijin atau izin, tentu Sedulur tidak tahu jawabannya. Namun kini setelah mengetahuinya, Sedulur sudah tidak kebingungan lagi. Pada dasarnya, akar permasalahan adanya dua jenis kata dalam bahasa Indonesia. Kata baku dan tidak baku.

Merujuk dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata baku yang tepat adalah izin bukan ijin. Kata izin ini sifatnya baku dan formal serta sesuai dengan kaidah penulisan maupun pelafalan bahasa Indonesia.

Kata baku adalah kata yang digunakan sudah sesuai dengan pedoman atau kaidah bahasa yang telah ditetapkan. Kata baku merujuk pada pokok, utama, tolak ukur yang berlaku untuk kualitas dan kuantitas yang ditetapkan berdasarkan kesepakatan dalam pedoman ejaan, tata bahasa baku, maupun kamus.

Biasanya, kata baku sering digunakan dalam kalimat resmi atau ragam bahasa baku, baik lisan maupun tulisan. Di lain sisi, kata tidak baku adalah kata yang digunakan tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia.

Ketidakbakuan suatu kata bukan hanya diakibatkan oleh salah penulisan saja, namun juga disebabkan oleh salah struktur kalimat. Lalu terjadinya pembiaran yang menjadikan hal tersebut lumrah.

Nah itulah tadi penjelasan terkait kata ijin atau izin. Semoga dengan penjelasan di atas, Sedulur bisa lebih paham dengan baik lagi terkait bahasa Indonesia, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.