Kata satire

Jika Sedulur memiliki teman atau rekan kerja yang selalu merasa benar dan tidak mau mendengar pendapat orang lain. Tentu itu menimbulkan perasaan tidak nyaman ketika berada di dekatnya. Apalagi ketika dinasehati malah semakin menjadi, Sedulur bisa memilih untuk memberikan kata sindiran buat orang sok benar dengan harapan ia tersadar.

Ada cukup banyak kata sindiran yang dapat Sedulur ucapkan dan gunakan, mulai dari bahasa Inggris hingga bahasa Jawa. Dan berikut kumpulan kata sindiran buat orang sok benar untuk menyadarkan sifat mereka yang meresahkan. 

BACA JUGA : 40 Kata Kata Jawa Sindiran yang Menyentuh dan Mengena Hati

Kata Sindiran untuk orang sok benar dan penjelasannya

kata sindiran buat orang sok benar
iStock
  1. Sengaja untuk berpura-pura menjadi orang yang bodoh hanya karena enggan untuk berdebat dengan orang yang benar. Karena kebenaran hanya milik Tuhan semata.

Penjelasan: Daripada harus repot-repot menghadapi orang sok benar, lebih baik berpura-pura bodoh agar perkataan mereka tak perlu digubris.

  1. Cukup aku sendiri yang menasehati diriku akan kesalahanku karena di luar sana banyak orang yang sangat pandai dalam menilai orang lain. Namun, sayangnya mereka terlalu bodoh untuk menilai diri mereka sendiri.

Penjelasan: Orang sok benar mengaku dirinya hebat saat menilai orang lain, tapi sayang mereka tak mampu untuk menilai dirinya sendiri.

  1. Orang yang benar-benar baik, pasti akan malu bila perkataannya tidak lebih baik daripada perbuatannya sendiri. Jadi jangan pernah mempercayai saran yang diberikan oleh orang yang sedang menghadapi kesulitan

Penjelasan: Orang yang tulus dalam berbuat kebaikan pasti akan malu jika ucapannya justru berbanding terbalik dengan perbuatannya. Jadi jangan mudah mempercayai saran dari seseorang yang sedang mengalami kesulitan.

  1. Jika kamu merasa bahwa diri kamu paling benar dan hebat dari semuanya, maka sebenarnya kamu sedang berada di dalam masalah yang besar.

Penjelasan: Orang yang merasa dirinya paling benar sering kali tidak sadar kalau semasa hidupnya pernah melakukan kesalahan.

  1. Ketika orang lain melakukan kesalahan, apakah kita berhak untuk menghakiminya? Apakah kita sudah pasti lebih benar? Cobalah berpikir ulang.

Penjelasan: Sebagai manusia kita tidak boleh menghakimi seseorang yang sudah melakukan kesalahan, karena belum tentu kita lebih baik darinya.

  1. Terkadang, mereka hanya sibuk mengurus kehidupan orang lain, hingga mereka sendiri lupa dengan urusan hidup mereka sendiri.

Penjelasan: Orang sok benar sering kali mengurusi kehidupan orang lain, sampai mereka lupa untuk mengurus hidup mereka sendiri.

  1. Buat apa bicara sok benar dan sok bijak jika apa yang kamu lakukan sering kali salah dan menyimpang.

Penjelasan: Sebagai manusia yang hidup berdampingan sebaiknya nggak perlu merasa paling benar, karena manusia tak pernah lepas dari kesalahan.

  1. Orang yang sok bijak dan sok benar belum tentu memiliki otak yang baik juga. Kadang kala, apa yang mereka katakan belum tentu seperti apa yang mereka lakukan

Penjelasan : Setiap kata yang muncul dari orang yang sok benar memang terdengar sangat menginspirasi dan juga memotivasi. Namun itu sebenarnya hanya di mulut saja. Mulut boleh saja bijak dan benar, namun otak akan tetap sulit untuk berpikir secara benar. Itulah yang akan terjadi pada orang yang mengaku inspirator. Hanya besar di omongan saja tapi tidak dengan tindakannya.

  1. Setiap kata yang keluar dari mulutnya sangat bermoral, tapi tindakannya masih seperti kampungan

Penjelasan : Orang yang pintar di depan saja itu termasuk kampungan. Sebab mereka hanya ingin terlihat bijak dan baik di depan saja. Namun di belakang seperti kampungan. Kalau ucapannya benar tapi tindakannya buruk, sia-sia ya.

  1.   Perkataan yang tinggi harus selaras dengan tindakan ataupun perbuatannya yang ingin dicontohkan

Penjelasan : Menjadi seseorang yang memotivasi juga harus memberikan solusi yang baik untuk orang-orang. Supaya mereka juga dapat mengambil langkah yang benar dan tepat. Karena Ia tahu bahwa dulunya pernah merasakan hal serupa. Hal ini tentu sangat berbeda dengan orang yang sok benar. Dimana apa yang dikatakan memang benar, tapi lihatlah apakah perkataannya dapat mencontohkan tindakannya?

BACA JUGA : 60 Kata-Kata Bijak Berkelas, Memotivasi & Bikin Semangat

Kata sindiran buat orang sok benar bahasa Inggris

kata sindiran buat orang sok benar
Freepik
  1. It is more shameful to distrust our friends than to be deceived by them. – Confucius

Lebih memalukan untuk tidak mempercayai temanmu daripada ditipu olehnya.

  1.     It is easier to forgive an enemy than to forgive a friend. – William Blake

Lebih mudah memaafkan kesalahan teman daripada memaafkan kesalahan seorang sahabat.

  1.     Friendship is delicate as a glass, once broken it can be fixed but there will always be cracks. – Waqar Ahmed

Persahabatan itu rapuh seperti kaca, sekali rusak bisa diperbaiki tapi akan selalu ada retakan.

  1.     An insincere and evil friend is more to be feared than a wild beast; a wild beast may wound your body, but an evil friend will wound your mind. – Anonymous

Seorang teman yang tidak tulus dan jahat lebih menakutkan dibandingkan binatang yang buas, binatang mungkin bisa melukai tubuhmu, tapi seorang teman yang jahat akan menyakiti dan mengurung hati dan pikiranmu.

  1.     Some people are going to leave, but that’s not the end your story. That’s the end of their part in your story. – Unknown

Sebagian orang akan pergi, namun itu bukan akhir dari ceritamu. Itu akhir dari bagian mereka di ceritamu.

  1.      I used to think enemies were the worst people in the world, but that was until I met fake friends and realized that they’re a lot worse. – Unknown

Saya dulu berpikir bahwa musuh adalah orang terburuk di dunia, namun itu hanya sampai saya bertemu teman palsu dan menyadari bahwa mereka jauh lebih buruk.

  1.     Better an honest enemy than a false friend. — German Proverb

Lebih baik musuh yang jujur daripada teman yang palsu.

  1.     The thorn from the bush one has planted, nourished and pruned pricks more deeply and draws more blood. – Maya Angelou

Duri dari semak belukar yang seseorang telah tanam, pelihara dan pangkas menusuk lebih dalam dan menarik lebih banyak darah.

Kata sindiran buat orang sok benar singkat

kata sindiran buat orang sok benar
Pixabay
  1.     Tidak perlu pamer identitas, yang penting kualitas.
  2.     Manusia berhenti berpikir ketika mereka pikir mereka tahu semuanya.
  3.     Kalau kamu terlalu berpikiran terbuka, otakmu akan melompat keluar.
  4.     Jangan menjual jati diri untuk meraih pamer diri.
  5.     Setengah kebenaran adalah kebohongan sepenuhnya.
  6.     Dengan cara bicaramu ini, aku khawatir kamu akan segera mendapatkan karma.
  7.     Tak butuh pengakuan. Karena langit tidak perlu menjelaskan bahwa dirinya tinggi.
  8.     Gayamu yang selangit seakan membuatmu lupa bahwa kamu masih menginjak tanah.

BACA JUGA : 80 Caption Singkat Keren Medsos, Ekspresikan Perasaanmu!

Kata-kata menyindir orang yang menyakiti kita

kata sindiran buat orang sok benar
Freepik
  1. Untuk orang yang merasa paling benar. Kamu enggak keren kok, kamu cuma kelihatan penuh omong kosong yang gak bisa kamu buktikan kebenarannya.
  2. Perbedaan teman dan musuh sangat tipis. Ada saatnya dia mendukung berbagai hal yang kamu lakukan, tapi bisa saja dia menusuk dari belakang, bahkan menghancurkanmu.
  3. Jika kamu menuliskan setiap pikiran yang pernah kamu miliki, kamu akan mendapatkan penghargaan untuk cerita terpendek yang pernah ada.
  4. Teman dan musuh itu memang terkadang tidak ada perbedaan, ada kalanya dia mendukungmu tapi juga ada kalanya dia justru menusukmu dari belakang.
  5. Enak ya jadi kamu, bisa datang kapan saja kalau kamu butuh aku. Tapi, saat aku butuh kamu? Kamu bahkan tak peduli denganku.
  6. Mereka berkata bahwa impian yang saya miliki terlampau besar. Dan saya bilang bahwa mereka berpikiran yang terlalu kecil.
  7. Setiap orang memiliki dua wajah, tetapi seringkali kita hanya melihat satu sisi dari mereka. Jadi, jangan pernah menilai siapa pun dari penampilan mereka.
  8. Lebih baik mempunyai musuh yang menamparmu pribadi di depan wajahmu daripada sobat yang menusuk dari belakang.

Kata sindiran untuk orang sok benar

Unsplash
  1. Orang yang jago bertutur kata, tetapi tindakannya tidak benar-benar nyata. Yang terlihat hanyalah kebodohannya saja.
  2. Konon, tak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Yang ada hanya manusia yang sok sempurna.
  3. Kalau mau mengatur hidup saya, jangan lupa sekalian biayai hidup saya. Jangan tanggung-tanggung.
  4. Jika hidupmu habis digunakan untuk mengomentari orang lain, kapan kamu memanfaatkan waktu untuk memperbaiki diri sendiri?
  5. Makin kecil realitas Anda, makin yakin Anda bahwa Anda tahu segalanya.
  6. Jika kamu pikir kamu tahu semuanya, kamu tidak mendengarkan. – Marsha Johnson Evans
  7. Saat kamu merasa mengetahui semuanya, tidak banyak yang akan kau pelajari. – Ralph Marston
  8. Jika kamu pikir kamu tahu semuanya, kamu kehilangan sesuatu. – Thomas Dewar

BACA JUGA : 7 Contoh Teks Prosedur Singkat Beserta Strukturnya

Kata sindiran buat orang sok benar dalam bahasa Inggris

Freepik

1.  Wow, you are saying something as clear as mud!

Wow, kamu berbicara sejernih lumpur! (Diucapkan seseorang saat mendengar orang berbicara tidak jelas hingga sulit dipahami)

2. The early bird may get the worm, but it’s the second mouse who gets the cheese. – Steven Wright

Burung yang bangun sejak pagi memang mendapatkan cacing, namun justru tikus kedua yang mendapatkan keju.

3. Most people want to see you do better, but not doing better than them. – London Mond

Kebanyakan orang ingin melihat Anda melakukan sesuatu dengan baik, tetapi bukan lebih baik dari mereka.

4. Some people think that the truth can be hidden with a little cover-up and decoration. But as time goes by, what is true is revealed, and what is fake fades away. – Ismail Haniyah

Beberapa orang berpikir bahwa kebenaran dapat disembunyikan dengan sedikit penutup dan hiasan. Tapi seiring berjalannya waktu, apa yang benar terungkap, dan apa yang palsu memudar.

Kata sindiran buat orang sok benar Bahasa Jawa

Freepik
  1. Kowe ki uwong opo kalkulator kok ra tau gelem salah!

Kamu itu orang apa kalkulator kok nggak mau salah!

  1. Sesuk tak tumbasno cakram rem. Ben cocotmu ora blongg. Tuman.

Besok aku beliin cakram rem. Biar mulutmu nggak blong. Kebiasaan.

  1. Ojo rumongso biso, nanging bisoho rumongso.

Jangan merasa bisa, tapi jadilah agar bisa merasa/peka.

  1. Atose watu akik isih kalah karo atose omonganmu.

Kerasnya batu akik masih kalah dengan omonganmmu.

  1. Nek ngomong ojo nhuwur-dhuwur. Mengko lambemu iso kesampluk pesawat.

Kalau ngomong jangan ketinggian. Nanti mulutmu bisa kesenggol pesawat.

  1. Lek seneng podo lali kabeh! Tapi lak susah podo takon posisi.

Kalau lagi senang lupa semua! Tapi kalau lagi susah semuanya tanya posisi.

  1. Uripmu koyo wit gedhang. Duwe jantung tapi ora nduwe ati.

Hidupmu kayak pohon pisang. Punya jantung tapi tidak punya hati.

  1. Urip dipaido. Mati ditangisi. Waras dilarani.

Hidup dikritik. Mati ditangisi. Sehat disakiti.

BACA JUGA : 80 Kata Kata Keren untuk Status & Caption Sosial Media!

Kata sindiran Bahasa Jawa lucu

Freepik

1. “Aku kon ngerteni kowe terus. Lha rumangsamu aku cctv opo?”

Aku diminta untuk mengerti dirimu terus, memangnya aku ini cctv apa?

2. “Omonganmu koyo ciu, sithik ning marai ngelu.”

Omonganmu seperti minuman keras, sedikit tapi bikin pusing.

3. “Niat kerjo, ora golek perkoro. Niat golek rejeki, ora golek rai. Ora balapan, opo maneh ugal-ugalan.”

Niat bekerja, bukan cari perkara. Niat mencari rezeki, bukan cari perhatian belaka. Bukan balapan, apalagi ugal-ugalan.

4. “Kadang mripat iso salah nyawang, kuping iso salah krungu, lambe iso salah ngomong, nanging ati ora bakal iso diapusi.”

Terkadang mata bisa salah melihat, telinga bisa salah mendengar, mulut bisa salah mengucap, tapi hati tak bisa dibohongi dan membohongi.

Kata sindiran untuk orang sok suci

Freepik
  1. Jangan mengatur hidup orang lain kalau hidup sendiri saja masih berantakan.
  2. Daripada sok suci menilai orang lain buruk. Lebih baik benar-benar menyucikan diri dengan berwudhu.
  3. Masih banyak yang lebih buruk dari itu, tapi biarlah. Biarkan karma yang menjawabnya
  4. Bukan berarti aku tidak peduli, hanya saja ucapanmu yang sok suci membuatku muak.
  5. Menghitung dosa orang lain tidak akan membuatmu menjadi lebih suci
  6. Orang yang suci dan alim, hanya Allah yang dapat menilainya.
  7. Jika hidupmu habis kamu gunakan untuk mengomentari orang lain, kapan kamu memanfaatkan waktu untuk memperbaiki diri sendiri
  8. Orang sombong dan sok suci akan tampak dengan tatapan yang merendahkan dan ucapan yang meninggikan diri sendiri

Kata sindiran untuk orang yang sok bijak

Kata sindiran satire
Into Film
  1. Orang pasti akan memperhatikan perubahan sikap kita kepada mereka, namun mereka tidak akan memperhatikan tingkah laku mereka yang membuat kita bisa berubah.
  2. Telinga ini sudah terlalu sering mendengarkan omongan orang-orang munafik dan sok benar. Tapi pada kenyataannya apa yang mereka lakukan tidak sesuai dengan perkataannya.
  3. Orang bodoh akan mengira bahwa mereka sudah tahu segalanya. Mereka pura-pura selalu berani dengan apapun. Tapi, orang bijak akan merasa bahwa mereka tidak tahu apa-apa.
  4. Beberapa orang akan membuat kebahagiaan kemanapun ia pergi, sedangkan yang lainnya membuat kebahagiaan setiap kali mereka pergi.
  5. Musuh terbesar dari ilmu pengetahuan bukanlah ketidaktahuan, melainkan perasaan angkuh bahwa seseorang merasa sudah mengetahui segalanya
  6. Bicara itu ada seninya. Jangan pernah mengatakan apa yang seharusnya tidak kamu katakan.
  7. Tidak perlu kamu ceritakan apa yang mereka katakan tentang diriku. Ceritakan saja bagaimana mereka bisa dengan nyaman mengatakannya kepadamu.
  8. Apabila kamu merasa bahwa dirimu sendiri adalah orang yang paling benar dan paling hebat dari semuanya, maka kamu sebenarnya sedang berada di dalam masalah yang besar.

 Demikianlah kata sindiran yang dapat Sedulur tujuan untuk seseorang yang selalu merasa benar dan juga enggan untuk menerima pendapat orang lain. Perlu Seduluringat, bahwa sebaiknya kata-kata sindiran disampaikan dengan maksud untuk mengingatkan teman, kerabat, ataupun pasangan, bukan malah memancing amarah hingga menyebabkan rusaknya hubungan.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.