Pernahkah Sedulur mendapatkan ucapan GWS dari kawan atau kerabat ketika sedang sakit? Ya, GWS singkatan dari get well soon. Get well soon sendiri adalah sebuah frasa dalam bahasa Inggris yang memiliki arti “segera/cepat sembuh”. 

Ketika Sedulur mendapatkan kalimat get well soon dari seseorang, tandanya orang tersebut mengungkapkan rasa prihatin dan mendoakan kesembuhan bagi penyakit yang diderita oleh Sedulur. 

GWS menjadi salah satu singkatan favorit banyak orang. Walaupun penulisannya singkat dan cepat, tetapi ia memiliki arti atau makna yang mendalam. Agar tidak memberikan kesan cuek, biasanya orang akan menambahkan doa “Semoga…” untuk memperhalus ungkapan keprihatinannya.

Jangan khawatir apabila Sedulur masih merasa awam dengan ucapan GWS ini. Dalam pembahasan berikut, akan kita ulas secara singkat tentang makna ucapan get well soon tersebut dan penggunaannya. Simak sampai selesai, ya Sedulur!

BACA JUGA: Cara Push Up dengan Baik dan Benar untuk Pemula, Wajib Tahu

GWS artinya

gws
Depositphotos

Jangan bingung ketika Sedulur sedang sakit lalu mendapatkan ucapan GWS dari teman atau kerabat. Ucapan tersebut berarti get well soon, atau yang dalam bahasa Indonesianya adalah “semoga lekas sembuh”.

Singkatan tersebut menjadi lazim diucapkan atau dituliskan pada pesan akhir-akhir ini. Selain karena singkat dan cepat, ucapan tersebut secara tidak langsung mewakili perasaan peduli, khawatir, dan juga semangat kepada orang yang sedang tertimpa musibah tersebut.

Biasanya, pengucapan GWS dilakukan oleh orang yang seumuran, atau di kalangan anak muda zaman sekarang. Jika Sedulur ingin mengungkapkan perasaan prihatin kepada orang yang sakit namun usianya lebih tua, maka sebaiknya hindari penggunaan singkatan tersebut. Menggunakan akronim itu kepada yang lebih tua dikhawatirkan akan menimbulkan kesan tidak sopan dan tidak ikhlas.

BACA JUGA: Pengertian Kalimat Deklaratif Beserta Ciri, Jenis & Contohnya

Pengertian GWS menurut kamus

gws
Depositphotos

Jika Sedulur memasukkan singkatan GWS pada kolom pencarian di kamus seperti Merriam-Webster atau Oxford Learner’s Dictionaries, kemungkinan besar Sedulur tidak akan mendapatkan hasil apa-apa. Pasalnya, ia termasuk ke dalam akronim atau slang yang tidak terdaftar resmi dalam kamus-kamus tersebut.

Tetapi, salah satu kamus yang bernama Macmillan Dictionary memuat GWS arti atau get well soon. Dimana dalam website-nya tertulis “Used for giving good wishes to someone who is ill.”, atau “Digunakan untuk memberikan harapan/doa baik kepada seseorang yang sakit.”.

Sedikit berbeda dengan kamus Urban Dictionary yang dikenal sebagai kamusnya internet slang, singkatan tersebut tercatat sebagai akronim dari kalimat get well soon. Tetapi, terdapat juga arti GWS selain get well soon menurut kamus tersebut. Ia dapat berarti goes without saying (pergi tanpa mengucapkan apapun/pertanda setuju) atau Google would say… (kata Google sih…).

BACA JUGA: Pengertian Hotel Beserta Jenis dan Karakteristiknya

Manfaat mengucapkan get well soon

gws
Depositphotos

Telah kita ketahui bersama bahwa kepanjangan GWS lucu adalah singkatan dari get well soon. Get well soon sendiri adalah sebuah frasa dalam bahasa Inggris yang memiliki arti “segera/cepat sembuh”. 

Ketika Sedulur mendapatkan kalimat get well soon dari seseorang, tandanya orang tersebut mengungkapkan rasa prihatin dan mendoakan kesembuhan bagi penyakit yang diderita oleh Sedulur.

Layaknya ucapan lain yang menunjukkan keprihatinan atas suatu musibah, ungkapan get well soon memiliki beberapa manfaat. Manfaat-manfaat tersebut setidaknya dapat dirangkum menjadi tiga poin di bawah ini.

  • Seseorang yang mendapatkan ucapan get well soon secara tidak langsung akan merasa diperhatikan dan disayangi. Perasaan tersebut akan menjadi kekuatannya untuk segera sembuh dan pulih dari penyakit yang diderita.
  • Ucapan get well soon setidaknya dapat sedikit meringankan beban perasaan sedih yang dirasakan orang tersebut.
  • Get well soon dapat mendekatkan hubungan kedua orang. Hal tersebut dikarenakan sifat kepedulian yang tercerminkan dari pengucapan kalimat itu.

BACA JUGA: Pengertian Prinsip Geografi Beserta Konsep & Contohnya

Alternatif dari ucapan GWS

Depositphotos

Pada poin di atas telah kita ulas bersama-sama bahwa terdapat setidaknya tiga dampak positif dari pengucapan get well soon. Dampak positif yang pertama adalah menunjukkan perasaan perhatian dan kasih sayang secara tidak langsung. Dampak positif yang kedua adalah meringankan beban sedih yang dirasakan. Dampak positif yang ketiga adalah dapat mendekatkan hubungan di antara kedua orang tersebut.

Ketika mengunjungi atau mencari kabar tentang orang sakit, Sedulur tidak perlu selalu menggunakan kalimat get well soon. Ada kalimat-kalimat lain yang juga tak kalah maknanya dengan ucapan tersebut. Berikut adalah pembahasannya!

BACA JUGA: Struktur Teks Berita: Pengertian, Unsur, Kaidah & Contohnya

1. Umum

Depositphotos

Apabila Sedulur merasa ucapan get well soon terlalu mainstream, Sedulur boleh-boleh saja untuk mengganti ungkapan tersebut dengan yang lain. Pada daftar di bawah ini terdapat beberapa rekomendasi alternatif ucapan get well soon.

  • Feel better soon!
  • Have a speedy recovery!
  • Hope you feel a little better every day!
  • Sending hugs and love to you!
  • I do hope you feel better soon.
  • Hoping you find strength with each new day. You are always in our thoughts.
  • Thinking of you lots and hoping for your speedy recovery.
  • May the warm wishes and thoughts of those who care about you make a little happiness into your world and help you feel better soon.

2. Dalam agama Islam

Depositphotos

Sedulur yang merupakan umat Muslim tentunya sudah mengerti bahwa agama Islam telah mengajarkan adab-adab serta doa yang dikhususkan untuk orang sakit. Jadi, ketimbang hanya mengucapkan GWS, Sedulur dapat melafalkan doa-doa yang insyaAllah akan diijabah oleh Allah Ta’ala. Sesuai dengan firman Allah dalam kitab suci-Nya:

وَإِذَا مَرِضْتُ فَهُوَ يَشْفِينِ

Dan apabila aku sakit, Dialah (Allah) yang menyembuhkanku.” (QS. As Syu’araa: 80)

Dalam beberapa hadits pun juga menyebutkan perihal sakit dan kuasa Allah Ta’ala dalam menyembuhkan penyakit tersebut. Berikut adalah lafal dan arti hadits tersebut.

لِكُلِّ دَاءٍ دَوَاءٌ، فَإِذَا أُصِيْبَ دَوَاءُ الدَّاءِ بَرَأَ بِإِذْنِ اللهِ

Semua penyakit ada obatnya. Jika sesuai antara penyakit dan obatnya, maka akan sembuh dengan izin Allah.” (HR. Muslim No. 2204)

نَعَمْ يَا عِبَادَ اللَّهِ تَدَاوَوْا فَإِنَّ اللَّهَ لَمْ يَضَعْ دَاءً إِلَّا وَضَعَ لَهُ شِفَاءً غير داء واحد قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَمَا هُوَ قَالَ الْهَرَمُ

Ya, wahai hamba Allah, berobatlah! Sesungguhnya Allah tidak memberikan penyakit, kecuali Allah juga memberikan obatnya, kecuali untuk satu penyakit. Orang tersebut bertanya: ‘Ya Rasulullah, penyakit apa itu?’ Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ‘Penyakit tua’” (HR. Ahmad No. 4: 278)

Ketika mengunjungi orang sakit, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti yang tertera pada poin-poin di bawah ini.

  • Memilih waktu yang tepat pada saat mengunjungi orang sakit. Usahakan jangan menjenguknya pada waktu istirahat karena ia dijenguk agar merasa senang bukan agar merasa susah.
  • Menasihati orang yang sakit agar banyak berdoa.
  • Apabila orang yang sakit tersebut berkenan, Sedulur duduk di dekat kepalanya sambil membacakan doa-doa tertentu.
  • Apabila orang yang sakit tersebut berkenan, Sedulur dapat meletakkan telapak tangan pada tubuh orang sakit pada saat mendoakannya.

Doa-doa yang diajarkan dalam agama Islam ketika sedang mengunjungi orang sakit adalah sebagai berikut.

  • لاَ بَأْسَ طَهُوْرٌ إِنْ شَاءَ اللهُ

Tidak mengapa, insyaAllah sakitmu ini akan membersihkan dosamu.

  • اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَاسَ وَاشْفِهِ وأَنْتَ الشَّافِي لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَاؤُكَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا

Wahai Rabb seluruh manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembuhkanlah ia. (Hanya) Engkaulah yang dapat menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi.” (HR. Bukhari No. 5742, Muslim No. 2191)

  • أَسْأَلُ اللَّهَ الْعَظِيمَ رَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

Aku mohon kepada Allah Yang Maha Agung, Rabb yang menguasai Arsy yang agung, agar ia menyembuhkan penyakitmu.

  • الَّلهُمَّ اشْفِ فُلاَنًا

Ya Allah, berikan kesembuhan kepada…

Nah Sedulur, itu tadi merupakan pembahasan dari ucapan GWS atau get well soon. Ucapan tersebut ditujukan untuk orang yang sakit, memberinya doa dan harapan bahwa kesembuhan akan segera datang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sedulur dan menambah pengetahuan serta wawasan umum terkait singkatan-singkatan dalam berbahasa, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.