harga helm motgp

Valentino Rossi telah resmi mengakhiri kariernya sebagai pembalap MotoGP pada akhir 2021 lalu. Sebelumnya, pembalap bergelar “The Doctor” itu juga sempat melakukan seremoni dengan penggemarnya pada MotoGP Emilia Romagna 2021 di Sirkuit Misano, Italia. Setelah merampungkan pertandingan, Rossi kemudian mendekati tribun penonton dan melemparkan helmnya. Aksinya itu pun mencuri perhatian publik khususnya penggemar MotoGP. Tak hanya soal siapa sosok yang beruntung mendapatkan helm milik Rossi, namun juga berbagai informasi lain termasuk harga helm MotoGP berwarna kuning itu.

Dirangkum dari berbagai sumber, harga helm bermerek AGV itu disebut bakal melambung tinggi hingga mencapai Rp1 miliar di kalangan kolektor. Lantas, sebenarnya berapakah harga helm yang digunakan para pembalap MotoGP? Yuk, simak informasinya berikut ini.

BACA JUGA: Statistik Valentino Rossi Dapat Penghargaan Fantastis, Raja MotoGp

Mengenal MotoGP

harga helm motogp rossi
Otomotif Sindonews

Motorcycle Grand Prix atau lebih dikenal sebagai MotoGP merupakan ajang kejuaraan balap sepeda motor paling bergengsi. Menurut berbagai sumber, MotoGP merupakan kelas utama atau tertinggi dalam seri balapan sepeda motor. Dengan kata lain, tidak ada ajang kejuaraan lain yang menandingi MotoGP.

Pertandingan MotoGP sendiri diikuti oleh sejumlah pabrikan motor kenamaan dunia. Adapun setiap tim pabrikan itu diperbolehkan untuk melakukan inovasi terutama dalam hal teknologi terhadap motor yang digunakan oleh pembalap. Hal itu pun membuat spesifikasi sepeda motor yang digunakan dalam MotoGP dianggap sebagai yang paling kuat sekaligus paling canggih dan paling maju di antara kelas kejuaraan balap sepeda motor lainnya.

BACA JUGA: Benarkah Ronaldo Bakal Main sampai Umur 42 Tahun Saja?

Atribut MotoGP

Atribut
Kompas

Sebuah pertandingan MotoGP tidak hanya memamerkan spesifikasi sepeda motor saja. Sejumlah atribut lain juga turut diperhatikan dalam ajang kejuaraan tahunan itu. Perlengkapan tersebut secara umum dimaksudkan sebagai pengaman bagi pembalap. Apa saja ya atribut yang dikenakan oleh seorang pembalap? Berikut informasinya.

1. Helm

Helm merupakan salah atribut yang paling ikonik dari seorang pembalap. Tak jarang, para pembalap membuat desain tertentu untuk helm yang mereka gunakan. Misalnya saja Valentino Rossi yang disebut selalu menggunakan helm dengan desain spesial saat bertanding di negaranya sendiri. Nah, kebiasaan Rossi itu kabarnya juga diikuti oleh pembalap lain.

2. Sarung tangan kulit

Pembalap MotoGP juga menggunakan sarung tangan ketika bertanding. Sarung tangan yang dibuat dari bahan kulit itu juga dilengkapi dengan material karbon Kevlar untuk melindungi dari gesekan.

3. Sepatu balap

Sepatu juga menjadi atribut penting bagi seorang pembalap MotoGP. Apabila Sedulur perhatikan, seorang pembalap biasanya mengenakan sepatu berbentuk boot.

4. Baju balap

Atribut terakhir yang tidak boleh dilewatkan adalah baju balap. Berbeda dengan baju jersey atau pakaian olahraga pada umumnya, baju balap memiliki model yang cenderung membungkus badan. Baju balap atau racing suit ini juga terbuat dari material kulit yang dianggap mampu menahan gesekan 10 kali lebih kuat dari bahan jeans.

Baju balap ini ibaratnya adalah baju perang untuk seorang pembalap. Untuk itu terdapat sejumlah perlengkapan yang dapat mendukung kenyamanan maupun keamanan pembalap ketika melakoni pertandingan. Mulai dari pelindung data, air bag atau kantong udara, hingga pelindung pada bagian siku tangan dan lutut kaki.

Sementara itu, pada artikel kali ini, Super akan menyoroti pada masalah harga helm MotoGP.

BACA JUGA: Momen Ngenes Hazard Dicuekin Saat Perayaan Liga Champion

Harga helm MotoGP

harga helm motogp termahal
Detik

Sebelumnya sempat disinggung mengenai aksi lempar helm MotoGP Rossi dalam pertandingan terakhirnya di Sirkuit Misano. Menyusul momen spesial tersebut, publik pun dibuat penasaran dengan berapa harga helm MotoGP yang digunakan oleh Rossi. Siapa sangka, helm yang didesain oleh Aldo Drudi, seorang desainer kepercayaan Rossi, itu diperkirakan mencapai Rp1,6 miliar, bahkan lebih. Dengan catatan, harga tersebut merupakan perkiraan harga di kalangan kolektor.

Sementara, menurut berbagai sumber, harga helm MotoGP asli yang digunakan oleh para pembalap MotoGP rata-rata berada di kisaran belasan juta. Namun harga tersebut bisa melambung tinggi hingga ratusan juta bahkan milyaran rupiah ketika dilelang. Contohnya adalah helm milik pembalap asal Australia, yakni Jack Miller. Helm merek AGV seri Pista GP R miliknya laku dengan harga Rp 170 juta ketika dilelang untuk membantu penanganan kebakaran di negaranya.

Selain itu, pada 2014 lalu, terdapat rekor harga helmMotoGP termahal yakni senilai Rp3,8 miliar. Helm yang dilelang itu disebut berhiaskan tanda tangan 12 bintang MotoGP, yaitu Giacomo Agostini, Angel Nieto, Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, Marc Marquez, Dani Pedrosa, Wayne Rainey, Loris Capirossi, Àlex Criville, Wayne Gardner, Scott Russell dan Randy Mamola. Adapun hasil pelelangan helm tersebut dimaksudkan sebagai penggalangan dana untuk sebuah yayasan kanker di Spanyol sekaligus kegiatan amal resmi MotoGP, yakni Riders for Health.

BACA JUGA: Musim 2021/2022 Berakhir, Top Skor Liga Inggris Ditempati 2 Orang!

Harga helm MotoGP yang dilempar Aleix Espargaro

harga helm motogp aleix espargaro
Viva

Valentino Rossi ternyata bukan satu-satunya pembalap MotoGP yang melakukan aksi lempar helm ke penggemar. Tepatnya pada gelaran MotoGP Indonesia 2022 atau MotoGP Mandalika beberapa waktu lalu, pembalap dari Aprilia Racing Team Aleix Espargaro melemparkan helm bermerek KYT yang ia gunakan. Adapun harga helm MotoGP Aleix Espargaro yang bertipe KYT SR-GP tersebut belum diketahui karena memang belum dijual bebas.

Akan tetapi, menurut Marketing and Communication Manager KYT, Simon Mulyadi, terdapat versi kembaran dari helm tersebut, yaitu Suomy SR-GP. Harga helm MotoGP KYT Suomy SR-GP sendiri berada di kisaran Rp8,5 juta.

Sementara itu, KYT yang merupakan merek helm asal Indonesia juga digunakan oleh Lorenzo Savadori. Sayangnya, informasi mengenai harga helm MotoGP Aprilia Racing Team itu juga tidak diketahui.

Demikian tadi informasi mengenai harga helm MotoGO yang digunakan oleh para pembalap terkenalnya. Dapat diketahui harga helm para pembalap ternyata cukup variatif dan bisa terbilang fantastis ketika dijual melalui sistem lelang. Apakah Sedulur juga tertarik untuk membeli helm milik pembalap MotoGP?

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.