fungsi tulang lengan

Pernahkah Sedulur bertanya-tanya apa fungsi tulang lengan kita? Ya, tulang lengan adalah salah satu bagian tulang dari keseluruhan rangka tubuh kita. Tanpa tulang, tubuh manusia mungkin tidak akan berbentuk seperti yang kita ketahui sekarang.

Terdapat sekitar 206 tulang di tubuh manusia, kesemuanya memiliki fungsi serta peranannya masing-masing. Pada artikel ini, kita akan mengulas beberapa fungsi tulang lengan. Tulang lengan sendiri sangat penting perannya bagi tubuh kita, terutama untuk aktivitas sehari-hari.

Apa saja bagian-bagian nama tulang lengan dan fungsinya? Yuk, ikuti terus pembahasan berikut hingga akhir!

BACA JUGA: Cara Penulisan Rupiah atau Rp yang Benar Sesuai PUEBI

Fungsi tulang

fungsi tulang lengan
Depositphotos

Sebelum masuk ke pembahasan inti tentang fungsi tulang lengan, ada baiknya kita menelisik terlebih dahulu mengenai fungsi tulang pada umumnya bagi tubuh manusia. Seperti yang telah kita ketahui bersama, tulang atau kerangka adalah jaringan tubuh yang kaku, terdiri dari berbagai sel yang terkandung dalam sel keras berjumlah banyak. Komponen utama dari sebuah tulang adalah kalsium gosfat dan kolagen.

Tulang telah tumbuh sejak kita masih di dalam kandungan, lalu kemudian berhenti saat seseorang berumur 20-an tahun. Secara umum, tulang memiliki fungsi sebagai pembentuk rangka serta alat gerak tubuh kita. Tanpa tulang, tubuh manusia tidak akan bisa berdiri tegak. 

Selain itu, tulang juga berfungsi untuk melindungi berbagai macam organ dan jaringan lunak yang berada di dalam tubuh. Lebih daripada itu, tulang juga berperan sebagai tempat penyimpanan mineral di dalam tubuh manusia. Sel-sel darah yang mengalir dalam tubuh kita pun terbuat di dalam tulang.

BACA JUGA: Contoh Cover Makalah Beserta Format dan Templatenya

Bagian dan fungsi tulang lengan tangan

Otosection

Pada bagian sebelumnya kita telah mengulik sedikit mengenai fungsi tulang secara umum. Pembahasan pada poin ini kemudian akan difokuskan ke tulang lengan, bagian-bagian dan beberapa fungsinya.

Tulang lengan memiliki beberapa bagian, yaitu tulang lengan atas, tulang pengumpil, tulang hasta, tulang pergelangan tangan, tulang telapak tangan, dan juga tulang jari tangan. Kesemuanya memiliki fungsi sesuai dengan peranannya masing-masing.

Tulang lengan atas

Saintif

Tulang lengan atas terletak di antara bahu dan siku. Tulang belikat menjadi penyambung bagian bawah bahu dengan lengan atas. Menurun ke bawah, tulang lengan atas kemudian akan terhubung ke bagian tulang hasta. 

Fungsi tulang lengan atas atau humerus adalah menjadi tempat melekatnya 13 otot dan ligamen yang menggerakkan tangan serta sikut. Tulang lengan atas merupakan salah satu tulang paling panjang dalam tubuh manusia.

Lantas, apa fungsi tulang atas lengan? Beberapa fungsi tulang lengan atas yang lain adalah sebagai berikut:

  • Untuk menyambungkan sendi putar yang terdapat pada bagian bahu.
  • Untuk melakukan gerakan abduksi atau disebut juga dengan gerakan merentangkan tangan.
  • Tulang lengan atas fungsinya untuk mengangkat tangan ke atas.
  • Untuk menurunkan tangan ke bawah.
  • Untuk mengembalikan tangan ke posisi awal semula setelah melakukan gerakan abduksi.

BACA JUGA: 7 Manfaat Masker Himalaya untuk Wajah Beserta Harganya

Tulang pengumpil

Jagad ID

Tulang pengumpil merupakan sebuah tulang yang berbentuk pipa dan menyusun bagian lengan bawah, bersama dengan tulang hasta. Tulang tersebut memanjang dari sisi lateral tengan, menjauhi garis tengah. Ukuran dari tulang pengumpil lebih pendek dari tulang hasta.

Beberapa fungsi tulang pengumpil adalah sebagai berikut:

  • Menyusun kerangka lengan bagian bawah.
  • Sebagai tempat otot-otot tubuh melekat.
  • Untuk menggerakkan pergelangan tangan.

Tulang hasta

Kompas

Tulang hasta adalah salah satu pembentuk struktur lengan bawah bersama dengan tulang pengumpil. Ia menjadi penghubung antara lengan atas dan pergelangan tangan manusia.

Beberapa fungsi tulang hasta kelas 5 SD yang sering keluar dalam mata pelajaran sekolah adalah sebagai berikut:

  • Menyusun kerangka lengan bagian bawah.
  • Melakukan gerakan rotasi pada pergelangan tangan.
  • Sebagai tempat otot-otot tubuh melekat.
  • Membentuk batang humerus dan sendi pada siku.
  • Tempat penyimpanan mineral.

BACA JUGA: Kisah Raja Nebukadnezar dari Babilonia Beserta Fakta-Faktanya

Tulang pergelangan tangan

Gaya Sehatku

Tulang pergelangan tangan terdiri dari delapan ruas tulang kecil, disebut juga sebagai tulang karpal atau tulang karpus. Beberapa fungsi tulang pergelangan tangan adalah sebagai berikut:

  • Penggerak pergelangan tangan.
  • Menjadi penghubung untuk tulang lengan bawah dan julang jari tangan.
  • Penggerak jari-jari tangan.
  • Sebagai tempat jaringan-jaringan halus melekat.

Tulang telapak tangan

fungsi tulang lengan
Ilmusiana

Fungsi utama dari tulang telapak tangan adalah sebagai perantara pergelangan tangan dan jari. Dengan begitu, ia akan membentuk kerangka tangan.

BACA JUGA: Kisah Nabi Zakaria, dan Penantiannya Mengharap Anak

Tulang jari tangan

fungsi tulang lengan
MateriBelajar

Beberapa fungsi tulang jari tangan adalah sebagai berikut:

  • Fleksi dan ekstensi (menggerakkan pangkal jari ke arah dekat dan jauh dari telapak tangan).
  • Adduksi dan abduksi (menggerakkan jari ke arah dekat dan jauh dari bagian tengah).
  • Menggerakkan ibu jari.

Demikian informasi mengenai fungsi tulang lengan. Di atas telah dijelaskan beberapa fungsi dari tulang lengan berdasarkan bagian-bagiannya, mulai dari tulang lengan atas, tulang pengumpil, tulang hasta, tulang pergelangan tangan, tulang telapak tangan, hingga tulang jari tangan.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sedulur dan menambah pengetahuan serta wawasan mengenai anggota tubuh manusia, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.