fungsi printer

Fungsi printer yang diketahui banyak orang hanyalah untuk mencetak dokumen saja. Akan tetapi, perlu Sedulur ketahui bahwa ternyata printer memiliki banyak fungsi, seperti mencetak foto dan juga spanduk. Namun, ragam fungsi printer ini juga menyesuaikan dengan jenis atau karakter dari printer tersebut lho Sedulur.

Dalam perkembangan sekarang ini, printer sendiri dikenal memiliki dua jenis yaitu printer outdoor dan indoor. Umumnya orang-orang lebih mengenal printer indoor karena menjadi salah satu alat yang banyak digunakan dalam urusan perkantoran serta administrasi. Tapi jika Sedulur ingin mengetahui lebih lanjut seputar printer, yuk simak ulasan lengkap tentang jenis dan fungsi printer di era modern sekarang ini.

BACA JUGA : Contoh Alat Komunikasi Modern Beserta Perkembangannya

Pengertian printer

fungsi printer
Freepik

Kata printer berasal dari bahasa Inggris, yang artinya adalah alat pencetak. Fungsi printer yang utama adalah untuk mencetak tulisan atau gambar ke media datar seperti kertas dalam berbagai jenis ukuran. Umumnya printer hanya mencetak gambar satu atau dua dimensi saja, tapi sejak tahun 2010 lalu, telah dikembangkan printer yang dapat mencetak hasil secara 3D.

Perkembangan printer tentunya tidak lepas dari perkembangan komputer yang semakin pesat. Hal inilah yang menjadikan printer berinovasi menjadi beberapa jenis. Lantas apa saja jenis printer dan apa fungsinya?

Jenis printer

fungsi printer
Freepik

Terdapat beberapa jenis printer yang tentunya memiliki fungsi yang berbeda-beda. Berikut beberapa jenis printer yang perlu Sedulur ketahui.

 1. Printer Inkjet

Jenis printer yang pertama adalah printer inkjet. Printer ini merupakat perangkat printer yang menggunakan tinta cair dengan berbagai warna lainnya. Jenis printer ini umumnya digunakan untuk mencetak dokumen berupa teks serta gambar dengan berbagai warna. 

2. Printer Laserjet

Jenis printer ini hanya dapat mencetak dokumen dengan satu warna saja. Hal ini karena laserjet merupakan printer yang mempergunakan tinta serbuk. Printer ini juga hampir sama dengan mesin fotocopy dan pengoperasiannya pun lebih mudah dan juga lebih cepat.

3. Printer Domatrik

Printer domatrik ini merupakan  jenis printer yang sering kita lihat di supermarket maupun minimarket yang digunakan untuk mencetak struk hasil pembelian. Printer ini merupakan jenis printer dengan tinta cetak kertas karbon. Banyak orang memanfaatkan printer ini kerena faktor efisiensi waktu dan juga biaya.

4. Printer Non-Impact

Dikutip dari Reference, printer non-impact menciptakan efek pada kertas tanpa dampak. Contohnya seperti printer inkjet, yang menyemprotkan tinta dari cartridge ketika kertas bergulung. Printer laser menggunakan laser untuk menarik tinta ke kertas.

BACA JUGA : Mengenal dan Memahami Karakter Generasi Z

Fungsi printer

Sedulur tentu sudah mengetahui bahwa fungsi printer yang paling utama adalah untuk mencetak dokumen. Akan tetapi, printer juga memiliki fungsi lain lho. Berikut fungsi dari printer yang perlu Sedulur ketahui.

1. Mencetak dokumen

Freepik

Fungsi printer yang paling utama dan paling banyak digunakan dan ditemukan dalam kehidupan kita sehari-hari adalah untuk mencetak dokumen. Dokumen-dokumen yang biasa dicetak dengan menggunakan printer biasanya berupa surat, artikel, dan berbagai macam jenis dokumen lainnya. Umumnya, dokumen yang sudah dibuat di dalam komputer, dengan menggunakan microsof office, seperti Mocrosoft Word maupun microsof excel, akan dicetak dengan menggunakan printer.

2. Mencetak foto

Repuplika

Fungsi printer yang selanjutnya adalah untuk mencetak foto. Saat ini, printer biasa atau yang kita kenal dengan nama desktop printer sudah sangat mumpuni untuk dapat mencetak sebuah foto. Printer yang digunakan untuk mencetak foto ini biasanya merupakan jenis printer berwarna, dengan resolusi yang tinggi.

Maka dari itu,  setiap foto yang disimpan di dalam komputer, dapat dengan mudah dicetak dan juga print dengan menggunakan printer ini, tentu saja dengan kualitas foto yang sangat baik. Akan tetapi, di beberapa kondisi, terkadang dalam mencetak foto menggunakan printer masih terbatas pada ukuran dari foto itu sendiri.

3. Mencetak stiker dan sablon

Rhinotec

Selain berfungsi untuk mencetak dokumen dan foto, fungsi printer ternyata memiliki kegunaan dalam mencetak di media akrilik untuk baner. Selain itu printer komputer sering dimanfaatkan untuk mencetak di media lain, seperti kaca, kain dan sebagainya. Perkembangan printer yang begitu semakin pesat. Cukup dengan printer saja Sedulur sudah bisa mendapat kaos dengan sablon dan motif yang menarik.

4. Mencetak banner dan spanduk

Digital Printing Surabaya

Fungsi printer yang berikutnya dari jenis mesin print yang lebih besar dan kerap digunakan oleh banyak perusahaan jasa percetakan. Printer ukuran besar ini tentunya membutuhkan media kertas yang lebih besar juga. Model ini lebih dikenal dengan nama plotter.

Mesin plotter mempunyai kemampuan mencetak dengan resolusi yang sangat tinggi. Sehingga hasil gambar tidak pecah. Berbagai macam bentuk objek dari komputer bisa lebih mudah untuk dicetak. Biasanya printer ini banyak digunakan di jasa percetakan poster, spanduk, maupun banner.

5. Scan dan copy

Freepik

Sekarang ini sudah banyak berbagai jenis  printer yang dijual di pasaran dan salah satunya merupakan printer dengan multifungsi. Printer all in one yang banyak digunakan untuk dunia perkantoran atau rumahan biasanya memipunyai 3 fungsi yaitu print, scan dan copy. Sebenarnya fungsi scan lebih banyak digunakan di perkantoran dari pada di rumah. Dengan teknologi yang semakin canggih ini, kita bisa menyimpan dokumen secara digital.

Jadi dokumen penting seperti akta lahir, ijazah, kartu keluarga dan dokumen penting lainnya dapat disimpan secara digital dengan baik. Jadi jika sewaktu-waktu  dibutuhkan kita bisa mencetak dokumen tersebut. 

Begitu juga dengan fungsi copy, ini juga lebih banyak digunakan di dunia perkantoran dan juga sekolah. Printer yang memiliki fungsi ini akan sangat berguna saat harus menyiapkan dokumen dalam jumlah banyak. Misalnya untuk mengajar di kelas atau untuk rapat di kantor.

6. Fax

Freepik

Mengirim berkas fisik yang tidak ada bentuk digitalnya ke tempat lain dapat dilakukan dengan mesin fax, selama di tempat yang akan dikirim juga memiliki mesin fax. Fungsi printer sebagai mesin fax sangat praktis digunakan di perkantoran. Dokumen bisa dikirim dengan cepat ke tempat lain. Meski mesin fax sudah semakin jarang digunakan,  karena dokumen sudah bisa discan dan dikirim via e-mail, tapi terkadang fungsi printer sebagai fax tetap dibutuhkan untuk kondisi tertentu. 

Demikianlah penjelasan tentang pengertian printer, jenis-jenis dan juga fungsinya. Dengan memahami jenis dan fungsi printer, diharapkan Sedulur dapat memilih printer sesuai dengan kebutuhan.