Apakah Sedulur mengetahui yang dimaksud FAQ? Ia merupakan singkatan dari frequently asked questions atau yang dalam bahasa Indonesia berarti “pertanyaan yang sering diajukan”. Sedulur dapat menjumpai bagian frequently asked questions ini dalam beberapa tempat, seperti artikel, website, daftar email, forum-forum online, dan lain sebagainya.

FAQ sangat membantu bagi kita yang notabene user baru untuk memahami latar belakang dari sebuah website, aplikasi, dan lain-lain. Tujuan utamanya sendiri adalah untuk memberi bantuan informasi berupa daftar pertanyaan yang sering diajukan oleh user baru, sekaligus jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut. Tertarik untuk mengetahui tentang FAQ questions and answers? Ikuti terus pembahasan dalam artikel ini, ya!

BACA JUGA: 10 Desain Kamar Tidur dengan Kamar Mandi Dalam

Pengertian FAQ artinya

Depositphotos

Dalam suatu website atau aplikasi, terdapat banyak aspek-aspek penting yang sangat berguna bagi kenyamanan user atau pengunjung, salah satunya adalah FAQ singkatan dari frequently asked questions. Seperti yang telah dijelaskan pada beberapa paragraf di atas, frequently asked questions merupakan sebuah bagian atau halaman yang terdapat dalam website

Secara garis besar, fungsi utama dari sebuah frequently asked questions adalah untuk menyediakan berbagai informasi penting yang berkaitan dengan website atau aplikasi bagi para user. Informasi-informasi tersebut kemudian disajikan dengan format pertanyaan-jawaban.

Walaupun kerap ditemukan di berbagai website atau aplikasi yang notabene sangat berkaitan dengan era digital, namun sebenarnya konsep pertanyaan-jawaban yang digunakan untuk memberikan informasi kepada seseorang sudah dipakai sejak lama. Tercatat, pada tahun 1648, buku karangan Matthew Hopkins yang berjudul The Discovery of Witches ditemukan. Buku tersebut berisi sekumpulan daftar pertanyaan serta jawaban yang lengkap mengenai penyihir di Inggris pada era tersebut.

BACA JUGA: 10 Penyebab Badan Terasa Dingin Beserta Cara Mengatasinya  

Fungsi FAQ

Depositphotos

Selain menjadi sumber informasi, terdapat beberapa fungsi lain dari sebuah frequently asked questions. Penasaran apa saja fungsi-fungsi tersebut? Yuk, simak beberapa uraian di bawah ini!

1. Menaikkan peringkat SEO

Fungsi pertama dari sebuah halaman frequently asked questions adalah untuk meningkatkan peringkat SEO. SEO sendiri merupakan singkatan dari search engine optimization. Singkatnya, semakin tinggi skor atau peringkat SEO suatu website, maka ia akan semakin mudah ditemui (berada di urutan teratas) pada halaman search engine (seperti Google, Yahoo, Bing, dll.). 

FAQ dapat dimanfaatkan untuk memenuhi website dengan kata kunci pencarian yang sesuai dengan website. Hal tersebut akan meningkatkan peringkat SEO jika dilakukan dengan benar.

2. Menghemat waktu

Fungsi kedua dari sebuah halaman frequently asked questions adalah untuk menghemat waktu. Tidak setiap orang memiliki waktu yang banyak untuk menjelajahi website atau aplikasi. Dengan menggunakan halaman FAQ, para user dapat dengan mudah mencari tujuan mereka disitu.

3. Membawa web traffic baru

Fungsi ketiga dari sebuah halaman frequently asked questions adalah untuk membawa web traffic yang baru. Masih menyambung dengan poin nomor satu, ketika website muncul di pencarian paling atas pada search engine, maka pengunjung website (web traffic) semakin meningkat.

4. Meningkatkan kepercayaan dan profesionalisme

Fungsi keempat dari sebuah halaman frequently asked questions adalah untuk meningkatkan kepercayaan dan profesionalisme. Dengan adanya halaman tersebut, bisnis, perusahaan, atau apapun yang website tersebut wakili akan terlihat lebih terpercaya serta lebih profesional.

BACA JUGA: 120 Kata-Kata Gombalan untuk Cowok yang Bikin Baper

Cara membuat FAQ

Depositphotos

Nah, setelah Sedulur mendapatkan informasi-informasi mengenai frequently asked questions dan beberapa fungsinya, Sedulur sudah siap untuk membuat halaman tersebut. Kemudian, pertanyaan yang biasanya muncul adalah “Bagaimana cara membuat FAQ?”, yuk simak cara-caranya di bawah ini!

1. Pastikan halaman FAQ dapat ditemukan dengan mudah

Cara membuat frequently asked questions yang pertama adalah dengan memastikan halamannya dapat ditemukan dengan mudah. Tidak perlu menggunakan judul halaman yang susah dimengerti. Cukup menggunakan kalimat yang sederhana saja, yang penting pengunjung memahami bahwa halaman tersebut berisi pertanyaan dan jawaban. Contohnya seperti “Informasi Lebih lanjut” atau “Punya Pertanyaan?”.

2. Merangkai pertanyaan dari sudut pandang pelanggan

Cara membuat frequently asked questions yang kedua adalah dengan membuat pertanyaan dari sudut pandang pelanggan. Pertanyaan yang dimuat dalam bagian tersebut haruslah berangkat dari sudut pandang pelanggan. Cari tahu masalah atau kebingungan apa yang sering mereka alami. 

3. Memakai format tanya-jawab

Cara membuat frequently asked questions yang ketiga adalah dengan membuat pertanyaan memakai format tanya-jawab. Sesuai dengan pembahasan kita dari awal, bentuk lazimnya sebuah FAQ adalah pertanyaan lalu kemudian jawaban sebagai pelengkap.

4. Memberikan jawaban dengan singkat dan jelas

Cara membuat frequently asked questions yang keempat adalah dengan memberikan jawaban yang singkat namun jelas. Ketika merangkai jawaban, pastikan menggunakan kalimat yang singkat dan jelas agar user dapat menemukan solusi dari permasalahan yang ia miliki.

5. Memberikan jawaban yang sebenarnya

Cara membuat frequently asked questions yang kelima adalah dengan memberikan jawaban yang sebenar-benarnya. Jangan sampai Sedulur memberikan jawaban yang salah karena hal tersebut akan menyesatkan pengunjung website atau aplikasi.

6. Memberikan jawaban menggunakan kata “Ya” atau “Tidak”

Cara membuat frequently asked questions yang keenam adalah dengan memberikan jawaban memakai kata “Ya” atau “Tidak”. Tips lain untuk memberikan jawaban pada halaman tersebut adalah dengan menggunakan jawaban singkat “Ya” atau “Tidak”, kemudian baru dilengkapi penjelasan sederhana dari jawaban tersebut.

7. Perbarui halaman secara rutin

Cara membuat frequently asked questions yang ketujuh adalah dengan memperbarui halaman secara rutin. Dengan memperbarui halaman secara rutin, pengunjung akan mendapat penjelasan paling up-to-date dari informasi yang dicari. Selain itu, memperbarui halaman secara rutin juga dapat menunjukkan bahwa Sedulur sebagai pemilik website atau aplikasi selalu peduli dengan berbagai kendala yang user alami.

BACA JUGA: Promo & Diskon Indomaret Terbaru Agustus – September 2022

Contoh FAQ dari website populer

Beberapa website populer tentunya sudah menggunakan teknik ini untuk memberikan informasi kepada para penggunanya, seperti Twitter, YouTube, dan juga WhatsApp.

1. Twitter

faq
Twitter

Di atas adalah contoh frequently asked questions dari website milik Twitter.

2. YouTube

faq
YouTube

Di atas adalah contoh frequently asked questions dari website milik YouTube.

3. WhatsApp

faq
WhatsApp

Di atas adalah contoh frequently asked questions dari website milik WhatsApp.

Nah Sedulur, itu dia ulasan singkat mengenai FAQ atau frequently asked questions. Pembahasan di atas sudah meliputi beberapa poin, seperti pengertian, fungsi, cara pembuatan, serta beberapa contoh yang diambil dari website-website populer. Semoga artikel ini dapat membantu Sedulur dan menambah pengetahuan serta wawasan, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.