desain kamar tidur dan kamar mandi

Kamar tidur merupakan ruangan yang selalu ada di setiap rumah. Ruangan tempat beristirahat ini biasanya didesain sesuai dengan selera pemiliknya. Salah satu desain kamar tidur yang bisa dipilih adalah desain kamar tidur dan kamar mandi di dalamnya.

Kamar mandi dalam kamar tidur menurut Islam adalah boleh. Tidak ada larangan akan hal tersebut. Hanya saja, yang perlu diperhatikan adalah pembangunan kamar mandi dalam kamar tidur harus terpisah atau berada dalam satu ruangan tersendiri. 

Apakah Sedulur tertarik memiliki kamar tidur dengan kamar mandi di dalamnya? Intip beberapa desain berikut terlebih dahulu, yuk!

BACA JUGA: 25 Desain Kamar Mandi Minimalis Nyaman dan Fungsional

-->

1. Desain kamar tidur dan kamar mandi dalam minimalis

kamar mandi dalam kamar tidur
Pinterest

Desain kamar tidur dengan kamar mandi dalam dapat dibuat secara minimalis. Seperti pada gambar di atas, Sedulur dapat meletakkan satu petak kamar mandi di bagian pojok kamar. Lemari yang berada di dekat pintu kamar mandi juga memudahkan untuk mengambil baju ketika selesai mandi.

Meskipun desain minimalis, Sedulur juga bisa meletakkan AC di tembok depan kamar mandi. Hal ini akan membuat hawa di dalam kamar menjadi lebih segar ketika digunakan. Jangan lupa untuk menutup pintu kamar mandi setelah digunakan untuk menghindari percampuran bau.

2. Desain kamar tidur dan kamar mandi dalam indekos

kamar mandi dalam kamar tidur
Pinterest

Desain selanjutnya biasa dijumpai pada kamar indekos mahasiswa. Jika Sedulur berencana membangun kos-kosan yang memiliki kamar mandi dalam, desain ini bisa menjadi contoh yang tepat. Dengan luas kamar yang tidak terlalu besar, kamar mandi bisa dibangun dengan ukuran 1×1 m pada bagian pojok kamar.

Jika menggunakan desain ini, Sedulur bisa mengisi kamar dengan kasur ukuran single bed yang disertai ranjang kayu. Space yang masih kosong juga bisa ditambahkan dengan lemari dan meja kecil sehingga kamar tidak terlihat terlalu kosong.

3. Desain kamar tidur 4×4 kamar mandi dalam

kamar mandi dalam kamar tidur
iStock

Desain berikutnya dapat diterapkan pada kamar tidur dengan luas 4×4 m yang ingin memiliki kamar mandi di dalamnya. Sedulur bisa meletakkan kamar mandi pada bagian pojok kamar yang bersebelahan dengan ranjang kasur.

Agar terlihat lebih luas, gunakan warna terang seperti putih pada bagian kamar mandi. Space yang kosong pada bagian samping kamar mandi bisa digunakan untuk meletakkan lemari maupun meja rias. Jarak antara ranjang dengan kamar mandi juga bisa ditambahkan laci kecil untuk meletakkan lampu tidur.

BACA JUGA: 25 Desain Kamar Anak Perempuan yang Menggemaskan

4. Desain kamar tidur dengan wardrobe dan kamar mandi

kamar mandi dalam kamar tidur
iStock

Selanjutnya adalah desain kamar tidur yang dilengkapi dengan wardrobe dan kamar mandi dalam. Kamar tidur ini terlihat simple dengan penempatan ranjang kasur di tengah-tengah. Kamar mandi diletakkan di pojok kanan dari pintu keluar, sementara bagian kiri dekat jendela dibiarkan kosong.

Dengan desain semacam ini, wardrobe dapat diletakkan berhadapan dengan ranjang kasur di dekat pintu. Penempatan karpet bulu pada lantai dan pemilihan warna pastel pada dinding juga menambah kesan hangat pada kamar.

5. Kamar tidur dengan kamar mandi kaca

kamar mandi dalam kamar tidur
Pinterest

Berbeda dengan desain sebelumnya, desain berikut mengusung tema kamar mandi dengan pembatas kaca semi transparan. Desain yang terkesan sedikit terbuka ini biasanya dipilih oleh seseorang yang sudah memiliki pasangan.

Penempatan ranjang king size dapat diletakkan di tengah-tengah untuk membuat bagian kosong di dekat jendela. Sementara itu, penempatan laci kecil dan lampu tidur juga bisa diletakkan di bagian yang bersebelahan dengan kamar mandi. 

6. Kamar tidur warna pastel

kamar mandi dalam kamar tidur
iStock

Desain selanjutnya sangat pas bagi para pecinta warna pastel, terutama warna biru. Desain kamar tidur dengan kamar mandi dalam ini terlihat simpel namun tetap elegan. Penempatan ranjang di tengah-tengah juga bisa memudahkan perpindahan dari tiga sisi berbeda.

Pemilihan warna biru pastel pada dinding dapat membuat ruangan terasa dingin. Dengan begitu, penggunaan lampu tidur dapat diganti dengan lilin aromaterapi yang diletakkan di atas laci kecil. Bagian kosong diantara ranjang dengan kamar mandi juga bisa diisi dengan kursi kecil dari kayu.

BACA JUGA: 20+ Desain Kamar Tidur Minimalis yang Unik & Kreatif, Bikin Betah!

7. Kamar tidur dengan bathtub

kamar mandi dalam kamar tidur
iStock

Jika Sedulur tertarik membuat kamar tidur dengan kamar mandi dalam layaknya di hotel bintang lima, desain berikut dapat menjadi pilihan yang tepat. Desain kamar mandi yang dilengkapi dengan bathtub ini terlihat sangat mewah dan nyaman ketika digunakan.

Pembatas yang terbuat dari kaca juga membuat ruangan menjadi terlihat lebih luas. Tambahan jendela kaca juga membuat pencahayaan alami bisa masuk untuk mengurangi penggunaan listrik. Namun yang perlu diperhatikan, desain ini lebih cocok digunakan pada kamar tidur yang berada di lantai dua.

8. Kamar tidur estetik

kamar mandi dalam kamar tidur
iStock

Bagi Sedulur yang menyukai estetika, desain ini bisa menjadi inspirasi kamar yang menarik. Meskipun tidak terlalu luas, namun penempatan perabot yang tepat dapat membuat kamar tetap terlihat nyaman. 

Dengan jendela kaca yang cukup besar, kamar tidur akan mendapatkan pencahayaan alami dan hawa yang segar setiap harinya. Pemilihan warna putih juga membuat kamar terlihat bersih dan elegan. Keberadaan kaca bulat juga membuat kamar menjadi semakin estetik.

9. Kamar tidur tanpa sekat

kamar mandi dalam kamar tidur
iStock

Desain berikutnya adalah kamar tidur yang menyatu dengan kamar mandi tanpa sekat kaca maupun pintu. Desain ini membuat ranjang kasur dengan bathtub kamar mandi hanya dibatasi dengan tembok yang cukup tebal.

Desain mewah ini mungkin tidak sesuai dengan selera sebagian besar orang. Namun, kembali lagi dengan selera masing-masing. Jika Sedulur tertarik membuat kamar tidur dengan kamar mandi dalam dengan tema semacam ini, pastikan untuk selalu mengunci pintu kamar saat akan mandi, ya.

BACA JUGA: 18 Desain Mushola Dalam Rumah Agar Ibadah Makin Nyaman

10. Kamar tidur unik

kamar mandi dalam kamar tidur
iStock

Desain terakhir sangat cocok bagi para pecinta barang-barang unik. Dengan luas ruangan yang cukup besar, penempatan barang-barang perabot yang cukup banyak dapat membuat ruangan terlihat lebih padat berisi.

Adanya karpet polkadot pada bagian bawah ranjang juga membuat lantai terlihat semakin unik. Keberadaan cermin bulat yang tergantung di dinding putih juga bisa menjadi spot foto OOTD yang sangat instagramable. Tak ketinggalan, bentuk lampu tidur di kedua sisi yang berbentuk seperti kucing juga semakin menambah keunikan kamar tidur dengan kamar mandi dalam ini.

Nah, itulah 10 desain kamar dan kamar mandi dalam yang bisa Sedulur jadikan inspirasi dalam membuat kamar baru nantinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Sedulur yang akan membangun rumah baru dengan kamar tidur yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.