doa untuk orang tua yang masih hidup

Sebagai umat Muslim, memanjatkan doa untuk orang tua yang masih hidup dan sudah meninggal harus dilakukan setiap harinya. Hal itu bertujuan sebagai tanda bakti dan rasa cinta kita terhadap keduanya yang sudah berjasa dalam kehidupan.

Orangtua merupakan orang yang pertama kita temui semenjak lahir hingga sekarang. Pastinya, setiap orangtua selalu ingin memberikan yang terbaik bagi anaknya. Maka dari itu, wajib bagi kita sebagai anak untuk selalu mendoakan keduanya agar bisa diberikan keselamatan, panjang umur, serta kesehatan. Untuk mengetahuinya, berikut adalah kumpulan doa untuk orang tua yang masih hidup dan yang sudah meninggal. 

BACA JUGA: Bacaan Doa Agar Seseorang Merindukan Kita, Yuk Amalkan!

1. Dasar amalan doa untuk orang tua

doa untuk kedua orang tua yang masih hidup
pixabay

Seorang anak memiliki kewajiban untuk berbakti kepada ayah dan ibu sebagaimana yang sudah diperintahkan oleh Allah SWT beserta rasul-Nya. Baik dalam kondisi dekat maupun jauh, cara mengirim doa untuk orang tua yang masih hidup dan sudah meninggal bisa dilakukan kapanpun, terutama ketika selesai melaksanakan ibadah shalat.

Mendoakan ayah dan ibu bisa menjadi bekal bagi mereka untuk bisa hidup di akhirat nantinya. Hal ini sesuai dengan sabda dari Nabi Muhammad SAW, yaitu:

“Jika seseorang telah meninggal dunia maka terputuslah amalannya kecuali 3 perkara, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak yang sholeh” (HR. Muslim).

Menjadi anak yang berbakti kepada ayah dan ibu merupakan suatu akhlak yang mulia dan penting bagi setiap manusia yang hidup di bumi ini. Karena ridha dari ayah dan ibu dinilai penting untuk kesuksesan yang akan diraih anaknya. Seperti yang sudah disampaikan dalam hadis Rasulullah di atas, berdoa merupakan salah satu amal jariyah yang akan terus mengalir hingga ayah dan ibu sudah tidak ada di dunia ini. 

2. Ajaran Islam tentang doa untuk orang tua

doa untuk orang tua yang masih hidup arab
pexels

Sebagai seorang muslim, pastinya sudah diajarkan bahwa setiap anak harus selalu berbakti kepada ayah dan ibu mereka. Maksud dari berbakti kepada ayah dan ibu adalah dengan tidak menyakiti hati keduanya dan senantiasa mematuhi perintah. Supaya ayah dan ibu menjadi bahagia, anak dianjurkan untuk berbakti kepada keduanya. Hal itu tertuang dalam firman Allah SWT dalam surat Al-Isra’ ayat 23, yaitu:

وَ قَضٰی رَبُّکَ اَلَّا تَعۡبُدُوۡۤا اِلَّاۤ اِیَّاہُ وَ بِالۡوَالِدَیۡنِ اِحۡسَانًا ؕ اِمَّا یَبۡلُغَنَّ عِنۡدَکَ الۡکِبَرَ اَحَدُہُمَاۤ اَوۡ کِلٰہُمَا فَلَا تَقُلۡ لَّہُمَاۤ اُفٍّ وَّ لَا تَنۡہَرۡہُمَا وَ قُلۡ لَّہُمَا قَوۡلًا کَرِیۡمًا

Artinya : “Dan Allah telah memerintahkan agar kamu tidak menyembah selain Allah dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah satu di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka janganlah sekali-kali kamu mengatakan kepada orang tuamu perkataan “ah” dan janganlah kamu membentaknya, dan ucapkanlah kepada kedua orang tuamu perkataan yang sopan.”

Maksud dari ayat tersebut adalah bahwa Allah SWT telah memerintahkan pada semua manusia supaya senantiasa berbakti kepada ayah dan ibunya. Contohnya adalah dengan selalu menjaga perasaan keduanya seperti tidak berkata kasar atau mengeluh ketika ayah atau ibu sedang memerintah sesuatu. 

Jangan pernah membentak atau memarahi ayah dan ibu kita. Sebaiknya, bicaralah dengan tutur kata yang sopan dan baik terhadap keduanya. Jika sang anak bisa melakukan hal tersebut, maka akan mendapatkan jaminan masuk surga. Begitupun sebaliknya, ketika anak menjadi durhaka kepada ayah dan ibu, maka neraka akan menanti.

Maka dari itu, selagi Allah masih memberikan kesempatan kita untuk hidup di dunia, mari kita berbakti kepada ayah dan ibu. Salah satu caranya adalah dengan senantiasa berdoa untuk orang tua yang masih hidup, serta merawat mereka dengan penuh kasih sayang.

3. Doa untuk orang tua yang masih hidup

cara mengirim doa untuk orang tua yang masih hidup
pexels

Setelah mengetahui ajaran dan dasar amalannya, selanjutnya adalah memahami tentang doa untuk kebahagiaan orang tua. Dengan terus memanjatkannya, maka itu bisa menjadi salah satu bukti cinta dan bakti kita terhadap ayah dan ibu. Berikut adalah doa yang bisa dipanjatkan setelah menunaikan ibadah shalat wajib, yaitu:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى وَلِوَ الِدَىَّ وَارْ حَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَا نِى صَغِيْرًا

Allâhumma Fighfirlii Wâ Liwâa Lidhâyya Warhâm Humâa Kamâa Rabbâyaa Nii Saghira

Artinya : “Ya Allah, ampunilah semua dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, serta berbelas kasihlah kepada mereka berdua seperti mereka berbelas kasih kepada diriku di waktu aku kecil.”

BACA JUGA: Doa Setelah Sholat Tahajud yang Selalu Dibaca Rasulullah

4. Doa untuk kedua orang tua yang sedang sakit

doa untuk kebahagiaan orang tua
pexels

Ada pula doa untuk orang tua yang masih hidup Arab yang bisa dipanjatkan ketika keduanya sedang mengalami sakit. Berikut adalah lafaznya:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ اَذْهِبِ الْبَاْسَ وَاشْفِهُ وانْتَ الشَّافِى لاَ شِفَاءَ اِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Allâhumma Rabbânnaasi Adzhibil Bâ’sa Wâsy Fihu, Wâ Antâs Syaâfi, Laa Syifâa-a Illa Syfâauka, Syifâan Laa Yughâadiru Sâqaama.”

Artinya : “Ya Allah, Rabb Manusia, hilangkanlah penyakit dan berikanlah dia kesembuhan, Engkau Dzat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain.”

5. Doa untuk kedua orang tua yang sedang sakit parah

orangtua sakit
pixabay

Tak hanya itu, ada juga doa untuk kedua orang tua yang masih hidup namun sedang mengalami sakit parah. Berikut adalah doa yang bisa dipanjatkan:

اللَّهُمَّ اَحْيِنِي مَاكَا نَتِ الْحَيَاةُ خَيْرً الِّى وَتَوَ فَّنِى مَاكَا نَتْ الوَ فَاةُ خَيْرًا لِى

Allâhumma Ahyini Mâa Kaa Nâtil Khâyatu Khairâlli, Watâwaf Fânni Adza Kâanat Wafâatu khirâlli.

Artinya : “Ya Allah, Sembuhkanlah penyakitnya jika itu lebih baik baginya. Dan cabutlah nyawanya jika kematian itu lebih baik baginya.”

6. Doa untuk orang tua yang sudah meninggal

doa untuk orang tua yang masih hidup dan sudah meninggal
pexels

Ketika ayah atau ibu telah tiada, kita sebagai anak masih bisa menjalankan bakti kepada mereka. Caranya adalah dengan memanjatkan dan memohon kepada Allah untuk mengampuni segala dosa yang pernah mereka perbuat ketika hidup di dunia. 

Bacakan surah Yasin atau Tahlil setiap malam jumat. Selain itu, Sedulur juga bisa memanjatkan doa untuk orang tua yang sudah meninggal dengan bacaan berikut ini:

اللّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِلْمَاءِ وَالشَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْاَبْيَضُ مِنَ الدَّ نَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارً اخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَادْخِلْهُ الجَنَّةَ وَاعِذْهُ مِنْ عَدَابِ الْقَبرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

Allâhummaghfir Lâhu Wârhamhu Wa ‘Aâfihi Aâ’fu ‘anhu Wâ Akrim Nuzulâhu Wa Wâssi’ Madkhâlahu, Wâghsilhu Bil Mâa i Wats-tsâlji Walbarodi Wa Nâqqihii Minâl khathâa Ya Kamâa Yunâqqats-Tsâwbul Abyadhu Minâd Dânas.

Wâ Abdilhu Dâaran khâiran Min Daârihii Wâ Ahlan Khâiran Min Ahlihii Wâ Zawjan Khâiran Min Zâwjihi, Wa Adkhilhul Jânnata Wâ A ‘Idzhu Min ‘Adzâabil Qobri Wa Fitnâtihi Wa Min ‘Adzâabin Nâar.”

Artinya: “Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah kedua orang tuaku. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, bersihkanlah kedua orang tuaku dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkanlah kedua orang tuaku dari segala kesalahan seperti baju putih yang bersih dari kotoran.

Dan gantilah tempat tinggalnya dengan tempat tinggal yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkannya juga. Masukkanlah kedua orang tuaku ke surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka.”

BACA JUGA: Bacaan Doa Ziarah Kubur Singkat, Arab Latin & Artinya

7. Doa kepada orang tua dan saudaranya

orang tua dan kerabat yang lebih tua
pexels

Tak hanya berbakti kepada orangtua, ada baiknya jika kita juga bisa berbakti dan menghormati saudara dari ayah dan ibu. Saudara dari ayah dan ibu contohnya adalah tante, om, paman, dan bibi yang bisa kita doakan. Tata cara mengirim doa untuk orang yang masih hidup yaitu saudara orangtua sama seperti tata cara yang lainnya yaitu usai melaksanakan ibadah shalat. Berikut adalah bacaan doanya:

اللَّهُمَّ اغْفِرْلِى ذُنُوْبِى وَلِوَالِدَىَّ وَارْ حَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِى صَغِيْرَا . وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَلْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ . اَلْاَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْاَمْوَاتِ . وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ . رَبِّ اغْفِرْ وَارْ حَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّ احِمِيْنَ . وَلاَحَوْلَ وَلاَقوَّةَ اِلاَّبِاللَّهِ الْعَلِيِ الْعَظِيْمِ

Allâhummâghfirlii, Waliwaâlidayya, Wâr Hamhummâ, Kâmaa Rabbâyaanii Shâgiiraa. Walijâmi’il Musliminâ, Wâlmuslimâati, Walmu’miniinâ, Wâl Mu’minâati, Al Ahyâa’i Minhum Wâl Amwâti, Watâabi’ Wabâinanaa, Wa Bainâhum Bil Khâiraati. Râbbighfir Wârham Wa Antâ Khâirur Raâhimiina, Wâlaa Quwwâta, Illa Biilâahi ‘Aliyyil Adzim.

Artinya : “Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku dan kasihanilah kedua orang tuaku sebagaimana kedua orang tuaku megasihiku ketika aku masih kecil. Begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, baik laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan-kebaikan-Mu. Ya Allah, berilah ampunan dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu.”

Demikian kumpulan tata cara mengirim doa untuk orang tua yang masih hidup dan sudah meninggal yang perlu diajarkan kepada anak. Sebagai umat muslim, kita wajib untuk mengajarkan atau mengetahui cara untuk mengamalkan doanya.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super, lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.