ikhtiar adalah

Ikhtiar adalah salah satu kata yang pasti sering Sedulur dengar. Hal ini berkaitan dengan kehidupan manusia yang untuk meraih kesuksesan atau kelancaran dalam sebuah usaha. Ikhtiar sendiri merupakan istilah yang sering disinggung di dalam Alquran sebagai kitab suci umat muslim di dunia.

Rasulullah SAW pun seringkali menyampaikan bahwa ikhtiar adalah hal utama yang penting untuk dilakukan oleh umat manusia. Rasulullah SAW sering bersabda terkait ikhtiar sebagai hal yang penting. 

BACA JUGA: Hikmah Pernikahan dalam Islam yang Wajib Diketahui

1. Pengertian ikhtiar

Pengertian ikhtiar
Fimela

Ikhtiar adalah artinya adalah sebuah usaha dari umat manusia dalam menjalani hidupnya.  Istilah ini sama artinya dengan sebuah usaha dengan bersungguh-sungguh. Ini adalah perilaku berusaha dengan sungguh-sungguh dengan cara yang baik dan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Usaha tersebut juga diiringi dengan harapan agar usahanya berhasil dengan baik.

Pemahaman tentang ikhtiar tampak jelas dalam analogi dua makhluk Allah SWT yaitu semut dan burung. Keduanya merupakan makhluk Allah yang lemah. Namun, keikhtiaran mereka membawa rezeki dari Allah SWT.

Hal ini didasarkan pada sabda Rasulullah SAW yang pernah menyerupakan orang berikhtiar sebagai burung yang hendak mencari rezeki. Dari Umar bin Khattab, Rasulullah bersabda:

لَوْ أَنَّكُمْ تَتَوَكَّلُونَ عَلَى اللَّهِ حَقَّ تَوَكُّلِهِ لَرَزَقَكُمْ كَمَا يَرْزُقُ الطَّيْرَ تَغْدُو خِمَاصاً وَتَرُوحُ بِطَاناً

Artinya: “Seandainya kalian betul-betul bertawakal pada Allah, sungguh Allah akan memberikan kalian rizki sebagaimana burung mendapatkan rizki. Burung tersebut pergi pada pagi hari dalam keadaan lapar dan kembali sore harinya dalam keadaan kenyang.” (HR. Ahmad)

2. Pentingnya ikhtiar

Pentingnya ikhtiar
GenPI

Ikhtiar dalam Islam merupakan hal yang penting dilakukan, banyak manfaat ikhtiar yang bisa didapatkan umat muslim untuk mencapai kesuksesan dunia.  Pentingnya ikhtiar bagi hidup tercantum dalam Al-Quran, yaitu dalam surat An-Najm ayat 39-42, yaitu:

وَأَنْ لَيْسَ لِلْإِنْسَانِ إِلَّا مَا سَعَىٰ وَأَنَّ سَعْيَهُ سَوْفَ يُرَىٰ ثُمَّ يُجْزَاهُ الْجَزَاءَ الْأَوْفَىٰ وَأَنَّ إِلَىٰ رَبِّكَ الْمُنْتَهَىٰ

Artinya: “Dan bahwa manusia hanya memperoleh apa yang telah diusahakannya, dan sesungguhnya usahanya itu kelak akan diperlihatkan (kepadanya), kemudian akan diberi balasan kepadanya dengan balasan yang paling sempurna, dan sesungguhnya kepada Tuhanmulah kesudahannya (segala sesuatu).”

Rasulullah SAW menganjurkan umatnya agar selalu bekerja dan berusaha sekuat tenaga. Beliau ingin agar umatnya mandiri dan tidak bergantung kepada orang lain.

3. Kedudukan ikhtiar dalam Islam

Kedudukan ikhtiar dalam Islam
Deposit Photos

Ikhtiar adalah hal yang tinggi dalam Islam, Hal tersebut disampaikan langsung oleh Rasulullah SAW dalam sabdanya yang terkait:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: لأَنْ يَحْتَطِبَ أَحَدُكُمْ حُزْمَةً عَلَى ظَهْرِهِ خَيْرٌ مِنْ أَنْ يَسْأَلَ أَحَدًا فَيُعْطِيَهُ أَوْ يَمْنَعَهُ رواه البخاري

Artinya: “Demi Dzat yang jiwaku berada di tanganNya. Sungguh, salah seorang dari kalian pergi yang mengambil talinya lalu dia mencari kayu bakar dan dipikulkan ikatan kayu itu di punggungnya. Itu lebih baik baginya daripada ia meminta-minta kepada seseorang, baik orang itu memberi maupun tidak memberinya,” (HR Bukhari).

Bahkan, setiap umat muslim yang melukan dan tahu cara ikhtiar adalah umat yang memiliki kedudukan tinggi. Ini yang membedakan manusia yang bertawakal dan tidak.

4. Manfaat ikhtiar

Manfaat ikhtiar
Ruang Mom

Dari penjelasan di atas, Sedulur tentu tahu bahwa ikhtiar merupakan hal penting yang bermanfaat untuk kehidupan manusia. Berikut ini adalah daftar manfaat dari ikhtiar agar Sedulur bisa semakin yakin dan mantap untuk melakukan ikhtiar:

  • Kepuasan batin karena telah berusaha dengan sekuat tenaga dan kemampuan yang dimiliki
  • Terhormat di hadapan Allah SWT dan sesama manusia
  • Dapat menjalankan hidup hemat karena merasakan susahnya bekerja
  • Tidak mudah berputus asa
  • Menghargai jerih payahnya dan jerih payah orang lain
  • Tidak menggantungkan hidupnya pada orang lain

5. Ikhtiar dan tawakal

Ikhtiar dan tawakal
Vocasia

Selain ikhtiar adalah hal penting, terdapat satu hal lagi yang berkaitan dengan ikhtiar, yaitu tawakal. Tawakal sendiri berarti berserah diri. Dalam ajaran Islam, tawakal berarti berserah diri sepenuhnya kepada Allah SWT dalam menghadapi atau menunggu hasil suatu pekerjaan, atau menanti akibat dari suatu keadaan.

Melakukan ikhtiar harus bersamaan dengan melakukan tawakal. Berikut ini adalah daftar manfaat dari ikhtiar dan tawakal yang perlu Sedulur ketahui:

  • Mendapatkan kebaikan di dunia dan di akhirat
  • Memperoleh kecukupan dari apa yang dibutuhkan
  • Tidak mudah dikuasai oleh setan
  • Setiap urusan akan terencana dengan baik dan matang
  • Akan selalu bersikap optimis dalam menjalani kehidupan

BACA JUGA: Kata Mutiara untuk Anak Islami, Bermakna & Menyejukkan Hati

6. Contoh ikhtiar dalam kehidupan sehari-hari

Contoh ikhtiar dalam kehidupan sehari-hari
Suara Surabaya

Ikhtiar adalah sebuah perilaku sebuah daya upaya dari umat manusia untuk mendapatkan tujuannya. Mengetahui dan melakukan kegiatan yang sangat penting. Mungkin, tanpa Sedulur sadari, Sedulur telah sering melakukan ikhtiar dalam kegiatan sehari-hari.

Berikut ini adalah beberapa contoh ikhtiar yang bersinggungan dengan kegiatan sehari-hari Sedulur, yaitu:

  • Seorang siswa giat belajar karena ingin mendapatkan prestasi yang baik
  • Bekerja keras karena ingin menjadi sukses
  • Bertobat kepada Allah SWT karena ingin mendapatkan ampunanNya
  • Rajin beribadah dengan menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi laranganNya karena ingin mendapatkan rahmat Allah SWT.
  • Selalu yakin dengan setiap kegiatan untuk mengupayakan sesuatu. Jadikan setiap kegiatan yang dilakukan adalah sebuah ibadah untuk mencapai kesuksesan sekaligus untuk mendapatkan pahala.

Sedulur bisa untuk melakukan ikhtiar dalam setiap upaya dan kegiatan yang dilakukan sambil juga terus membacakan doa ikhtiar di setiap sholat dan ibadah lainnya. Juga perlu ingat bahwa sebaik-baiknya umat muslim adalah mereka yang senantiasa beribadah, beriman, dan berikhtiar dalam setiap kegiatan yang dilakukan.

Seseorang perlu bergerak untuk bisa mencapai apa yang diinginkan dan memenuhi apa yang dibutuhkan. Dapat diimajinasikan saat orang tidak bisa bekerja. Maka tidak ada uang yang bisa dipakai belanja kebutuhan dapur. Pada akhirnya, akan kelaparan dan kemudian meninggal karena tidak berikhtiar untuk mencari uang tadi.

Segala daya upaya yang berkaitan dengan kelangsungan hidup untuk lebih menguatkan iman dan keyakinan terhadap Sang Pencipta dan agama yang dipengang teguh adalah bagian dari pengertian ikhtiar itu sendiri. Sebagaimana yang bisa Sedulur pahami dalam pengertian di atas.

 

Ikhtiar adalah sebuah daya upaya bagi umat manusia, terutama umat muslim. Semoga penjelasan di atas bisa membuat Sedulur semakin yakin dalam setiap berusaha dan juga membuat Sedulur menjadi umat manusia yang lebih beriman dan seorang umat muslim berkhuznuson dalam berusaha.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!