doa seribu dinar

Sudah kenal dengan doa seribu dinar? Ternyata ia merujuk pada surat At Talaq ayat 2-3 dalam kitab suci Alquran. At Talaq masuk dalam juz ke-18 dan tergolong surat Madaniyah dengan total 12 ayat. Namanya sendiri diambil dai mayoritas isinya yang membicarakan aturan talaq atau perceraian suami istri. 

Meski begitu, dua ayat spesifik tersebut dianggap sebagai salah satu bacaan doa dengan keutamaan membuka pintu rezeki. Bagaimana bisa? Kita simak ulasan dan tafsirnya di bawah ini, Sedulur. 

BACA JUGA: Doa Setelah Wudhu dengan Bacaan, Latin & Terjemahannya

Doa seribu dinar dan terjemahan

doa seribu dinar dan terjemahan
Pexels

Berikut bacaan doa seribu dinar yang dimaksud beserta bacaan latin dan terjemahannya dalam Bahasa Indonesia.

At Talaq ayat 2 

فَاِذَا بَلَغۡنَ اَجَلَهُنَّ فَاَمۡسِكُوۡهُنَّ بِمَعۡرُوۡفٍ اَوۡ فَارِقُوۡهُنَّ بِمَعۡرُوۡفٍ وَّاَشۡهِدُوۡا ذَوَىۡ عَدۡلٍ مِّنۡكُمۡ وَاَقِيۡمُوا الشَّهَادَةَ لِلّٰهِ‌ ؕ ذٰ لِكُمۡ يُوۡعَظُ بِهٖ مَنۡ كَانَ يُؤۡمِنُ بِاللّٰهِ وَالۡيَوۡمِ الۡاٰخِرِ‌ ۙ وَمَنۡ يَّـتَّـقِ اللّٰهَ يَجۡعَلْ لَّهٗ مَخۡرَجًا

Fa izaa balaghna ajalahunna fa amsikuuhunna bima’ruufin aw faariquuhunna bima’ruufinw wa ashhiduu zawai ‘adlim minkum wa aqiimush shahaadata lillaah; zaalikum yuu’azu bihii man kaana yu’minu billaahi wal yawmil aakhir; wa many yattaqil laaha yaj’al lahuu

Artinya: Maka apabila mereka telah mendekati akhir idahnya, maka rujuklah (kembali kepada) mereka dengan baik atau lepaskanlah mereka dengan baik dan persaksikanlah dengan dua orang saksi yang adil di antara kamu dan hendaklah kamu tegakkan kesaksian itu karena Allah. Demikianlah pengajaran itu diberikan bagi orang yang beriman kepada Allah dan hari akhirat. Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya.

At Talaq ayat 3 

وَّيَرۡزُقۡهُ مِنۡ حَيۡثُ لَا يَحۡتَسِبُ‌ ؕ وَمَنۡ يَّتَوَكَّلۡ عَلَى اللّٰهِ فَهُوَ حَسۡبُهٗ ؕ اِنَّ اللّٰهَ بَالِغُ اَمۡرِهٖ‌ ؕ قَدۡ جَعَلَ اللّٰهُ لِكُلِّ شَىۡءٍ قَدۡرًا

Wa yarzuqhu min haisu laa yahtasib; wa man yatawakkal ‘alal laahi fahuwa husbuh; innal laaha baalighu amrih; qad ja’alal laahu likulli shai’in qadraa

Artinya: dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan keperluannya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusanNya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu.

Tafsir surat At Talaq ayat 2 

surat at thalaq ayat 2
Pexels

Bacaan doa seribu dinar latin dan Arabnya sudah bisa Sedulur baca. Sekarang apa sih tafsir dari dua ayat suci tersebut? Mari cermati ayat kedua dulu. Menurut tafsir dari Kemenag, ayat kedua berisi tentang kelanjutan ketentuan masa iddah untuk suami dan istri yang sedang dalam proses perceraian. Jika di ayat pertama dijelaskan durasi dan kewajiban istri dan suami, maka di ayat kedua diperjelas tentang akhir masa iddah. 

Di ayat kedua diterangkan bahwa suami dan istri bisa memutuskan untuk rujuk kembali sebelum masa iddah berakhir dengan syarat ada setidaknya dua saksi yang mengonfirmasi keputusan tersebut. Atau sebaliknya, pasangan suami istri bisa berpisah dengan resmi secara baik-baik. Segala urusan tentang hal-hal terkait pernikahan yang pernah terjadi seperti hak asuh anak, harta, dan lainnya hendaknya didiskusikan agar tidak ada masalah di kemudian hari.  

Dalam ayat ini pula Allah berfirman untuk mengingatkan manusia bahwa segala sesuatu hendaknya menjadi pelajaran berharga dan manusia dianjurkan untuk mengambil keputusan dengan berusaha, meminta petunjuk dan bertawakal pada Allah.

Tawakal sendiri adalah berserah diri pada Allah, tetapi ni adalah langkah terakhir dalam menyelesaikan suatu masalah. Usaha harus dilakukan terlebih dahulu sebelum akhirnya menyerahkan keputusan di tangan Allah. Inilah yang kemudian membuat ayat kedua bisa diartikan secara luas. Tidak hanya tentang urusan perceraian. 

BACA JUGA: Malam Lailatul Qadar Beserta Tanda, Doa & Keutamaanya

Tafsir surat At Talaq ayat 3 

surat at thalaq ayat 3
Pexels

Masih bersumber dari Kemenag, ayat ketiga jauh lebih umum karena ia tidak mengandung kata-kata spesifik tentang perceraian. Ayat ini melanjutkan firman Allah tentang keutamaan tawakal. Dalam ayat ini disebutkan bahwa selain memberikan jalan keluar terbaik untuk umat yang bertawakal, Allah juga akan memberikan rezeki yang tidak disangka-sangka dari berbagai arah. Bukan hanya rezeki dalam bentuk harta, tetapi juga kenyamanan dan ketentraman hati. 

Ayat ini juga mengingatkan manusia bahwa Allah tidak akan pernah memberi cobaan di luar kemampuan mereka. Bisa disimpulan bahwa ayat ini bertujuan memotivasi manusia untuk berusaha dan berserah diri pada Allah, disertai rasa sabar dan ikhlas. Sesuatu yang lebih mudah diucapkan, ketimbang diimplementasikan. Namun, di situlah letak ujian Allah untuk menaikkan derajat umatNya. 

Doa seribu dinar dan manfaatnya sangat beragam. Tidak hanya soal rezeki, tetapi juga keutamaan dan manfaat berikut ini. 

Mengingatkan untuk berusaha dulu sebelum berserah diri 

doa seribu dinar dan manfaatnya
Pexels

Banyak orang menganggap bahwa ada khodam ayat seribu dinar. Istilah khodam sendiri merujuk pada jin yang bisa membantu melancarkan rezeki. Hal ini adalah suatu kepercayaan yang salah sejak awal. Ayat Alquran hanyalah milik Allah semata dan doa-doa pun hendaknya dipanjatkan pada Allah sebagai satu-satunya Tuhan yang diimani umat muslim. Mempercayai keberadaan jin atau khodam dalam sebuah ayat Alquran bisa masuk dalam kategori sesat dan syirik. 

Rasulullah pun sudah mengingatkan bahwa hendaknya manusia berusaha dulu sebelum bertawakal atau berserah diri. Artinya Allah tidak akan mengubah nasib dan jalan hidup manusia jika manusia tersebut tidak berusaha terlebih dahulu. Berdoa saja tidak cukup, manusia pun didorong untuk berusaha sesuai dengan logika yang berlaku. Contoh mudahnya adalah dalam kesehatan. Tentu Allah tidak akan memberikan kesehatan dan kesembuhan pada seseorang bila ia tidak berusaha mencari bantuan medis dan menerapkan pola hidup sehat. 

Mengimani kebesaran Allah

doa seribu dinar latin
Pexels

Manusia diajarkan untuk berdoa dan memanjatkan harapan pada Allah sebagai satu-satunya Tuhan yang diimani. Allah menjanjikan rezeki dan terbukanya jalan ketika manusia mengimani Allah dan bertawakal. Namun, tidak ada jaminan atas terkabulnya permohonan kita, ini karena pada dasarnya hanya Allah yang tahu apa yang terbaik bagi umat-Nya dan Allah pula yang memiliki hak untuk membuat ketetapan tersebut. 

BACA JUGA: 5 Doa Keselamatan Dunia dan Akhirat, Arab, Latin & Artinya

Memberikan ketentraman hati

kapan membaca ayat seribu dinar
Pexels

Ini karena ayat tersebut berisi janji dan firman Allah pada orang-orang yang beriman dan bertawakal. Allah dikenal sebagai zat yang maha segalanya dan tentu tidak akan pernah mengingkari janji-Nya. Dengan mengimani ayat ini dan melafalkannya sebagai doa, kita akan senantiasa mengingat janji Allah dan niscaya akan merasa lebih tentram serta nyaman. 

Sarana mendekatkan diri pada Allah

ayat seribu dinar dibaca berapa kali
Pexels

Setiap ayat Alquran sebenarnya berupaya menjadi jembatan komunikasi antara Allah dengan umatNya. Dengan kita membaca ayat suci, kita akan senantiasa diingatkan akan keberadaan dan kuasa Allah. Dengan begitu diharapkan manusia bisa terus mendekatkan diri dan mengingat Allah dalam segala keputusan dan perbuatan yang ia pilih saat hidup di dunia.  

Memotivasi manusia untuk tidak mudah menyerah 

khodam
Pexels

Tidak ada manusia yang tidak akan menghadapi masalah dalam hidupnya. Pun tidak ada yang bisa menilai berat dan ringannya karena tiap orang memiliki kemampuan dan prioritas yang berbeda-beda. Namun, Allah dalam surat seribu dinar tersebut pun sudah memberikan keyakinan bahwa segala masalah yang menimpa manusia sudah diukur dengan seksama dan tidak akan melampaui kemampuan manusia itu sendiri.

Allah pun menjanjikan jalan keluar selama manusia berupaya di jalan yang benar dan bertawakal. Ini diharapkan membuat kita jadi lebih semangat, ikhlas, dan tidak mudah menyerah pada keadaan. 

Meningkatkan rasa syukur pada Allah 

ayat 1000 dinar rumaysho
Pexels

Doa apapun, tidak hanya doa seribu dinar juga memiliki keutamaan dalam mengingatkan manusia untuk senantiasa bersyukur. Tidak hanya pada rezeki yang terlihat seperti harta, tetapi juga kesehatan dan kenyamanan hidup. Tinggal dekat dengan orang-orang yang peduli pada kita misalnya atau mendapat pekerjaan yang memungkinkan kita bisa hidup tenang dan berkecukupan, dan lain sebagainya. Dengan berdoa, kita akan mengingat berbagai nikmat Allah yang meski tampaknya kecil dan sepele, memiliki dampak yang sangat besar untuk kesehatan mental kita. 

BACA JUGA: Surat Al Maun Beserta Arab, Latin, Kandungan & Keutamaanya

Menjauhkan diri dari mudarat 

mudarat
Pexels

Mudarat artinya sesuatu yang negatif, bisa penyakit hati (seperti rasa iri, dengki, serakah, dan rasa khawatir) hingga kerugian baik kerugian waktu maupun material. Ini karena doa seribu dinar mengingatkan manusia untuk bertawakal dan mengingat Allah. Dengan begitu, segala rasa iri, tak puas, dan khawatir akan terangkat perlahan seiring kita mengimani kekuasaan dan kebesaran Allah dalam menjamin kehidupan umatNya yang beriman. 

Kapan membaca ayat seribu dinar? 

waktu yang dianjurkan
Pexels

Sebenarnya tidak ada ketentuan khusus yang menyatakan ayat seribu dinar dibaca berapa kali dalam sehari. Ini semua tentang keyakinan dan usaha kita saja. Usaha yang keras harus diimbangi dengan doa yang cukup, pun sebaliknya. Sangat mustahil bila hanya dengan doa, keinginan atau harapan kita terkabul secara instan. 

Ayat seribu dinar bisa dibaca kapan saja. Misalnya setelah salat lima waktu yang diawali dengan basmalah dan surat Al Fatihah. Setelah surat At Talaq ayat 2-3 dibaca, Sedulur bisa melanjutkan dengan memanjatkan doa dan harapan yang diinginkan. Tentunya doa-doa yang baik yang akan didengar Allah. Urusan dikabulkan atau tidak, di sinilah Sedulur sebagai umat Allah harus bertawakal atau pasrah. Asalkan usaha terbaik sudah dilakukan dan kita senantiasa mengimbanginya dengan menanam kebaikan di dunia. 

Itu tadi beberapa keutamaan ayat 1000 dinar rumaysho dalam kehidupan manusia. Intinya adalah pengingat bagi manusia untuk selalu mengingat Allah dalam setiap usahanya, pun sebaliknya bertawakal saja tidak cukup tanpa usaha. Semoga bisa jadi penyemangat bagi Sedulur dalam menjalani hidup dan usahanya mencari penghidupan di jalan yang benar. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!