Malam Lailatul Qadar merupakan sebuah malam yang sangat istimewa bagi seluruh umat Muslim yang ada di seluruh dunia. Di malam tersebut, Allah SWT pertama kali menurunkan wahyu kepada Nabi Muhammad SAW berupa ayat-ayat Al-Quran melalui malaikat Jibril.

Bahkan dikatakan bahwa malam Lailatul Qadar lebih baik dari malam seribu bulan. Tentu saja karena saat bulan Ramadan, umat Islam meyakini jika segala bentuk kebaikan akan dibalas dengan pahala yang dilipat gandakan. Sedangkan malam Lailatul Qadar adalah salah satu malam terbaik selama bulan Ramadan.

Nah, bagi Sedulur yang ingin melakukan hal-hal baik di bulan Ramadan dengan maksimal, maka ketahui dulu malam Lailatul Qadar rumaysho sebagai berikut ini.

BACA JUGA: Bacaan Surat Al Qadr Beserta Arti, Kandungan & Keutamaanya

-->

Apa itu malam Lailatul Qadar?

malam lailatul qadar
Pexels

Jika dilihat dari segi bahasa, Lailatul Qadar terdiri dari dua kata, yakni ‘lail’ yang berarti malam, sedangkan ‘qadar’ sendiri mempunyai arti yang beragam.

Sedangkan dalam buku yang berjudul “Sukses Berburu Lailatul Qadar” karya Muhammad Adam Hussein, malam Lailatul Qadar artinya malam yang penuh dengan kemuliaan. Jadi, seseorang yang mendapatkan keberkahan saat malam itu, ia akan memperoleh pahala yang berlipat ganda.

Malam Lailatul Qadar terjadi pada bulan Ramadan. Sehingga saat bulan Ramadan tiba, akan banyak pula orang yang siap berburu untuk mendapatkan pahala berlipat ganda dari malam yang satu ini.

Kapan datangnya?

malam lailatul qadar
Pexels

Bisa dibilang jika tidak ada yang tahu persis kapan terjadinya atau datangnya malam Lailatul Qadar tersebut. Namun Nabi Muhammad SAW telah memberikan kata kunci, bahwa malam istimewa tersebut mayoritas turun pada tanggal-tanggal ganjil 10 hari terakhir di bulan Ramadhan.

Ya, jadi untuk malam Lailatul Qadar 2022, kemungkinan akan datang pada sekitar tanggal 23 Mei hingga berakhirnya bulan Ramadan. Berdasarkan pada hitungan, maka diprediksi malam itu akan jatuh pada tanggal 27 Ramadhan, yang bertepatan pada hari Jumat 29 April, atau Sabtu 30 April 2022.

Akan tetapi, ada tanda-tanda secara alamiah yang menjadi tanda datangnya malam yang istimewa ini. Yakni, suasana malam hari atau pagi hari yang sangat tenang dengan udaranya yang segar. Cuaca pada pagi harinya, sinar matahari akan cukup cerah namun tidak terasa panas menyengat.

Kegiatan yang dianjurkan

malam lailatul qadar
Pexels

1. Melaksanakan Qiyamullail

Dari Abu Hurairah RA, ia berkata, “Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam memberlakukan shalat malam pada bulan Ramadan tanpa memberi perintah yang mewajibkan“.

Kemudian beliau melanjutkan: “Barang siapa shalat malam pada bulan Ramadan dengan harapan dan pahala dari Allah, diampunilah dosa-dosanya yang telah berakhir“.

2. Memperbanyak dzikir

Salah satu cara yang paling mulia untuk menikmati malam untuk mendapat kemuliaan dari malam spesial tersebut, yakni dengan memperbanyak kegiatan dzikir.

3. Memperbanyak doa

Kemuliaan lain yang bisa dilakukan pada saat bulan Ramadan, adalah dikabulkannya doa yang tulus dari seorang hamba.

4. Melaksanakan sholat sunnah

Salah satu sunnah yang dianjurkan agar dilakukan dalam bulan Ramadhan, yaitu melaksanakan sholat sunnah tahajud. Manfaat yang akan didapatkan, salah satunya adalah bisa menjaga kesehatan rohani. Dengan rohani yang sehat, maka akan membuat hidup terasa lebih damai dan bersyukur.

5. Melaksanakan tadarus Al-Quran

Manfaat dari membaca Al-Quran adalah “amaliyah memburu malam lailatul qadar” yang diyakini mampu menjadikan obat dari segala macam penyakit.

BACA JUGA: Pengertian Tabligh Beserta Tujuan, Tata Cara & Hadistnya

Doa malam Lailatul Qadar

Pexels

Dosen IAIN Surakarta, Hj. Ari Hikmawati menyatakan, jika ada beberapa doa yang dianjurkan untuk dibaca ketika malam Lailatul Qadar datang, sebagai berikut ini:

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيمٌ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

Allaahumma innaka ‘afuwwun kariim tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annii

Artinya: “Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf lagi Maha Mulia, Engkau Mencintai Pemaafan, maka maafkanlah aku.”

Surah Al-Baqarah: 201

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbana atina fiddunya hasanah, Wa fil akhiroti hasanah waqina ‘adzabannar.

Artinya: “Ya Allah, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari siksa neraka.”

Keutamaan malam Lailatul Qadar

Pexels

1. Malam diturunkannya Al-Quran

Melansir dari stiepasim.ac.id, keutamaan dari yang pertama, yakni malam tersebut adalah malam diturunkannya Al-Quran. Al-Quran merupakan kitab suci yang paling mulia, dan menjadi mukjizat utama Rasulullah SAW.

2. Malam yang penuh kesejahteraan

Malam yang istimewa ini dipenuhi dengan kesejahteraan dan juga kedamaian. Allah SWT telah berfirman melalui surat Al-Qadr, “Malam tersebut (penuh) dengan kesejahteraan hingga terbitnya fajar.” (Q.S Al-Qadr: 5).

3. Turunnya para malaikat

Keutamaan yang berikutnya, adalah para malaikat yang berbondong-bondong turun ke bumi. Maka pada malam itu, kita dianjurkan untuk banyak berdoa. Allah SWT berfirman: “Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.” (Q.S Al-Qadr: 4)

4. Ampunan dosa

Malam spesial ini memiliki keutamaan berupa dosa umat muslim yang akan diampuni. Di malam tersebut, Allah SWT akan membuka pintu ampunan lebar-lebar bagi siapa saja yang meminta ampun kepada-Nya.

5. Malam penuh kebaikan

Dianjurkan bagi umat muslim mengerjakan ibadah serta amalan baik dengan ikhlas dan juga bersungguh-sungguh. Bagi mereka yang mengabaikan malam itu, maka akan menjadi orang yang merugi, karena mereka melewatkan kesempatan untuk mendapat banyak pahala dan keutamaan.

BACA JUGA: 40 Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri untuk Keluarga & Teman

Nah, demikian pembahasan tentang malam Lailatul Qadar. Oleh karena itu, di 10 hari terakhir bulan Ramadan, umat muslim dianjurkan untuk meningkatkan amal ibadah seperti yang sudah dicontohkan oleh Baginda Nabi Muhammad SAW.

Kapan lagi, kita sebagai umat muslim akan mendapatkan keutamaan yang sangat istimewa seperti di atas? Sangat disayangkan jika kita melewatkannya begitu saja.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!