doa safar

Sebagai umat muslim, berdoa sebelum melakukan kegiatan apapun adalah hal sangat dianjurkan. Mulai dari sebelum makan, sebelum tidur, atau saat sebelum bepergian. Baik akan melakukan perjalanan dekat maupun jauh, Sedulur yang beragama muslim sangat dianjurkan melafalkan doa safar.

Doa safar sesuai sunah dilafalkan saat Sedulur akan melakukan sebuah perjalanan. Apalagi saat bepergian jauh atau menjadi musafir, doa Sedulur menjadi doa yang bisa lebih mudah untuk dikabulkan. Hal ini sejalan dengan sebuah hadis yang berbunyi:

ثَلَاثُ دَعَوَاتٍ مُسْتَجَابَاتٌ لَا شَكَّ فِيهِنَّ: دَعْوَةُ الْمَظْلُومِ، وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ، وَدَعْوَةُ الْوَالِدِ عَلَى وَلَدِهِ

Artinya: “Tiga waktu yang diijabah (dikabulkan) doa yang tidak diragukan lagi yaitu: (1) doa orang yang terdzolimi, (2) doa seorang musafir, (3) doa orangtua pada anaknya,” (HR. Ahmad, At Tirmidzi) .

Doa bepergian pun banyak macamnya, kali ini Aplikasi Super akan memberikan info tentang doa safar lengkap. Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: 5 Doa Keselamatan Dunia dan Akhirat, Arab, Latin & Artinya

Doa safar dan artinya:

1. Doa untuk ketaqwaan selama perjalanan

doa safar
Unsplash

Doa safar arab:

زَوَّدَكَ اللَّهُ التَّقْوَى وَغَفَرَ ذَنْبَكَ وَيَسَّرَ لَكَ الْخَيْرَ حَيْثُمَا كُنْتَ

Zawwadakallohut taqwaa, wa ghofaro dzanbaka, wa yassaro lakal khoiro haitsumma kunta

Artinya: “Semoga Allah membekalimu ketakwaan, mengampuni dosamu, dan memudahkan kebaikan untukmu di mana pun kamu berada,”

2. Doa safar naik kendaraan

doa safar
Unsplash

(3X) بِسْمِ اللَّهِ   

الحَمْدُ للِه 

سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ 

سُبْحَانَكَ إِنِّى قَدْ ظَلَمْتُ نَفْسِى فَاغْفِرْ لِى فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أَنْتَ 

Bismillah (3x), Alhamdulillah 

Subhaanalladzii sakh-khara lanaa haadzaa wa maa kunnaa lahuu muqriniin. Wa inna ilaa rabbinaa lamun-qalibuun. Subhaanaka inni qad zhalamtu nafsii, faghfirlii fa-innahuu laa yaghfirudz dzunuuba illa anta.

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah (3x). Segala puji bagi Allah. Maha Suci Allah yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kamu akan kembali kepada Rabb kami. Maha Suci Engkau, sesungguhkan aku telah menzalimi diriku sendiri maka ampunilah aku, karena tidak ada yang mengampuni dosa-dosa selain engkau.”

BACA JUGA: Doa untuk Orang Tua yang Masih Hidup, Harus Diajarkan pada Anak

3. Doa di dalam kendaraan

Unsplash

(3X) الله أَكْبَرُ

سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِى 

سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى اللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ 

اللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِ وَالْخَلِيفَةُ فِى الأَهْلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ 

وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِى الْمَالِ وَالأَهْلِ 

Allahuakbar (3x) 

Subhaanalladzi sakh-khara lanaa haadzaa wa maa kunnaa lahuu muqriniin. Wa inna ilaa robbinaa lamun-qalibuun. Allahumma innaa nas-alulka fii safarinaa hadzaa al-birro wattaqwaa wa minal’amali maa tardhaa. Allahumma hawwin alayna safaranaa hadzaa watwi annaa bu’dahu.  

Allahumma antash shaahibu fii safar, wal khaliifatu fil ahli. Allahumma inni a’uudzubika min wa’tsaa-is safari wa ka-aabatil manzhati wa suu-il munqalabi fil maali wal ahli.

Artinya: “Allah Mahabesar (3x).

Mahasuci Allah yang telah menundukkan untuk kami kendaraan ini, padahal kami sebelumnya tidak mempunyai kemampuan untuk melakukannya, dan sesungguhnya hanya kepada Rabb kami, kami akan kembali. Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu kebaikan, ketakwaan, dan amal yang Engkau ridhai dalam perjalanan kami ini. Ya Allah, mudahkanlah perjalanan kami ini, dekatkanlah bagu kami jarak yang jauh. Ya Allah, Engkau adalah rekan dalam perjalanan dan pengganti di tengah keluarga. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kesukaran perjalanan, tempat kembali yang menyedihkan, dan pemandangan yang buruk pada harta dan keluarga,”

Doa ini juga bisa dipanjatkan sebagai doa safar pesawat. Jadi apapun kendaraan yang Sedulur gunakan, baik pesawat, kereta, maupun kendaraan pribadi, doa ini yang bisa Sedulur panjatkan.

BACA JUGA: Bacaan Doa Agar Seseorang Merindukan Kita, Yuk Amalkan!

4. Doa keluar rumah

Unsplash

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ

Bismillaahi tawakkaltu’alalloh, laa hawla wa laa quwwata illa billah

Artinya: “Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada-Nya; tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan-Nya,”

5. Doa musafir untuk keluarga atau kerabat yang ditinggalkan

Unsplash

أَسْتَوْدِعُكَ اللَّهَ الَّذِى لاَ تَضِيعُ وَدَائِعُهُ 

Astawdi’ukallahulladzii laa tadhii’u wa daa-I’uhu

Artinya: “Aku menitipkan kalian kepada Allah yang tidak mungkin menyia-nyiakan titipan yang dititipkan kepada-Nya,”

BACA JUGA: Doa Setelah Sholat Tahajud yang Selalu Dibaca Rasulullah

Adab bepergian

Setelah mengetahui sejumlah doa safar perjalanan jauh, Sedulur juga perlu mengetahui tentang adab bepergian. Hal ini dilakukan agar perjalanan yang dilakukan Sedulur bisa menjadi sebuah berkah.

1. Persiapan

Persiapkan perjalanan dengan matang. Tak hanya soal barang bawaan saja, tetapi juga soal niat Sedulur dalam melakukan perjalanan. Sebaiknya lakukan pula sholat dua rakaat dengan niat sholat safar.

2. Melakukan perjalanan

Di tahap ini, Sedulur harus sudah kuat secara mental dan fisik dalam melakukan perjalanan. Karena sepanjang perjalanan, Sedulur tak akan tahu cobaan apa yang akan datang ke Sedulur. Itulah mengapa pentingnya untuk terus memanjatkan doa untuk meminta perlindungan dari Allah SWT.

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda “Perjalanan adalah sebagian dari siksaan,”.

3. Tiba di tempat tujuan

Begitu tiba di tempat tujuan, hendaknya Sedulur langsung mengucapkan rasa syukur. Hal ini bisa dilakukan dengan membaca hamdallah dan doa. Selain itu, jangan lupa untuk segera membersihkan diri setelah Sedulur melakukan perjalanan yang cukup jauh. Agar badan dan pikiran kembali segar.

Bagaimana Sedulur? Sudah siap melakukan sebuah perjalanan? Kemanapun tujuan Sedulur, hendaknya jangan lupa memanjatkan doa safar agar perjalanan Sedulur diridhoi dan dihindarkan dari marabahaya.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.
 
Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.