doa menyembelih ayam

Ayam sudah menjadi lauk yang banyak dikonsumsi oleh banyak orang di dunia. Bagi yang punya ayam dan ingin menyembelih sendiri, ada doa khusus yang wajib dibaca. Terlebih lagi bagi yang beragama Islam, ada tuntunan dan doa menyembelih ayam sendiri.

Sebelum memulai, ada baiknya bila Sedulur yang beragama islam untuk berdoa terlebih dahulu supaya daging ayam yang akan dikonsumsi tetap berkah dan halal. Setelah itu, ikuti tutorial di bawah ini untuk tuntunan lengkapnya.

BACA JUGA: 8 Manfaat Daun Tempuyung, Untuk Obat Asam Urat Hingga Ginjal

1. Tata cara menyembelih ayam menurut Islam

Begini Doa Menyembelih Ayam, Jangan Asal!
kumparan

Ada sekitar 7 langkah atau tahapan sebelum menyembelih ayam untuk nantinya akan dikonsumsi. Berikut yang sudah ditetapkan oleh Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI):

  • Penyembelih harusnyaa adalah orang yang beragama Islam, dewasa, dan berakal sehat
  • Harus dipastikan bahwa ayam yang akan disembelih harus dalam keadaan sehat, hidup, dan bersih seperti yang disunnahkan untuk dihadapkan ke arah kiblat
  • Penyembelih jangan lupa untuk melafazkan kan “Bismillah Allahu Akbar” atau “Bismillahirahmanirahim” saat hendak hendak menyembelih unggas seperti ayam
  • Melakukan penyembelihan tepat pada pangkal leher unggas seperti ayam dengan memutuskan saluran pernafasan pada ayam. Trakhea, Esofagus dan dua urat lehernya (pembuluh darah di kanan dan kiri leher atau wadajain dengan hanya sekali saja sayatan tanpa mengangkat pisau. Proses penyembelihan dari leher bagian depan di antara ruas tulang leher ke-2 dan ke-3. Serta tidak memutus tulang leher. Gambar pisau yang digunakan harus setajam mungkin dan dalam keadaan bersih.
  • Darah ayam dibiarkan keluar dengaan waktu minimal 3 menit sebelum proses berikutnya dan lebih baik ayam dalam posisi digantung
  • Ayam yang akan masuk ke dalam perendaman air panas, seharusnya sudah dalam keadaan mati, dan tidak ada reflek pada kornea mata dan darah berhenti memancar
  • Proses penanganan selanjutnya dilakukan kondisi yang bersih agar tidak terjadi kontaminasi bakteri atau najis

BACA JUGA : Manfaat Buah Bidara & Kandungan Nutrisi untuk Kesehatan Tubuh

2. Doa menyembelih ayam jantan dan betina

Begini Doa Menyembelih Ayam, Jangan Asal!
portalkudus

Sebelum memotong unggas , Sedulur wajib membaca doa menyembelih ayam yang benar seperti di bawah ini. Doa ini berlaku untuk ayam jantan ataupun juga betina. Supaya daging ayam yang akan dikonsumsi olehmu dan keluarga benar-benar suci dari najis dan lain sebagainya. Maka jangan lupa membaca doanya.

Doa menyembelih ayam latin dan arab

Baca “Bismillâh

بِسْمِ اللهِ

Artinya, “Dengan nama Allah”

Lebih sempurna “Bismillâhir rahmânir rahîm

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Artinya, “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, lagi Maha Penyayang”

Membaca sholawat untuk Rasullulah SAW

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Allâhumma shalli alâ sayyidinâ muhammad, wa alâ âli sayyidinâ muhammad.

 Artinya, “Tuhanku, limpahkan rahmat untuk Nabi Muhammad SAW dan keluarganya.”

Membaca takbir sebanyak tiga kali dan tahmid sekali

اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ وَلِلهِ الْحَمْدُ

Allâhu akbar, Allâhu akbar, Allâhu akbar, walillâhil hamd

Artinya, “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, segala puji bagi-Mu.”

Membaca doa menyembelih ayam

اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِنِّيْ يَا كَرِيْمُ

Allâhumma hâdzihî minka wa ilaika, fataqabbal minnî yâ karîm

Artinya, “Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-Mu. Dan dengan ini aku bertaqarrub kepada-Mu. Karenanya hai Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah taqarrubku.”

BACA JUGA12 Manfaat Kumis Kucing, Daun Herbal yang Kaya Akan Manfaat

3. Syarat harus halal dalam proses penyembelihan ayam

Begini Doa Menyembelih Ayam, Jangan Asal!
kumparan

Menyembelih ayam tidak boleh serta merta hanya dalam keadaan sehat dan bebas najis saja. Dalam doa menyembelih ayam, Sedulur harus mengetahui tata cara posisi menyembelih ayam atau perlakuan pra pemotongan hewan.

Contoh pra pemotongan hewan ayam yang wajib diketahui Sedulur adalah pengistirahatkan supaya didapat daging dengan kualitas yang baik. Tidak hanya itu baik itu Sedulur atau petugas pemotong ayam harus mengetahui bacaan doa menyembelih ayam.

Panduan di atas harus dipenuhi oleh para petugas pemotong ayam baik itu Sedulur sendiri atau petugas lainnya. Semuanya harus memenuhi dengan syarat. Panduan pemotongan ayam sebenarnya sudah tertuang dalam aturan Direktorat Kesehatan Masyarakat Veteriner, Direktorat Jendral Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementrian Pertanian Republik Indonesia serta pada SNI 99002:2016 Pemotongan Halal pada unggas. Semua itu harus aman, sehat, utuh dan halal (ASUH).

Tiga tahapan yang mesti harus dimengerti oleh petugas pemotongan ayam sebelum dilakukan penyembelihan. Nah simak prosesnya di bawah ini:

Penanganan Pra Penyembelihan

Hal pertama yang harus diketahui adalah tahap pra-penyembelihan. Sedulur harus benar-benar menyediakan tempat penampungan ayam sementara. Pemeriksaan kesehatan oleh pihak yang berwenang (pemeriksaan ante mortem) oleh para ahli.

Selanjutnya, ayam harus diistirahatkan, tidak boleh diberika pakan dan hanya diberikan minum saja. Saat proses ini petugas dapat melafalkan doa menyembelih ayam.

Penanganan sesaat sebelum penyembelihan

Selanjutnya Sedulur wajib tahu terkait penanganan penyembelihan hewan harus dilakukan oleh petugas yang sudah trampil di dalam bidangnya.Dan jangan lupa untuk membaca doa menyembelih ayam terlebih dahulu ya Sedulur.

Hal ini sangat perlu, sebab mereka dapat menangkap dan memposisikan ayam pada saat disembelih untuk menghindari sebuah insiden memar, bercak darah hingga patah tulang.

Dalam proses penyembelihan juga harus menggunakan pisau yang tajam dan sudah disiapkan sebelum proses pemotongan.Apabila perlu diasah, jangan sampai didekatkan denga ayam yang hendak dipotong. Sebab, tindakan tersebut bisa membuat ayam menjadi stress.

Gunakan pisau dengan spesifikasi bentuk lurus dan halus serta tidak bergerigi, berlubang atau mengalami kerusakan. Tidak hanya itu, panjang pisau minimal harus empat kali lebar leher unggas seperti ayam yang disembelih dan pisau tidak lentur saat digunakan.

Penanganan pasca penyembelihan

Terakhir, Sedulur harus mengetahui tahapan setelah penyembelihan. Setelah penyembelihan, biarkan darah yang keluar sampai berhenti mengalir. Apabila sudah benar-benar berhenti mengalir, kamu dapat melakukannya proses selanjutnya yaitu perendaman pada air panas, pencabutan bulu, pengeluaran jeroan, pemeriksaan post mortem setelah mati dan pencucian karkas.

Pada proses penyembelihan hewan ayam, unggas tersebut bisa disembelih dalam keadaan posisi tergntung kepala berada di bagian bawah. Karena di dalam tubuh ayam, tidak terdapat diafragma sehingga organ di ruang perut dapat dengan bebas masuk ke rongga dada.

BACA JUGA Begini Arti Haid Menurut Hari, Tanggal, Waktu Primbon Jawa

4. Keutamaan doa menyembelih ayam

Begini Doa Menyembelih Ayam, Jangan Asal!
Grid

Ada alasan kuat mengapa dengan membaca doa menyembelih ayam itu sangat diperlukan oleh para petugas penyembelih. Banyak sekali keutamaan yang bisa di dapat dari membaca doa terlebih dahulu sebelum menyembelih ayam. Doa yang diucapkan ketika menyembelih ayam, unggas, jago ataupun babon untuk bisa mendapatkan manfaat yang luar biasa yang diberikan oleh Allah SWT.

Menjamin kehalalan

Menjamin kehalalan adalah keutaman pertama yang bisa didapatkan oleh para petugas penyembelih. Dengan berdoa terlebih dahulu, berarti daging tersebut benar-benar berkah untuk dikonsumsi oleh orang lain.

Perwujudan sunnah yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW

Yang kedua, dengan membaca doa memotong ayam terlebih dahulu sebelum menyembelih unggas seperti ayam, maka petugas pemotong tersebut secara tidak langsung sudah sesuai dengan perintah Rasulullah SAW.

Bentuk rasa syukur

Poin ketiga yang didapat setelah membaca doa menyembelih ayam, maka petugas pemotongan atau Sedulur bisa merasakan bentuk syukur atau nikmat yang sudah diberikan oleh yang maha kuasa.

Sebagai bentuk mematuhi adan dan kepatuhan Allah SWT.

Selanjutnya, karomah yang bisa didapat oleh petugas pemotongan ayam setelah membaca doa menyembelih unggas adalah merupakan bentuk kepatuhan terhadap Allah SWT.

Demikian penjelasan mengenai doa menyembelih ayam, lengkap dengan syarat-syarat yang diberikan. Yuk Sedulur jangan lupa untuk senantiasa memanjatkan doa terlebih dahulu sebelum menyembelih ayam. Bila ingin yang lebih sederhana, kamu bisa tinggal belanja ayam siap masak di Aplikasi Super. Segera rasakan pengalaman belanja praktis dengan harga murah.