turut berduka cita

Agaknya tidak banyak yang tahu seperti apa ucapan turut berduka cita yang baik dan mengandung doa yang bermakna. Pasalnya, ketika kita akan mengucapkan kalimat duka tentu dengan perasaan berat. Ini disebabkan karena rasa sedih dan simpati kepada seseorang yang tengah berduka.

Namun, memberikan ucapan turut berduka cita dibutuhkan, selain untuk memberikan dukungan kepada yang berduka, juga sebagai ucapan doa kepada yang berpulang. Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama rekomendasi ucapan turut berduka cita yang bisa Sedulur gunakan dan dijadikan rekomendasi.

BACA JUGA: 30+ Inspirasi Ucapan Belasungkawa yang Tulus untuk Semua Kalangan

1. Ucapan duka islami

turut berduka cita
Head Topics

Daftar ucapan pertama yaitu daftar ucapan turut berduka cita islami yang bisa Sedulur gunakan untuk mendoakan seseorang yang berpulang dan memberikan dukungan dan bersimpati bagi yang ditinggalkan. Berikut ini daftar ucapannya:

  1. Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Semoga Allah Yang Maha Kuasa memperluas kuburannya dan memberinya kedamaian abadi. Allah selalu penyayang terhadap orang yang beriman padanya.
  2. Innalillahi Wainnailaihi Rojiun. Semoga Allah SWT menerima amal ibadah dan mengampuni segala dosa almarhum (nama). Semoga bagi keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran menghadapi ujian ini
  3. Allahummaghfirlahu warhamhu wa’aafihi wa’fu’anhu (Jika yang meninggal pria). Wahai Allah, ampunilah dia, kasianilah dia, sejahterakanlah dia dan ampunilah segala dosa dan kesalahannya. Semoga kamu diberikan kekuatan menghadapi ujian ini. Ingatlah bahwa sesungguhnya Allah SWT tidak akan memberi cobaan di luar batas kemampuan kita.
  4. Inna lillahi wainna ilaihi roji’un. Turut berduka cita atas meninggalnya (nama orang yang meninggal). Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan. Percayalah pasti Allah SWT akan mempertemukan kalian kembali kelak.
  5. Innalillahiwainnailaihirojiun turut berduka cita yang mendalam untuk beliau, semoga surga Allah SWT ditetapkan untuk beliau. Aamin

2. Ucapan duka dan doa islami

Fimela

Selain ucapan turut berduka cita di atas, berikut rekomendasi ucapan lain yang bisa Sedulur gunakan:

  1. Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Turut berduka cita. Setiap makhluk yang bernyawa pasti akan mengalami kematian Maka dari itu bersabarlah atas apa yang menimpamu saat ini.
  2. Aku sangat menyesal atas kehilangan yang kamu alami. Semoga Allah menyelamatkan dia dari siksaan kubur dan mengurangi semua dosanya. Semoga Allah memberinya Jannat-ul-Firdaus, Amin. Berdoa kepada Allah untuk kebaikannya.
  3. Innalillahi Wainnailaihi Rajiun. Saya turut berduka cita atas meninggal (nama almarhum). Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan keikhlasan. Aamin
  4. Sesungguhnya Allah SWT memiliki hak untuk memberi dan mengambil sesuatu dari hamba-Nya karena segala sesuatu tersebut hanyalah sebuah titipan. Semoga engkau diberikan kesabaran dan ketabahan atas kepergian almarhum.
  5. Allahummaghfirlaha warhamha wa’aafihi wa’fu’anha (jika yang meninggal wanita). Semuanya akan indah pada waktunya, jadi tetaplah kuat atas kepergiannya. Dia pasti akan sedih jika melihat kamu terus-menerus menangis.

3. Ucapan duka kristiani

turut berduka cita
Deposit Photos

Selain ucapan duka secara islami, berikut ini adalah daftar ucapan berduka secara kristiani yang bisa jadi rekomendasi Sedulur. Berikut daftar ucapannya:

  1. Kehilangan seseorang yang sangat dicintai memang sangat menyakitkan. Namun, lebih menyakitkan lagi jika kita tidak bisa mengikhlaskan kepergiannya. Biarkan dia yang meninggalkan kita tenang di alam sana. Turut berduka cita atas meninggalnya…. Semoga segala dosanya di ampuni oleh Tuhan.
  2. Kita memang mempunyai banyak rencana. Namun, Tuhan mempunyai rencana yang lebih baik daripada apa yang kita rencanakan. Turut berduka cita atas kepergiannya. Semoga ia tenang di surga Bapa.
  3. Kita beriman akan darah Yesus seperti yang dicatat di 1 Tesalonika 4:14, ‘Karena jikalau kita percaya, bahwa Yesus telah mati dan telah bangkit, maka kita percaya juga bahwa mereka yang telah meninggal dalam Yesus akan dikumpulkan Allah bersama – sama dengan Dia.’ Maka, Kita bisa beriman, bahwa kita bisa bertemu dengan orang yang kita kasihi yang telah meninggal oleh karena Tuhan.
  4. Terkadang, Tuhan menyapa makhluk-Nya dengan berbagai macam cara. Salah satu yaitu dengan cara menyapanya dengan sebuah kematian yang mengantarkan roh makhluk-Nya menuju ke sisi-Nya. Percayalah, kepergian saudara kita bukanlah hal yang buruk. Karena, sebuah hal yang sangat membahagiakan baginya. Kita doakan semoga Tuhan menempatkannya di surga-Nya.
  5. Ingatlah, jangan sampai kesedihanmu larut secara terus menerus. Tetaplah ambil bagianmu di Matius 28:20, ‘Dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.’ Karena sahabat kita yang telah pergi telah menjalankan bagiannya.

4. Ucapan duka kristiani lainnya

Deposit Photos

Berikut ini rekomendasi ucapan bagi umat kristiani lainnya:

  1. Terkadang Tuhan menyapa kita melalui cara yang tidak biasa. Salah satunya dengan mengambil nyawa orang-orang yang sangat kita cintai. Namun, percayalah bahwa segala rencana Tuhan adalah yang terbaik. Semua ujian yang diberikan pasti ada hikmahnya. Mari berdoa agar …. tenang di sisi-Nya dan diberikan tempat terindah.
  2. Ya Tuhan, tabahkanlah keluarga yang sedang dilanda musibah. Karena, semua makhluk di dunia pasti akan ada saatnya menemui sang pencipta. Semoga Engkau, menerima arwah saudara kami dengan tangan-Mu yang terbuka lebar menyambutnya dan menempatkannya di tempat yang terindah.
  3. Orang yang engkau kasihi adalah orang yang baik, Ia adalah hamba Tuhan yang selalu mendengarkan dan turut perintah tuhan maka yakinlah di Mazmur 116:15, ‘Berharga di mata Tuhan kematian semua orang yang dikasihi-Nya’.
  4. Kematian bukanlah akhir dari segalanya. Melainkan, awal dari sebuah kehidupan yang abadi. Turut berduka cita atas meninggalnya…. Tuhan itu Baik dan semoga menempatkannya di tempat terbaik.
  5. Turut berduka cita atas kepergiannya…. Ketahuilah bahwa orang yang engkau kasihi adalah orang yang baik, Ia adalah hamba Tuhan yang selalu mendengarkan dan turut perintah Tuhan maka yakinlah di Mazmur 116:15 ‘Berharga di mata Tuhan kematian semua orang yang dikasihi-Nya’.

5. Ucapan duka dengan motivasi

ucapan turut berduka
Head Topics

Tentu mengucapkan duka harus disertai dengan motivasi atau dorongan, berikut rekomendasi ucapan yang bisa Sedulur gunakan:

  1. Kehilangan seseorang yang kita sayangi tidak pernah mudah. Jika ada yang bisa saya lakukan, jangan ragu untuk memberi tahu saya. Belasungkawa saya sedalam mungkin untukmu
  2. Sebuah kesedihan yang sedang kita rasakan merupakan sebuah tanda bahwa kita sangat mencintainya. Jangan risau, kini dia sudah tenang dan damai bersama Sang Pencipta. Perpisahan ini hanya sementara, kita akan bertemu kembali dengannya di surga Allah kelak.
  3. Semoga Allah Swt. mengampuni segala dosanya dan memberikan Jannatul Firdaus. Dia tidak pernah kehilangan harapan kepada Allah dalam hidupnya. Kamu juga tidak boleh kehilangan harapan kepada Allah
  4. Aku turut merasakan kesedihan yang engkau rasakan. Ingatlah bahwa semua ini adalah cobaan yang sedang dilimpahkan oleh Allah kepada hamba-Nya yang kuat. Tapi, kesedihan yang datang ini pasti memiliki makna dan percayalah bahwa Allah selalu memberikan jalan terbaik kepadamu.
  5. Saya tidak bisa memikirkan apa pun yang akan menenangkanmu. Tapi, saya tahu Allah ada di sini untukmu. Allah juga ada di sini untuk orang-orang tersayang. Biarlah Allah Yang Mahakuasa merawat jiwa yang telah meninggal dan selalu mendoakan orang yang kamu sayangi

6. Ucapan duka sambil memberi dorongan

Parboaboa

Membuat semangat keluarga yang ditinggalkan adalah keharusan, Sedulur bisa menggunakan ucapan di bawah ini:

  1. Percayalah semua cobaan yang Allah beri mengandung sebuah hikmah kehidupan. Kita boleh bersedih, tetapi kesedihan itu tak akan mengubah keadaan menjadi lebih baik dan tidak akan membuat ia yang telah meninggalkan kita kembali lagi.
  2. Kehilangan seseorang memang membuat hati sangat terpukul, tetapi tak ada jalan yang lebih baik selain mengikhlaskannya. Jika kita ikhlas, maka almarhum akan lebih tenang di alam sana. Sesungguhnya kita semua milik Allah dan hanya kepada-Nya lah kita akan kembali berpulang.
  3. Saya tahu bahwa apa yang kamu alami saat ini sangat sulit, ketahuilah bahwa aku ada di sini untukmu. Aku benar-benar turut berduka atas rasa kehilangan yang kamu rasakan.
  4. Sesungguhnya Allah memiliki hak untuk memberi dan mengambil sesuatu dari hamba-Nya. Segala sesuatu yang ada di dunia ini dibatasi oleh ajal. Semoga engkau diberikan kesabaran dan ketabahan atas kepergian almarhum. Doakanlah agar dapat dipertemukan kembali di surga kelak.
  5. Turut berdukacita yang sedalam-dalamnya dari lubuk hati saya. Allah telah mengambil apa yang menjadi milik-Nya. Jangan putus asa.

7. Ucapan duka bahasa Inggris

turut berduka cita
Kibrispdr

Bagi Sedulur yang memiliki pergaulan internasional, berikut ini ucapan duka dalam bahasa Inggris yang bisa Sedulur gunakan:

  1. “I offer you my thoughts, prayers and well-wishes during this dark time in your life.”
  2. “We share your grief in this time of bereavement with deepest sympathy and condolence.”
  3. “Please accept our most heartfelt sympathies for your loss. Our thoughts are with you and your family during this difficult time.”
  4. “It’s terrible to hear about your loss and I express my sincere sympathy to you and your family.”
  5. “Hold tight to memories for comfort, lean on your friends for strength, and always remember how much you are cared about.”

8. Ucapan duka bahasa Inggris beserta artinya

Kumparan

Berikut ini adalah daftar ucapan duka masih dengan menggunakan bahasa Inggris namun disertai dengan artinya, daftar bacaan yang bisa Sedulur berikan adalah:

  1. “You and your family are in my heart and mind. My condolences on the passing of your father.” Artinya: Kamu dan keluargamu ada dalam hati dan pikiranku. Turut berduka cita atas meninggalnya Ayahmu.
  2. “I am deeply saddened by the loss that you and your family have encountered. My condolences.” Artinya: Aku sangat sedih oleh kehilangan yang dilaluimu dan keluargamu. Turut berduka cita.
  3. “I am deeply saddened by the news of your loss. I pray that God will grant you the strength. My most sincere condolences.” Artinya: Aku sangat sedih atas berita mengenai kehilanganmu. Aku berdoa semoga Tuhan memberikanmu kekuatan. Turut berduka cita.
  4. “May my condolences bring you comfort and may my prayers ease the pain of this loss.” Artinya: Semoga belasungkawaku memberikanmu kenyamanan dan semoga doaku mengurangi sakitnya kehilangan ini.
  5. “I am deeply saddened by the news of your loss. I pray that God will grant you the strength. My most sincere condolences.” Artinya: Aku sangat sedih atas berita mengenai kehilanganmu. Aku berdoa semoga Tuhan memberikanmu kekuatan. Turut berduka cita.

9. Ucapan duka untuk yang ditinggalkan

turut berduka cita
Berita.day
  1. Keluarga adalah pihak yang paling terpuruk. Semoga amal ibadahnya diterima dan tetap semangat bagi yang ditinggalkan.
  2. Jangan menjadi terpuruk atas kematiannya. Menguatkan hati dan menabahkan diri adalah salah satu hal yang dapat membuat kita semua bangkit.
  3. Ajal ibarat mata pisau yang selalu mengikuti kita setiap saat. Kematian ini merupakan takdir, tabah dan kuat bagi setiap yang ditinggalkan.
  4. Semoga amal ibadahnya diterima dan semoga keluarga senantiasa diberikan kekuatan.
  5. Semoga keluarga yang ditinggalkan bisa ikhlas dan menerima kenyataan. Doakan almarum/almarhumah, agar tenang di sisi-Nya.

BACA JUGA: 25 Ucapan Duka Cita dan Bela Sungkawa Islami & Menyentuh Hati

10. Ucapan duka sederhana

Fimela

Terakhir adalah ucapan turut berduka cita simple yang bisa Sedulur sampaikan:

  1. Semoga almarhum diberi ketenangan di alam sana, dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan.
  2. Kami ucapakna turut berduka cita semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan.
  3. Jangan terlalu larut bersedih, kepergiannya begitu mendalam bagi semua kerabat. Tetap tabah dan segera bangkit kembali.
  4. Kematian merupakan suatu hal yang pasti, kabar duka ini bisa jadi pelajaran bagi setiap yang hidup. Tetap tabah keluarga dan kerabat yang ditinggalkan.
  5. Tidak ada yang bisa mengetahui kapan seseorang meninggal. Satu hal yang pasti, kita semua akan meninggalkan dan ditinggalkan. Jadi, selalu tabah untuk setiap yang ditinggalkan.

Nah, itulah tadi daftar ucapan turut berduka cita yang penuh doa dan bermakna. Semoga daftar ucapan di atas bisa bermanfaat dan Sedulur gunakan dengan tepat. Dalam setiap ucapan selalu ada doa dan niat baik, sebagaimana yang dapat Sedulur lihat dari daftar ucapan yang telah dipaparkan di atas.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.