contoh saran dalam makalah

Dalam bagian penutup makalah biasanya berisi kesimpulan dan juga saran. Kesimpulan berisi pembahasan makalah secara garis besar, sedang saran berisi tentang usul, masukan-masukan serta ajuran. Tujuan adanya saran adalah untuk memperbaiki makalah yang telah disusun. Contoh saran dalam makalah biasanya juga berisi harapan dan juga pendapat yang harus dipertimbangkan untuk makalah yang akan disusun selanjutnya.

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menulis saran. Seperti jumlah kata dan juga rekomendasi serta solusi. Agar lebih memahami tentang apa itu saran, berikut pengertian beserta contohnya. 

BACA JUGA : Filosofi adalah: Pengertian, Ciri-Ciri dan Cabang-Cabangnya

Apa itu saran ?

contoh saran dalam makalah
Pixabay

Menurut KBBI, saran adalah sebuah pendapat atau usul, anjuran, maupun cita-cita yang dikemukakan oleh seseorang untuk mempertimbangkan suatu hal. Saran biasanya disampaikan oleh seseorang kepada orang lain yang berisi tentang opini dan juga harapan.

Saran dalam makalah bertujuan untuk memperbaiki makalah yang telah disusun. maka dari itu, biasanya penulis memberi saran dengan menggunakan kata “alangkah baiknya”, “penulis berhara” dan lain sebagainya. 

Cara membuat saran

contoh saran dalam makalah
Pixabay

Berikut Langkah-langkah membuat saran yang baik dan benar

1. Menentukan jumlah kata

Pembuatan saran harus dibatasi dengan jumlah minimal karakter yang digunakan. Hal ini bertujuan untuk menyetarakan bagian kesimpulan dengan saran agar seimbang Adapun batasan kata dalam pembuatan saran yang baik adalah lebih dari 200 kata

2. Menyertakan ungkapan harapan

Ketika menulis saran, Sedulur perlu menyertakan harapan untuk para pembaca. Khususnya dengan menggunakan bentuk kata-kata yang menarik contohnya seperti pemakaian “oleh karena itu” atau memakai kata “penulis berharap..…”, dan yang lainnya.

3. Menawarkan rekomendasi

Dalam membuat saran yang baik, Sedulur juga harus memberikan rekomendasi berwujud penelitian lebih lanjut terkait metode yang digunakan.

4. Memberikan solusi

Dalam saran juga harus mengandung solusi yang nantinya para pembaca akan lebih mudah untuk memperbaiki makalah tersebut.

BACA JUGA : Pengertian Informasi Beserta Ciri-Ciri, Jenis dan Fungsinya

Ciri-ciri saran yang baik

Freepik
  • Terdapat kata penanda pada awal kalimat maupun tengah kalimat seperti saran saya, menurut saya, hendaknya, usahakan, dan lain-lain.
  • Kalimat saran sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari serta dapat pula digunakan dalam karya sastra dan teks tajuk rencana, resensi, argumentasi, dan paragraf.
  • Kalimat saran tidak menggunakan tanda seru pada akhir kalimat sehingga kalimat jenis ini tidak menggambarkan sebuah kalimat seruan maupun larangan.

Contoh saran dalam makalah

contoh saran dalam makalah
Freepik

Menurut pendapat saya, pada era Globalisasi seperti sekarang, bangsa Indonesia butuh untuk melakukan beragam perbaikan di semua bidang.Adapun bidang dasar yang lumayan penting seperti sosial dan budaya, politik, hukum dan bidang ekonomi. Hal tersebut perlu dikerjakan supaya perubahan yang terjadi nantinya akan menjadi lebih baik lagi.

Kita pun perlu untuk menanamkan penerapan nilai-nilai UUD 1945 serta Pancasila supaya bangsa Indonesia tetap maju tanpa meninggalkan ciri khas dari yang telah ada.Saya yakin jika bangsa ini akan mempunyai kehidupan yang lebih baik apabila berpegang teguh kepada pedoman yang ada, meskipun zaman serta teknologi semakin maju.

Contoh saran makalah kelompok

Freepik

Adapun saran dalam makalah ini adalah mengembangkan pariwisata tidak hanya cukup diperhatikan aspek fisiknya saja. Melainkan aspek sumber daya manusia yang berhubungan dengan modal sosial yang dimiliki oleh manusia.

Menuju Danau Toba sebagai destinasi pariwisata dibutuhkan juga kesiapan masyarakat dalam menerima segala perubahan yang ada. Perubahan itu harus diterima masyarakat luas secara lapang dada agar bisa menciptakan kesan pesan yang baik bagi parawisatawan yang dating ke Danau Toba.

Perlu juga kerjasama antar lembaga dan masyarakat, pemangku kepentingan di Danau Toba. Harus dituntaskan permasalahan-permasalahn yang ada demi menciptakan Danau Toba sebagai destinasi pariwisata nasional bahkan ke internasional.

Saran laporan PKL

Freepik

Penulis merekomendasikan kepada pemerintah untuk lebih mempertegas penerapan hukum pada bidang pengelolaan sampah. Sebaiknya pemerintah memberikan insentif, baik dalam bentuk uang maupun barang kepada pengelola bank sampah dalam membantu kegiatan operasionalnya. Pemerintah harus mempunyai arah pengelolaan sampah yang ramah lingkungan.

Penulis juga memberikan rekomendasi kepada pengelola bank sampah agar menciptakan dan menerapkan berbagai inovasi dalam mengelola bank sampah, serta lebih menggalakkan sosialisasi kepada masyarakat sekitar. Sosialisasi bisa dilakukan melalui media sosial dengan berbagai gambar sehingga menarik untuk dibaca. Misalkan dengan memanfaatkan infografis yang kini sedang populer di masyarakat. Penulis juga memberikan rekomendasi kepada masyarakat, khususnya para pemuda sebagai generasi penerus bangsa, agar semakin sadar dan tidak apatis terhadap pengelolaan sampah di daerah masing-masing. Jika semua elemen saling bersinergi, maka di masa yang akan datang negara yang semakin bersih dan sehat bukanlah impian semata.

Saran dalam skripsi

Freepik

Saran yang dapat penulis sampaikan dalam skripsi ini adalah sebagai berikut:

  1. Perlu dilakukan kajian analisis ekonomi lanjutan untuk mengetahui efektifitas penggunaan bioetanol berbahan baku nira nipah dari segi ekonomi.
  2. Sebaiknya pemerintah dapat memberikan dukungan secara kontinyu demi berjalannya proses produksi bioetanol di Kabupaten Bengkalis.

Contoh saran dalam makalah penelitian lapangan

Freepik

Berikut merupakan saran-saran atas kegiatan perencanaan pertanian yang dilakukan di periode ini:

  1. Program perencanaan pertanian kali ini haruslah dibuat berekelanjutan dengan tetap menjalankan pemantauan terhadap perkembangan perencanaan pertanian tersebut.
  2. Program perencanaan ini haruslah terintegrasi dengan berbagai pihak yang berkepentingan di bidang pertanian seperti Dinas Pertanian, Pihak Desa, Gabungan Kelompok Tani dan lain-lain.

Saran dalam jurnal

Freepik

Adapun saran yang dapat diberikan dalam jurnal adalah perlu dilakukan pengujian lebih lanjut terhadap sifat-sifat kandungan kimia busa limbah laundry yang menghambat arus dan juga perlu dukungan pemerintah dan pihak yang terkait untuk keberlanjutan penelitian.

Saran artikel ilmiah

contoh saran dalam makalah
Freepik

Dari penulisan artikel yang disebutkan dapatlah disarankan bahwa pembangunan merupakan upaya pemerintah, pemerintah daerah, dunia usaha, dan masyarakat untuk mendukung pertumbuhan, kapasitas, dan daya saing melalui promosi dan penguatan dukungan pendampingan bagi usaha kecil dan menengah Membangun komunitas virtual.

Contoh saran dalam makalah hukum

Freepik

Saran yang dapat disampaikan penulis adalah sebagai berikut :

  1. Hukum pidana Indonesia harus berkembang, karena masyarakatIndonesia pun telah berkembang. Hanya dengan penjatuhan pidana pokok yang diatur dalam pokok yang diatur dalam Pasal 10 KUHP saja kurang cukup karena hanya unsur pembalasan yang menjadi tujuan pemidanaan. Dengan pemikiran konsekualis dan pendekatan keadilan restoratif serta dimuatnya pidana kerja sosial dalam Rancangan KUHP sebagai alternatif jenis pemidanaan yang menggantikan pidana penjara jangka pendek diharapkan masyarakat Indonesia mendapatkan edukasi dan pembinaan atas konsekuensi yang akan mereka dapat bilamelakukan tindak pidana.
  2. Pembahasan Rancangan KUHP ditingkat legislasi selayaknya harus memperhatikan kebutuhan dan perkembangan masyarakat yang berjalancepat. Tarik ulur kepentingan kelompok dan partai atas Rancangan Undang-undang tersebut segera disudahi dan mempercepat pembahasan dan finalisasi untuk segera disahkan sebagai undang-undang.Kelak jika pidana kerja sosial benar-benar diterapkan di dalam sistem pemidanaan Indonesia sebaiknya pemerintah perlu mempersiapkan lebih lanjut mengenai pedoman pelaksanaan pidana kerja sosial secara lebih detail dan mempersiapkan ketentuan-ketentuan yang mendukung pelaksanaan pidana ini dalam bentuk peraturan perundang-undangan lain. Serta membentuk lembaga atau badan khusus atau suatu direktorat yang membidangi dan bertanggungjawab dalam pelaksanaan pidana kerja sosial ini, dalam upaya pembentukan lembaga ini pemerintah Indonesia dapat mencontoh Negara lain yang sudah menerapkan pidana kerja sosial di dalam sistem pemidanaannya

Contoh saran dalam makalah agama

Freepik

Dari pembahasan mengenai hidup sesudah mati menurut Islam dan Hindu, penulis ingin memberi saran:

  1. Penulis sangat menyadari kalau penelitian ini masih terlalu subyektif. Oleh karena itu penulis memberikan saran kepada para mahasiswa jurusan Perbandingan Agama agar pengetahuan kita tentang agama orang lain lebih baik dan sempurna, maka perlu mengaktifkan dalammengadakan penelitian-penelitian lebih lanjut dalam aspek yang berbeda.
  1. Kepada pihak perguruan tinggi Islam agar dapat hendaknya memperbanyak literatur yang berkaitan dengan ilmu perbandingan Agama. Karena melalui buku-buku seperti ini diharapkan mahasiswa sebagai intelektual Islam tidak saja mengetahui ilmu yang berkaitan dengan ajaran agama yang dianut. Karena sangat terbatasnya literature 107 agama-agama (khususnyaselain agama selain Islam), dengan demikian penulis mengharapkan agar kepada pemuka agama, khususnya agama Hindu agar memberikan perkuliahan sesuai dengan keahliannya.
  2. Kepada umat Islam umumnya penulis berharap melalui itu lisan ini dapatmenambah keimanan kita terhadap kebenaran Al-Qur’an, untuk itu penulismenyarankan supaya kita dapat meluangkan sedikit waktu untuk membaca,memahami dan mencoba untuk mengerti ajaran agama, karena Al-Qur’ansendiri mengajarkan supaya kita membaca.

Contoh saran dalam makalah pendidikan

Freepik
  1. Dengan adanya tugas dan peranan guru dalam dunia pendidikan khususnya dalam proses belajar mengajar diharapkan guru dapat mengetahui serta menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik dan diharapkan terjalin hubungan antara peserta didik sebagai subjek dan objek pembelajaran sehingga tujuan pendidikan mudah tercapai.
  2. Sekolah tetap membutuhkan peran pengawas sebagai tangan dari pemerintah dan tugas pengawasannya terhadap kepala sekolah dilaksanakan secara objektif dan maksimal, sehingga kualitas kedua belah pihak tetap terjaga yang dilaksanakan dengan memperhatikan profesionalitas kepala sekolah, pendidik, dan tenaga pendidik supaya terjaga sinergitasnya.

Contoh saran makalah teknologi internet

Freepik

Dalam penggunaan alat TIK diminta kepada pengguna yang dibawah umur , harus ada bimbingan dari orang tua dan siswa di sekolah bimbingan dari guru. 

  1. Bagi para pengguna yang lain gunakanlah sesuai dengan kegunaannya masing- masing.
  2. Khusus bagi lembaga pendidik untuk dapat memblokir situs-situs yang tidak boleh dibuka. 

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian saran beserta contoh saran dalam makalah yang benar. Saran biasanya terletak di bagian akhir makalah. Saran bertujuan untuk memperbaiki makalah yang sudah di susun. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.